Kelebihan dan Kekurangan Huawei Mate 40 Pro: Fotografer HP Wajib Punya!

Kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 40 Pro (PocketNow)
Kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 40 Pro (PocketNow)

Dalam hal usia, Huawei Mate 40 Pro mungkin terlihat ketinggalan zaman. Perusahaan meluncurkannya tahun lalu -di masa ketika pandemi membuat banyak acara gagal diselenggarakan. Namun, dalam hal teknologi, masih berani bersaing dengan ponsel terkini! Pengin beli? Simak dulu kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 40 Pro di bawah ini, ya.

Jika melihat pengembangan teknologi yang dilakukan perusahaan, tak salah kiranya jika Huawei sempat merajai pasar telepon pintar Internasional. Mengalahkan raksasa seperti Apple, Samsung, hinggga Xiaomi atau Motorola.

Dan lewat Huawei Mate 40 Pro, perusahaan berhasil membuktikan betapa tekanan dan kondisi tidaklah cukup untuk membuat mereka menawarkan produk bermutu. Hingga akhirnya, berdasarkan penilaian DxOMark, Huawei Mate 40 Pro pun merajai segmen HP kamera terbaik selama beberapa bulan!

Mungkin sebagian pembaca akan merasa terhenyak ketika melihat harga perangkat. Meskipun terbilang mahal, harga jual perangkat bukanlah tanpa sebab. Pasalnya, perusahaan benar-benar menanamkan beragam teknologi terkini pada ponsel ini.

Apalagi kalo kamu punya hobi fotografi. Wajib banget buat membeli ponsel ultra flagship ini! Tapi, sebelum memutuskan, simak dulu uraian mengenai Mate 40 Pro berikut.

Tim Droila sudah mengumpulkan berbagai info yang perlu kamu tahu. Mulai dari review, spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 40 Pro Indonesia.

HP Huawei Mate 40 Pro (Huawei Indonesia)
HP Huawei Mate 40 Pro (Huawei Indonesia)

Spesifikasi Huawei Mate 40 Pro

Sekali lagi, Huawei berhasil memproduksi ponsel yang indah dan menggoda. Terutama bagi pengguna yang bosan dengan ponsel Android. Dan jika pengguna itu adalah kamu, HP kamera canggih Mate 40 Pro bisa dijadikan pilihan.

Sebelum itu, kenalan dulu yuk dengan komponen dan spesifikasi Huawei Mate 40 Pro.

Desain

Penggemar HP dengan layar lebar berhak untuk gembira. Tapi, jika kamu lebih nyaman dengan ukuran layar milik Pixel 5 atau iPhone 12 mini (review), maka Mate 40 Pro bukanlah pilihan yang tepat.

Pasalnya, HP Huawei canggih ini layak dinilai sebagai flagship terbesar hingga saat ini. Dengan ketebalan perangkat mencapai 9,1 mm. Sebagai perbandingan, ketebalan iPhone 12 Pro Max (review) cuma 7,4mm aja!

Di bagian depan, perusahaan kembali menawarkan display yang disebut Curved Waterfall. Jenis tampilan yang membuat layar begitu penuh dan lebar -karena mencapai bagian pinggir yang melengkung.

Namun, tidak seperti Mate 30 Pro (review), perusahaan menghilangkan notch serta mengembalikan tombol Volumen di bagian samping. Dan di bagian belakang, kamu akan menemukan modul berbentuk lingkaran yang membungkus tiga kamera utama.

Layar Huawei Mate 40 Pro (PocketNow)
Layar Huawei Mate 40 Pro (PocketNow)

Layar

Mengagumkan. Kesan itulah yang bakal kita dapatkan begitu menggenggam perangkat ini. Lebar layar mencapai 6,76 inci. Sekali lagi, jauh lebih besar ketimba iPhone 12 Pro Max. Membuat tampilan grafis lebih luas dan besar.

Mate 40 Pro dilapisi bezel super tipis. Bahkan sampai menghilangkan bagian pinggir! Sehingga, rasio body ke layar pun mencapai 94,1%. Jauh lebih tinggi ketimbang Galaxy Note 20 Ultra (91,7%)  dan iPhone 12 Pro Max (87,4%).

Layar perangkat mengandalkan panel OLED. Grafis yang ditampilkan memiliki refresh rate 90Hz dengan resolusi mencapai 1344 x 2722 piksel. Banyak pengulas teknologi yang mengakui kalo grafis yang dihasilkan setajam milik iPhone.

Kamera belakang Mate 40 Pro (PocketNow)
Kamera belakang Mate 40 Pro (PocketNow)

Kamera

Sekali lagi, Huawei menanamkan lensa Leica pada perangkat ini. Sehingga, hasil jepretan kamera pun tak perlu diragukan kualitasnya. Baik dari segi ketajaman warna, detail obyek, serta fitur-fitur pendukung.

Total terdapat 5 kamera yang ditanamkan perusahaan. Empat kamera terletak di belakang. Sedangkan dua buah lagi berada di depan.

Untuk kamera belakang, masing-masing memiliki kemampuan 50MP lensa wide dengan dukungan fitur omnidirectional PDAF dan Laser AF. Di samping itu, masih ada lensa 12MP periscope telephoto dengan fitur PDAF, OIS, dan 5X optical Zoom.

