Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 9: Midrange Rasa Flagship

Kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 9
Kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 9

Sampai sekarang, Huawei masih menjadi salah satu produsen HP yang bisa diandalkan. Tangguh, baik dalam hal performa mau komponen yang dipakai. Dan kali ini, tim Droila sudah siapkan kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 9. Langsung cek aja, ya.

Huawei Nova 9 Spesifikasi

Diblokir oleh layanan Google Mobile Services (GMS) tak membuat Huawei menyerah. Raksasa teknologi asal China tersebut justru mengembangkan sistem operasi sendiri bernama Harmony OS.

Uniknya, smartphone pertama yang menyicipinya justru bukan flagship, melainkan seri mainstream Huawei Nova 9.

Meski bukan flagship, seri Huawei Nova 9 ini lebih cocok disebut smartphone high-end karena harga yang dipatok yakni mencapai Rp7 jutaan dan sudah tergolong kelas atas.

Selain itu, Huawei Nova 9 juga mengadopsi sejumlah spesifikasi dan fitur yang sebelumnya hadir di smartphone seri flagship terutama dari sensor kamera dan desain. Adapun Huawei Nova 9 resmi masuk Indonesia pada 8 Desember 2021.

Tertarik memiliki HP kelas menengah terbaru dari Huawei ini? Simak dulu deh kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 9 di bawah yang sudah dikumpulkan tim Droila dari berbagai sumber ini, ya.

huawei nova 9 spesifikasi dan harga
huawei nova 9 spesifikasi dan harga

Desain dan Layar

Memiliki kesan smartphone flagship yang mewah di level midrange. Inilah yang ingin dihadirkan Huawei di perangkat terbarunya Nova 9. Jika dilihat dari desainnya, Huawei Nova 9 memang jelas punya aura seperti smartphone flagship.

Pilihan warna yang tersedia di Indonesia hanya varian Starry Blue. Ini memang varian yang menjadi hero color, di mana desainnya terlihat mewah. Backdoornya menggunakan kaca yang punya efek berkilau. Meski berbahan kaca, bobotnya cukup ringan, hanya 175 gram sehingga mudah digenggam dan sangat tipis.

Warnanya dominan biru muda. Saat terkena pantulan cahaya, akan muncul efek warna ungu dan sedikit aksen warna hijau serta kuning. Saat digenggam, teksturnya terasa lembut.

Terdapat logo NOVA di bagian belakang bawah dan dibuat glossy. Ada juga logo Huawei yang ditampilkan dengan elegan. 

huawei nova 9 spesifikasi
huawei nova 9 spesifikasi

Untuk bagian depan, rasa flagship dari Huawei Nova 9 makin terasa. Smartphone ini memiliki layar melengkung atau curve di sebelah kiri dan kanan. Layar seperti ini biasanya ada di smartphone harga belasan juta. Faktor ini juga yang bikin desain smartphone ini jadi lebih mewah.

Kualitas dari layarnya yang berukuran 6.57 inci terbilang juara dengan resolusi Full HD+. Panelnya sudah OLED, yang bisa menyajikan warna lebih cerah, dan gelapnya pun total.  Selain itu, refresh ratenya sudah 120Hz dengan touch sampling di 300Hz yang sudah menjadi standar smartphone flagship.

Dengan refresh rate 120Hz, menyaksikan konten favorit, scroll media sosial, dan memainkan game menjadi lebih mengasyikkan. Untuk konten dengan frekuensi gambar yang lebih rendah, sistem secara otomatis akan beralih ke 60 Hz demi menghemat baterai.

Performa dan Chipset

Review Huawei Nova 9
Review Huawei Nova 9

Berbeda dengan seri sebelumnya yang memakai chipset buatan sendiri yaitu Kirin, kali ini Huawei mamakai chipset Snapdragon 778 4G besutan Qualcomm. Kinerjanya sendiri tak perlu diragukan lagi. Sebab, Snapdragon 778 ini adalah salah satu chipset terbaik kelas midrange.

Ditunjang dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB, smartphone ini mampu mengerjakan bebagai tugasnya. Dipakai untuk bermain game populer seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, hingga Genshin Impact akan terasa sangat mulus. Multitasking juga nggak bakalan lemot alias lancar jaya.

Sayangnya, smartphone ini tidak didukung layanan 5G. Padahal seri sebelumnya, yaitu Huawei Nova 7 saja sudah dibekali 5G. Untungnya, jaringan 5G di Indonesia, masih sangat terbatas. Jadi, bagi pengguna yang suka berganti ponsel mungkin tak akan masalah. Namun jika ingin dipakai beberapa tahun ke depan, mungkin bakal jadi ganjalan tersendiri, nih!

Kamera

Kamera Huawei Nova 9
Kamera Huawei Nova 9

Salah satu bagian paling menonjol di Huawei Nova 9 adalah sektor kameranya. Ponsel ini memiliki kamera utama dengan ring di sekelilingnya yang berukuran jumbo bernama Star Orbit Ring. Kalau diperhatikan lebih teliti, sebenarnya ukuran sensornya pun masih tergolong standar.

