Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 Pro Max, Punya Fitur Fotografi Lebih Canggih!

Harga iPhone 12 Pro Max (Endgadget)
Harga iPhone 12 Pro Max (Endgadget)

Apple mengakhiri tahun 2020 dengan meluncurkan flaghsip terbarunya, yakni iPhone 12 series. Terdiri dari empat perangkat, iPhone 12 Pro Max menjadi seri yang punya spesifikasi paling canggih –tentu dengan harga yang jauh lebih mahal. Nah, kali ini, tim Droila sudah menyiapkan ulasan kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Pro Max. Simak dulu sebelum beli, ya.

Meneruskan tradisi yang sudah berlangsung beberapa tahun terakhir, Apple meluncurkan HP flagship terbarunya menjelang akhir tahun. Tepatnya pada bulan Oktober, perusahaan yang bermarkas di Silicon Valley ini memperkenalkan iPhone 12 series.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, iPhone 12 series hadir dalam empat pilihan perangkat. Terdiri dari iPhone 12 Mini, 12, 12 Pro, serta 12 Pro Max. Seperti biasa, spesifikasi masing-masing varian sudah dibuat sedikit berbeda. iPhone 12 Mini menjadi yang paling rendah, sedangkan iPhone 12 Pro Max sebagai perangkat unggulan yang paling tinggi spesifikasi maupun komponen pendukungnya.

Bagi pembaca yang tertarik memiliki HP iPhone terbaru ini, tim Droila sudah rangkumkan berbagai informasi yang perlu diketahui. Mulai dari penjelasan spesifikasi, fitur unggulan, harga terupdate, serta kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Pro Max. Pengin tahu lebih lanjut?

Layar dan grafis iPhone 12 Pro Max (Endgadget)
Layar dan grafis iPhone 12 Pro Max (Endgadget)

Spesifikasi iPhone 12 Pro Max

Sudah beberapa tahun ini Apple meluncurkan ponsel dengan ukuran layar yang cukup lebar. Tapi, iPhone 12 Pro Max punya ukuran yang lebih lebar. Ponsel flagship ini memiliki ukuran diagonal layar 6,7 inci dengan berat 228 gram.

Lapisan kaca Corning Gorilla Glass yang membungkus ponsel bagian depan dan belakang membuat perangkat terlihat lebih premium. Selain itu, bagian pinggir atau frame yang terbuat dari bahan stainless steel menjadikan genggaman terasa lebih mantab dan kokoh.

Perusahaan juga menjamin perangkat punya daya tahan lebih tinggi dibanding smartphone lain. Pasalnya, iPhone 12 Pro Max memiliki sertifikat IP68 untuk anti-air dan debu. Layar juga memiliki teknologi shatter ressistant.

iPhone 12 series (Apple)
iPhone 12 series (Apple)

Di bagian layar, iPhone 12 Pro Max dibekali layar Super Retina XDR berukuran 6,7 inci. Ya, ukuran layar paling besar yang pernah diberikan perusahaan pada HP iPhone. Membuatnya jadi terlihat lebih menawan dan gahar.

Yang paling mengagumkan tentu saja kemampuan layar tersebut. Mengutip penjelasan perusahaan pada laman resmi, layar ini bisa menghasilkan grafis yang cukup cerah sekalipun di bawah terik sinar matahari.

Sayangnya, grafis yang dihasilkan cuma memiliki refresh rate 60Hz. Padahal, tingkat refresh rate tersebut bisa kita dapatkan dengan mudah melalui ponsel Android harga Rp 3 jutaan. Tentu jadi pertimbangan tersendiri bagi pengguna yang pengin mendapat grafis menawan, bukan?

Di atas kertas, kamera iPhone 12 Pro Max jauh lebih unggul ketimbang varian lain –seperti iPhone 12 Pro atau iPhone 12. Ponsel ini memiliki tiga kamera utama. Terdiri dari: 12MP f/1.6 lensa utama, 2MP f/2.4 lensa ultra lebar, serta 12MP f/2.2 lensa zoom 2,5.

Kamera belakang juga dibekali beragam fitur fotografi canggih yang bisa kamu gunakan. Contohnya seperti zoom optik 5x, mode Malam, Deep Fusion, Smart HDR 3, Apple ProRAW4, serta perekaman HDR 4K Dolby Vision.

Kemampuan kamera iPhone 12 Pro Max (Endgadget)
Kemampuan kamera iPhone 12 Pro Max (Endgadget)

Masih ada teknologi LiDAR Scanner yang menawarkan pengalaman AR (Augmented Reality) serta potret mode malam yang sudah disempurnakan. Tentu semua fitur canggih ini cuma bisa kamu temukan pada iPhone 12 Pro Max aja.

