Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Pro: Tampilan Lama, Performa Lebih Gahar

Kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Pro (GSMArena)
Kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Pro (GSMArena)

iPhone 13 Pro adalah ponsel teranyar dari Apple yang diluncurkan tahun ini. Ponsel ini merupakan salah satu seri dari empat varian yang diperkenalkan. Nah, bagi pembaca yang tertarik memiliki, Droila sudah siapkan kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Pro. Langsung cek aja, ya.

Apatah yang membuat HP iPhone diburu penggemar? Logo Apple kroak di bagian belakang? Performa terkencang berkat teknologi terkini? Atau prestis yang diberikan perangkat pada pengguna?

Barangkali bisa semuanya. Dan pada iPhone 13 Pro, perusahaan mewujudkan seluruh harapan tersebut. Ya, ponsel yang penuh prestis, trendi, serta performa kencang tanpa hambatan.

Tapi, jika kita kulik lebih dalam, yang ditawarkan HP iPhone terbaru ini lebih dari apa yang kita tangkap. Maka, untuk mengungkapkannya, simak penjelasan di bawah.

Tim Droila sudah siapkan berbagai hal yang perlu kamu ketahui mengenai HP terbaru ini. Mulai dari spesifikasi, harga di Indonesia, hingga review serta kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Pro. Tanpa panjang lebar, langsung cek aja, ya.

Spesifikasi dan harga iPhone 13 Pro (91mobiles)
Spesifikasi dan harga iPhone 13 Pro (91mobiles)

Spesifikasi iPhone 13 Pro

Kisah iPhone 13 Pro diawali sebagai sebuah iterasi. Tapi, ingat, ini adalah ponsel iPhone. Sehingga, yang disajikan tidaklah sekadar iterasi saja. Tapi, pengalaman tersebut bisa didapat oleh pengguna HP iPhone lawas.

Ya, jika kamu sudah membeli iPhone 12 Pro, teknologi ponsel anyar ini tak terlalu jauh berbeda. Lebih lengkap, simak langsung aja yuk gimana spesifikasi iPhone 13 Pro.

Desain

Desain iPhone 13 Pro (Digimap)
Desain iPhone 13 Pro (Digimap)

Pada iPhone 13 Pro, kamu nggak perlu lagi mengkhawatirkan performa yang sedikit lebih rendah. Soalnya, bagian jeroan antara 13 Pro dan Pro Max serupa! Perbedaannya hanyalah ukuran 13 Pro yang sedikit lebih kecil.

Artinya, kamu akan mendapatkan desain yang sukses bikin banyak orang terpana. Plus poni berukuran 20% lebih kecil ketimbang pendahulunya.

Di samping itu, modul kamera belakang juga berukuran lebih besar. Pasalnya, Apple menambahkan perangkat pencitraan di bagian ini. Sehingga bikin modul sedikit lebih besar dan tebal.

Layar

Layar iPhone 13 Pro (GSMArena)
Layar iPhone 13 Pro (GSMArena)

Di bagian depan, kita akan menemukan layar OLED Super Retina XDR berukuran 6.1 inci. Layar ini juga mendukung grafis berkemampuan HDR10 serta didukung teknologi Dolby Vision. Sehingga kecerahan layar pun lebih baik jika dipakai di bawah sinar matahari.

Poni yang tebal masih menampung pengenalan wajah berbasis FaceID. Tapi, dibandingkan pendahulunya, ukuran poni sedikit lebih kecil. Menurut penjelasan perusahaan, 20% lebih kecil!

Ya, ketika perangkat Android mulai banyak memodifikasi bagian poni, akhirnya Apple turut terjun dalam persaingan. Sehingga, membuat tampilan pun jadi lebih lebar dan lapang.

Kamera

Kamera iPhone 13 Pro (Digimap)
Kamera iPhone 13 Pro (Digimap)

Pembaruan penting lainnya terletak pada kamera. Memang, seperti pendahulunya, kemampuan lensa yang ditanamkan tidaklah besar. Jumlahnya bahkan kalah jauh jika dibandingkan ponsel Android.

Tapi, dalam hal performa, bisa diandalkan dan dibandingkan! Soalnya, pada iPhone 13 Pro, perusahaan sudah memperbesar ukuran aperture. Ukuran piksel turut ditingkatkan. Serta sensor telefoto yang mampu memperbesar gambar hingga 3x.

Kamera utama dibekali teknologi Stabilisasi Sensor-shift. Sehingga, pengguna bisa lebih leluasa merekam objek yang bergerak. Teknologi Apple bakal menstabilkannya!

