BerandaGadgetsHandphoneKelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Mini: Versi Murah, Spesifikasi Tetap Mewah!

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Mini: Versi Murah, Spesifikasi Tetap Mewah!

Kalo kamu nggak pengin HP dengan layar lebar, maka iPhone 13 Mini adalah pilihan yang tepat. Eits, tapi sebelum kamu memutuskan untuk beli, simak dulu review serta kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Mini di bawah ini.

Sejak tahun lalu, Apple menambah tradisi baru saat peluncuran ponsel. Tak hanya memperkenalkan tiga ponsel anyar, perusahaan menambahkan satu varian baru dengan harga yang jauh lebih murah.

Ya, kita mengenalnya sebagai varian dengan tambahan kata ‘Mini’. Dan tahun ini, perusahaan juga meluncurkan versi Mini dari iPhone 13. Tak lain adalah iPhone 13 Mini.

Seperti sebelumnya, varian ini dibekali spesifikasi paling rendah. Baik dalam hal ukuran, desain, hingga performa perangkat dan jumlah kamera.

Tapi, secara keseluruhan, perbedaan di antara empat HP iPhone 13 series yang diperkenalkan perusahaan tak terlalu kentara. Begitu pula antara iPhone 13 Mini dan varian iPhone 13, tak begitu jauh bedanya.

Tahun lalu, strategi ini cukup sukses melalui iPhone Mini 12. Pengguna yang merasa versi standar dan Pro terlalu mahal, bisa menjadikan versi Mini jadi pilihan. Tapi, akankah kesuksesan yang sama terulang pada iPhone 13 Mini?

Untuk mengetahui jawaban tersebut, tim Droila sudah merangkumkan beberapa informasi yang perlu kamu tahu. Mulai dari spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Mini. Tanpa panjang lebar, langsung cek uraian di bawah aja, ya.

iphone 13 mini harga (The Verge)
iphone 13 mini harga (The Verge)

Spesifikasi iPhone 13 Mini

Jika Anda tidak menginginkan perangkat layar lebar, maka ponsel ini adalah pilihan ideal. Namun, daya tahan baterai yang pendek harus dijadikan pengingat. Bisa mengubah caramu pakai ponsel karena harus bolak-balik cari colokan.

Lebih lengkap, berikut ini uraian spesifikasi iPhone 13 Mini yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber. Penasaran? Langsung cek aja, ya.

Desain

iPhone 13 mini terlihat sangat mirip dengan pendahulunya dengan satu perubahan penting: poni. Ukurannya lebih kecil sekira 20% ketimbang pendahulunya. Dan perbedaan itu terlihat jelas pada perangkat. Menjanjikan kenyamanan lebih pada pengguna berkat grafis yang lebih lapang.

HP iPhone terbaru ini memiliki tepi persegi yang sama. Ukurannya yang kecil membuat perangkat mudah dikantongi. Bahkan, banyak pengguna mengaku nyaman kala mengoperasikan perangkat dengan satu tangan.

Tak hanya itu, seluruh model iPhone 13 tahun ini dibekali sertifikat IP68. Artinya, ponsel ini termasuk dalam perangkat yang bisa bertahan hingga enam meter di bawah air selama 30 menit.

iphone 13 mini indonesia (Makeuseof)
iphone 13 mini indonesia (Makeuseof)

Layar

Layar panel OLED 5,4 inci iPhone 13 mini relatif tidak berubah. Tetapi, perusahaan menambahkan peningkatan besar di bagian kecerahan layar.

Berkat panel OLED, warna menjadi mencolok dan cerah dengan warna hitam pekat yang nyata. Banyak pengulas yang mengaku kagum dengan hasil grafis dari perangkat ini. Warna tajam dan lebih detail ketimbang pendahulunya.

IPhone 13 mini cukup baik dibandingkan dengan iPhone 12 mini dan Galaxy S21, dengan saturasi yang sedikit lebih kuat daripada ponsel Samsung. Skor akurasi warna Delta-E, di mana 0 sempurna, menunjukkan sedikit keunggulan di atas S21.

Dan dengan kecerahan maksimal 788 nits, iPhone 13 mini menjadi cukup terang untuk dilihat di luar ruangan. Hasilnya, ponsel ini bisa diandalkan untuk fotografi. Kamu bisa  melihat foto yang dibidik meskipun Anda berdiri di bawah sinar matahari langsung.

iphone 13 mini warna (Makeuseof)
iphone 13 mini warna (Makeuseof)

Kamera

IPhone 13 mini mendapat beberapa peningkatan kamera tahun ini. Kamera utama 12MP memiliki sensor yang lebih besar yang memungkinkan lebih banyak cahaya, meningkatkan foto dalam kondisi pencahayaan yang lebih buruk.

Ada juga stabilisasi gambar optik sensor-shift, yang diperkenalkan Apple pada iPhone 12 Pro Max. Teknologi ini pastinya akan membantu pengambilan gambar lebih stabil ketimbang OIS generasi sebelumnya.

Sedangkan untuk kamera ultrawide 12MP, juga memiliki sensor yang lebih besar. Ada juga autofokus di dalamnya, yang dapat membuat perbedaan besar dalam memastikan bidikan ultrawide menjadi tajam.

