Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung A10s: HP Murah yang Bisa Kamu Pakai untuk Main PUBG!

Kini, sudah ada banyak pilihan untuk HP harga 1-3 jutaan. Nggak lagi didonimasi HP dari China, vendor seperti Samsung pun ingin meramaikan persaingan. Dan tahun kemarin, perusahaan asal Korea Selatan ini merilis produk terbarunya, yakni seri Samsung Galaxy A10s. Pengin tahu bagaimana kelebihan dan kekurangan produk ini? Simak uraian di bawah, ya.

Kehadiran HP harga 1 jutaan dari Samsung ini tentu saja makin menambah persaingan. Dan meskipun Samsung A10s merupakan HP entry-level, perusahaan nggak melupakan peningkatan dari segi fitur, tampilan, maupun komponen pendukung.

Memang, HP ini sudah diluncurkan sejak enam bulan lalu. Dan kamu juga bisa menemuka ulasan Samsung Galaxy A10s di media lain. Tapi, melihat peningkatan pencarian pengguna Google melalui platform Google Trends, tim Droila merasa ini adalah kesempatan yang tepat untuk mengulas produk ini.

So, untuk kamu yang tertarik beli HP murah 1 jutaan ini, berikut adalah uraian spesifikasi lengkap serta kelebihan dan kekurangan HP Samsung A10s. Langsung cek aja, ya.

HP Galaxy A10s (Instagram)
HP Galaxy A10s (Instagram)

Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy A10s dan Harga Terbaru

Tak salah jika banyak pihak menyebutkan persaingan HP kelas bawah lebih ketat dibandingkan seri premium. Ketersediaan pilihan dalam jumlah banyak serta kerja kerasa perusahaan dalam meningkatkan kemampuan pada setiap seri terbaru menjadi dua faktor penyebabnya.

Dan di tengah persaingan super ketat tersebut, kehadiran seri Samsung A10s terbilang mencuri perhatian. Dibekali dengan peningkatan di bagian baterai, CPU, GPU, kamera, dan fitur keamanan, HP Samsung terbaru ini membuktikan dirinya layak untuk dipertimbangkan.

Desain dan Display

Sudah bukan rahasia lagi jika kini layar HP semakin lebar. Selain memudahkan pengguna dalam menjalankan aktivitas fotografi, juga nyaman dipakai untuk gaming. Dan hal itu pula yang bakal kamu dapatkan dari Galaxy A10s.

Samsung Galaxy A10s dibekali layar bertipe IPS LCD dengan lebar 6,2 inci. Layar ini mampu menampilkan gambar dengan resolusi 720 x 1520 dan rasio 19:9.

Karena harganya murah, Samsung pun meluncurkannya dengan desain minimalis. Body belakang menggunakan material plastik glossy. Hasilnya, tampilan bisa terlihat mengkilat. Tapi sayangnya body ini mudah kotor karena sidik jari.

HP Samsung Galaxy A10s (Instagram @xiaomi_by_fonera)
HP Samsung Galaxy A10s (Instagram @xiaomi_by_fonera)

Dapur Pacu

Peningkatan diberikan Samsung untuk seri Galaxy A10s. Berbeda dari pendahulunya, yakni Galaxy A10, Samsung membekali Galaxy A10s dengan CPU yang menjanjikan penghematan daya. Penerapan 4 inti bertenaga 1,65GHz terbukti mampu meningkatkan efisiensi performa 40% lebih tinggi!

Semua hal itu bisa diraih berkat kinerja chipset MediaTek Helio P22. Didukung dengan pengolah grafis PowerVR GE8320, hasilnya kamu bisa tenang menggunakan HP ini untuk bermain game berat.

Sayangnya, perusahaan tampak begitu perhitungan dalam pengaplikasikan memori. Soalnya, HP 1 jutaan ini masih dibekali dengan RAM 2GB dengan ROM 32GB. Untungnya, kamu bisa meningkatkan kemampuan penyimpanan. Soalnya, ada slot kartuSD yang bisa kamu gunakan.

