Kelebihan dan Kekurangan Huawei P40 Pro, HP Flagship Terbaru dengan Kamera Terbaik!

Kamera Huawei P40 Pro (DxOMark)
Kamera Huawei P40 Pro (DxOMark)

Setiap dari kita tentu punya HP yang dijadikan idola. Dan jika membicarakannya, masing-masing pastinya punya ukuran maupun penilaian tersendiri. Salah satu yang layak dijadikan idola adalah trio HP terbaru Huawei. Lebih spesifik, tim Droila kali ini bakal menguraikan bagaimana kelebihan dan kekurangan Huawei P40 Pro. Mau tahu?

Desain mewah, kamera mengagumkan, lengkap dengan spesifikasi yang bakal bikin kamu mabuk kepayang. Mungkin berlebihan. Tapi begitulah adanya jika kamu mencoba HP Huawei terbaru ini.

Diklaim mampu menghasilkan kinerja yang 23 persen lebih efektif, beragam kegiatan pengguna tentunya bisa berjalan tanpa hambatan. Apalagi, perusahaan juga sudah membekali banyak pembaruan di berbagai lini.

Tampilan HP Huawei P40 Pro (Huawei Consumer)
Tampilan HP Huawei P40 Pro (Huawei Consumer)

HP Huawei terbaru ini diperkenalkan secara global pada bulan Maret. Dan awal bulan April lalu, Huawei Indonesia memperkenalkan salah satu seri dari ketiga HP terbaru ini ke Indonesia: yakni Huawei P40 Pro.

“Setelah sebelumnya Huawei meluncurkan seri P40 secara global 26 Maret lalu, hari ini kamu menghadirkan salah satu produk unggulan dari lini tersebut di Indonesia, yaitu Huawei P40 Pro,” jelas Deputy Country Director Huawei Consumer Business Groups Indonesia, Lo Khing Seng, dilansir dari CNBCIndonesia, Minggu (26/04/2020).

Untuk pembaca yang masih penasaran dengan HP terbaru ini, tim Droila sudah rangkumkan dari berbagai sumber uraian spesifikasi Huawei P40 Pro lengkap dengan kelebihan dan kekurangan.

Spek Huawei P40 Pro dan Harga di Indonesia

Diluncurkan dengan kualitas fotografi super, seri Huawei P40 Pro mampu menemani kegiatan pengguna sepanjang hari. Rancangan desain yang visioner, performa mesin tangguh, serta dukungan teknologi AI (Artificial Intelligence) menjadikan HP terbaru ini layak menjadi idaman.

Desain dan Display P40 Pro

Layar Huawei P40 Pro (Huawei Consumer)
Layar Huawei P40 Pro (Huawei Consumer)

Sebagaimana cinta yang dimulai dari mata lalu turun ke hati, kamu bakal dibikin terpana ketika melihat produk ini. Desain dan display benar-benar dirancang dengan penuh perhitungan. Singkatnya, indah dan elegan!

Di bagian layar, Huawei P40 Pro mengusung display dengan desain Quad-curve Overflow Display. Desain dengan bentuk melengkung di bagian ujung ini menjadikan bezell terlihat sangat tipis, di bagian atas dan bawah. 

Layarnya sendiri menggunankan teknologi OLED dengan lebar 6,58 inci. Layar ini punya resolusi 1200 x 2640 piksel dengan kepadatan 441 ppi.

Hasilnya, gambar yang dihasilkan punya refresh rate 90Hz. Memang, dirasa kurang untuk harganya yang dibanderol sekelas Samsung Galaxy S20+, bukan?

Namun tunggu dulu, kelemahan ini tak lantas menjadikan Huawei P40 Pro kurang secara keseluruhan. FYI, lini kamera diakui DxOMark sebagai perangkat dengan kualitas terbaik saat ini, lho.