Tak hanya itu, tahun ini perusahaan juga menawarkan fitur anyar bernama Apple Photography Stule. Kamu bisa melihat filter saat membidik gambar dalam empat pilihan preset.

Kehadiran fitur ini tentu saja menjanjikan kenyamanan yang lebih saat fotografi. Kamu juga bisa menyesuaikan pengaturan kamera lebih cepat.

iPhone 13 Mini vs iPhone 12 Mini (Makeuseof)
iPhone 13 Mini vs iPhone 12 Mini (Makeuseof)

Performa

Dengan sistem-on-chip A15 Bionic baru, yang mencakup GPU quad-core, iPhone 13 mini adalah ponsel kecil yang sangat kuat. Dan fakta lain, performa chipset terbaru ini jauh menggunguli kompetitornya dari Android..

Chip tercepat yang dapat digunakan ponsel Android, Snapdragon 888, telah mengalami kesulitan mengikuti A14 Bionic dari tahun lalu dan A15 lebih jauh memimpin Apple atas para pesaingnya.

IPhone 13 mini cukup jauh di depan Galaxy S21 yang dilengkapi Snapdragon 888. Bahkan mengalahkan iPhone 12 mini dengan sedikit selisih, yang saya harapkan untuk chip generasi berikutnya saat ini.

iPhone 13 Mini Harga Indonesia

Harga iPhone 13 Mini (Toms Guide)
Harga iPhone 13 Mini (Toms Guide)

Sayang, kamu belum bisa membeli perangkat ini sekarang. iBox Indonesia baru memboyong iPhone 13 dan iPhone 13 Pro saja untuk pasar tanah air. Dan masa pembelian kedua perangkat itu baru dimulai tanggal 19 November mendatang.

Namun, penulis berhasil menemukan sumber resmi lain yang sudah menjual iPhone 13 Mini. Mengutip DigiMap, reseller resmi Apple di Indonesia, harga iPhone 13 Mini dibanderol Rp 12,999 juta.

Di samping itu, penulis juga sudah menemukan sejumlah toko online yang sudah mencantumkan harga handphone iPhone terbaru ini. Tertarik beli? Langsung cek aja harga iPhone 13 Mini terbaru lewat tombol di bawah.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Mini

Spek lengkap iPhone 13 Mini (Dok.Istimewa/Droila)
Spek lengkap iPhone 13 Mini (Dok.Istimewa/Droila)

iPhone 13 mini melanjutkan warisan yang diberikan oleh 12 mini tahun lalu. Ini adalah ponsel kecil terbaik yang dapat Anda beli, melampaui apa pun yang dapat ditawarkan Android.

Penggemar perangkat yang lebih kecil akan menyukai ponsel ini, karena muat di banyak saku. Saya dapat memikirkan beberapa orang secara pribadi yang akan menghargai itu.

Meskipun desainnya tidak banyak berubah, iPhone 13 mini masih merupakan perangkat yang cantik. Penulis menyukai ukuran poni yang lebih kecil, bahkan jika Apple tidak memanfaatkan ruang layar ekstra.

Terlepas dari keindahan dan keunggulannya, iPhone 13 Mini tidaklah hadir tanpa kelemahan. Lebih lengkap, simak kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Mini di bawah ini.

Spesifikasi iPhone 13 mini (Makeuseof)
Spesifikasi iPhone 13 mini (Makeuseof)

Kelebihan

  • Desain mencolok – cantik, ringan, tahan lama.
  • Dukungan OLED, HDR10, dan Dolby Vision yang kecil namun cerah.
  • Daya tahan baterai yang baik untuk ponsel sekecil itu.
  • Speaker stereo nyaring dan jernih.
  • Performa terdepan di kelasnya, 5G.
  • Kualitas foto dan video terbaik di ketiga kamera.

Kekurangan

  • Pembaruan kecil pada iPhone 12 mini.
  • Tidak ada kecepatan refresh yang tinggi.
  • Ukuran poni masih terbilang besar dibandingkan dengan desain terkini
  • iOS (dengan keterbatasannya) tetap menyukainya atau membiarkannya berselingkuh.

Review iPhone 13 Mini: Pilihan yang Lebih Menarik Ketimbang Pendahulunya

Review iPhone 13 Mini (Toms Guide)
Review iPhone 13 Mini (Toms Guide)

iPhone 13 Mini memberi pengguna spesifikasi dan fitur luar biasa dalam paket yang lebih kecil. Setelah di tangan, Anda akan melihat bahwa layar 5,4 inci sebenarnya tidak terlalu kecil dan bagi banyak orang, mungkin merupakan ukuran yang sempurna.

Dibandingkan dengan membeli 12 Mini tahun lalu yang hanya Rp2,5 juta lebih murah (jika Anda memilih mode 128GB), 13 Mini menawarkan sejumlah peningkatan dan fitur baru yang menjadikannya pilihan yang jauh lebih baik saat membeli yang baru.

Namun, jika Anda mencoba memutuskan apakah Anda harus meningkatkan ke iPhone 13 Mini terbaru dari 12 Mini, atau ponsel seri 12 lainnya, perbedaannya mungkin tidak cukup menarik untuk membenarkan peralihan.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Mini. Semoga penjelasan mengenai handphone terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan sebelum beli, ya.

Rate this post
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik