Kelebihan dan Kekurangan Mi 11 Lite: Penantang Baru di Segmen HP 3 Jutaan

Kelebihan dan kekurangan Mi 11 Lite (GSMArena)
Kelebihan dan kekurangan Mi 11 Lite (GSMArena)

Menyusul peluncuran Mi 11 pada bulan Maret lalu, Xiaomi Indonesia akhirnya memboyong Mi 11 Ultra dan Mi 11 Lite di Indonesia. Nah, kali ini, tim Droila sudah menyiapkan beberapa informasi penting mengenai versi paling ‘ringan’ dari seri Mi 11 –yakni Mi 11 Lite. Mulai dari spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Mi 11 Lite. Penasaran?

Selasa malam kemarin (15/6), Xiaomi Indonesia memperkenalkan dua ponsel sekaligus. Yakni Mi 11 Ultra dan Mi 11 Lite. Masing-masing diproyeksikan mengisi persaingan di segmen berbeda. Mi 11 Ultra pada segmen ultra-flagship. Dan Mi 11 Lite untuk segmen menengah dengan harga Rp 3 jutaan.

Memang, dunia sudah menyaksikan bagaimana kegaharan performa kamera Mi 11 Ultra. Bahkan, DxOMark pun masih menjadikannya sebagai HP dengan kamera terbaik tahun 2021.

Tapi, yang luput dari bahasan, Mi 11 Lite juga tak kalah menggoda. Dukungan chipset gaming kelas menengah, layar dengan refresh rate tinggi, baterai super awet, serta konfigurasi penyimpanan besar. Kombinasi yang membuat versi paling ringan dari seri Mi 11 ini wajib diperhitungkan.

Kamera Mi 11 Lite (Unbox)
Kamera Mi 11 Lite (Unbox)

Spesifikasi Mi 11 Lite

Membaca dan melihat spesifikasi perangkat, Mi 11 Lite layak dijadikan salah satu pilihan untuk kamu yang cuma menyediakan budget 3 jutaan. Tapi, sebelum memutuskan untuk beli HP Xiaomi kelas menengah ini, kenali dulu bagaimana spesifikasi serta review produk.

Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian di bawah, ya.

Desain

Masih mengusung desain yang sama seperti Mi 11 (review), ponsel ini menawarkan pengalaman memegang smartphone flagship dengan harga terjangkau. Bagaimana tidak, bagian depan dan belakang dilapisi kaca pelindung. Dan hanya bagian frame saja yang berbahan plastik.

Alhasil, ponsel jadi terlihat lebih tangguh dan ‘mahal’, bukan? Kesan tersebut berbanding lurus dengan kenyamanan pengguna. Oleh perusahaan, Mi 11 Lite dirancang dengan bobot 157 gram saja. Paling ringan di antara HP kelas menengah lainnya!

Spesifikasi Mi 11 Lite (YouTube)
Spesifikasi Mi 11 Lite (YouTube)

Layar

Sekali lagi, Xiaomi menegaskan visinya untuk mewujudkan HP murah berspesifikasi mewah. Dari segi desain, kesan itu begitu kentara. Dan begitu melihat grafis yang dihasilkan, kesan tersebut makin terasa.

Mi 11 Lite dibekali panel AMOLED dengan lebar 6,55 inci. Memang, cukup kecil dibandingkan ponsel lain yang lebar panel sudah mencapai angka 6,7 inci. Tapi, ukuran tersebut merupakan konsekuensi dari bobot ponsel yang sangat ringan.

Dan kecilnya ukuran layar langsung dikompensasi oleh grafis yang dihasilkan. HDR10 dengan refresh rate 90Hz serta resolusi 1080 x 2400 piksel. Artinya, kamu bisa lebih nyaman menggunakan ponsel ini untuk gaming maupun streaming!

Tak hanya itu, layar AMOLED pada HP Xiaomi terbaru ini juga masih dilapisi kaca pelindung Corning Gorilla Glass 5. Sehingga, kamu bisa merasa lebih tenang sekalipun punya beragam aktivitas lapangan. Minim goresan maupun benturan!

Layar Mi 11 Lite (Unbox)
Layar Mi 11 Lite (Unbox)

Kamera

Bisa dibilang jika Mi 11 Lite merupakan ponsel yang fokus pada performa. Berbagai komponen yang mendukung performa perangkat sudah dipilih agar hasilnya lebih optimal. Maka, wajar jika sektor kamera tidak terlalu istimewa.

