Kelebihan dan Kekurangan Nokia G10: Upaya Bangkit yang Gagal

Kelebihan dan kekurangan Nokia G10 (PCMag)
Kelebihan dan kekurangan Nokia G10 (PCMag)

Sebenarnya, tak ada perbedaan yang mencolok antara Nokia G10 dan Nokia G20 yang sudah Droila ulsa beberapa waktu lalu. Fitur yang ditawarkan pun secara garis besar masih sama. Tapi, jika kamu tertarik beli, simak dulu uraian seputar review, spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan Nokia G10 di bawah ini.

Perkembangan tampaknya sulit disusul oleh HMD Global selaku pemegang lisensi merek smartphone Nokia. Padahal, jika membicarakan brand Nokia, masih banyak penggemar setia  yang menanti kebangkitannya di luar sana.

Saya salah satunya. Mengingat inilah ponsel pertama yang saya punya ketika masih SMA. Namun, saat zaman Android datang, pesona mulai memudar. Sehingga saya mulai beralih ke brand lainnya.

Barangkali, pengalaman serupa juga dirasakan banyak penggemar. Sehingga, ketika HMD Global merilis HP Nokia Android pertama, banyak pula tanggapan penuh harap yang dibagikan dari berbagai penjuru dunia.

Namun, harapan ternyata tak bisa lebih. Kenyataannya, secara performa dan teknologi, HP Android Nokia sulit untuk bersaing dengan produsen lain. Bahkan juga cepat disalip oleh produsen baru! Dan begitu pula dengan Nokia G10.

Meskipun begitu, kelemahan dan spesifikasi perangkat ini tentu nggak menutup minat serta niat pengguna setia. Dan untuk kamu yang tertarik membeli HP Nokia terbaru ini, simak dulu uraian di bawah. Tim Droila sudah menyiapkan berbagai informasi yang wajib kamu ketahui.

Mulai dari spesifikasi, harga, review serta kelebihan dan kekurangan Nokia G10. Jadi, tanpa panjang lebar, langsung cek uraian di bawah, ya.

Spesifikasi Nokia G10 (Notebookcheck)
Spesifikasi Nokia G10 (Notebookcheck)

Spesifikasi Nokia G10

Jujur, penulis gagal menemukan perbedaan antara seri Nokia G10 dan Nokia G20. Keduanya sama-sama dibanderol Rp 2 jutaan. Selain itu, dari segi tampilan, kedua ponsel juga hampir sama.

Akan tetapi, supaya lebih adil, yuk simak terlebih dulu gimana spesifikasi komponen yang sudah ditanamkan perusahaan pada Nokia G10. Scrolling lagi, ya.

Desain

Berbicara tentang desain, secara estetis lebih kaya dari ponsel lain yang ada di pasaran. Ponsel berstruktur ramping dengan desain minimalis ini hadir dalam dua varian warna seperti Dusk dan Night.

Terinspirasi oleh desain Nordic, HP Nokia terbaru ini hadir dengan fitur perlindungan percikan. Antarmuka yang mudah digunakan membuat pemula menjadi profesional. Alih-alih terletak di belakang, panel sensor sidik jari dipindah ke bagian samping.

Desain Nokia G10 (PCMag)
Desain Nokia G10 (PCMag)

Layar

Desain Nokia G10 terlihat mirip dengan smartphone Nokia G20. Layar 6,52 inci bakal membuatmu lebih nyaman saat menonton video apa pun.

Meski LCD dibangun dengan teknologi IPS, namun tidak menyurutkan Kamu sama sekali. Resolusi 720 x 1600 piksel dengan rasio aspek 20:9 memikat perhatian Kamu saat menonton klip di ponsel.

Kamera

Kamera menjadi salah satu komponen yang diperhatikan banyak calon pembeli. Bahkan, permintaan untuk HP dengan kamera berkualitas tinggi tumbuh semakin besar.

Namun, sayangnya, Nokia G10 tidak menyediakan keunggulan tersebut. Perusahaan cuma menanamkan konfigurasi tiga kamera berkemampuan rendah pada perangkat terbarunya ini.

Ada kamera utama 13 MP yang saat ini fitur di bawah stkamur. Tidak jelas seperti apa hasil foto kamera makro dan kedalaman 2 MP.

Dibandingkan dengan kamera belakang, kamera selfie 8 MP memiliki banyak potensi untuk smartphone ini. Di sisi lain, Kamu juga harus melihat bagian perekaman video. Kamu dapat merekam video 1080p dari kedua kamera di ponsel murah ini benar-benar luar biasa.

