Kelebihan dan Kekurangan iPhone XR: Masih Layakkah Dibeli Tahun 2022?

Kelebihan dan Kekurangan iPhone XR
Kelebihan dan Kekurangan iPhone XR

Usia iPhone XR sudah tidak lagi muda. Tapi, bukan berarti tak ada yang mencarinya. Sebaliknya, masih banyak! Dan untuk pembaca Droila yang tertarik beli, simak dulu uraian di bawah. Penulis sudah siapkan penjelasan mengenai spesifikasi, harga terbaru 2022, review, serta kelebihan dan kekurangan iPhone XR. Langsung cek aja, ya!

Sebagai ponsel yang telah dirilis pada 26 Oktober 2018, iPhone XR masih diminati banyak orang. Dengan warna-warni yang menarik, iPhone XR mewakili kepribadian setiap orang, terutama kaum milenial.

Bahkan, ponsel ini pernah viral karena tampilan warnanya yang beda dari warna-warna iPhone sebelumnya.

Bagi kamu yang tertarik menggunakan iPhone, ponsel ini bisa menjadi pilihan kamu mengenal iPhone. Selain harganya yang sudah turun drastis, spesifikasi iPhone XR juga tidak terlalu jauh dengan iPhone 11. Ponsel ini masih dapat memenuhi kebutuhan kamu sehari-hari dengan tampilan yang trendi.

Mungkin kamu heran, umur HP iPhone ini sudah empat tahun, apa benar kualitasnya masih bisa diandalkan? Agar kamu nggak galau, tim Droila sudah mengumpulkan berbagai informasi yang perlu kamu ketahui.

Mulai dari spesifikasi, harga di tahun 2022, review, serta kelebihan dan kekurangan iPhone XR. Tanpa panjang lebar, langsung simak aja uraian di bawah, ya.

ram iphone xr
ram iphone xr

Spesifikasi iPhone XR

Menjadi ponsel yang pernah tren pada masanya, HP iPhone memiliki spesifikasi yang masih mumpuni kebutuhan teknologi komunikasi di masa kini. Sudah bukan rahasia lagi bahwa kualitas iPhone sangat terjamin sehingga dalam jangka waktu 5 tahun pun, ponsel ini masih berfungsi dengan baik.

Desain dan Layar

Ponsel ini tampak premium dengan bahan aluminium yang dilapisi Gorilla Glass di bagian depan dan belakang. Varian warnanya pun menarik: hitam, merah, putih, biru, kuning, dan koral. Sangat cocok bagi gaya anak muda yang enerjik.

iPhone XR memiliki tampilan full view dengan dimensi 150,9 x 75,7 x 8,3 mm. Ponsel ini juga nyaman digenggaman dan beratnya hanya 194 gram.

Kamu pun tak perlu khawatir membawa ponsel ini ke toilet atau khawatir kehujanan karena ponsel ini tahan air dan debu. HP flagship ini telah memiliki sertifikasi IP67 sehingga dapat bertahan di kedalaman 1 meter selama 30 menit.

Layar iPhone XR menggunakan Liquid Retina IPS LCD berukuran 6,1 inci. Kualitas gambar yang ditampilkan pun tajam meski resolusinya hanya 828 x 1792 piksel. Selain kualitasnya, layar yang masih menggunakan LCD ini juga membuat bezel menjadi tebal dan kaku.

iphone xr spesifikasi dan harga
iphone xr spesifikasi dan harga

Performa dan Chipset

HP iPhone ini menggunakan sistem operasional iOS 12 yang dapat di-upgrade ke iOS 15.3. Chipset yang digunakan adalah Apple A12 Bionic (7nm). Performa iPhone XR menjadi lebih kencang dengan adanya CPU Hexa-core dan Apple GPU (4-core graphic).

Dengan chipset tersebut, kamu dapat memainkan berbagai macam game 3D dengan lancar. Tak hanya game, kamu juga dapat browsing dengan cepat. Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus pun tetap lancar.

RAM iPhone XR, yaitu 3GB dengan variasi tiga memori internal, 64GB, 128GB, dan 256GB. Bagi kamu yang baru ingin menggunakan iPhone, kamu harus terbiasa dengan absennya slot memori eksternal dan audio jack. Jadi, pilihlah varian memori sesuai kebutuhanmu.

Jika kamu memilih memori internal 64GB, kamu harus memindahkan file-filemu ke komputer secara rutin agar ponsel tetap dapat bekerja dengan baik.

Selain itu, spesifikasi iPhone XR baterai menjadi perhatian utama. HP flagship ini dibekali dengan kapasitas baterai 2942 mAH.

