Kelebihan dan Kekurangan Nokia C1: HP Android Nggak Sampai Sejuta

kelebihan dan kekurangan nokia c1
kelebihan dan kekurangan nokia c1

HP Android low-end masih banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tak heran jika berbagai brand HP merilis HP Android dengan harga sejutaan. Bahkan Nokia masih saja bergelut di segmen pasaran ini. Salah satu HP low-end andalannya adalah HP Nokia C1. Oleh karena itu, kami akan mengulas kelebihan dan kekurangan Nokia C1.

HP yang rilis pada 11 Desember 2020 ini memiliki berbagai macam fitur yang pas banget untuk memenuhi kebutuhan komunikasi sehari-hari. HP Nokia C1 Android memiliki spesifikasi yang layak dipertimbangkan dan harganya murah banget. Mau tau kenapa? Yuk simak ulasan berikut!

Spek Nokia C1

Sebagai HP Android murah, Nokia C1 memiliki beberapa fitur layaknya smartphone yang digunakan untuk berkomunikasi di masa kini. Berikut ini Nokia C1 spesifikasi lengkapnya.

nokia c1 android
nokia c1 android

Desain dan Layar

Desain HP 1 jutaan bisa dibilang terlihat kuno. Bezelnya terlihat tebal. Case belakang bisa dibuka untuk memasang kartu dan baterainya. Nokia C1 memiliki dua pilihan warna: Charcoal dan Red. Di bagian belakang terdapat tulisan Nokia.

Dimensinya 147,6 x 71,4 x 8,7 mm dan berat 155g. Material belakang dan frame-nya terbuat dari plastik sehingga ringan di genggaman.

Meskipun terbuat dari plastik, HP ini tidak terlihat HP murahan karena warnanya doff. HP Nokia C1 sudah support dual SIM Nano dengan jaringan LTE Cat4.

Di bagian sisi kiri terdapat tombol power dan volume. Di bagian kanan, terdapat tombol Google Asistant. Di bagian atas, terdapat audio jack 3,5 mm.

Di bagian depan, terbentang layar IPS LCD 5,45 inci yang mampu menampilkan gambar beresolusi 480 x 960 piksel. Layar ini cukup lebar lho kalau sekadar untuk bersosial media.

harga nokia c1
harga nokia c1

Performa dan Chipset

Untuk menunjang kinerjanya, HP Nokia C1 menggunakan sistem operasional Android 9.0 Pie (Go edition). CPU-nya menggunakan prosesor Quad Core 1,3 GHz. Memori internalnya 16 GB dengan RAM 1GB. Ada pula slot untuk memasang memori eksternal hingga 64 GB.

Baterai HP Android murah cukup awet meskipun hanya 2500 mAh. Baterai ini bisa dilepas-pasang. Pengisian dayanya menggunakan charger 5V1A. Bahkan, berdasarkan website resminya, Nokia C1 memiliki waktu siaga hingga 12.3 hari.

Bagi kamu yang masih suka mendengarkan radio, Nokia C1 Android juga menyediakan fitur Radio FM. Untuk menggunakannya, kamu harus menggunakan headset yang dijual secara terpisah.

nokia c1 spesifikasi
nokia c1 spesifikasi

Kamera

HP ini memiliki sebuah kamera utama di belakang dengan resolusi 5MP, f/2.4 yang sudah dilengkapi dengan autofocus. Di bawahnya terdapat LED flash.

Uniknya, LED flash ini juga ada di samping kamera depan. Kamera depan resolusinya juga 5MP. Adanya LED flash di kamera depan memungkinkan kamu melakukan video call di malam hari atau ditempat yang minim cahaya.

Dalam hal merekam video, kedua kamera ini mampu menghasilkan video dengan resolusi 720p di 30 fps. Hasilnya cukup bagus meskipun di malam hari. Namun, fitur-fiturnya masih terbatas.

