Kelebihan dan Kekurangan Nokia C3: Pernah Menarik Pada Masanya

Kelebihan dan kekurangan Nokia C3
Kelebihan dan kekurangan Nokia C3

Nokia C3 rilis pada 13 Agustus 2020. HP ini bukanlah HP Android pertama yang dibuat oleh Nokia. Nah, untuk pembaca yang tertarik membeli Nokia C3, tim Droila sudah siapkan uraian terlengkap mengenai ponsel ini. Mulai dari spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Nokia C3. Langsung cek aja, ya.

Keputusan perusahaan menggunakan Android ternyata masih dilakukannya agar mampu bertahan di era saat ini.  Rupanya Nokia tetap konsisten menggunakan sistem operasional Android untuk pasaran kelas entry. Sementara kelas atas masih bertahan menggunakan Lumia.

Peminat HP murah di Tanah Air memang sangat banyak dan Nokia melihat peluang ini. Dengan strategi ini, apakah Nokia C3 Android ini mampu bersaing di kelasnya?

Jika kamu tertarik membeli HP entry-level ini, jangan terburu-buru, ya. Yuk kenali dulu gimana spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Nokia C3 yang sudah dikumpulkan tim Droila di bawah ini.

Nokia C3 Spesifikasi

HP Nokia sempat menguasai pasaran ponsel di seluruh dunia. Kebanyakan orang menyukai Nokia karena desainnya yang kokoh dan unik.

Bahkan, hingga saat ini, masih ada orang yang suka menggunakan HP Nokia jadul sebagai HP pendamping. Lalu, setelah mengadopsi Android, apakah Nokia C3 spesifikasi dan harganya mampu mempertahankan kualitasnya?

Desain Nokia C3
Desain Nokia C3

Desain dan Layar

Sejak dahulu, Nokia lihai menciptakan desain ponsel yang apik. Kali ini, desain Nokia C3 tampak simpel. Memang bezel atas dan bawah masih cukup lebar, tetapi sebagai HP entry, desainnya tak ketinggalan dengan HP sekelasnya. Warnanya pun kalem, ada biru dan sand.

Dimensinya 159,9 x 77 x 8,7 mm dengan bobot 184,5 gram. Tidak berat dan juga tidak ringan. Penutup bagian belakangnya terbuat dari plastik dan dapat dilepas.

Tak hanya casingnya, baterai HP ini juga dapat dilepas. Mengingatkan ponsel Nokia zaman dahulu. HP ini juga sudah mendukung dual SIM dengan sinyal 4G.

Pada bagian depan terdapat layar 5,99 inci dengan panel IPS LCD. Layar ini mampu menampilkan gambar HD+dengan resolusi 720 x 1440 piksel. HP ini menggunakan sensor fingerprint yang ada di belakang. Selain itu, di bagian samping juga ada tombol yang dapat menghubungkan langsung le Google Assistant.

Layar Nokia C3
Layar Nokia C3

Performa dan Chipset

HP Nokia C3 menggunakan chipset Unisoc SC9863A dan CPU Octa-core 1,6GHz. Kapasitas memorinya pun tidak terlalu besar karena menggunakan RAM 2GB dan internal 16GB. Beruntungnya kamu dapat menambahkan memori eksternal hingga 128GB.

Berdasarkan chipset di atas, bisa dikatakan Nokia C3 ini masih tertinggal dengan pesaingnya. Dengan kapasitas RAM tersebut, kamu tidak bisa memasang banyak aplikasi dan multitasking dengan nyaman.

Kapasitas baterainya juga tidak terlalu besar, hanya 3040 mAH dan dapat dilepas. Untuk pengisian dayanya juga belum mendukung fast charging. Namun, jika kamu hanya menggunakan HP ini untuk berkomunikasi, HP ini mampu digunakan seharian penuh.

Spesifikasi dan harga Nokia C3
Spesifikasi dan harga Nokia C3

Kamera

HP entry-level ini hanya menggunakan satu jenis kamera belakang dengan resolusi 8MP. Fiturnya standar, terdapat LED Flash di bawahnya. Kamera belakang ini mampu merekan video dengan resolusi hingga 1080p di 30 fps.

Sementara itu, kamera depannya 5MP. Kamera ini cukup jernih digunakan untuk video call karena dapat memberikan kualitas hingga 720p di 30 fps. Kualitas kamera Nokia cukup tajam karena mampu menghasilkan gambar HDR. Namun, jika cahaya redup, kameranya masih kurang jernih.

Harga Nokia C3 Terbaru 2022

Harga Nokia C3
Harga Nokia C3

Saat pertama kali diluncurkan, Nokia C3 Android harga yang dipasarkan masih sama, yaitu Rp1.599.000,00. Itu adalah harga yang penulis dapatkan dari situs resmi Nokia Indonesia.

Namun, ketika penulis menelusuri sejumlah toko online, penulis mendapatkan pilihan harga yang lebih beragam. Saat ini, harga Nokia C3 baru sangat murah, mulai dari Rp1.025.000,00.

Tertarik beli? Kamu bisa langsung klik salah satu tombol di bawah ini, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia C3

Spek lengkap Nokia C3
Spek lengkap Nokia C3 (Dok.Istimewa Droila)

Sebagai HP kelas entry, kelebihan dan kekurangan Nokia C3 ini cukup kompleks. Bila dibandingkan dengan HP Android sekelasnya, kamu harus memperhatikan penilaian berikut.

Kekurangan

  • Kamera seadanya
  • Kapasitas memori kecil
  • Performa kurang cepat

Kelebihan

  • Desain simpel, tetapi modern
  • Layar lebar
  • Harga murah
  • Terdapat fingerprint

Review Nokia C3

Review Nokia C3
Review Nokia C3

Secara garis besar, kelebihan Nokia C3 memang terletak di bagian ukuran layarnya yang lebar. Dengan begitu, tampilan HD+ dapat disaksikan dengan nyaman.

Pecinta Nokia pasti akan menyukai desain ponsel ini. Kapasitas baterai 3040 mAH ini diklaim mampu digunakan seharian. Memang sih, dulu, baterai Nokia terkenal awet.

Kekurangan Nokia memang banyak. Namun, kembali pada kebutuhan masing-masing. Jika kamu membutuhkan HP pendamping yang hanya digunakan untuk berkomunikasi, Nokia C3 ini mampu menjadi pilihan.

Kesan jadul akan tampak ketika kamu membuka penutup belakang. Untungnya, Nokia menggunakan bahan plastik yang kokoh sehingga tetap elegan dan tidak membekas sidik jari.

Dengan kualitas di atas, harga Rp1 juta untuk HP RAM 2GB tentu sudah sangat murah. Apalagi jika membeli yang bekas. Mungkin dapat menyentuh harga Rp750-an.

HP ini sangat cocok digunakan oleh pemula Android, anak-anak misalnya. Menjadi HP pendamping juga cocok jika tidak perlu menyimpan file besar.

Usai sudah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia C3 kali ini. Semoga penjelasan mengenai spesifikasi dan harga HP Android di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like