Kelebihan dan Kekurangan Galaxy M02: Baterai 5000mAh, Harga Cuma Rp1,4 juta!

Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M02 (MobileDrop)
Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M02 (MobileDrop)

Seperti kejar setoran, satu per satu ponsel low-end diperkenalkan Samsung Indonesia. Setelah sebelumnya merilis lini seri A dengan spesifikasi entry-level, kini giliran lini Galaxy M. Diberi nama Galaxy M02, HP Samsung Galaxy terbaru ini dijual dengan harga Rp 1 jutaan saja. Tertarik memiliki? Sebelumnya, simak dulu kelebihan dan kekurangan Galaxy M02 di bawah ini, ya.

Bulan Januari lalu, Samsung Indonesia memperkenalkan model Galaxy A02. Dirilis tanpa perayaan besar, HP 1 jutaan ini menawarkan baterai berkapasitas besar.

Kini, belum genap satu bulan, Samsung kembali memperkenalkan jagoan terbarunya. Yang bikin heran, ponsel anyar ini dibanderol dengan harga yang mirip seperti Galaxy A02, yakni Rp1 jutaan!

Lalu, apa sih yang bikin Galaxy M02 dan Galaxy A02 berbeda? Kira-kira, apa yang lebih menguntungkan di antara kedua HP Samsung murah tersebut?

Untuk mendapatkan jawaban itu, sebelumnya simak dulu review, spesifikasi, harga terupdate, serta kelebihan dan kekurangan Galaxy M02 di bawah ini. Sehingga, kita benar-benar memahami bagaimana perbedaan di antara dua HP baterai besar ini.

Spesifikasi dan harga Galaxy M02 (Mobile Drop)
Spesifikasi dan harga Galaxy M02 (Mobile Drop)

Spesifikasi Galaxy M02

Dari sisi desain, kita akan kesulitan menemukan perbedaan antara Galaxy M02 dan Galaxy A02. Berdasarkan perbandingan yang penulis lakukan, kedua perangkat sama-sama memiliki dimensi 164 x 75.9 x 9.1 mm.

Bagian punggung ponsel dilapisi case yang terbuat dari material plastik. Ada empat pilihan warna yang disediakan perusahaan. Antara lain warna hitam, abu-abu, biru, dan merah.

Kedua ponsel entry-level ini juga dilapisi layar PLS IPS dengan lebar 6,5 inci. Layar ini mampu menghasilkan grafis berkualitas 720 x 1600 piksel. Layar kedua ponsel juga dihiasi notch berbentuk dew drop. Pada poni tersebut, kamu bisa menggunakan kamera dengan lensa berkemampuan 5MP.

Pilihan warna Galaxy M02 (Samsung)
Pilihan warna Galaxy M02 (Samsung)

Di bagian belakang, kamu akan menemukan modul berisi dual-camera. Lagi-lagi, kemampuan juga sama seperti Galaxy A02. Kedua kamera tersebut masing-masing memiliki kemampuan 13MP lensa wide yang didukung fitur Auto Focus (AF) serta 2MP lensa makro.

Masuk ke bagian dalam, lagi-lagi kita akan menghadapi kompone yang sama. Ya, Galaxy M02 ditenagai chipset c. System on Chipset (SoC) bikinan MediaTek ini berisi komponen CPU dengan empat inti serta GPU PowerVR GE8100.

Sementara itu, ponsel ini juga didukung RAM 2GB serta penyimpanan berkapasitas 32GB. Satu lagi poin yang membedakan antara Galaxy M02 dengan Galaxy A02. Di mana A02 didukung RAM 3GB.

Spesifikasi Galaxy M02 (Samsung Indonesia)
Spesifikasi Galaxy M02 (Samsung Indonesia)

Sedangkan untuk bagian daya, Galaxy M02 dilengkapi baterai berkapasitas 5.000 mAh. Sayangnya, tanpa dukungan fitur pengisian daya cepat.

Barangkali, satu-satunya perbedaan dan kelebihan Galaxy M02 ketimbang Galaxy A02 adalah dukungan kartu SD. Sebagaimana yang diiklankan perusahaan, Galaxy M02 bisa menjalankan kartu SD berkapasitas hingga 1TB.

Jadi angin segar bagi pengguna yang suka menyimpan file dalam jumlah besar di perangkat, bukan?