Di samping itu, perusahaan turut menambahkan fitur fotografi baru pada iPhone 13 Pro. Antara lain Mode Standar, tambahan kontras, serta pilihan foto hangat dan sejuk. Jadi, tinggal pilih dan sesuaikan dengan nuansa foto bidikanmu aja, ya.

Performa

Performa iPhone 13 Pro (Digimap)
Performa iPhone 13 Pro (Digimap)

Beralihr ke bagian performa, Bionic A15 menawarkan tenaga yang sulit untuk ditandingi. Bahkan, pengulas dari berbagai penjuru dunia mengakui bahwa chipset terbaru Apple ini layak disebut sebagai SoC terbaik tahun 2021.

Di dalamnya, Apple mengandalkan CPU dengan enam inti serta GPU dengan lima inti. Hasilnya, kinerja perangkat pun sangat cepat. Tak hanya itu, Apple juga menambahkan mesin Neural yang menjanjikan performa lebih bisa diandalkan.

Kombinasi antara Bionic A15 dan layar 120Hz membuat pengguna iPhone 13 Pro untuk kebutuhan sehari-hari bisa lancar. Selancar perjalanan di jalan tol pada siang hari!

Bahkan untuk kebutuhan gaming berat, 13 Pro juga masih bisa diandalkan. Berkat layar dengan refresh rate 120Hz, kamu bisa mendapatkan grafis detail dan tajam ketika memainkan berbagai judul game berat. Artinya, rata kiri, Bos!

Harga iPhone 13 Pro di Indonesia

Harga iPhone 13 Pro (GSMArena)
Harga iPhone 13 Pro (GSMArena)

Seperti produk sebelumnya, iPhone 13 Pro dijual dengan harga antara. Berada di antara iPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max.

Namun, jika kita bandingkan dengan harga pendahulunya, iPhone 13 Pro sedikit lebih mahal. Hampir mencapai Rp 20 juta!

Di Indonesia, kamu sudah bisa membeli iPhone 13 Pro di toko resmi. Mengutip situs Digimap, salah satu distributor resmi iPhone di Indonesia, harga iPhone 13 Pro terbaru dibanderol Rp 18,499 juta saja.

Tertarik memiliki? Hmm, ada baiknya kamu cek dulu harga iPhone 13 Pro di beberapa toko online. Dan untuk memudahkan, tim Droila sudah siapkan beberapa tombol yang akan mengarahkanmu langsung ke toko online penjual iPhone 13 Pro. Langsung cek aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13 Pro

Spek lengkap iPhone 13 Pro (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap iPhone 13 Pro (Dok.Istimewa Droila)

Seperti biasa, calon pembeli diberi kebebasan dalam memilih HP iPhone terbaru tahun ini. Cukup disesuaikan dengan dana serta kebutuhan saja. Dan untuk performa yang memuaskan, iPhone 13 Pro bisa kamu andalkan.

Lebih lengkap, yuk simak dulu gimana kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Pro di bawah ini.

Kekurangan

  • Harga terlalu mahal
  • Ukuran notch masih terlalu lebal dibandingkan HP Android
  • Bobotnya terlalu berat
  • Teknologi pengisian cepat cuma terbatas 20W saja
  • Refresh rate 120Hz cuma tersedia untuk beberapa aplikasi saja

Kelebihan

  • Desain kekinian, tangguh, dan tahan air
  • Layar OLED yang paling terang
  • Warna akurat
  • Dukungan Dolby Vision
  • Performa perangkat tak tertandingi
  • Koneksi 5G
  • Kualitas video dan foto yang bagus

Review iPhone 13 Pro

Review iPhone 13 Pro (FutureCDN)
Review iPhone 13 Pro (FutureCDN)

Entah apa yang dipertimbangkan perusahaan. Secara garis besar, penulis tidak menemukan banyak perbedaan antara 13 Pro dan pendahulunya.

Sehingga, menurut anggapan penulis, terasa sayang jika pemilik iPhone 12 Pro membeli perangkat ini. Tapi lain soal jika perangkat sebelumnya yang kamu pakai merupakan seri yang lebih lawas.

Meskipun berat, ponsel ini tetap ramah kantong dan, berkat bobotnya, ponsel ini kokoh dan terasa premium. Tampilannya sangat bagus, dan ketika kompatibilitas HRR menyusul, tidak ada yang perlu dikeluhkan.  Performa iOS A15 pun sangat mulus.

Usai penjelasan kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 13 Pro. Semoga penjelasan mengenai spesifikasi dan harga handphone terbaru dapat membantumu dalam mengambil keputusan.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like