Kamera belakang dibungkus modul yang berbentuk mirip kepunyaan Mi 11. Hanya ada tiga kamera di dalamnya. Masing-masing berkemampuan 64MP lensa wide PDAF, 8MP lensa ultrawide, serta 5MP sensor makro AF.

Sedangkan kamera depan tersimpan pada punch-hole yang terletak di bagian pojok kanan atas dari layar. Kamera selfie ini memiliki kemampuan 16MP lensa wide. Hanya saja, kamu tetap bisa kok mendapatkan hasil foto maupun video yang lebih optimal. Pasalnya perusahaan sudah menambahkan beragam fitur fotografi yang akan memanjakanmu.

Keunggulan Mi 11 Lite (Unbox)
Keunggulan Mi 11 Lite (Unbox)

Dapur Pacu

Seperti sudah disinggung di atas, ini adalah ponsel yang fokus pada performa. Maka, siap-siap kaget jika melihat komponen dapur pacu, ya. Super gahar!

Di bagian System on Chipset, Xiaomi mempercayakan dukungan tenaga dari chipset Snapdragon 732G. FYI, ini adalah chipset yang juga ditanamkan Xiaomi pada Redmi Note 10 Pro (review).

Ya, mungkin kamu juga tidak menyangka. Penulis pun merasa demikian. Tapi, jika mengingat bahwa ini versi paling ringan dari seri Mi 11, wajar jika harganya lebih mahal ketimbang Note 10 Pro –sekalipun didukung chipset yang sama.

Harga Mi 11 Lite di Indonesia

desain Mi 11 Lite (Unbox)
desain Mi 11 Lite (Unbox)

Seperti ingin memberi penggemar lebih banyak pilihan, Xiaomi Indonesia meluncurkan tiga varian penyimpanan dari Mi 11 Lite. Mengutip situs resmi Xiaomi Indonesia, seri terendah memiliki konfigurasi RAM 6GB/64GB dan dijual Rp 3,7 juta.

Sementara itu, untuk varian 6GB/128GB dibanderol Rp 3,8 juta. Dan varian dengan memori paling besar, yakni 8GB/128GB, dijual oleh perusahaan dengan harga Rp 4 juta.

Tertarik untuk memiliki? Tenang, kamu bisa langsung menuju halaman pembelian melalui salah satu tautan di bawah ini. Langsung cek aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Mi 11 Lite

Spek lengkap Mi 11 Lite (Dok.Istimewa/Droila)
Spek lengkap Mi 11 Lite (Dok.Istimewa/Droila)

Dari penjelasan di atas, seharusnya kamu sudah bisa sedikit menerka apa saja kelebihan dan kekurangan Mi 11 Lite. Namun, agar lebih jelas, penulis rangkumkan beberapa keunggulan dan kelemahan Mi 11 Lite yang wajib diketahui.

Kekurangan

  • Bersaing langsung dengan Redmi Note 10 Pro
  • Jika dibekali chipset yang lebih tinggi, mungkin akan lebih menarik
Performa Mi 11 Lite (Unbox)
Performa Mi 11 Lite (Unbox)

Kelebihan

  • Desain kaca yang mencuri perhatian
  • Layar AMOLED
  • Refresh rate 90Hz
  • HDR10
  • Baterai tahan lama
  • Pengisian daya cepat 33W
  • Suara speaker stereo kencang
  • Hasil foto saat siang hari sangat bagus

Review Mi 11 Lite: Pilihan Baru untuk Segmen 3 Jutaan

HP Mi 11 Lite (Unbox)
HP Mi 11 Lite (Unbox)

Segmen HP 3 jutaan merupakan segmen yang banyak diisi HP buatan China. Masing-masing vendor memiliki jagoan di kelas ini. Dan Xiaomi memiliki dua; yakni Redmi Note 10 Pro dan Mi 11 Lite.

Keduanya dibekali chipset yang sama. Pula memiliki beberapa fitur penting yang serupa. Dan yang membedakan hanyalah desain saja.

Maka, wajar jika akhirnya pengguna merasa kebingungan menentukan pilihan –antara Redmi Note 10 Pro atau Mi 11 Lite. Perusahaan sendiri memberikan selisih harga serta spesifikasi yang tak terlalu berbeda.

Dengan begitu, untuk keputusan akhir, tentu ada di tanganmu. Di antara kedua perangkat di atas, apa yang lebih kamu pilih?

Usai sudah penjelasan hari ini mengenai kelebihan dan kekurangan Mi 11 Lite. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk lebih mengenali HP kelas menengah Xiaomi terbaru ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like