Kamera Nokia G10 (PCMag)
Kamera Nokia G10 (PCMag)

Performa

Perusahaan mengklaim bahwa pihaknya mengedepankan kenyamanan pengguna. Sehingga, perusahaan pun tak tanggung-tanggung dalam memilih prosesor yang digunakan.

HP entry-level ini mengandalkan prosesor MediaTek Helio G25. Ya, jenis prosesor yang umumnya kita temukan pada ponsel dengan harga di bawah Rp 2 juta!

Sekali lagi, Nokia gagal menawarkan produk yang kompetitif. Baik dari segi spesifikasi komponen maupun harga, sudah ada lebih banyak pilihan produk yang lebih menggoda!

Varian dasar juga hadir dengan RAM 3 GB dengan memori 32 GB yang sangat cocok dengan kisaran harga. Kamu juga dapat memilih yang besar dengan RAM 4 GB dengan penyimpanan 32 GB. Jika Kamu membutuhkan lebih banyak penyimpanan, kartu microSD khusus ada di sana.

Harga Nokia G10

Harga Nokia G10 (Canstarblue)
Harga Nokia G10 (Canstarblue)

Kemahalan! Itulah kesan yang penulis dapat ketika melihat harga Nokia G10 di situs resmi. Berbagai spesifikasi untuk HP entry-level tersebut, bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 2,099 juta.

Padahal, dengan harga tersebut, sudah ada lebih banyak pilihan dengan spesifikasi yang menawan. Misal deretan HP Tecno terbaru, Infinix, atau Redmi dan Realme.

Tapi, sekali lagi, kelemahan ini tentu nggak akan jadi soal bagi penggemar setia. Dan untuk pembaca yang tertarik beli HP Android murah ini, bisa langsung cek harga terbarunya lewat tombol di bawah.

Kelebihan dan Kekurangan Nokia G10

Spek lengkap Nokia G10 (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Nokia G10 (Dok.Istimewa Droila)

Seperti yang bisa kita lihat lihat, Nokia G10 memiliki baterai yang besar, prosesor yang luar biasa sesuai dengan harganya, layarnya luar biasa, tetapi jika Kamu adalah pengguna yang suka mengklik banyak foto, kamu bisa coba mengecek spesifikasi dan harga ponsel lainnya.

Harganya cukup terjangkau. Serta nama brand yang sudah lama dipercaya memproduksi ponsel tahan banting dan tahan lama.

Agar lebih adil, ketahui pula bagaimana kelebihan dan kekurangan Nokia G10 di bawah ini.

Kelebihan

  • Layar lebar
  • Sistem operasi Android 11 terbaru
  • Slot khusus untul kartu micro SD khusus
  • Sensor sidik jari yang dipasang di samping
  • Baterai Li-Po 5050 mAh
  • Pengisian daya 10W
  • Kaca dengan sertifikat anti percikan air
  • Kecepatan dapur pacu yang cukup bisa dikamulkan untuk kebutuhan sehari-hari

Kekurangan

  • Desain sama dengan varian pendahulunya
  • Cuma tersedia satu pilihan penyimpanan internal, yakni 32GB
  • Performa kamera kurang menawan
  • Port pengisian daya USB Type-C 2.0 yang ketinggalan zaman.

Review Nokia G10: Kemahalan di Kelasnya!

Review Nokia G10 (Canstarblue)
Review Nokia G10 (Canstarblue)

Hal terpenting yang harus diperhatikan saat melihat Nokia G10 adalah harganya. Untuk Rp 2,099 juta, kamu tidak dapat mengharapkan fitur dan teknologi berkualitas tinggi, dan itu berlaku untuk sebagian besar ponsel dalam kisaran harga ini.

Dengan mempertimbangkan harga, G10 melakukan pekerjaan yang baik pada dasarnya. Jika Kamu lebih fokus pada perangkat yang berfungsi sehari-hari, memiliki baterai yang baik dan dapat membuat Kamu online, di media sosial dan mengambil foto sesekali, itu pasti akan memenuhi kebutuhan itu.

Performa lambat yang terputus-putus terkadang membuat frustrasi, namun jika Kamu tidak cenderung menggunakan ponsel terlalu banyak, atau tidak menggunakan media sosial, Kamu mungkin tidak mengalami masalah ini seperti halnya seseorang yang lebih sering menggunakan ponselnya.

Rekomendasi kami juga ada di ulasan ini. Kami pikir, dengan anggaran ini, Poco M3 dapat menjadi alternatif yang lebih baik jika Kamu mencari lebih banyak penyimpanan internal dan kamera. Kamu akan menerima prosesor Qualcomm Snapdragon dengan budget yang disediakan.

Usai penjelasan kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Nokia G10. Semoga penjelasan mengenai spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like