Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16: HP Baru, Tapi Banyak Kemiripan dengan Pendahulunya

Spesifikasi Oppo A16 (Oppo Indonesia)
Spesifikasi Oppo A16 (Oppo Indonesia)

Di tengah kondisi yang sulit ini, Oppo menawarkan produk yang bisa jadi solusi. Murah, stylish, serta dibekali daya tahan yang terbilang panjang. Bisa kamu jadikan pilihan jika ingin ganti HP atau membelikan ponsel baru buat anak, bukan? Sebelum itu, simak dulu kelebihan dan kekurangan Oppo A16 berikut ini, ya.

Tanpa perayaan yang besar, pula iklan yang muncul di media sosial. Oppo Indonesia tiba-tiba saja memperkenalkan ponsel terbarunya. Diberi nama Oppo A16, ini adalah penerus Oppo A15 yang diluncurkan bulan Oktober tahun lalu.

Ponsel ini memiliki bezel serta body yang terbilang tipis. Di samping itu, layar depan juga masih dilapisi poni berbentuk poni serta modul berbentuk persegi panjang di bagian belakang yang membungkus tiga kamera.

Membaca gambaran sekilas dari susunan komponen perangkat ini, perusahaan terlihat ingin menawarkan produk entry-level yang benar-benar memuaskan. Dan hal itu pula yang disampaikan oleh PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

“Dengan baterai besar 5000 mAh, Oppo A16 tetap dapat tampila ramping dan stylish namun tetap memberikan rasa nyaman kepada pengguna untuk tidak khawatir akan kehabisan daya,” terang Aryo lewat rilis resmi, Jumat (9/7).

Lalu, bagaimana spesifikasi lengkap ponsel anyar Oppo ini? Serta bagaimana perbandingan Oppo A16 dengan produk lain di kelasnya?

Di bawah, tim Droila sudah siapkan ulasan lebih dalam mengenai perangkat ini. Mulai dari spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan oppo A16. Langsung cek aja, ya.

HP Oppo A16 (Oppo Indonesia)
HP Oppo A16 (Oppo Indonesia)

Spesifikasi Oppo A16

Aryo menyebut bahwa Oppo A16 merupakan produk yang mengkokmbinasikan gaya serta fungsional dari perangkat. Desain ponsel yang trendi membuat HP Oppo terbaru ini bisa dipadu padankan dengan selera berkapaikan anak muda.

Lebih lengkap, berikut ini uraian komponen dan fitur Oppo A16 yang wajib kamu ketahui sebelum membeli perangkat ini. Cekidot, ya.

Desain

Memiliki tebal 8,4 mm dan beban 190 gram, sebagian besar material yang digunakan yakni plastik. Hanya saja, untuk bagian punggung perangkat dilapisi material berlapis vakum yang diukir menggunakan laser. Sehingga, mampu menghasilkan kesan yang metalik dan berkilau.

Terdapat dua pilihan warna yang disiapkan perusahaan. Yakni Space Silver yang juga dilapisi anti glare matte sehingga bebas sidik jari. Sedangkan yang kedua yakni Crystal Black yang mampu menampilkan pancaran cahaya yang lebih berkilau.

Bagian belakang juga terlihat lebih lapang. Hanya dihias modul berbentuk persegi panjang. Tanpa panel sidik jari, karena sudah dipindahkan ke bagian samping –menyatu dengan tombol power.

Kelebihan dan kekurangan Oppo A16 (Oppo Indonesia)
Kelebihan dan kekurangan Oppo A16 (Oppo Indonesia)

Layar

Dibandingkan dengan pendahulunya, Oppo seperti luput menambahkan peningkatan di bagian ini. Layar IPS LCD dengan lebar 6,52 inci sama persi seperti yang ditanamkan perusahaan pada Oppo A15 (review).

Begitu pula dari sisi resolusi. Layar Oppo A16 mampu menghasilkan grafis berkualitas 720 x 1.600 piksel HD+ dengan refresh rate 60Hz. Sementara itu, untuk touch sampling rate,  juga mencetak angka 60Hz. Benar-benar tak jauh berbeda ketimbang pendahulunya!

Dan satu-satunya penambahan yang terdapat pada Oppo A16 yakni fitur AI Smart Backlighting. Melalui fitur ini, layar Oppo A16 mampu menyesuaikan kecerahan berdasarkan lingkungan. Bahkan, menurut penjelasan Aryo, mampu meredup hingga hanya 2 nits ketika berada di lingkungan gelap!

Desain Oppo A16 (Oppo Indonesia)
Desain Oppo A16 (Oppo Indonesia)

Kamera

Satu lagi bagian yang benar-benar mirip dengan pendahulunya. Ya, Oppo A15 dan Oppo A16 sama-sama dibekali tiga kamera. Dan tak hanya jumlahnya saja, kemampuan dari masing-masing lensa pun serupa!

Kamera belakang Oppo A16 tersimpan modul berbentuk persegi panjang. Masing-masing memiliki kemampuan 13MP lensa wide PDAF, 2MP lensa makro , serta 2MP sensor kedalaman.

Nggak percaya? Kamu bisa membaca review HP Oppo A15 yang pernah diulas tim Droila bulan November tahun lalu.

Peningkatan diberikan perusahaan pada bagian kamera selfie. Pada Oppo A16, perusahaan sudah menanamkan kamera berkemampuan 8MP lensa wide. Sama seperti pendahulunya, kamera ini juga didukung fitur fotografi HDR.

Dapur Pacu Oppo A16 (Oppo Indonesia)
Dapur Pacu Oppo A16 (Oppo Indonesia)

Dapur Pacu

Jika membicarakan peningkatan dan perbedaan, maka di bagian inilah kita akan menemukannya. Bahkan, perbedaan yang ditawarkan cukup kentara. Dari yang sebelumnya mengandalkan chipset entry-level, kini perusahaan sudah menanamkan jenis chipset gaming.

Ya, Oppo A16 dibekali dapur pacu dari MediaTek Helio G35. System on Chipset ini tersusun atas delapan inti pemrosesan dengan GPU PowerVR GE8320.

Sementara itu, di bagian penyimpanan, HP Oppo murah ini dibekali RAM 3GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 32GB. Jika merasa kapasitasnya kurang, kamu masih bisa menambahkan kartu SD. Cuma, perusahaan nggak memberikan keterangan lebih lengkap terkait spesifikasi yang kartu SD yang didukung perangkat ini.

Harga Oppo A16 Terbaru

Harga Oppo A16 (Oppo Indonesia)
Harga Oppo A16 (Oppo Indonesia)

Oppo Indonesia resmi merilis seri Oppo 16 pada hari Jumat (9/7) lalu. Tanpa pengumuman besar-besaran maupun dihadiri tokoh publik. Tiba-tiba saja perusahaan memasang produk terbarunya ini di situs resmi.

Mengutip keterangan dari situs resmi Oppo Indonesia, harga Oppo A16 kini dibanderol Rp 1,999 juta saja. Ya, mirip seperti harga Oppo A15 saat pertama kali diperkenalkan perusahaan.

Karena baru berumur beberapa pekan, tentu harganya relatif masih sama. Namun, untuk memperbanyak pilihanmu, penulis sudah siapkan daftar harga Oppo A16 dari beberapa toko online di Indonesia.

Pengin beli? Langsung aja cek harga Oppo A16 di bawah ini, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16

Tabel spesifikasi Oppo A16 (Dok.Istimewa/Droila)
Tabel spesifikasi Oppo A16 (Dok.Istimewa/Droila)

Sebenarnya, di atas penulis sudah menyinggung beberapa keunggulan dan kelemahan Oppo A16. Hanya saja, agar lebih lengkap, simak uraian berikut ini, ya.

Kekurangan

  • Tanpa dukungan teknologi pengisian daya cepat
  • Belum dilapisi Corning Gorilla Glass
  • Kapasitas RAM terbilang kecil ketimbang kompetitor di harga Rp 2 jutaan
  • Penyimpanan internal kecil

Kelebihan

  • Baterai berkapasitas 5.000 mAh
  • Android 11
  • ColorOS 11.1
  • Chipset gaming MediaTek Helio G35
  • Desain stylish dan disesuaikan untuk kebutuhan anak muda
Baterai Oppo A16 (Oppo Indonesia)
Baterai Oppo A16 (Oppo Indonesia)

Review Oppo A16: Harga Baru, Seri Baru, Minim Peningkatan

Menurut penulis, perusahaan seakan-akan tergesa-gesa dalam memperkenalkan penerus Oppo A15. Terlihat seperti terburu-buru jadwal yang mengharuskan perusahaan untuk memperkenalkan produk baru agar tidak tertinggal tren.

Mengapa demikian? Terlihat jelas dari minimnya peningkatan yang ditambahkan perusahaan pada produk terbarunya ini. Memang, kamu bisa mendapat dukungan chipset MediaTek Helio G35 serta kamera depan berkemampuan 8MP.

Tapi, perlu dicatat, hanya dua itu saja pembaruan Oppo A16 ketimbang pendahulunya. Selebihnya, tidak ada yang bisa penulis sebutkan.

Fitur keamanan isi ulang daya Oppo A16 (Oppo Indonesia)
Fitur keamanan isi ulang daya Oppo A16 (Oppo Indonesia)

Akan tetapi, beruntung perusahaan meluncurkan produk ini dengan harga cukup terjangkau. Cuma Rp 2 jutaan saja. Sehingga, membuat Oppo A16 tetap relevan dan kompetitif di persaingan ponsel entry-level yang makin sengit.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A16. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu  dalam mengambil keputusan sebelum membeli perangkat ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like