BerandaGadgets6 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 6 Plus: Ponsel Entri Level dengan...

6 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 6 Plus: Ponsel Entri Level dengan Baterai 5.000 mAH

Maret 2022 lalu, Infinix kembali merilis HP terbarunya, yaitu Infinix Smart 6 Plus. Kami jadi tertarik mengulas kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 6 Plus. HP Rp1 jutaan ini memang layak diulas.

Mengapa? HP Infinix biasanya memiliki spesifikasi yang tinggi di kelasnya. Namun, harga yang dibanderol sangat murah. Langsung aja yuk kita ulas spesifikasi Infinix Smart 6 Plus.

Spesifikasi Infinix Smart 6 Plus

Infinix Smart 6 Plus memiliki spesifikasi yang cukup lengkap. Sebagai HP entry-level untuk berkomunikasi sehari-hari, tentu saja memiliki fitur-fitur primer dapat diandalkan. Berikut ulasan detailnya.

infinix smart 6 plus vs smart 6
infinix smart 6 plus vs smart 6

Desain dan Layar

Infinix Smart 6 Plus memiliki tampilan warna yang menarik. Ada 4 macam: Purple, Ocean Blue, Light Sea Green, dan Polar Black. Anak muda, terutama kaum hawa, pasti akan tertarik begitu melihatnya.

Corak belakangnya menimbulkan efek glossy. Material plastik pun menjadi tak begitu terlihat. Teknologi Silver Ions Antibacterial juga diterapkan pada material sehingga membuatnya lebih tahan terhadap kuman.

HP Infinix murah ini memiliki dimensi 164,8 x 76 x 8,75 mm. Beratnya hanya 191 gram sehingga tetap ringan di genggaman.

Di sisi kanan terdapat tombol volume. Di bawahnya  ada tombol daya yang juga berfungsi sebagai fingerprint. Sementara di sisi kiri, slot untuk dual nano SIM card dan micro-SD.

Di sisi bawah, terdapat speaker yang  menggunakan teknologi DTS Audio dan Beez 2.0. Jika ingin menggunakan headset, ada jack audio 3,5mm. Sayangnya, port USB yang digunakan masih menggunakan model mikro.

Di depan, ada layar IPS LCD 6,6 inci. Desain layarnya masih menggunakan model waterdrop. Selain itu, bezelnya tipis sehingga layar tampak lebar.

Layar tersebut mampu menampilkan grafik hingga 720 x 1600 piksel. Ada 16 juta warna yang bisa ditampilkan. Selain itu, layar ponsel ini mampu menampilkan kecerahan hingga 500 nits.

hp infinix smart 6 ram berapa
hp infinix smart 6 ram berapa

Performa dan Chipset

Infinix Smart 6 Plus menggunakan sistem Android 11 (Go Edition). Tampilannya antarmukanya didukung XOS 7.6. Sistem ini mendukung Kids Mode sehingga kamu bisa mengatur aplikasi yang terpasang.

Fitur lainnya adalah App Lock, X-Proof, dan X-Clone. Ada juga X-Vocal yang dapat mengubah suaramu saat chatting. Selain fingerprint, ponsel ini juga sudah mendukung Face Unlock loh!

Chipset yang digunakan adalah MediaTek Helio A22 (12nm). Jaringannya masih 4GB. CPU yang digunakan memiliki kecepatan hingga 2.0 GHz.

HP entry-level ini dilengkapi RAM 2GB. Kapasitas memori internalnya 32MB. Kamu dapat menambahkan memori eksternal hingga 512GB.

Dengan RAM hanya 2GB, tentu saja kamu tidak bisa memasang banyak aplikasi. Untuk multitasking mungkin cukup lancar jika hanya membuka 2-5 aplikasi.

Untuk game, sepertinya kamu harus benar-benar memilih game yang ringan. Game sederhana seperti Tebak Kata dan Candy Crush masih bisa dimainkan jika kamu tidak memasang terlalu banyak aplikasi.

Ponsel ini memiliki ketahanan baterai cukup baik. Kapasitas baterainya yang besar, 5.000 mAh, dapat bertahan seharian untuk penggunaan normal. Jika nonton YouTube saja bisa bertahan 20 jam.

infinix smart 6 ram 4
infinix smart 6 ram 4

Pengisian daya ponsel ini mendukung fast charging 10W. Adaptor yang digunakan memiliki output 5V-2A. Charger ini akan termasuk dalam boks pembelian.

