7 Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 5G: HP 5G Pertama Infinix

Kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 5G
Kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 5G

Pada 3 Maret 2022, Infinix telah merilis HP 5G pertama mereka, yaitu Infinix Zero 5G. Telah kita ketahui bahwa Infinix biasanya menyajikan HP dengan harga murah, namun kualitasnya nggak murahan juga. Mirip Xiaomi-lah. Daripada penasaran, kali ini, kami akan ulas kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 5G, termasuk harga dan spesifikasinya.

Spesifikasi Infinix Zero 5G

Sebagai HP yang baru rilis, Infinix Zero 5G memiliki yang mumpuni untuk kebutuhan netizen saat ini. Sayangnya, ponsel ini belum mendukung fitur NFC. Aneh memang, sudah 5G tapi belum NFC.

Padahal, spek di bawahnya sudah mendukung NFC. Lalu gimana spek Infinix Zero 5G lainnya? Yuk, kita simak uraian lengkap yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber berikut ini.

Desain dan Layar

HP 5G terbaru dari Infinix ini memiliki tiga varian warna: Cosmic Black, Skylight Orange, dan Horizon Blue. Menurut saya, warna-warna ini menarik sih, terutama yang Skylight Orange. Jarang ada HP dengan menggunakan warna tersebut.

Dimensinya 168,7 x 76,5 x 8,8 mm dan beratnya 199g. Tidak terlalu berat, mungkin karena material belakangnya dari plastik.

Meskipun material belakang dan frame terbuat dari plastik polikarbonat, desain Infinix ini terlihat seperti HP flagship di atas 10 juta. Desain uni-curve membuat kamera belakang tampak menonjol dan menyatu dengan bodi, mirip flagshipnya Oppo.

Di sisi kanan terdapat tombol volume dan power yang sekaligus berfungsi sebagai fingerprint. Di sisi kiri terdapat slot SIM Tray.

HP ini support dual SIM, tetapi jika kamu menggunakan micro SD, kamu harus mengorbankan salah satu SIM karena tray ini buka model hybrid. Di bagian bawah terdapat port USB, speaker, dan audio jack 3,5mm.

Bagian depan ponsel ini menggunakan bahan kaca. Terbentang layar IPS LCD 6,78 inci yang mampu menampilkan gambar beresolusi 1080 x 2460 piksel.

Meskipun tidak menggunakan layar AMOLED, refresh rate yang disuguhkan Infinix Zero 5G 120 Hz dan touch sampling rate mencapai 240 Hz. Hal ini membuat pengalaman scroll ke beberapa aplikasi mulus.

hp infinix zero 5g
hp infinix zero 5g

Performa dan Chipset

Sistem operasional yang digunakan HP 5G termurah ini tergolong baru, yaitu Android 11 dengan laucher XOS 10. Tampilan antarmukanya menjadi lebih menarik dan inovatif.

Ada beberapa fitur menarik, seperti Peek Proof yang jarang dan mungkin saja tidak ditemukan di HP lain. Fitur ini digunakan untuk memburamkan layar di area yang diinginkan agar tidak diintip orang.

Chipset yang digunakan ponsel ini adalah Mediatex MT6877 Dimensity 900 5G (6nm). Chipset ini tergolong masih baru. CPU Octa-core menggunakan kecepatan 2,4 GHz dan 2,0 GHz. GPU Mali-G68 MC4 turut mendukung performa Infinix Zero 5G.

Performa dari chipset tersebut sangat menarik. Terdapat fitur game booster Dark-link 2.0 & XArena.

Kamu dapat menjalankan berbagai macam aplikasi dan game tanpa kendala. Saat digunakan untuk bermain game pun, HP tidak cepat panas.

Game Mobile Legend dan PUBG bisa dimainkan di grafik tertinggi dengan lancar. Sementara Game Genshin Impact bisa dimainkan dengan lancar di grafik tertinggi 30 fps.

Sementara itu, di bagian memori, HP Infinix Zero 5G menggunakan RAM 8 GB. Memori internalnya sudah lega, 128 GB. Oya, RAM 8 GB tadi bisa ditambah 5 GB melalui Extended RAM. Kebayang kan gimana performa RAM 13 GB?

Kapasitas baterainya pun sudah 5000 mAh. Pengisian dayanya juga sudah mendukung fitur fast charging 33W.

Dengan menggunakan charger bawaan Infinix tersebut, baterai dapat terisi 50% dalam waktu 30 menit. Sementara agar terisi penuh, membutuhkan waktu 1 jam 20 menit.

infinix zero 5g spesifikasi
infinix zero 5g spesifikasi

Kamera

HP kelas menengah terbaru ini menggunakan triple camera di belakang. Kamera utama 48 MP, kamera portrait 13 MP yang dilengkapi 2x optical zoom, dan kamera bokeh 2MP.

Kamera tersebut sudah dilengkapi autofocus dan quad LED flash. Selain itu, adapula fitur 30x ultra-zoom. Kamera ini juga mampu merekam video dengan kualitas 1080p di 30/60 fps dan 4K di 30 fps.

Sementara itu, kamera depannya menggunakan resolusi 16MP dengan dual LED flash. Untuk merekam video atau video call pun, kualitasnya sudah bagus meski hanya 1080p di 30 fps. Fitur kamera malam di Infinix Zero 5G juga mampu menghasilkan gambar yang jelas dan detail.

Harga Infinix Zero 5G

infinix zero 5g indonesia
infinix zero 5g indonesia

Dengan mengusung berbagai macam fitur dan jaringan 5G, pasti orang yang melihat HP ini pertama kali akan mengira harganya di atas Rp5 juta. Padahal, harga Infinix Zero 5G hanya Rp3.399.000,00.

HP 3 jutaan ini bisa kamu beli secara online dan juga offline. Dan harga di atas penulis dapatkan dari situs resmi Infinix Mobility Indonesia.

Di dalam kotak pembelian, kamu akan mendapatkan kepala charger 33W, kabel USB Type-C, softcase transparan, tempered glass, SIM ejektor, dan kartu garansi.

Tertarik beli? Kamu bisa langsung klik salah satu tombol di bawah ini. Kamu akan diarahkan ke sejumlah toko online. Sehingga, kamu bisa cek langsung harga terbaru Infinix Zero 5G bulan ini.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Zero 5G

SpesifikasiInfinix Zero 5G
DesainFrame dan body belakang dari material plastic
Berat199 gram
Dimensi168.7 x 76.5 x 8.8 mm
Layar6.78 inci
IPS LCD
Rasio body ke layar 88.1%
Resolusi1080 x 2460 piksel
Refresh rate 120Hz
ChipsetMediaTek Dimensity 900 5G
GPUMali-G68 MC4
RAM8GB
ROM128GB
OSAndroid 11 XOS 10
Kamera Belakang48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF
13 MP, f/2.5, 50mm (telephoto), 1/3.1″, 1.12µm, PDAF, 2x optical zoom
2 MP
FiturQuad-LED flash
HDR
Panorama
Optical Zoom
PDAF
Kamera Depan16 MP, f/2.0, (wide), 1/2.76″, 1.12µm
FiturDual-LED flash
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable
Fast Charging 33W
WarnaCosmic Black
Skylight Orange
Horizon Blue
HargaRp 3.399.000
Tabel spesifikasi Infinix Zero 5G (Dok.Istimewa/Droila)

Setelah mengetahui spesifikasi dan harganya, berikut ini simpulan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 5G.

Kekurangan

  1. Belum NFC
  2. Layar IPS LCD
  3. Refresh rate 120 Hz kurang stabil

Kelebihan

  1. Harga lebih murah dibanding HP 5G lainnya
  2. Performa kencang
  3. Pengisian daya cepat 33W
  4. Adanya fitur extended RAM

Review Infinix Zero 5G

infinix zero 5g gsmarena
infinix zero 5g gsmarena

HP 5G pertama Infinix ini memang tidak mengecewakan. Di saat yang lain membanderol HP 5G dengan harga di atas Rp5 juta, Infinix Zero 5G berani membanderol dengan harga 3 jutaan. Fitur-fiturnya tergolong lengkap.

Bahkan, slot micro SD hingga 256GB dan jack audio masih diberikan di ponsel ini. Sayangnya, flagshipnya Infinix ini belum mendukung NFC. Padahal, kebanyakan ponsel 5G sudah mendukung NFC.

Untuk fitur kamera, memang tidak terlalu lengkap. Namun, hasil gambar yang dihasilkan tidak mengecewakan. Ponsel ini, memang lebih mengutamakan performa dibandingkan fitur lainnya. Jadi, bagi kamu yang suka main gim, HP ini bisa jadi pilihan.

Terlepas dari kekurangannya, Infinix Zero 5G mampu mencukupi kebutuhan pengguna Android pada umumnya. Baik untuk bekerja, belajar online, dan bermain gim. Dengan harga Rp3 jutaan, tentu saja HP ini bisa menjadi alternatif bagi yang menginginkan HP 5G dengan dana terbatas.

Demikian ulasan kelebihan dan kekurangan Infinix Zero 5G kali ini. Semoga penjelasan mengenai spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like