Kelebihan dan Kekurangan Black Shark 2: Smartphone Gaming Cuma Rp 5 Jutaan Aja!

Kelebihan Xiaomi Black Shark 2 (Xiaomi Indonesia)
Kelebihan Xiaomi Black Shark 2 (Xiaomi Indonesia)

Kini, sudah tersedia beragam pilihan ponsel yang didesain khusus untuk memuaskan hasrat dan kebutuhan para gamer. Salah satunya adalah Xiaomi Black Shark 2. Beruntungnya, kini ponsel gaming ini harganya cuma Rp 5 jutaan aja! Tapi, sebelum beli, perhatikan dulu kelebihan dan kekurangan Black Shark 2 serta gimana spesifikasi dan daftar harga terbarunya, ya.

Sejak ASUS meluncurkan serial smartphone gaming ROG Phone, sejak itu pula persaingan smartphone gaming dimulai. Seperti tak ingin ketinggalan menyambut tren baru ini, vendor lain pun menyusul dengan memperkenalkan jagoan masing-masing.

Masih menggunakan visi utamanya, Xiaomi pun terjun di dalam persaingan. Menawarkan ponsel harga terjangkau dengan spesifikasi dan kemampuan yang tak kalah jika dibandingkan dengan model dari vendor lain.

Xiaomi Black Shark 2 merupakan penerus dari seri pertama, yakni Black Shark. Diluncurkan tahun 2019, HP gaming Xiaomi ini sempat mencuri perhatian. Pasalnya, Xiaomi terbilang berani meluncurkan produk yang diberi predikat “gaming” dengan harga di bawah 10 juta!

Kini, dua tahun kemudian, harga Black Shark 2 sudah turun jauh. Berdasarkan penelusuran penulis pada situs resmi Xiaomi Indonesia, smartphone gaming Black Shark 2 cuma dibanderol Rp 5 jutaan aja!

Tertarik memilikinya? Harap sabar. Mendingan, baca dulu uraian lengkap mengenai ponsel ini di bawah. Tim Droila sudah menyiapkan ulasan spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Black Shark 2. Langsung cek aja, ya.

Spek HP Xiaomi Black Shark 2 (Xiaomi Indonesia)
Spek HP Xiaomi Black Shark 2 (Xiaomi Indonesia)

Spesifikasi Xiaomi Black Shark 2

Ciri utama dari semua ponsel gaming adalah desain yang mudah mencuri perhatian. Tak terkecuali HP Xiaomi untuk gaming ini. Body yang bisa menampilkan cahaya warna-warni, garis yang bisa memancarkan cahaya neon, serta bagian punggung yang dilapisi material metal dan kaca.

Berbeda dari ASUS ROG Phone yang dilapisi banyak sudut tajam di bagian body, Black Shark 2 terbilang cukup minimalis. Bagian punggung cuma dilapisi bahan tebal berbentuk trapesium. Di bagian tengah, kamu bisa menemukan huruf S, yang merupakan logo dari Black Shark.

Masih pada bagian punggung, kamu akan menemukan dukunga dua kamera utama. Bukannya ketinggalan jaman. Ingat, ponsel ini diluncurkan tahun 2019 silam. Dan pada tahun ini, jumlah kamera ini sudah terbilang kekinian.

Spesifikasi Black Shark 2 (Xiaomi Indonesia)
Spesifikasi Black Shark 2 (Xiaomi Indonesia)

Kedua kamera Black Shark 2 ini berkemampuan 48MP lensa wide PDAF dan 12MP lensa telephoto PDAF. Untuk lensa telephoto, perusahaan sudah menambahkan fitur 2x optical zoom. Sehingga, bagian fotografi dari HP harga 5 jutaan ini pun sudah terbilang mumpuni.

Membalik perangkat, ponsel ini dilapisi layar AMOLED berukuran 6,39 inci. Layar dengan teknologi Always-on Display ini mampu menghasilkan grafis dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Sedangkan untuk kamera depan terletak pada poni dan memiliki kemampuan 20MP lensa wide.

Bagian jeroan merupakan komponen yang paling mencuri perhatian. Seperti umumnya smartphone flagship 2019, Black Shark 2 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 855. System on Chipset (SoC) ini terdiri atas CPU dengan empat inti serta GPU Adreno 640.

