Kelebihan dan Kekurangan Nokia C20: Kokoh dan Tangguh, Tapi Kemahalan

Kelebihan dan kekurangan Nokia C20 (Tech Weez)
Kelebihan dan kekurangan Nokia C20 (Tech Weez)

HMD Global selaku produsen serta distributor HP Nokia terus menambah portofolionya. Perusahaan menjadikan tahun 2021 sebagai tahun yang produktif dengan meluncurkan sejumlah produk unggulan. Salah satunya adalah Nokia C20. Dan kali ini, tim Droila sudah menyiapkan uraian terlengkap seputar kelebihan dan kekurangan Nokia C20. Pengin tahu?

Bisa dibilang jika ini bukanlah zaman Nokia lagi. Produsen ponsel lawas asal Finlandia ini tak lagi bisa mendominasi pasar seperti saat decade 2000-an.

Meskipun begitu, perusahaan tampak tak ingin hilang begitu saja ditelan zaman dan persaingan. HMD Global sebagai pemegang brand, produsen, serta pengembang produk Nokia pun senantiasa menawarkan pembaruan.

Dan tahun ini bisa dibilang sebagai tahun yang produktif. Tak hanya meluncurkan HP kelas menengah saja, Nokia turut memperkenalkan sejumlah ponsel entry-level. Salah satunya adalah Nokia C20.

Namun, di tengah kompetisi entry-level yang semakin sengit, akankah HP Nokia terbaru ini bisa mencuri perhatian pengguna? Untuk mendapatkan jawaban itu, Droila sudah merangkumkan sejumlah informasi yang wajib kamu ketahui.

Mulai dari spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Nokia C20. Jika penasaran, scrolling terus artikel ini, ya.

Spesifikasi dan harga Nokia C20 (Nokia)
Spesifikasi dan harga Nokia C20 (Nokia)

Spesifikasi Nokia C20

Kesederhanaan ala Nokia bisa kamu dapatkan dari ponsel ini. Dan nilai itulah yang tampaknya ingin ditekankan perusahaan lewat Nokia C20. Mulai dari desain, konfigurasi kamera, hingga bagian jeroan!

Lebih lengkap, simak uraian spesifikasi Nokia C20 di bawah ini.

Desain

Kalo kamu adalah pengguna ponsel yang nggak terlalu memperhatikan tampilan, Nokia C20 tentu bisa jadi salah satu pilihan. Desain yang sederhana dan tak terlalu banyak pembaruan.

Kesederhanaan itu terwujud dalam ukuran layar yang cukup lebar, bezell agak tebal dengan tulisan brand Nokia di bagian bawah, poni berbentuk tetesan air yang membungkus kamera depan. Tak ketinggalan, masih ada modul berbentuk lingkaran di bagian belakang.

Namun, sisi minusnya, sebagian besar pengguna tentu melihat Nokia C20 agak ketinggalan zaman. Desain yang ditawarkan sudah lebih dulu dipakai kompetitor sejak tahun lalu.

Kamera Nokia C20 (Nokia)
Kamera Nokia C20 (Nokia)

Layar

Bagian layar pun tak terlalu memukau. Nokia C20 dilapisi panel IPS LCD dengan bentang diagonal mencapai 6,52 inci. Cukup lebar dan menjanjikan tampilan yang lebih nyaman.

Apalagi, layar ini mampu menghasilkan grafis berkualitas 720 x 1600 piksel. Dipakai untuk aktivitas belajar di rumah pun nggak jadi soal!

Secara keseluruhan, ponsel ini nyaman dipakai untuk jangka waktu yang panjang. Bobotnya Cuma 191 gram saja. Sehingga nggak mudah bikin pegal jika dipegang lama.

Dapur Pacu

Kesederhanaan juga diwujudkan perusahaan di bagian jeroan serta tampilan antarmuka. Untuk pemrosesan, Nokia C20 mengandalkan chipset Unisoc SC9863A yang tersusun atas CPU dengan delapan inti pemrosesan.

Sementara itu, bagian pengolah grafis mengandalkan GPU Mali-G52 MC2. Sehingga, untuk mengoperasikan aplikasi atau game yang ringan pun masih bisa diandalkan.

Sayang, untuk soal penyimpanan, Nokia C20 mengandalkan memori yang terlampau kecil. Terdiri dari RAM 2GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 16GB.

Untuk ukuran HP keluaran 2021, ukuran penyimpanannya begitu jauh jika dibandingkan dengan produk sekelas dari kompetitor. Apalagi, kini sudah ada HP di bawah 2 juta yang dibekali RAM 4GB!