Harga Nokia C1

hp nokia c1
hp nokia c1

Dengan fitur-fitur tersebut, harga Nokia C1 secara resmi adalah Rp849.000,00. Namun, kini banyak toko online yang menjual HP ini dengan harga kurang lebih Rp700.000,00.

Setelah membeli HP entry-level ini, di dalam kotaknya nanti, kamu akan mendapatkan Nokia C1 yang dilengkapi dengan pengisi daya, kabel USB mikro, buku panduan, dan baterai lepas-pasang. Jika kamu ingin mendengarkan radio, kamu harus membeli headsetnya.

Tertarik beli? Tak perlu pindah ke lain tempat. Tim Droila sudah siapkan tombol yang akan mengarahkanmu ke sejumlah toko online. Sehingga kamu bisa cek harga Nokia C1 terbaru tahun 2022 ini.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia C1

Setelah mengetahui spesifikasi dan harga Nokia C1, kamu akan tau apa saja kelebihan dan kekurangan Nokia C1.

SpesifikasiNokia C1
DesainFrame dan body belakang dari material plastic
Berat155 gram
Dimensi147.6 x 71.4 x 8.7 mm
Layar5.45 inci IPS LCD Rasio body ke layar 72.7%
Resolusi480 x 960 piksel
ChipsetUnisoc SC7331e
GPUMali-T820
RAM1GB
ROM16GB
OSAndroid 9.0 Pie Go Edition
Kamera Belakang5 MP, f/2.4, AF
FiturLED Flash
Kamera Depan5 MP
FiturLED Flash
BateraiLi-Ion 2500 mAh, removable
WarnaBlack Red
HargaRp 849.000
Spek lengkap Nokia C1 (Dok.Istimewa/Droila)

Kekurangan

  1. Desain jadul
  2. RAM kecil sehingga tidak dapat menginstal banyak aplikasi
  3. Belum dilengkapi fingerprint

Kelebihan

  1. Harga sangat murah
  2. Memiliki fitur-fitur penting
  3. Layar lega

Review Nokia C1

Spesifikasi dan harga Nokia C1
Spesifikasi dan harga Nokia C1

Spek Nokia C1 cukup lengkap, tetapi masih terbatas. Dia memiliki fitur-fitur penting smartphone, seperti kamera depan dan belakang, chipset octa core, Android Pie, dan jaringan LTE. Bahkan, HP Nokia ini masih menyisipkan fitur lama, seperti radio FM.

Menggunakan HP ini rasanya seperti sedang nostalgia. Nokia pernah berjaya dengan produknya yang dikenal awet. Nokia C1 mirip dengan Hp nokia zaman dulu. Namun, fiturnya sudah di-upgrade sehingga dapat berkomunikasi secara online.

HP Nokia C1 ini sangat cocok digunakan pemula smartphone, entah anak-anak maupun orang tua. RAM 1GB bisa menampung beberapa aplikasi penting, seperti WhatsApp, Facebook/Instagram Lite, dan Youtube.

Ya intinya, HP ini hanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan komunikasi secara online dan offline saja. Jadi, jangan berharap bisa menginstal berbagai macam gim dan aplikasi berat lainnya.

Dengan kata lain, kamu harus pintar-pintar memilih aplikasi penting apa saja yang harus dipasang agar HP tetap dapaut bekerja dengan cepat.

Jika brand lain memasang HP 1GB dengan harga  di atas 1 juta, Nokia C1 hanya dibanderol dengan harga 700-an ribu. Murah banget kan?

Oleh karena itu, jika kamu butuh HP pendamping yang cukup digunakan untuk berkomunikasi saja, HP ini bisa jadi pilihan kamu. Apalagi baterai Nokia itu awet banget.

Jika ditanya harga Nokia C1 ini wort it nggak? Menurut kami sih, worth it saja karena fitur-fiturnya cukup lengkap dan kualitas Nokia tak perlu diragukan lagi. Gimana? masih ragu membeli HP entry-level ini?

Demikian ulasan kelebihan dan kekurangan Nokia C1, berikut spek dan harganya terkini. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like