Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13: Jagoan Anyar, Desain Lawas

Kelebihan dan kekurangan iPhone 13 (Tech Advisor)
Kelebihan dan kekurangan iPhone 13 (Tech Advisor)

iPhone 13 adalah HP Apple terbaru yang diluncurkan bulan lalu. Jika kamu tertarik membeli perangkat ini, kenali dulu yuk bagaimana kelebihan dan kekurangan iPhone 13. Cek keterangan di bawah, ya.

Sejak tahun 2007, Apple disiplin dalam menawarkan HP terbaru. Terkadang, ponsel anyarnya dibekali beragam pembaruan. Namun, seringkali produk terbaru Cuma diberi sedikit tambahan ketimbang seri sebelumnya.

Dan pada iPhone 13, Apple sudah menambahkan banyak fitur dan teknologi anyar. Membuat HP anyar iPhone ini makin menarik dan menggoda penggemar untuk memiliki.

Tapi, akankah iPhone 13 kembali meneguhkan superioritas produk Apple ketimbang ponsel dari brand lain? Apalagi, kini beberapa kompetitor juga sudah memiliki jagoan di kelas ultra-flagship.

Penasaran apa saja yang anyar dari perangkat ini? Simak terus uraian di bawah. Tim Droila sudah menyiapkan uraian terlengkap mengenai review, spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan iPhone 13. Tanpa panjang lebar, langsung cek aja, ya.

Spesifikasi dan harga iPhone 13 (Tech Advisor)
Spesifikasi dan harga iPhone 13 (Tech Advisor)

iPhone 13 Spesifikasi

Sedikit pengurangan di bagian poni, adalah peningkatan banyak bagi iPhone! Ya, itulah salah satu deskripsi terbaik yang bisa penulis sampaikan jika membicarakan pembaruan pada HP iPhone terbaru ini.

Sayangnya, saat iPhone 13 disandingkan dengan iPhone 12, kamu akan sulit menemukan perbedaan. Diakui atau tidak, minim pembaruan masih jadi salah satu kendala yang belum diatasi Apple selama bertahun-tahun. Lebih lengkap, simak uraian spesifikasi iPhone 13 di bawah ini.

Desain

Apple pertama kali memperkenalkan desain poni di layar pada tahun 2017 lewat ponsel iPhone X. Kala itu, inovasi desain ponsel ini langsung diikuti sejumlah kompetitor. Hingga kini, sebagian besar produsen HP Android pun sudah meninggalkan desain notch dan diganti dengan punch-hole.

Namun, Apple tampaknya masih belum ingin mengikuti tren tersebut. Dan iPhone 13 masih dibekali poni yang serupa dengan pendahulunya. Yang berbeda hanyalah ketebalannya. Lebih tipis! Sehingga, membuat layar pun jadi lebih lapang.

Layar

Layar dan grafis selalu menjadi keunggulan ponsel iPhone. Dan prestasi serupa kembali ditorehkan iPhone 13.

HP iPhone terbaru ini dilapisi panel XDR OLED Super Retina dengan Dolby Vision. Dan berkat pengembangan teknologi dari perusahaan, grafis yang dihasilkan bisa lebih cerah dan berwarna tajam.

Memiliki ukuran 6,1 inci, mungkin terasa kurang bagi sejumlah pengguna. Apalagi, kini kita sudah menemukan HP Android di bawah satu juta yang memiliki layar berukuran hampir 7 inci. Tapi, memang seperti itulah spesifikasi dari varian paling rendah ini.

Ya, seiring meningkatnya seri, semakin besar pula ukuran layar. Artinya, kamu akan menemukan layar yang lebih lebar pada iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Desain iPhone 13 (Tech Advisor)
Desain iPhone 13 (Tech Advisor)

Dapur Pacu

Banyak pengamat dan pengulas teknologi menyatakan kesimpulan serupa. Bahwa System on Chipset Bionic A15 merupakan cip paling tangguh saat ini. Jauh mengalahkan Snapdragon, bahkan MediaTek!

Dan cip canggih itulah yang bakal melayani serta menemani aktivitasmu sehari-hari. Terdiri atas delapan inti pemrosesan serta GPU bikinan Apple yang tersusun atas 4 inti grafis.