Pengisian dayanya pun sudah dilengkapi dengan teknologi fast charging 15W. Kamu bisa mengisi daya 50% dalam waktu 30 menit. Selain menggunakan kabel USB, kamu juga bisa menggunakan wireless charging standari Qi.

Kamera iPhone XR
Kamera iPhone XR

Kamera

Kualitas kamera iPhone memang tak perlu diragukan lagi. Meskipun hanya menggunakan kamera tunggal 12MP, hasil jepretannya jernih dan tajam.

Kamera ini dibelali dengn teknologi OIS. Tak hanya itu, kamera ini mampu menghasilkan gambar HDR yang berkualitas tinggi. Video yang dihasilkan dapat mencapai resolusi 4K di 60 fps dengan suara stereo yang bening.

Kamera depannya memiliki resolusi 7MP dilengkapi dengan sensor dept/biometrik. Kualitas video yang dihasilkan mencapai resolusi 1080p di 60 fps. Kualitas kamera iPhone cenderung memberikan efek natural.

Sayangnya, kamera iPhone XR belum dilengkapi mode malam sehingga kamu harus menggunakan aplikasi tambahan agar hasil foto saat malam hari tetap jernih. Contoh aplikasi yang banyak digunakan pemilik HP flagship adalah NeuralCam.

Fitur keamanan iPhone XR sangat ketat. Meski tak menggunakan fingerprint, ponsel ini menggunakan Face ID dengan kamera depan yang tak bisa diakali.

Kamu tidak bisa membuka kunci menggunakan foto maupun menggunakan wajah saat tidur. Dengan begitu, ponsel kamu akan aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Harga iPhone XR Terbaru 2022

spesifikasi iphone xr baterai
spesifikasi iphone xr baterai

Dulu, HP iPhone dibandrol dengan harga di atas Rp10 juta. Namun, saat ini kamu dapat membelinya secara online maupun offline dengan harga sangat murah.

Harga iPhone XR 64GB dijual dengan harga Rp5.859.000. Sementara itu, untuk varian 128GB dijual dengan harga Rp6.179.000,00. Sebagai catatan, itu adalah harga ponsel yang temukan pada toko online.

Pasalnya, distributor resmi iPhone di Indonesia sudah tidak lagi menjual produk ini. Sehingga, bagi kamu yang tertarik beli, Cuma bisa melakukannya lewat toko online.

Tertarik untuk membeli HP iPhone XR saat ini? Tenang, penulis sudah siapkan tombol yang akan mengarahkanmu ke sejumlah toko online. Sehingga, kamu bisa cek harga iPhone terbaru 2022 secara langsung.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone XR

Spek lengkap iPhone XR
Spek lengkap iPhone XR

Kali ini saya tidak akan membandingkan iPhone dengan Android ya. Kekurangan dan kelebihan kali ini berdasarkan iPhone XR harga dan spesifikasi yang bertahan sampai saat ini.

Kekurangan

  • Tidak disertakannya charger saat pembelian.
  • Kamera tidak memiliki fitur ultra-wide
  • Masih menggunakan layar LCD

Kelebihan

  • Desain warna yang menarik
  • Chipset Powerfull
  • Kamera dapat diandalkan
  • Aman dari debu dan air
  • iPhone termurah saat ini yang dapat diandalkan

Review iPhone XR 2022

iphone xr harga 2022
iphone xr harga 2022

iPhone selalu memiliki nilai yang tinggi sehingha siapapun yang menggunakannya akan terkesan elegan dan elit. Warna-warna yang colourfull membuat tampilan iPhone lebih segar dan lebih disukai banyak orang.

Performanya hingga saat ini juga masih bisa diandalkan. Meskipun tidak memiliki frame rate yang tinggi, kamu bisa menjalankan berbagai macam aplikaai dengan lancar. Kemeranya pun dapat diandalkan untuk merekam video dengan stabil. Hasil fotonya juga natural dan detail.

Menurut pengakuan beberapa user iPhone XR, kualitas baterainya sangat bagus. Meski kapasitasnya kecil, tetapi selama mereka menggunakanny selama 3—4 tahun, battery health-nya masih di atas 85%. Persentase tersebut tentu sangat menakjubkan.

Dengan kata lain, HP flagship tersebut performanya masih terjaga. Sebagai iPhone resmi termurah, tim Droila menilai bahwa ponsel ini masih layak dipertimbangkan dan kamu beli. Demikian uraian mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone XR saat ini. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP iPhone di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like