Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11: Masih Banyak Diburu, Masih Relevan untuk Saat Ini

Spesifikasi iPhone 11 (Engadget)
Spesifikasi iPhone 11 (Engadget)

Sudah dua tahun berlalu sejak Apple meluncurkan iPhone 11. Meskipun begitu, masih banyak penggemar yang memburu seri ini. Dan jika kamu tertarik membeli saat ini, kenali dulu yuk bagaimana kelebihan dan kekurangan iPhone 11.

Membicarakan iPhone, tak ubahnya membicarakan gaya hidup. Dan nilai itulah yang memang sejak awal ditanamkan oleh Steve Jobs, pendiri Apple. Ia menginginkan ponsel yang tak hanya memenuhi kebutuhan pengguna saja, tapi juga bisa menjadi bagian dari identitas pemiliknya.

Nilai itu pula yang masih dipegang perusahaan kala meluncurkan iPhone 11 tahun 2019 silam. Meskipun selisih dua tahun, dan perusahaan sedang mempersiapkan peluncuran iPhone 13, produk ini terlihat masih relevan.

Baik dari segi desain, performa, hingga dukungan sistem operasi yang bisa berjalan pada perangkat. Maka wajar jika seri ini masih menjadi buruan banyak penggemar iPhone.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli ponsel ini, lebih baik kenali dulu lebih dalam bagaimana spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan iPhone 11. So, langsung cekidot aja uraian di bawah ini, ya.

Desain iPhone 11 (Eraspace)
Desain iPhone 11 (Eraspace)

Spesifikasi iPhone 11

iPhone 11 menjadi penanda baru dari gaya perusahaan meluncurkan produk. Lewat model ini, perusahaan memperkenalkan satu model dengan tiga varian. Terdiri atas iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max (review).

Dan di antara ketiga varian, iPhone 11 menjadi seri dengan harga yang paling terjangkau. Meskipun begitu, dari sisi spesifikasi, varian ini sebenarnya tak jauh berbeda ketimbang dua varian lainnya.

Lebih lengkap, simak penjelasan spesifikasi iPhone 11 berikut ini, ya.

Desain

Harga iPhone 11 (TechRadar)
Desain iPhone 11 (TechRadar)

Dari sisi tampilan, iPhone 11 tak jauh berbeda dari pendahulunya –yakni model iPhone X, XS, XR, dan XS Max. Masih dibalut lapisan aluminium, alih-alih besi tahan karat yang lebih ringan. Sayangnya, model ini lebih tebal dibanding pendahulunya.

Tapi, bukan berarti perangkat ini hadir tanpa pembaruan atau pembeda. Di bagian punggung, untuk pertama kalinya perusahaan mengadopsi modul berbentuk persegi. Ya, bentuk modul yang menjadi tren pada tahun 2020 dan bisa kita temuan pada sejumlah perangkat bikinan kompetitor.

Memiliki bobot 194 gram, dimensi iPhone 11 yakni 150.9 x 75.7 x 8.3 mm. Terdapat enam pilihan warna yang diluncurkan perusahaan. Yakni Hitam, Hijau, Kuning, Ungu, Merah, dan Putih. Namun, untuk pasar Indonesia, iBox cuma memboyong beberapa pilihan saja.

Layar

Layar iPhone 11 (TechRadar)
Layar iPhone 11 (TechRadar)

Bagian layar juga luput dari peningkatan. Perusahaan masih memilih panel yang yang juga dipakai pada iPhone X series. Yakni jenis panel Liquid Retina (atau LCD). Memiliki lebar 6,1 inci, layar ini mampu menghasilkan grafis dengan resolusi 828 x 1792 piksel.

Ya, jika dibandingkan dengan ponsel terkini, kualitas grafis itu cukup kecil. Tapi, berkat dukungan fitur-fitur canggih Apple, grafis yang ditampilkan bisa lebih detail dan berwarna.

Fitur pendukung lain yang ditanamkan di bagian ini seperti True-tone, kaca anti gores, Wide Color Gamut, Gorilla Glass di bagian depan dan belakang, dan lapisan oleophobic. Cukup kaya dan menjanjikan kenyamanan yang lebih!

Kamera

Kamera iPhone 11 (TechRadar)
Kamera iPhone 11 (TechRadar)

Menjelang iPhone 11 series diluncurkan, banyak rumor berkembang seputar keputusan perusahaan untuk menambahkan kamera telefoto. Satu penambahan yang bakal membuat kemampuan kamera makin kaya, dan tentunya memanjakan pengguna.

Tapi sayang, rumor hanya menjadi rumor belaka. Ketika CEO Apple Tim Cook memperkenalkan jagoan terbarunya, tak ada peningkatan yang berarti di sektor ini.

iPhone 11 masih mengandalkan dukungan dual-camera belakang. Masing-masing memiliki kemampuan 12MP. Tapi, fitur fotografi yang ditanamkan semakin kaya. Antara lain dual pixel PDAF, OIS, Dual-LED dual-tone dlash, HDR untuk Mode Foto atau Panorama, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, kamera depan juga mengandalkan lensa berkemampuan 12MP. Apple juga menambahkan fitur canggih di bagian ini. Seperti SL 3D yang berfungsi sebagai sensor kedalaman dan bimoetrik.