Kamera terakhir memiliki kemampuan 20MP lensa ultrawide. Sama seperti dua kamera lain, kamera ultrawide ini juga mendukung fitur PDAF. Jadi, wajar kalo Mate 40 Pro dinilai sebagai HP kamera terbaik 2020, bukan?

Untuk kamera depan, dibungkus punch-hole yang terletak di pojok kiri atas. Masing-masing memiliki kemampuan 13MP lensa ultrawide dan ToF 3D yang menggunakan lensa kedalaman dan sensor biometric.

Desain Huawei Mate 40 Pro (PocketNow)
Desain Huawei Mate 40 Pro (PocketNow)

Dapur Pacu

Melalui HiSilicon Kirin, Huawei berhasil muncul sebagai salah satu produsen semikonduktor terbaik di dunia. Menyaingi Apple serta Qualcomm langsung! Dan pada HP Huawei Mate 40 Pro, perusahaan mengandalkan SoC seri HiSilicon Kirin 9000 5G.

Ya, kamu tak salah baca. Perangkat ini sudah bisa terhubung dengan koneksi internet 5G. Tapi, untuk kompatibilitasnya dengan teknologi jaringan di Indonesia, masih belum ada informasi yang lebih lanjut.

Chipset high-end bikinan Huawei ini berisi CPU dengan empat inti permrosesan. Di bagian GPU, HiSilicon Kirini 9000 5G mengandalkan performa GPU Mali-G78 MP24.

Masuk ke bagian penyimpanan, Huawei Mate 40 Pro dibekali memori yang cukup lapang. Meskipun Huawei Global merilis lebih banyak varian untuk versi internasional, di pasar local perangkat ini Cuma memiliki satu pilihan saja. Yakni RAM 8GB dengan penyimpanan internal 256GB.

Harga Huawei Mate 40 Pro di Indonesia

Harga Huawei Mate 40 Pro (PocketNow)
Harga Huawei Mate 40 Pro (PocketNow)

Sejak perusahaan memutuskan untuk mengandalkan kamera Leica, sejak itu pula teknologi kamera Huawei meningkat pesat. Membuat ponsel Huawei sering menduduki peringkat tertinggi skor performa kamera dari DxOMark.

Beruntungnya, harga Huawei Mate 40 Pro di Indonesia tidaklah terlalu tinggi. Apalagi jika kita mengingat kalo perangkat ini merupakan model Ultra-Flagship. Yang biasanya dijual dengan harga mendekati angka Rp 20 juta atau lebih.

Mengutip situs resmi Huawei Indonesia, harga Huawei Mate 40 Pro cuma Rp 12,499 juta saja. Dengan harga tersebut, kamu bisa mendapatkan HP kamera terbaik yang juga Tangguh untuk memenuhi kebutuhan sehari0-hari!

Tertarik membeli perangkat ini? Kamu sedang beruntung! Ada banyak promo serta harga yang lebih variatif pada toko online. Dan jika kamu ingin segera memilikinya, langsung deh klik salah satu tombol menuju toko online di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Mate 40 Pro

Spesifikasi lengkap Huawei Mate 40 Pro (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Huawei Mate 40 Pro (Dok.Istimewa Droila)

Sekilas, ponsel ini hadir seperti tanpa cela. Baik dari segi penyimpanan, performa perangkat, hingga kamera -masing-masing memiliki kemampuan di atas rata-rata!

Tapi, bukan berarti Mate 40 Pro tidak memiliki kelemahan sama sekali. Dan salah satu kekurangan Mate 40 Pro yang wajib kamu perhatikan yakni tidak mendukung Android.

Lebih lengkap, simak kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 40 Pro berikut ini:

Kekurangan

  • Mesin bakal makin hangat jika dipakai untuk gaming dalam jangka waktu yang lama
  • Kamera ultrawide kurang lebar
  • Hanya menghasilkan refresh rate 90Hz saja

Kelebihan

  • Desain premium dan elegan berkat layar dengan konsep waterfall
  • Layar mampu menghasilkan warna yang tajam dengan objek detail
  • Daya tahan baterai panjang
  • Suara audio dari speaker berkualitas ringgi
  • Teknologi pemindai wajah yang menjanjikan keamanan lebih

Review Huawei Mate 40 Pro

Spesifikasi Huawei Mate 40 Pro (PocketNow)
Spesifikasi Huawei Mate 40 Pro (PocketNow)

Memang, dari penilaian sekilas, Huawei Mate 40 Pro merupakan jelmaan perangkat yang kamu butuhkan. Performa tinggi, kamera berkualitas, serta harga yang cukup terjangkau.

Tapi, jika mempertimbangkan ketiadaan Google Mobile Services, keunggulan tersebut langsung lenyap begitu saja. Meskipun HarmonyOS sudah mulai dipakai pada sejumlah perangkat, popularitasnya tetap belum bisa mengalahkan Android.

Sedangkan di Indonesia, Android masih menjadi sistem operasi dengan jumlah pengguna tertinggi. Jadi, jika kamu berminat membeli HP kamera canggih ini, tentu butuh waktu agak lama untuk menyesuaikan diri terhadap sistem operasi Harmony.

Nah, usah sudah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan Huawei Mate 40 Pro. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan sebelum beli perangkat ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like