Dapur Pacu

Display Huawei P40 Pro (Tech Radar)
Display Huawei P40 Pro (Tech Radar)

Huawei P40 Pro ditenagai chipset terbaru HiSilicon Kirin 990 5G. Bisa dibilang, inilah chipset paling tanggung yang digunakan smartphone saat ini.

Soalnya, chipset tersebut merupakan satu-satunya chipset high-end yang sudah diintegrasikan dengan teknologi 5G. Artinya, perangkat ini bisa bekerja dengan baik untuk koneksi 5G atau LTE.

Didukung dengan RAM 8GB dan ROM 256GB, pengguna bisa meningkatkan memori penyimpanan. Soalnya, soket kartu SD mendukung pengoperasian MMC mencapai 256GB. 

Kombinasi tersebut tentu saja menjadikan pengguna bakal mendapat perangkat dengan performa super. Bahkan, dari lini kamera, kamu bisa menggunakan perangkat yang meningkatkan pengalaman fotografi smartphone ke level yang jauh berbeda!

Kamera Huawei P40 Pro

Hasil penilaian DxOMark untuk Huawei P40 Pro (DxoMark)
Hasil penilaian DxOMark untuk Huawei P40 Pro (DxoMark)

Saat tulisan ini dirilis, Huawei P40 Pro masih menempati urutan pertama pada peringkat DxOMark. FYI, DxOMark adalah website yang melakukan perangkingan untuk performa kamera; baik itu kamera handphone maupun kamera DSLR dan produk lainnya.

Skor HP Huawei terbaru ini di website tersebut pun terbilang tinggi. 128 poin, mengalahkan Honor 30 Pro+, Oppo Find X2 Pro, Xiaomi Mi 10 Pro, serta flagship Samsung Galaxy S20 Ultra 5G dan iPhone 11 Pro Max.

Poin Huawei P40 Pro di DxOMark (DxOMark)
Poin Huawei P40 Pro di DxOMark (DxOMark)

Keberhasilan ini tentu nggak bisa kita lepaskan dari teknologi yang mendukung lini kamera. Konfigurasi keempat kamera belakang terdiri dari 50MP kamera ultra vision, 40MP kamera cine, 12MP kamera telefoto supersensing, serta sensor kedalaman 3D.

Untuk kamera selfie, terletak di punch-hole dan terdiri dari dua lensa. Masing-masing berkemampuan 32MP lensa wide dan IR TOF 3D. Selain komponen kamera, fitur-fitur yang ditanamkan pun bakal membawa pengalaman fotografi smartphone ke level yang jauh berbeda.

Mengandalkan sensor RYYB (Red, Yellow, Yellow, Blue) dengan ukuran yang lebih besar dari kepunyaan Galaxy S20 Plus, perangkat ini mampu mengumpulkan lebih banyak cahaya. Hasilnya, foto yang dihasilkan di berbagai kondisi bisa tetap apik dan terjaga kualitasnya.

Harga P40 Pro di Indonesia

Kamera belakang Huawei P40 Pro (Tech Radar)
Kamera belakang Huawei P40 Pro (Tech Radar)

HP Huawei terbaru ini dijual dengan dua pilihan warna; yakni Silver Frost dan Deep Sea Blue. Untuk pre-order  batch kedua sudah dibuka sejak 18 April sampai 31 Mei mendatang. 

Pemesanan bisa dilakukan melalui beberapa platform e-commerce; yakni JD.ID, BliBli, Shopee, Lazada, Tokopedia, dan Eraspace. Masing-masing tentu menawarkan keuntungan. 

Dan berdasarkan penelusuran penulis melalui website JD.ID, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika membayar secara tunai.

Selain mendapatkan produknya, kamu juga bakal mendapatkan Huawei SuperCharger Wireless Charger, Smart View Flip Cover, serta voucher Indomaret sebesar Rp200 ribu. Menguntungkan, bukan?

