Kelebihan dan Kekurangan Nokia 5.4: Unggulkan Fitur Keamanan dan Kamera Video Sinematik

Kelebihan dan kekurangan Nokia 5.4
Kelebihan dan kekurangan Nokia 5.4

Menolak untuk dilupakan, Nokia kembali hadir di tengah pasar Indonesia. Mengusung sistem operasi Android dengan performa kelas menengah, Nokia 5.4 bisa jadi salah satu pilihan menarik buat kamu yang mengidolakan brand ini. Tapi, sebelum beli, simak dulu gimana spesifikasi, review, harga, serta kelebihan dan kekurangan Nokia 5.4 di bawah, ya.

HMD Global selaku pemegang lisensi tunggal merek smartphone Nokia, akhirnya membawa produk terbarunya ke Indonesia. Meski konsumen selalu menantikan seri flagship atau setidaknya Nokia 8.3 5G yang menjadi cameo di film 007, akan tetapi yang hadir justru Nokia 5.4.

Secara fisik, Nokia 5.4 setidaknya terlihat mirip dengan seri sebelumnya. Namun dari spesifikasi pasti berbeda. Nah, yang cukup unik, nggak seluruhnya spesifikasi dari seri Nokia 5.3 meningkat, lho.

Ada yang naik, ada pula bagian spesifikasi yang justru diturunkan. Saat kompetitor lain mulai bisa membawa fitur flagship seperti refresh rate tinggi dan baterai besar, Nokia hadir dengan banderol harga yang kurang lebih sama.

Namun HMD percaya bila perangkat rilisan mereka tetap memiliki diferensiasi yang kuat, melalui perangkat lunak yang lebih bersih, dan sejumlah fitur video yang mungkin jarang ditemui untuk smartphone pada rentang harga yang sama.

Apakah bisa membuatnya lebih unggul dari yang lain? Berikut ulasan lengkap mengenai Nokia 5.4 yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber.

Desain Nokia 5.4
Desain Nokia 5.4

Spesifikasi Nokia 5.4

Bagi kamu calon pengguna yang masih ragu terhadap Nokia 5.4 ini, nggak ada salahnya untuk memperhatikan detail spesifikasi Nokia 5.4 berikut ini:

Desain dan Layar

Secara tampilan, digabungkan dengan kombinasi warnanya, Nokia 5.4 ini termasuk salah satu smartphone dengan desain paling bagus di kelasnya. Meski, materialnya memang terlihat biasa saja. Yakni menggunakan plastik polikarbonat di bagian samping dan belakangnya.

Saat digenggam, ponsel ini memang kurang menimbulkan kesan kokoh ala HP Nokia terdahulu. Bobotnya pun tergolong ringan di 180 gram, dengan ketebalan 8,7mm. Terdapat dua varian warna yang bisa dipilih yaitu Dusk dan Polar Night.

Warnanya sangat menarik, berubah-ubah sesuai pantulan cahaya, dan memiliki tekstur bergaris jika dilihat dari dekat. Sayangnya mudah membekas sidik jari, meski mudah juga untuk dibersihkan.

Pada bagian layar yang diusung oleh smartphone mid-range Nokia ini, bezelnya sedikit tebal, tapi adanya lengkungan 2.5D membuatnya tidak terlalu terlihat. Sama-sama gunakan panel IPS, dimensinya sedikit mengecil di 6,39 inci, membuatnya lebih kompak.

Namun resolusinya juga turun ke HD+, dengan refresh rate yang masih sama di 60Hz.

nokia 5.4 spesifikasi
nokia 5.4 spesifikasi

Performa dan Chipset

Nokia 5.4 ikut tergabung dalam program Android One. Dengan begitu, mutlak mendapat pembaruan OS dalam waktu dua tahun dan keamanan bulanan hingga tiga tahun. Yang disayangkan, saat ini masih menjalankan Android 10, dengan Android 11 dijanjikan dalam waktu dekat.

Karena jalankan stock Android, tak banyak yang bisa dieksplorasi pada smartphone ini. Fitur seperti ambil skrinsut panjang, perekam layar sampai aplikasi ganda tak bakal bisa kamu temukan. Tapi jadinya bersih dan minim bloatware.

Sementara untuk menikmati konten multimedia, keluaran speaker mononya terdengar lantang, meski bukan yang terbaik secara kualitas. Ada pula haptic feedback atau efek getarnya, meski mungkin akan terasa terlalu kuat untuk sebagian orang.

Snapdragon 662 yang digunakan di Nokia 5.4 bisa dibilang hadir sebagai penyempurnaan dari seri 665 milik Nokia 5.3. Arsitektur CPU dan GPU-nya sama persis, tapi bila dilakukan pengujian benchmark, Snapdragon 662 sedikit lebih unggul secara angka.

Dipadukan dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 64GB, performanya cukup terjaga.

Nggak cuma itu aja, HDM berikan klaim kalau smartphone ini bisa digunakan hingga dua hari pemakaian, meski kapasitasnya cukup modis di 4,000 mAh saja. Sayang, Nokia 5.4 belum mendukung fast charging sama sekali, alias hanya mentok di arus 10W.