Spek Xiaomi Black Shark 2 (Xiaomi Indonesia)
Spek Xiaomi Black Shark 2 (Xiaomi Indonesia)

Untuk versi internasional, Xiaomi memberikan beberapa pilihan konfigurasi penyimpanan. Sayangnya, Xiaomi Indonesia cuma menawarkan satu pilihan saja. Yakni Ram 6GB dengan ROM 128GB. Selain itu, Xiaomi Indonesia cuma menawarkan satu warna saja kepada calon pembeli. Yakni warna hitam.

Meskipun pilihan serba terbatas, kamu nggak perlu terlalu mengkhawatirkan performa. Bagaimanapun, ponsel ini didukung chipset high-end milik Qualcomm. Selain itu, sebagai smartphone gaming, Black Shark 2 sudah dioptimalisasi supaya punya performa maksimal untuk berbagai aktivitas berat.

Agar pengalaman gaming pengguna lebih terjaga, perusahaan sudah membekali perangkat ini dengan teknologi Mille-Feulle Full Area Liquid Cooling. FYI, ini merupakan teknologi pendingin mesin yang juga dipakai pada rig gaming PC kelas atas, lho!

Harga Black Shark 2 Terbaru 2021

Performa gaming Black Shark 2 (Xiaomi Indonesia)
Performa gaming Black Shark 2 (Xiaomi Indonesia)

Xiaomi Indonesia resmi memperkenalkan Black Shark 2 pada bulan Oktober 2019. Saat itu, perusahaan memberi harga Black Shark 2 sebesar Rp 5,999 juta. Kini, Xiaomi Indonesia sudah tidak lagi memajang produk ini melalui website resmi.

Namun, berdasarkan penelusuran penulis melalui lima platform e-commerce di Indonesia, harga terbaru Black Shark 2 sudah turun jauh. Rata-rata toko online menjualnya cuma Rp 5 jutaan!

Tertarik memiliki ponsel gaming ini? Tenang, penulis sudah menyiapkan tautan yang akan mengarahkanmu langsung ke halaman penjualan Black Shark 2 dengan harga Rp 5 jutaan aja. So, langsung klik salah satu tautan di bawah, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Black Shark 2

Spesifikasi detail Xiaomi Black Shark 2 (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi detail Xiaomi Black Shark 2 (Dok.Istimewa Droila)

Saat pertama kali meluncurkannya, Xiaomi diakui sukses mengkombinasikan performa kamera memukau, kualitas hardware keren, serta peningkatan di bagian performa gaming. Black Shark 2 pun diperkirakan bakal menjadi kompetitor ketat dari produk sejenis yang dibanderol harga lebih tinggi.

Meskipun begitu, bukan berarti smartphone gaming ini hadir tanpa kelemahan. Agar kamu bisa lebih memahami perangkat ini, ketahui pula bagaimana kelebihan dan kekurangan Black Shark 2 sebelum beli. Berikut ini uraian yang diperoleh tim Droila dari berbagai sumber.

Kekurangan

  • Tanpa dukungan NFC
  • Tanpa sertifikat IP, artinya tidak memiliki teknologi anti debu dan anti air
  • Bobotnya cukup berat
  • Tanpa dibekali colokan headphone 3,5mm
  • Material pelindung terasa kurang tangguh dan kokoh
Kelebihan dan kekurangan Black Shark 2 (Xiaomi Indonesia)
Kelebihan dan kekurangan Black Shark 2 (Xiaomi Indonesia)

Kelebihan

  • Menawarkan pengalaman gaming yang benar-benar berbeda dari ponsel jenis lain
  • Audio dari muka terdengar memuaskan
  • Performa gahar dengan hasil grafis memukau untuk semua jenis game
  • Desain keren, kece, dan unik
  • Harga murah
  • Layar AMOLED

Kesimpulan: Masih Layak Dipertimbangkan?

Spesifikasi dan harga Black Shark 2 (TechRadar)
Spesifikasi dan harga Black Shark 2 (TechRadar)

Memang ponsel ini diluncurkan menyasar para gamer. Sehingga perusahaan pun menanamkan berbagai fitur canggih demi menunjang performa perangkat lebih mumpuni.

Tapi, bukan berarti ponsel ini tidak bisa dipakai oleh kamu yang nggak punya hobi gaming. Apalagi, harga Rp 5 jutaan untuk ponsel yang sudah didukung chipset high-end merupakan tawaran yang sulit ditolak.

Maka dari itu, menurut penulis, membeli Black Shark 2 saat ini masih terbilang menguntungkan.

Usai sudah uraian hari ini mengenai kelebihan dan kekurangan Black Shark 2. Semoga uraian di atas bisa membantumu meyakinkan pilihan untuk membeli HP gaming Xiaomi ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like