HP Huawei terbaru ini memiliki kamera utama 50MP dengan sensor RYYB sebesar 1/1,56 inci. Memang tidak diperkuat teknologi Leica, tapi setidaknya Nova 9 ini sudah mengadopsi sejumlah fitur yang ada di smartphone flagshipnya.

Smartphone ini juga dibekali dengan algoritma XD Fusion Engine yang menggunakan teknik fotografi komputasi canggih untuk sangat meningkatkan detail dan kualitas gambar.

Untuk mendukung kemampuan fotografi, kamera utama 50MP ini dibantu oleh kamera 8MP ultra wide angle, kamera  makro 2MP, kamera depth 2MP dan 1 LED Flash. Sementara itu, kamera depannya memiliki sensor 30MP.

Untuk foto outdoor, hasilnya cukup tajam dan memuaskan. Meski pada kondisi tertentu terlihat ada efek seperti cat air. Dynamic range-nya oke, warna yang keluar cukup baik, kontras terasa natural. Untuk foto indoor juga cukup baik meski menggunakan mode auto sekalipun.

harga huawei nova 9 di indonesia
harga huawei nova 9 di indonesia

Untuk rekam video pun, kamera ini tergolong mumpuni. Resolusi perekaman maksimal bisa 4K namun frame rate maksimal hanya bisa 30 fps. Rekomendasinya adalah resolusi Full HD yang frame ratenya pun diatur sampai 60 fps yang menyajikan kualitas gambar lebih halus.

Sementara untuk kamera depan, hanya bisa diatur sampai 30fps, selebihnya fitur dan kemampuannya sama antara kamera belakang dan depan.

Bagi para vlogger, Huawei Nova 9 sangat mendukung aktivitas tersebut. Karena sudah terdapat mode Vlog di dalam menu kamera. Di mana kita bisa beralih antara kamera belakang dan kamera depan sekaligus untuk menyajikan dua tampilan.

Satu fitur penting di kamera flagship yang absen di sini adalah OIS (Optical Image Stabilization). Sebagai gantinya, Huawei Nova 9 hanya AIS (AI image Stabilization), teknologi stabilisasi gambar yang didukung oleh AI.

Teknologi ini memungkinkan kamera mengambil video atau bidikan dengan eksposur lama, terutama dalam kondisi cahaya rendah, sambil tetap mempertahankan gambar yang tajam dan detail tanpa blur.

Harga Huawei Nova 9 di Indonesia

harga huawei nova 9
harga huawei nova 9

Di Indonesia, Huawei Nova 9 dengan harga Rp 7.599.000. Dan itu adalah harga yang penulis dapatkan dari situs resmi Huawei Indonesia.

Tertarik membeli? Kamu bisa langsung klik tombol di bawah ini. Penulis sudah siapkan tombol yang akan mengarahkanmu ke sejumlah toko online di Indonesia. Jadi, langsung cek aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Huawei Nova 9

Spek lengkap Huawei Nova 9
Spek lengkap Huawei Nova 9

Setelah tahu gimana spesifikasi dan harga Huawei Nova 9, kini saatnya kita melangkah ke informasi penting selanjutnya. Yakni terkait kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 9. Jadi, tanpa panjang-lebar, langsung cek uraian kelemahan dan kelebihannya berikut ini, ya.

Kelebihan

  • Desain Berkelas
  • Layar Juara
  • Kamera Mumpuni
  • Baterai Tangguh

Kekurangan

  • Absennya Koneksi 5G
  • Tidak Menggunakan Fitur OIS (Optical Image Stabilization)
  • Tidak Memiliki Layanan GMS (Google Mobile Services).

Review Huawei Nova 9

huawei nova 9 indonesia
huawei nova 9 indonesia

Huawei Nova 9 merupakan smartphone yang bagus. Build quality dan desain yang berkelas, layar juara, kamera mumpuni, baterai tangguh.

Punya segala potensi untuk menjadi sang juara. Namun di sisi lain, ponsel ini juga memiliki sejumlah kekurangan seperti absennya koneksi 5G, OIS, hingga GMS (Google Mobile Services).

Hal yang terakhir disebutkan ini harus diakui masih menjadi ganjalan utama. Untungnya, sudah ada GSpace yang bisa membuka akses ke layanan Google, walau tidak bisa menjadi jaminan bakal bisa dipakai seterusnya karena memang pada dasarnya aksesnya diblokir.

Selain itu, harga yang dipatok Rp7,5 jutaan juga agak pricey dan menjadi tantangan tersendiri dengan adanya sejumlah catatan tersebut. Kalau saja turun menjadi Rp6, bahkan Rp5 juta, besar kemungkinan ponsel ini akan laris manis.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Huawei Nova 9. Semoga penjelasan mengenai spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu untuk lebih mengenali perangkat ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like