Tapi, dalam hal pemrosesan, setidaknya kamu bisa lebih tenang. Nokia C20 menjamin kecepatan yang lebih kencang. Hal ini bisa dicapai berkat penerapan sistem operasi Android 11 Go Edition yang dikenal lebih ringan dan kencang. Cocok untuk HP entry-level dengan RAM kecil!

Desain Nokia C20 (Nokia)
Desain Nokia C20 (Nokia)

Kamera

Hanya ada dua buah kamera yang ditanamkan perusahaan pada jagoan terbarunya ini. Satu kamera di depan dan satu buah di belakang.

Kamera belakang dibungkus oleh modul berbentuk lingkaran. Di dalamnya, terdapat satu buah lensa berkemampuan 5MP serta LED Flash.

Sedangkan kamera depan dibungkus notch berbentuk tetesan air. Kamera selfie Nokia C20 ini memiliki kemampuan 5MP -sama seperti kemampuan kamera belakang.

Setelah mengulik lebih jauh, penulis gagal menemukan fitur fotografi canggih pada perangkat ini. Hanya dibekali fitur-fitur standar yang bisa kamu temukan dari HP Android produksi OEM lain.

Harga Nokia C20

Harga Nokia C20 (Nokia Indonesia)
Harga Nokia C20 (Nokia Indonesia)

Dibekali chipset Unisoc dengan komponen berkemampuan minimalis, sekilas spesifikasi Nokia C20 mirip seperti sejumlah HP Advan terbaru. Sayang, dalam hal harga, Nokia C20 dijual jauh lebih tinggi.

Mengutip situs resmi Nokia  Indonesia, harga Nokia C20 terbaru dibanderol Rp 1,499 juta saja. Menurut penulis, harga yang cukup tinggi jika kamu hanya mendapatkan RAM 2GB dengan penyimpanan internal 32GB.

Tapi, lain soal jika kamu adalah seorang penggemar setia Nokia. Harga itu bisa terlihat masuk akal dan menggoda. Dan jika kamu tertarik membeli, penulis sudah menyiapkan tautan yang akan mengarahkanmu ke sejumlah toko online. Langsung cek aja harganya lewat tombol di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia C20

Spek lengkap Nokia C20 (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Nokia C20 (Dok.Istimewa Droila)

Ya, sulit untuk menemukan kelebihan perangkat ini. Dan berdasarkan catatan penulis, Nokia C20 cuma unggul dalam hal kecepatan pemrosesan. Berkat penerapan Android 1 Go Edition, pemrosesan aplikasi pun jadi lebih kencang.

Lebih lengkap, berikut ini beberapa kekurangan dan kelebihan Nokia C20 yang wajib kamu ketahui:

Kekurangan

  • RAM 2GB dengan penyimpanan internal cuma 16GB
  • Banyak aplikasi yang belum kompatibel dengan Android 11 Go Edition
  • Bezell terlalu tebal
  • Performa kamera yang ketinggalan zaman

Kelebihan

  • Desain sederhana dan tangguh
  • Daya tahan baterai yang panjang
  • Dukungan UI custom bikinan Android

Review Nokia C20: Masih Mengandalkan Desain yang Tangguh, Tapi Harga Terlalu Mahal

Review Nokia C20 (Nokia)
Review Nokia C20 (Nokia)

Kita berada di masa yang penuh kebebasan. Terutama kebebasan dalam memilih produk yang cocok -dari segi harga maupun aktivitas harian.

Alhasil, kini kita bisa menemukan lebih banyak pilihan HP entry-level. Bahkan, beberapa pemain baru seperti Tecno dan Infinix pun lebih berani dalam menghadirkan pembaruan teknologi.

Di tengah kondisi tersebut, keberadaan Nokia C20 seperti salah tempat dan waktu. Komponen teknologi yang ditawarkan ketinggalan zaman. Plus harga yang terlampau mahal!

Seperti disinggung di atas, komponen yang sama juga bisa kita temukan pada sejumlah HP Advan. Seperti Advan G5 Plus, G5 Elite, serta G5. Dan yang bikin mupeng, ketiga HP Advan tersebut dijual dengan harga Rp 1 jutaan aja!

Tentu persoalan ini wajib dijadikan PR besar oleh perusahaan. Apalagi jika HMD Global ingin tetap bersaing di industri telepon pintar. Pembaruan dan penyesuaian pasar adalah hal yang wajib dilakukan!

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia C20. Semoga penjelasan mengenai HP Nokia terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan sebelum beli.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like