Dapur Pacu

Performa iPhone 11 (TechRadar)
Performa iPhone 11 (TechRadar)

Bagian jeroan merupakan bagian yang paling banyak mendapatkan peningkatan. HP iPhone ini didukung chipset bikinan perusahaan, yakni Apple Bionic A13. Chipset tersebut memiliki sepuluh enam inti pemrosesan. Jauh lebih banyak ketimbang chipset flagship yang diluncurkan saat itu.

Maka, wajar kan jika perangkat iPhone dikenal lebih kencang dan nggak mudah lemot? Apalagi, masih ada dukungan RAM 4GB dengan tiga pilihan penyimpanan internal. Yakni 64GB, 128GB, dan 256GB. Sehingga menjanjikan masa pakai yang lebih panjang.

Di bagian sistem operasi, iPhone 11 sudah menjalankan versi iOS 13 saat kamu aktifkan. Beruntungnya, versi ini masih mendapat jatah pembaruan hingga iOS 14.7. Diperkirakan, kamu masih akan mendapat pembaruan iOS 15 saat nanti diluncurkan.

Harga iPhone 11

HP iPhone 11 (TechRadar)
HP iPhone 11 (TechRadar)

Apple meluncurkan iPhone 11 untuk pasar global pada bulan September 2019. Hanya saja, pasar Indonesia baru bisa membelinya pada bulan Desember tahun itu. Dan sampai sekarang, harga ponsel ini sudah turun sebanyak dua kali.

Saat pertama kali diluncurkan, iPhone 11 dibanderol Rp 12,999 juta (64GB), Rp 14,199 juta (128GB), dan Rp 16,199 juta (256GB). Dan pada bulan November tahun 2020 lalu, ketiga varian diturunkan harganya menjadi Rp 11,5 juta (64GB/128GB) dan Rp 14,5 juta (256GB).

Kini, harga iPhone 11 sudah jauh lebih murah. Mengutip situs resmi iBox Indonesia, harga iPhone 11 terbaru untuk ketiga varian sudah dibanderol sama, yakni sebesar Rp 9,999 juta saja! Jadi jauh lebih murah, bukan?

Tertarik membeli? Tak perlu pindah ke lain tempat. Penulis sudah menyiapkan tombol yang akan membawamu ke halaman penjualan iPhone 11 dari beberapa toko online. So, langsung klik salah satu tombol di bawah aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 11

Spek lengkap iPhone 11 (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap iPhone 11 (Dok.Istimewa Droila)

Harus dicatat, iPhone 11 adalah ponsel terbaru iPhone yang diluncurkan tahun 2019 lalu. Jadi, jika membicarakan kelebihan dan kekurangan, jangan dibandingkan dengan produk terkini. Karena pasti akan ada banyak sekali kekurangannya!

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini kelebihan dan kekurangan iPhone 11 yang wajib kamu ketahui:

Kekurangan

  • Ukuran notch masih besar
  • Resolusi layar kurang tinggi ketimbang produk dari kompetitor
  • Implementasi NFC yang masih terbatas
  • Kamera ultra lebar kurang dibekali fitur Auto Focus dan Mode Malam
  • Versi murah iPhone, tapi terlalu mahal untuk ukuran HP keluaran 2019

Kelebihan

  • Desain berkilau dan tangguh dengan lapisananti air
  • Layar dengan kecerahan dan kontras yang memanjakan mata pengguna
  • Performa Bionic A13 tangguh
  • Kualitas speaker stereo memuaskan
  • Versi iOS menawarkan pengalaman penggunaan yang lebih smooth
  • Hasil foto kamera utama bagus
  • Kualitas video dari kamera belakang maupun depan mengagumkan

Review iPhone 11: Pilihan Terbaik untuk Penggemar Apple Pemula

Sistem operasi iOS pada iPhone (Atsit)
Sistem operasi iOS pada iPhone (Atsit)

iPhone 11 adalah ponsel dengan sederet peningkatan ketimbang pendahulunya, yakni seri XR. Model ini memiliki berbagai fitur canggih yang dibikin perusahaan, dengan harga yang lebih murah.

Jika kamu sebelumnya menggunakan ponsel Android dan ingin mencicipi produk Apple, seri iPhone 11 bisa dijadikan pilihan pertama. Apalagi, seri ini dijual dengan harga yang jauh lebih terjangkau ketimbang varian lainnya.

Tertarik untuk membeli? Langsung aja deh cek harga iPhone 11 lewat tombol di atas dan temukan toko dengan harga yang sesuai budget.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 11. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk lebih mengenali perangkat ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like