Harga Samsung Galaxy M02

Layar PLS IPS Galaxy M02 (Samsung)
Layar PLS IPS Galaxy M02 (Samsung)

Dengan berbagai kesamaan tersebut, harga Galaxy M02 dan Galaxy A02 hanya selisih Rp 1 juta saja. Oleh perusahaan, Galaxy M02 dibanderol sebesar Rp 1,349 juta.

Tentu harga yang cukup menggoda jika mengingat besarnya kapasitas baterai yang bisa kamu dapatkan: 5.000 mAh! Selain itu, Galaxy M02 juga menawarkan fitur fotografi 8x digital zoom –sebuah fitur yang tidak dimiliki ponsel sekelas lainnya.

Beruntungnya, ponsel ini juga didukung berbagai fasilitas penjualan oleh Samsung Indonesia. Jika dirasa berat untuk membayar cash, penggemar bisa kok mendaftar program cicilan. Sehingga kamu cukup membayar Rp. 112.417 setiap bulan sebanyak 12 kali.

Kamera Samsung Galaxy M02 (Samsung)
Kamera Samsung Galaxy M02 (Samsung)

Selain itu, kamu juga bisa melakukan tukar tambah dengan perangkat Samsung Galaxy lawas. Bagaimanapun, tawaran yang cukup memudahkan penggemar, bukan?

Jika tertarik memiliki, tim Droila sudah sediakan harga Galaxy M02 dari berbagai toko online. Cukup cek salah satu tautan di bawah, lalu temukan toko yang menjual ponsel anyar ini dengan harga paling murah. Langsung cek aja, cuy.

Kelebihan dan Kekurangan Galaxy M02

Spesifikasi lengkap Galaxy M02 (Dok.Istimewa/Droila)
Spesifikasi lengkap Galaxy M02 (Dok.Istimewa/Droila)

Bisa dibilang kalo ponsel ini sangat cocok buat kamu yang memiliki mobilitas tinggi. Artinya, punya aktivitas di luar ruangan yang begitu padat. Dukungan baterai berkapasitas besar tentu akan memudahkanmu aktivitasimu.

Lebih lengkap, berikut uraian kelebihan dan kekurangan Galaxy M02 yang kamu ketahui:

Kekurangan

  • Grafis layar yang biasa saja
  • Bobot cukup berat, yakni 206 gram
  • Tanpa dukungan fitur NFC
  • Tidak dilapisi perlindungan anti-air
  • Tidak dilapisi Corning Gorilla Glass
Tampilan One UI 2.0 pada Galaxy M02 (Samsung)
Tampilan One UI 2.0 pada Galaxy M02 (Samsung)

Kelebihan

  • Kapasitas baterai besar
  • Layar lebar
  • Mendukung kartu SD dengan kapasitas hingga 1TB
  • Performa dual-camera yang didukung fitur 8x digital zoom

Kesimpulan: Galaxy M02 vs Galaxy A02 vs HP 1 jutaan lainnya

Perbandingan spesifikasi Galaxy M02 vs Galaxy A02 (Dok.Istimewa/Droila)
Perbandingan spesifikasi Galaxy M02 vs Galaxy A02 (Dok.Istimewa/Droila)

Sulit untuk memahami alasan di balik keputusan Samsung Indonesia dalam memperkenalkan dua perangkan yang memiliki spesifikasi serupa. Dan jika melihat spesifikasi perangkat, Galaxy M02 dan Galaxy A02 layak disebut sebagai perangkat yang sama.

Di sisi lain, membandingkan kedua ponsel ini dengan produk lain di kelasnya, kita bisa melihat lebih banyak kekurangan. Dukungan RAM yang lebih kecil dibandingkan HP di bawah Rp1,5 juta lain, kapasitas penyimpanan yang rendah, serta performa chipset yang biasa saja.

Baterai Galaxy M02 (Samsung Indonesia)
Baterai Galaxy M02 (Samsung Indonesia)

Tak ayal, pembeli pemula bisa kesulitan untuk menjadikan ponsel ini sebagai pilihan.

Apalagi, HP 1 jutaan sedang jadi incaran banyak vendor. Masing-masing menawarkan spesifikasi yang jauh lebih memukau. Contohnya seperti Poco M3 (review), Redmi 9T (review), serta Narzo 30A (review). Alasan lain yang membuat Galaxy M02 kurang mencuri perhatian.

Usai sudah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan Galaxy M02 kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk lebih memahami perangkat ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like