Kamera Nokia 5.4
Kamera Nokia 5.4

Kamera

Salah satu yang diunggulkan oleh HMD lewat Nokia 5.4 ada pada sektor kameranya. Meski belum gunakan lensa ZEISS, tapi besaran resolusi sensor kamera utamanya ditingkatkan, dari 13MP ke 48MP f/1.8 yang mendukung PDAF.

Sementara tiga sensor lainnya masih sama persis; 5MP f/2.2 ultra wide-angle, 2MP macro & 2MP depth sensor. Mode kameranya pun cukup lengkap. Di mode potret, tersedia lima pilihan efek bokeh tambahan yang bisa diganti agar foto terlihat lebih menarik.

Tidak ada mode manual untuk foto di Nokia 5.4, tapi kini ada mode “Cinema” yang membuat kamu bisa rekam video sinematik dalam format lebar 21:9.

review nokia 5.4 indonesia
review nokia 5.4 indonesia

Termasuk ubah parameter manual mulai ISO sampai bitrate, bahkan format H-Log sekalipun, untuk keperluan editing tingkat lanjut.

Ketika digunakan untuk mengambil gambar di kondisi cahaya gelap, foto akan menjadi jauh lebih halus. Night mode bisa membantu meski tidak banyak.

Kalau kualitas videonya sendiri sudah oke, dengan audio yang oke banget karena ada dukungan spatial audio dari OZO. Hanya saja, resolusi maksimum perekaman video Nokia 5.4 ada di full HD 30/60fps tanpa opsi 4K.

EIS-nya pun kurang efektif untuk mereduksi guncangan tangan sehingga ada baiknya untuk gunakan stabilizer tambahan.

Nokia 5.4 Harga Terbaru 2022

Spesifikasi dan harga Nokia 5.4
Spesifikasi dan harga Nokia 5.4

Nokia 5.4 resmi diboyong masuk ke Indonesia oleh HMD Global pada bulan Desember 2020. Oleh distributor resmi Nokia Indonesia, HP kelas menengah ini dibanderol dengan harga Rp3.099.000. Itu adalah harga yang penulis dapatkan dari situs resmi Nokia Indonesia.

Tertarik memiliki untuk nostalgia dengan produk lawas Nokia? Kini, tahun 2022, harga Nokia 5.4 lebih bervariasi. Berdasarkan penelusuran penulis di beberapa toko online, harga Nokia 5.4 terbaru kini sudah turun, lho.

Pengin beli? Kamu bisa langsung cek harga Nokia 5.4 terbaru 2022 lewat tombol di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia 5.4

Spek lengkap Nokia 5.4
Spek lengkap Nokia 5.4

Setelah mengetahui gimana spesifikasi dan harga Nokia 5.4, kurang lengkap rasanya kalo belum mengulik gimana kelebihan dan kekurangan HP kelas menengah Nokia ini. Penasaran? Langsung cek uraian di bawah aja, ya.

Kelebihan Nokia 5.4

  • Layar dengan Tingkat Kecerahan Apik
  • Ditunjang oleh System on Chips Mumpuni
  • Sajian Modul Kamera yang Tinggi
  • Mendapatkan Anugerah Fitur NFC

Kekurangan Nokia 5.4

  • Bahan Bodi dan Resolusi Layar di Luar Harapan
  • Tidak Mendukung Pengisian Nirkabel
  • Teknologi Bluetooth Masih Rendah

Review Nokia 5.4

review nokia 5.4 indonesia
review nokia 5.4 indonesia

Smartphone ini secara keseluruhan, belum menjadi yang terbaik di kelasnya karena fitur-fitur yang dibawa masih kurang sempurna.

Pasalnya, kompetitor di harga yang sama bisa tawarkan pengalaman penggunaan yang lebih baik, seperti kamera, layar dan baterai yang lebih superior. Bahkan dengan harga yang lebih murah.

Sejatinya, layar Nokia 5.4 sudah cukup bagus. Reproduksi warna, kecerahan sampai viewing angle-nya oke oke aja (meski kontrasnya sedikit kurang). Namun ketika kompetitor sudah bisa bawa panel AMOLED atau refresh rate tinggi, dalam resolusi full HD, rasanya jadi lebih tertinggal.

Ada juga yang harus disayangkan, meski punya klaim baterai yang awet, Nokia 5.4 belum mendukung fast charging sama sekali, alias hanya mentok di arus 10W.

nokia fitur lengkap
nokia fitur lengkap

Mengisi dari 5% ke 95% membutuhkan waktu 2 jam, dan ekstra 30 menit untuk mencapai 100%. Padahal smartphone harga sejutaan sudah mulai mendukung fast charging 18W.

Kalau mengesampingkan itu semua, silakan pilih smartphone ini bila memang ingin pakai produk Nokia. Desain yang premium, sensor lengkap termasuk NFC, dan jaminan pembaruan OS serta keamanan rutin bisa jadi alasan tersendiri.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia 5.4. Semoga penjelasan mengenai spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like