Sementara itu, untuk harga Huawei P40 Pro melalui website ini, dibanderol Rp14,499 juta saja. So, pesan sebelum kehabisan, bray!

Kelebihan dan Kekurangan Huawei P40 Pro

Tabel spesifikasi P40 Pro (Dok.Istimewa)
Tabel spesifikasi P40 Pro (Dok.Istimewa)

Setelah berpanjang lebar menguraikan spesifikasi Huawei P40 Pro, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangannya. Tentu saja, kamu tak ingin kecewa di akhir atau ketika sudah mulai menggunakan produknya, bukan? Untuk itu, wajib deh baca uraian di bawah.

Kelebihan Huawei P40 Pro

Tampilan belakang Huawei P40 Pro (Tech Radar)
Tampilan belakang Huawei P40 Pro (Tech Radar)

Segmen kamera sekali lagi patut disebutkan jika membicarakan kelebihan HP Huawei terbaru ini. Bagaimana tidak, dengan harga Rp14,499 juta saja, kamu bisa menggunakan produk dengan kualitas kamera di atas iPhone 11 Pro Max atau Galaxy S20 Ultra.

Sebagaimana kita tahu, kedua produk di atas juga mengunggulkan sisi kamera sebagai kelebihan produknya. Hanya saja, dalam hal performa dan teknologi, masih kalah jauh dibandingkan HP flagship terbaru ini!

Jadi, untuk kamu yang hobi fotografi, segera deh ganti HP yang dipakai dengan produk terbaru ini. Setelah itu, rasakan pengalaman kamera mengagumkan dari HP unggulan ini.

Kekurangan Huawei P40 Pro

Dua pilihan warna Huawei P40 Pro (GSMArena)
Dua pilihan warna Huawei P40 Pro (GSMArena)

Seperti kita tahu, akibat perang dagang hubungan Huawei dan Google sempat meregang. Memang, Huawei P40 Pro masih mengandalkan dukungan sistem operasi Android 10

Hanya saja, kehadirannya bakal terasa berbeda akibat ketiadaan dukungan layanan Google Mobile Services (GMS). Hasilnya, kamu bakal kesulitan untuk mengakses Gmail, Google Drive, Google Photos, dan produk Google lainnya.

Tapi bukan berarti sisi aplikasi bakal terbatas, ya. Soalnya, Huawei sudah melengkapi kebutuhan aplikasi dengan lewat Huawei Mobile Services (HMS). Jadi, kamu bisa menggunakan aplikasi alternatif sebagai pengganti.

Desain P40 Pro (Huawei)
Desain P40 Pro (Huawei)

Bagi pengguna pemula atau kamu yang terbiasa dengan layanan Google Mobile Services, perubahan ini tentu saja terlihat menakutkan. Wajar, sudah jadi insting manusia untuk ragu terhadap sesuatu yang belum benar-benar dikenali. 

Tapi, kalo sudah terbiasa, kamu bakal merasakan kemudahannya. Apalagi, ingat, ini adalah produk yang benar-benar mengagumkan dan layak dijadikan idaman. So, bersusah-susah sementara waktu untuk keuntungan jangka panjang tentu bukanlah pilihan buruk, bukan?

Usai sudah uraian hari ini mengenai review kelebihan dan kekurangan Huawei P40 Pro. Dan setelah membaca uraian yang panjang di atas, bagaimana pendapatmu mengenai HP Huawei terbaru ini? Coba deh bagikan pendapat kalian di media sosial Droila, ya.

Tampilan belakang Huawei P40 Pro (GSMArena)
Tampilan belakang Huawei P40 Pro (GSMArena)


Jangan lewatkan beragam rekomendasi handphone terbaik setiap harinya. Cukup klik tombol subscribe, maka kamu bisa mendapatkan pemberitahuan artikel terbaru di Droila. Kamu juga bisa membaca beragam informasi teknologi, games, aplikasi, dan tutorial yang menarik diikuti, lho.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like