FYI, kemampuan zoom milik 12 Pro Max jauh lebih besar ketimbang 12 Pro, yang cuma 2x zoom saja. Sedangkan di bagian depan, kamu akan menemukan lensa berkemampuan 12MP  -spesifikasi yang sama dengan varian lain dari iPhone 12 series.

Sama seperti iPhone 12 series lain, iPhone 12 Pro Max juga didukung chipset Bionic A14. Chipset anyar yang dikembangkan Apple ini didukung CPU, GPU, dan Neural Engine yang jauh lebih kencang dibandingkan versi sebelumnya.

Nah, perbedaan mulai kita temui ketika mengulik bagian penyimpanan. Pasalnya, iPhone 12 Pro Max jadi satu-satunya perangkat dari series flagship Apple teranyar yang didukung RAM 6GB. Besaran yang menjanjikan performa lebih kencang dan anti-lag, bukan?

Harga iPhone 12 Pro Max Terbaru di Indonesia

HP iPhone 12 Pro Max (PCMag)
HP iPhone 12 Pro Max (PCMag)

Apple meluncurkan iPhone 12 series secara global pada bulan Oktober. Akan tetapi, iBOX Indonesia baru memboyong perangkat ini pada bulan November. Sedangkan masa penjualan dimulai pada bulan Desember.

Saat diperkenalkan, iPhone 12 Pro Max hadir dalam tiga pilihan harga. Masing-masing dibedakan berdasarkan kapasitas penyimpanan internal. Pilihan harga iPhone 12 Pro Max antara lain Rp 20,499 juta (128GB); Rp 22,999 juta (256GB); Rp 26,999 juta (512GB).

Akan tetapi, ketika penulis memastikan ketersediaan produk pada situs resmi iBOX Indonesia, yang tersedia hanya produk harga Rp 20,499 juta. Artinya, produk yang dibekali kapasitas penyimpanan sebesar 128GB.

Terdapat empat pilihan warna iPhone 12 Pro Max yang bisa pembeli pilih. Keempat pilihan tersebut antara lain Pacific Blue, Silver, Gold, dan Graphite.

Jika kamu tertarik memiliki HP iPhone terbaru ini, langsung klik tautan yang sudah disiapkan penulis di bawah. Kamu bisa memilih pilihan harga terbaru iPhone 12 Pro Max dari beberapa toko online yang tersedia.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 Pro Max

Spesifikasi iPhone 12 Pro Max (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi iPhone 12 Pro Max (Dok.Istimewa Droila)

Berdasarkan perbandingan spesifikasi keempat iPhone 12 series yang pernah penulis bahasa sebelumnya, sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antara keempat perangkat. Maka, pertanyaanya, apakah kamu harus membeli iPhone 12 Pro Max atau cukup seri iPhone 12 Pro saja?

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih terang, lengkapi informasi kalian dengan kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Pro Max. Begini uraiannya:

Kekurangan

  • Tanpa dukungan charger atau headphone di dalam boks HP
  • Tidak didukung layar dengan refresh rate tinggi
  • iOS 14 masih memiliki banyak bug
  • Kualitas kamera tak jauh berbeda dari seri pendahulu, yakni iPhone 11 Pro Max
  • Tak ada pembaruan yang signifikan antar iPhone 11 Pro Max

Kelebihan

  • Desain menggoda dengan detail yang membuat perangkat tampak seperti perhiasan
  • Grafis layar OLED Super Retina XDR mengagumkan
  • Speaker stereo kencang dengan kualitas audio memuaskan
  • Chipset terkencang di dunia saat ini
  • Daya tahan baterai bisa diandalkan dengan dukungan fitur pengisian daya cepat
  • Hasil foto maupun video memuaskan
  • Teknologi LiDAR Scanner bisa dipakai untuk berbagai macam kebutuhan

Kesimpulan: Pilih iPhone 12 Pro Max atau iPhone 12 Pro

Kamera belakang iPhone 12 Pro Max (Endgadget)
Kamera belakang iPhone 12 Pro Max (Endgadget)

Sebelumnya, Droila sudah menguraikan secara detail bagaimana spesifikasi dan ulasan iPhone 12 Pro. Dan jika kita membandingan secara gambaran, keduanya sebenarnya tak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan.

Komponen pendukung dari kedua perangkat cenderung mirip. Dengan beberapa perbedaan seputar ukuran serta kemampuan yang sedikit lebih optimal.

Maka, untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis bakal mengembalikannya dengan pertanyaan lain: yang kamu cari performa, harga, atau ukuran layar yang lebih memuaskan?

Jika kamu cuma mencari performa dan mementingkan harga, iPhone 12 Pro merupakan jawaban tepat. Tapi, jika keempat hal di atas penting bagimu, maka belilah iPhone 12 Pro Max.

Nah, itulah uraian kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Pro Max versi Droila. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu dalam menentukan pilihan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like