Tak hanya itu, perusahaan juga membekali jagoan anyarnya ini dengan RAM 4GB dan tiga pilihan kapasitas penyimpanan internal berjenis NVMe. Antara lain 128GB, 256GB, dan 512GB. Yang jelas, performa perangkat pun jadi tak perlu diragukan!

Kamera

Sebagaimana seri standar iPhone lainnya, iPhone 13 memiliki jumlah kamera paling sedikit. Total, perusahaan menanamkan tiga buah kamera pada ponsel ini. Dua terletak di belakang dan satu di depan.

Sayang, kamera belakang masih menerapkan desain yang sama. Mengulang desain yang sudah dipakai sejak iPhone 11. Berbentuk kotak dengan dua lensa yang disusun bersilangan.

Kamera pertama berkemampuan 12MP lensa wide PDAF dengan sensor shift OIS. Sedangkan kamera kedua memiliki kemampuan 12MP berjenis ultrawide. Fitur fotografi yang bisa kamu pakai seperti Dual-LED dual-tone flash, HDR untuk Mode Photo dan Mode Panorama, serta masih banyak lagi.

Sementara itu, kamera depan terletak pada poni dan memiliki kemampuan 12MP. Menggunakan lensa wide, perusahaan tak luput menambahkan sejumlah fitur fotografi canggih. Contohnya seperti sensor kedalaman serta biometrik.

Harga iPhone 13 (Tech Advisor)
Harga iPhone 13 (Tech Advisor)

Harga iPhone 13

Apple meluncurkan empat varian iPhone 13 pada bulan September lalu. Tapi, sayangnya iBox Indonesia baru memboyong perangkat anyar ini ke tanah air pada bulan November nanti.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki perangkat ini. Jika sudah tidak sabar, bisa cek sejumlah toko online. Penulis sudah menemukan beberapa toko yang menjual perangkat ini.

Tapi ingat, versi yang dijual merupakan versi luar negeri. Artinya, bisa saja produk tersebut terkendala masalah jaringan atau lainnya.

Masih berminat untuk membeli? Untuk memudahkanmu, penulis sudah menyiapkan tautan yang akan mengarahkanmu ke beberapa toko online. Langsung cek aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 13

Spek lengkap iPhone 13 (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap iPhone 13 (Dok.Istimewa Droila)

Dalam hal teknologi, iPhone memang lebih maju ketimbang kompetitornya, yakni Android. Tapi, bukan berarti  ponsel ini hadir tanpa kelemahan.

Nah, agar kamu lebih mengenalinya, tim Droila sudah menyiapkan beberapa kelebihan dan kekurangan iPhone 13 yang wajib diketahui. Tanpa panjang lebar, langsung cek aja, ya.

Kekurangan

  • Desain mirip dengan iPhone 12 series
  • Tanpa dukungan kamera telephoto
  • Layar dengan refresh rate 60Hz yang kalah dari kokmpetitor
  • Kecepatan pengisian daya yang lambat

Kelebihan

  • Grafis menawan
  • Performa paling tangguh dan terdepan
  • Desain menarik dengan finishing yang ciamik
  • Daya tahan baterai panjang
  • Performa kamera bisa diandalkan

Review iPhone 13: Barang Baru, Tapi Tak Jauh Berbeda dengan Pendahulu

Review iPhone 13 (Tech Advisor)
Review iPhone 13 (Tech Advisor)

Peluncuran HP iPhone terbaru selalu disambut dengan penuh gegap gempita. Bahkan, sebelum masa pandemi, sering menimbulkan antrian di beberapa negara.

Memang, sudah dua tahun ini peluncurannya cukup sepi. Tapi, bukan berarti mengurangi minat penggemar untuk memiliki produk terbaru Apple ini.

Sayang, jika membicarakan penambahan, tak banyak yang bisa kamu dapatkan dari produk anyar ini. Apalagi untuk kamu yang memiliki iPhone 12 -penulis nggak menganjurkan!

Tapi, untuk keputusan akhir, tentu saja semua terletak di tangan pembeli. Jadi, tetap ingin beli iPhone 13 atau nggak, nih?

Usai sudah penjelasan kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 13. Semoga uraian di atas bisa membantumu untuk mengambil keputusan sebelum beli HP iPhone terbaru ini.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like