Kamera Galaxy A10s

Dari segi kamera, Galaxy A10s dibekali dua kamera belakang. Konfigurasi dual-camera ini masing-masing berkemampuan 13MP lensa wide dan 2MP sensor kedalaman. Ya, kamu bisa menghasilkan foto efek bokeh menggunakan HP 1 jutaan ini!

Sementara itu, untuk kamera depan hanya menggunakan satu lensa saja. Lensa tersebut berkemampuan 8MP dan terletak di notch berkonsep waterdrop.

Nggak perlu kecewa soal minimnya jumlah kamera. Soalnya, HP Samsung terbaru ini juga dibekali berbagai fitur-fitur fotografi unggulan, kok. Contohnya seperti mode panorama, pro, HDR, serta Live Foto.

Sedangkan untuk kamera depan juga nggak luput dilengkapi fitur fotografi canggih. Ada mode beauty yang bisa membantu pengguna meningkatkan tampilan wajah ketika foto selfie. Menarik, bukan?

Harga HP Samsung Galaxy A10s Terbaru

Saat pertama kali diluncurkan, Galaxy A10s dijual dengan harga Rp1,899 juta oleh perusahaan. Kini, jika melihat harga yang tertera di website resmi perusahaan, Galaxy A10s sudah turun harga. Ya, kini kamu bisa membelinya dengan budget sebesar Rp1,749 juta saja.

Kelebihan dan Kekurangan HP Samsung A10s

Setelah puas mengulik spesifikasi lengkapnya, kini saatnya penulis menguraikan kelebihan dan kekurangan Galaxy A10s. Dan berdasarkan uji coba penulis, berikut ini adalah beberapa hasil yang perlu kamu ketahui.

Kelebihan Samsung Galaxy A10s

Ada beberapa elemen yang menjadikan Galaxy A10s layak untuk dibeli. Keunggulan pertama yakni dimensi layar yang luas. Ya, layar dengan lebar 6,2 inci tentu saja bakal memanjakan mata karena tampilan lebih lapang, bukan?

Selain itu, penggunaan chipset MediaTek P22 terbukti mampu meningkatkan efisiensi. Baik dari performa maupun konsumsi daya, dua hal itu berjalan lebih efektif. Hasilnya, kamu bisa mendapatkan perangkat yang cepat dan hemat dengan harga 1 jutaan saja.

Dan terakhir yakni kapasitas baterai raksasa. Keunggulan ini tentu saja menjadi nilai tersendiri untuk pengguna yang aktif di luar. Meskipun nggak didukung teknologi fast charging, jumlah 4.000 mAh tetap jadi godaan karena bisa kamu pakai seharian!

Kekurangan Galaxy A10s

Selain kelebihan, HP Samsung terbaru ini juga nggak luput dari kekurangan. Pertama yakni absennya sensor gyroscope. Perlu kamu tahu, sensor ini berfungsi menambah gerakan tiga dimensi untuk media atau aplikasi tertentu. Contoh penggunaannya adalah menonton gambar 3D yang terdapat di Facebook.

Bodi bermaterial plastik juga jadi kendala di mata beberapa pengguna. Soalnya, mengurangi kesan premium dari HP Samsung ini. Tapi, ini masih bisa kamu atasi dengan penggunaan hardcase atau softcase, kok.

Sedangkan kekurangan ketiga yakni tanpa dukungan fitur NFC. Memang, adalah hal yang mustahil untuk menyertakan fitur ini pada HP 1 jutaan. Tapi , bagaimanapun, kehadiran NFC terbukti sangat membantu pengguna yang aktif transaksi digital. Maka, absennya fitur ini pun bisa jadi bahan pertimbangan untuk memilikinya atau tidak.

Usai sudah uraian hari ini mengenai kelebihan dan kekurangan Samsung A10s. Setelah membaca ulasan lengkap di atas, bagaimana pendapatmu mengenai HP 1 jutaan Samsung ini? Coba deh bagikan pendapat kalian di media sosial Droila.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like