Biar lebih awet, kamu bisa memanfaatkan fitur Power Marathon. Ada tiga pilihan: Power Boost, Ultra Power Mode, dan Video Power Engine. Misal baterainya tingga 5%, kamu bisa aktifkan Ultra Power Mode.

Setelah mengaktifkannya, kamu bisa melakukan panggilan hingga 90 menit. Ini akan sangat bermanfaat ketika kamu lupa membawa charger atau powerbank.

Kamera

Kamera belakang yang digunakan pada ponsel ini ada 2 macam. Kamera utama hanya 8MP dan sudah dilengkapi autofokus. Kamera kedua berupa kamera dept 0,8MP.

Kamera belakang ini mampu merekam video beresolusi 1080p di 30 fps. Ada dual LED Flash agar gambar tetap jelas saat di tempat yang minim cahaya.

Kamera depan Infinix Smart 6 Plus beresolusi 5MP. Menariknya, kamera depan ini juga dilengkap LED Flash. Dengan begitu, selfie di tempat redup pun akan tetap terlihat jelas.

Harga Infinix Smart 6 Plus

infinix smart 6 harga dan spesifikasi
infinix smart 6 harga dan spesifikasi

Saat pertama kali rilis, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp1.199.000,00. Kamu bisa membelinya di toko offline maupun online. Jika kamu membeli di Shopee, kamu akan mendapatkan harga spesial, yakni Rp1.169.000,00.

Dalam boks pembeliannya nanti, kamu akan mendapatkan satu unit Infinix Smart 6 Plus. Selain itu, ada adaptor, kabel micro-USB, alat SIM, dan buku panduan yang dilengkapi kartu garansi.

Tertarik beli? Nggak perlu pindah ke lain tempat. Tim Droila sudah siapkan tombol yang akan mengarahkanmu ke beberapa halaman toko online. Sehingga kamu bisa cek harga Infinix Smart 6 Plus terbaru setiap bulannya. So, langsung klik tombol di bawah ini, ya.



Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 6 Plus

SpesifikasiInfinx Smart 6 Plus
DesainFrame plastic
Body belakang material plastic
Berat
Dimensi
Layar6.6 inci
IPS LCD
Resolusi720 x 1612 piksel
ChipsetMediatek Helio A22
GPUPowerVR GE8300
RAM2GB
ROM32GB
OSAndroid 11 Go Edition
Kamera Belakang8 MP, wide
8 MP, sensor kedalaman
FiturLED Flash
Video [email protected]
Kamera Depan8 MP
FiturVideo [email protected]
BateraiLi-Ion 5000 mAh, non-removable
WarnaBlack
Blue
Purple
Sea Green
HargaRp 1.199.000
Tabel spesifikasi Infinix Smart 6 Plus (Dok.Istimewa/Droila)

Sebagai HP entri level, ada kelebihan dan kekurangan Infinix Smart 6 Plus yang harus diperhatikan.

Kekurangan

  1. Kapasitas RAM kecil
  2. Masih menggunakan micro-USB
  3. Kualitas kamera biasa

Kelebihan

  1. Kapasitas baterai besar
  2. Desain menarik dan trendi
  3. Sudah dilengkapi Face Unlock

Review Infinix Smart 6 Plus

review infinix smart 6 plus
review infinix smart 6 plus

Sebagai HP entry-level, ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup menarik. Tak banyak ponsel yang menggunakan baterai 5.000 mAh. Apalagi dual LED Flash pada kameranya.

Ponsel ini memang diperuntukkan untuk penggunaan ringan. Maksudnya, hanya untuk komunikasi sehari-hari dan jelajah media sosial. Cocok juga buat anak-anak yang belajar menggunakan smartphone.

HP ini nantinya akan bersaing dengan HP entry-level lain yang lebih populer. Misalnya Redmi 9A yang menggunakan chipset MediaTek Helio G25. Selain itu, resolusi kamera belakangnya lebih besar, yaitu 13MP.

Perbedaan tersebut tentu selaras dengan harga. Redmi 9A lebih mahal 100 ribu dibanding Infinix Smart 6 Plus. Selisih yang nggak terlalu besar kalo kita mempertimbangkan performa yang lebih handal.

Usai sudah ulasan kelebihan dan kekurangan Redmi 9A kali ini. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android di atas bisa membantumu, ya.

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik