Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11 Pro: Masih Relevan Dibeli Sekarang?

Kelebihan dan kekurangan iPhone 11 Pro (Toms Guide)
Kelebihan dan kekurangan iPhone 11 Pro (Toms Guide)

Tahun 2021 ini, Apple tengah menyiapan peluncuran iPhone 13. Tapi, di tengah persiapan pembaruan ini, apakah iPhone 11 sudah kurang pas dibeli sekarang? Untuk mendapatkan jawaban tersebut, simak keterangan lengkap mengenai spesifikasi, review, kelebihan dan kekurangan iPhone 11 Pro berikut.

Apple meluncurkan model iPhone 11 Pro pada akhir tahun 2019. Bebarengan dengan dua varian lainnya, yakni seri iPhone 11 dn iPhone 11 Pro Max.

Lantas, di antara ketiga seri iPhone 11 yang rilis bersamaan ini, apa yang membuat seri iPhone 11 Pro berbeda? Menurut penulis, hanya ada tiga. Yakni lebih banyak jumlah kamera pendukung, daya tahan baterai, serta kecepatan koneksi internet.

Selebihnya, iPhone 11 Pro tak terlalu jauh berbeda dengan varian yang paling murah -yakni iPhone 11.  Lalu, ketika sudah ada iPhone 12, serta iPhone 13 yang tengah disiapkan, apakah produk ini masih relevan untuk dibeli sekarang?

Untuk mendapatkan jawaban tersebut, tim Droila sudah menyiapkan berbagai informasi yang perlu kamu tahu mengenai ponsel ini. Mulai dari review, spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan iPhone 11 Pro. Tanpa panjang lebar, langsung simak aja keterangan di bawah, ya.

Spesifikasi dan harga iPhone 11 Pro (Toms Guide)
Spesifikasi dan harga iPhone 11 Pro (Toms Guide)

Spesifikasi iPhone 11 Pro

Berada di posisi tengah, iPhone 11 Pro tentu saja memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni ketimbang versi biasa. Namun, kemampuannya masih kalah jika kita bandingkan dengan iPhone 11 Pro Max.

Apa saja yang membuat berbeda? Berikut ini spesifikasi iPhone 11 Pro yang wajib kamu tahu sebelum beli.

Desain

Tak seperti seri sebelumnya, Apple merancang iPhone 11 dengan body yang tak begitu licin. Ada 4 pilihan warna yang ditawarkan perusahaan: yakni Emas, Hijau, Abu-abu, dan Perak. Dan keempat varian dilapisi dengan finishing matte.

Ukuran ponsel sedikit lebih besar ketimbang iPhone XD. Bahkan, jauh lebih besar dibanding sejumlah ponsel iPhone seri lawas. Dengan panjang 144 mm serta lebar 71,4 mm dan bobot 188 gram. Membuat ponsel tak begitu berat dan terasa mantab di genggaman.

Seperti biasa, bagian kerangka menggunakan material stainless steel. Sedangkan bagian depan dan punggung dilapisi kaca Corning Gorilla Glass. Di untuk Anda yang tinggal di cuaca ekstrem, ponsel ini juga bisa tetap tahan. Karena sudah memiliki sertifikat IP68 anti debu dan air.

Layar

Jika dibandingkan dengan ponsel terkini, iPhone 11 Pro memang terlihat mungil. Layar perangkat Cuma berukuran 5,8 inci. Selisih 1 inci jika kita bandingkan dengan sejumlah ponsel anyar dan terkini.

Perusahaan memilih panel Super Retina XDR OLED sebagai layar depan. Layar ini mampu menghasilkan grafis berkemampuan 1125 x 2436 HDR10. Tak hanya itu, perusahaan juga sudah menambahkan sejumlah fitur canggih. Seperti kaca anti-gores, lapisan oleophobic, True-tone, Dolby Vision, dan masih banyak lagi.

Menilik komponen yang digunakan, tentu kamu nggak perlu meragukan soal kualitas grafis dan gambar. Bahkan, dipakai untuk memainkan game berat pun nggak jadi soal!

Kamera iPhone 11 Pro (Eraspace)
Kamera iPhone 11 Pro (Eraspace)

Dapur Pacu

Masuk ke bagian dalam, kita tidak akan menemukan perbedaan antara iPhone 11 Pro dengan iPhone 11 atau iPhone 11 Pro Max. Perusahaan mengandalkan chipset yang sama untuk ketiga perangkat.

Chipset tersebut adalah Bionic A13. Ini merupakan System on Chipset yang dikembangkan oleh Apple. SoC ini mengandalkan CPU hexa-core berkecepatan tinggi. Bagian GPU juga mengandalkan komponen bikinan sendiri, yakni Apple GPU.

Di bagian penyimpanan, iPhone 11 Pro hadir dengan RAM 4GB serta tiga pilihan penyimpanan internal. Masing-masing yakni 4GB/64GB, 4GB/256GB, dan 4GB/512GB. Jadi, kamu tinggal menyesuaikan dana yang sudah disiapkan sebelum memilih kapasitas yang diinginkan.

Kamera

Sekali lagi, jangan coba-coba membandingkan ponsel ini dengan produk keluaran terbaru lainnya. Apalagi dalam hal kamera, kemampuan dan jumlahnya lebih sedikit!

Total terdapat empat kamera yang sudah ditanamkan perusahaan. Tiga kamera terletak di belakang dan satu buah kamera selfie.

Untuk kamera belakang, dibungkus oleh modul berbentuk persegi panjang. Dan modul ini pula yang menginspirasi sejumlah produsen untuk meniru desain produknya. Ya, iPhone 11 Pro bisa dibilang sebagai trendsetter desain modul ini.

Tak hanya desain saja keunggulannya, kemampuan kamera pun nggak perlu diragukan. Ketiga kamera tersebut masing-masing berkemampuan 12MP lensa wide dengan fitur dual pixel PDAF dan OIS, 12MP lensa telephoto yang didukung fitur PDAF, OIS, dan 2X optical Zoom, serta 12MP lensa ultra wide.

Sementara itu, kamera depan juga menggunakan lensa berkemampuan 12 MP. Kamera ini sudah dibekali sejumlah fitur canggih. Seperti SL 3D yang berfungsi sebagai sensor biometric dan keamanan.

Harga iPhone 11 Pro

Harga iPhone 11 Pro (Toms Guide)
Harga iPhone 11 Pro (Toms Guide)

Saat rilis, ponsel ini dijual dengan harga yang terbilang tinggi. Mengutip keterangan yang dihimpun Kontan, harga iPhone 11 Pro saat rilis mencapai Rp 23,499 juta!

Namun, itu adalah harga dua tahun yang lalu. Harga terbaru iPhone 11 Pro bahkan jauh lebih murah ketimbang saat awal. Mengutip situs resmi iBox Indonesia, harga iPhone 11 Pro dengan RAM 512GB dibanderol Rp 19,999 juta saja.

Beruntungnya, harga yang lebih variatif penulis temukan lewat toko online. Bahkan, ada beberapa toko yang menjual iPhone 11 Pro dengan harga yang sangat miring. Tertarik membeli? Langsung cek aja harga iPhone 11 Pro terupdate lewat tombol di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11 Pro

Spek lengkap iPhone 11 Pro (Dok.Istimewa/Droila)
Spek lengkap iPhone 11 Pro (Dok.Istimewa/Droila)

Setiap produk iPhone memang produk yang menawan. Baik dari segi desain hingga performa. Bahkan, cenderung tak ada cacatnya!

Tapi, bukan berarti ponsel tak memiliki kelemahan. Dan agar kamu lebih mengenalinya, wajib tahu pula bagaimana kelebihan dan kekurangan iPhone 11 Pro. Berikut uraiannya:

Kekurangan

  • Daya tahan baterai yang pendek
  • Desain lebih tebal dan berat ketimbang iPhone XS
  • Tampilannya mirip banget dengan iPhone XS
  • Dari sisi teknologi, kalah jauh dengan iPhone 12

Kelebihan

  • Desain modul yang menawan
  • Performa Bionix A13 terbilang kencang
  • Kaca bagian dpan dan belakang yang lebih tahan gores
  • Layar OLED dengan grafis yang memanjakan

Review iPhone 11 Pro: Bagus Pada Masanya, Tapi Lebih Baik Tunggu iPhone 13 Aja

Kelebihan iPhone 11 Pro (Toms Guide)
Kelebihan iPhone 11 Pro (Toms Guide)

Beruntunglah kalian yang sedang berencana ganti HP kali ini. Soalnya, Apple juga sedang menyiapkan model iPhone 13. Bahkan, diperkirakan bahwa peluncurannya tak lama lagi!

Memang, dalam hal teknologi, Apple sudah menambahkan sejumlah pembaruan pada iPhone 11 Pro. Membuat smartphone flagship ini jadi jauh lebih bertenaga dan fleksibel dipakai untuk beragam kebutuhan.

Tapi, harap diingat, pembaruan untuk tahun 2019, ya. Soalnya, iPhone 12 juga dibekali banyak pembaruan. Bahkan, iPhone 13 nanti akan lebih banyak lagi. Dan ketika bersaing dengan model terbaru, iPhone 11 Pro pun tampak kurang menggoda.

Apalagi, kini kita sudah mulai memasuki teknologi 5G. Absennya fitur tersebut pada iPhon 11 Pro tentu menjadi kendala yang sulit untuk diatasi.

Nah, itulah uraian kelebihan dan kekurangan iPhone 11 Pro. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan sebelum beli perangkat ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like