Kelebihan dan Kekurangan Oppo A11K: Harga Baru di Bawah Rp1,5 Juta!

Kelebihan dan kekurangan Oppo A11k (Android Blue)
Kelebihan dan kekurangan Oppo A11k (Android Blue)

Oppo A11k adalah HP entry-level yang diluncurkan perusahaan akhir tahun lalu. Dan kamu bisa mendapat lebih banyak keuntungan jika beli Oppo A11k sekarang. Soalnya harga baru sudah turun jauh! Tapi, sebelum itu, simak dulu kelebihan dan kekurangan Oppo A11k di bawah ini, yuk.

Perkembangan teknologi memberi kemudahan bagi aktivitas manusia. Tidak hanya itu, juga memperluas pilihan manusia. Termasuk dalam mendapatkan ponsel yang sesuai dengan dana serta kebutuhan.

Beberapa tahun lalu, kita hanya memiliki sedikit pilihan HP Android murah. Bahkan, untuk segmen tertentu -dengan harga di bawah Rp 2 juta, pilihannya pun begitu terbatas.

Tapi, itu adalah kondisi beberapa tahun lalu. Soalnya, sekarang kita sudah memiliki lebih banyak pilihan. Tak hanya dari vendor kecil saja, bahkan produsen besar pun ikutan. Salah satunya adalah Oppo.

Perusahaan yang bermarkas di China ini menjadi salah satu brand HP besar di Indonesia. Kecanggihan kamera serta harga yang lebih terjangkau ketimbang Samsung. Dua hal itu menjadi dua daya tawar yang membuat Oppo sempat jadi HP paling laris di tanah air selama beberapa tahun.

Dan ketika makin banyak vendor bermunculan dengan menyasar segmen entry-level, perusahaan pun nggak pengin ketinggalan. Hasilnya, perusahaan meluncurkan Oppo A11k pada akhir tahun 2020 lalu.

Memang, hampir setahun berselang sejak Oppo memperkenalkan HP murahnya ini. Tapi, bukan berarti perangkat tersebut bisa kita lupakan. Masih relevan dan layak dipertimbangkan. Apalagi, harga Oppo A11k baru sekarang di bawah Rp 1,5 juta!

Tapi, sebelum beli, simak dulu uraian di bawah. Tim Droila sudah menyiapkan beberapa informasi yang wajib kamu ketahui. Mulai dari spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Oppo A11k. Tanpa panjang lebar, langsung cek aja, ya.

oppo a11k harga dan spesifikasi (Oppo)
oppo a11k harga dan spesifikasi (Oppo)

Spek Oppo A11k

Sebagai ponsel entry-level, Oppo A11k dibekali desain serta performa yang cukup memuaskan. Bisa dikamulkan untuk berbagai kebutuhan. Serta desain kece yang bisa meningkatkan penampilan pengguna.

Lebih lengkap, yuk simak dulu penjelasan mengenai komponen serta spesifikasi Oppo A11k di bawah ini.

Desain

Sebagai permulaan, tak ada yang istimewa dari desain Oppo A11K. Kamu akan mendapatkan body polos tanpa hiasan grafis, hanya dilapisi finishing glossy sehingga bikin ponsel mengkilat.. Bodinya yang berbentuk melengkung 3D dilengkapi dengan sensor sidik jari di bagian belakang dan juga menerapkan sistem pengenalan wajah.

Saat Kamu mengambil telepon, Kamu akan merasakan keuntungan dari bahasa desain ini. Bentuk melengkung di tepi ponsel ini diterapkan untuk meningkatkan kegunaan satu tangan Kamu. Keuntungan signifikan lainnya adalah, desain ini mencegah tampilan smartphone Kamu pecah ketika Kamu tidak sengaja menjatuhkannya dari tangan Kamu.

Performa Oppo A11k (Oppo)
Performa Oppo A11k (Oppo)

Layar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa teknologi punch-hole adalah cara paling nyaman untuk menempatkan kamera selfie tanpa mengorbankan sebagian besar tampilan Kamu. Tapi itu bukan proses yang hemat biaya.

Jika perhatian utama Kamu adalah efektivitas biaya, maka menerapkan kamera selfie Kamu dengan takik setetes air adalah pilihan terbaik kedua. Untuk pemotongan biaya, Oppo melakukan hal yang sama, dan itu dapat diterima mengingat kisaran harga.

Ponsel ini hadir dengan panel jenis IPS LCD layar sentuh kapasitif 6,22 inci yang memang mendapatkan perlindungan tiga kaca corning. Ini menyiapkan resolusi 720 x 1520 piksel dengan rasio aspek 19:9 dan kecerahan gabungan 450 nits. Fitur tambahan dari layar adalah menyaring dan mengurangi efek cahaya biru.

gambar oppo a11k (Android Blue)
gambar oppo a11k (Android Blue)

Performa

HP entry-level Oppo ini mengkamulkan UI antarmuka ColorOS 6.1, yang didasarkan pada OS Android 10. Di dalamnya, terdapat 12 nm Mediatek MT6765 Helio P35 yang dipasangkan dengan kartu grafis PowerVR GE8320.

Hasilnya, grafis yang ditawarkan cukup memuaskan. Selain itu, performa perangkat juga bisa dikamulkan untuk pemakaian ringan.

RAM 2GB disertai dengan opsi penyimpanan internal 32 GB dan memiliki slot Micro-SD yang dapat menambahkan penyimpanan eksternal hingga 256 GB.

Awalnya, penulis beranggapan kalo kombinasi dapur pacu tersebut bisa menawarkan pengalaman gaming yang lebih baik untuk ponsel murah. Tapi kenyataannya tidak. Harus diingat, ini adalah ponsel Android murah dengan spesifikasi yang serba terbatas.

hasil kamera oppo a11k (OPpo)
hasil kamera oppo a11k (OPpo)

Kamera

Pengaturan kamera gkamu disertakan di segmen belakang. Di mana kamera utama adalah penembak 13MP, dan satu lagi adalah sensor penginderaan kedalaman 2MP.

Sebagai penggemar teknologi, kamu tentu sudah memahami bahwa peran kamera sekunder hanyalah sebagai pengindera subjek serta mengaburkan objek lain. Artinya, sensor ini disertakan untuk memungkinkan Kamu mengambil gambar bokeh.

Di bagian depan, disertakan kamera selfie 5MP yang merupakan lensa bukaan f/2.4. Pengaturan ini cukup untuk mengambil foto wajah Kamu yang layak.

Harga HP Oppo A11k Baru

spek oppo a11k (Oppo)
spek oppo a11k (Oppo)

Saat pertama kali diluncurkan, perusahaan membanderol ponsel ini dengan harga yang terbilang tinggi. Saat itu, Oppo A11k dijual dengan harga Rp 1,8 juta.

Tapi ingat, itu akhir tahun lalu. Dan kini, mendekati akhir tahun 2021, harga HP Oppo A11k baru ternyata juga sudah turun. Sayang, penulis gagal menemukan harga Oppo A11k pada situs resmi Oppo Indonesia.

Meskipun begitu, harga yang lebih variatif dan murah berhasil penulis temukan pada toko online. Dan untuk pembaca yang tertarik memiliki, penulis sudah siapkan tombol yang akan mengarahkanmu ke halaman penjualan Oppo A11k. Langsung cek aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A11k

Spek lengkap Oppo A11k (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Oppo A11k (Dok.Istimewa Droila)

Saya tahu Oppo A11K adalah ponsel tahun 2020. Nah yang jadi pertanyaan, apakah ponsel ini masih recommended di tahun 2021? Jawabannya adalah “Ya” dan “Tidak”!

Jika Kamu membutuhkan kinerja kehidupan sehari-hari yang layak seperti multitasking, menonton konten media, mengunduh video dari Youtube untuk dinikmati, cadangan baterai yang layak, dll., maka Kamu masih dapat mempertimbangkan ponsel ini dalam daftar pembelian Kamu.

Dan jawabannya adalah “Tidak”, jika Kamu mengharapkan performa berat serta kamera berkualitas profesional. Kamu bisa mempertimbangkan HP flagship killer yang pernah penulis rangkum dalam artikel lainnya.

Nah, agar lebih lengkap, berikut ini uraian kelebihan dan kekurangan Oppo A11k yang wajib kamu ketahui.

kelebihan oppo a11k (Oppo)
kelebihan oppo a11k (Oppo)

Kelebihan

  • UI ColorOS 6.1 UI menawarkan sejumlah fitur futuristik
  • Pengisian daya 10 W terasa memuaskan untuk ukuran segmen entry-level
  • Perlindungan Corning Glass 3
  • Bobot ringan

Kekurangan

  • Performa kamera terasa kurang di kondisi bercahaya redup
  • Mesin mudah panas
  • Terlalu banyak bloatware yang terpasang
  • Minim fitur fotografi
  • Penyimpanan internal cuma 32GB

Review Oppo A11k: Pilihan Tepat Untuk Aktivitas Ringan Saja

Review Oppo A11k (YouTube)
Review Oppo A11k (YouTube)

Oppo A11k diluncurkan di pasar Indonesia pada akhir tahun 2020. Oppo telah meluncurkan smartphone anggaran yang terjangkau setelah jeda yang panjang dan telah meninggalkan ruang lingkup yang sangat rendah untuk kekecewaan.

Meski banyak yang menyalahkan Oppo karena meluncurkan ponsel mahal, menurut saya kualitas terbaik dari smartphone Oppo adalah value for money. Baik itu smartphone kelas menengah atau smartphone anggaran, orang tidak dapat mengeluh tentang tidak mendapatkan laba atas investasi yang tepat.

Salah satu alasan mengapa saya sangat menyukai Oppo A11k terbaru adalah faktor bentuk

yang ramping dan ringan dari ponsel ini. Ya, sekali lagi, Oppo sukses menyampaikan visi perusahaan lewat HP Android murah ini.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A11k. Semoga penjelasan mengenai HP Oppo murah di atas bisa membantumu dalam menentukan keputusan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like