BerandaGadgetsHandphoneKelebihan dan Kekurangan Oppo A16e: Lebih Irit, Spek Lebih Rendah

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16e: Lebih Irit, Spek Lebih Rendah

Oppo A16e adalah HP entry-level terbaru dari perusahaan. Tanpa publisitas, ponsel ini tiba-tiba saja bisa kita temukan pada situs resmi Oppo Indonesia. Nah, untuk kamu yang tertarik beli, yuk simak gimana review, harga, spesifikasi, serta kelebihan dan kekurangan oppo A16e di bawah ini.

Oppo A16e adalah HP terbaru yang diluncurkan bulan Maret lalu. Sebagai versi iterasi dari A16, kamu akan menemukan banyak kemiripan antara keduanya.

Meskipun begitu, terdapat sejumlah peningkatan yang diberikan perusahaan. Contohnya seperti kapasitas RAM yang lebih besar, sertifikat IPX4 sebagai perlindungan layar, serta baterai yang lebih tahan lama.

Tertarik beli? Eits, jangan terburu-buru. Baiknya simak dulu gimana spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Oppo A16e yang sudah dirangkum Droila berikut ini. Langsung cek aja, ya.

Spesifikasi dan harga Oppo A16e
Spesifikasi dan harga Oppo A16e

Oppo A16e Spesifikasi

Desain lawas dengan performa yang terbilang lambat. Terutama untuk kamu yang memperhatikan perkembangan teknologi smartphone, Oppo A16e menawarkan teknologi yang cukup ketinggalan.

Lebih lengkap, yuk simak dulu gimana spesifikasi Oppo A16e di bawah ini.

Desain dan Layar

Sebagaimana umumnya HP entry-level, Oppo A16e dilapisi material dan kerangka dari material plastik. Sehingga, kamu membutuhkan case, baik hard maupun soft, supaya ponsel nggak mudah kotor oleh sidik jari.

Di bagian depan, terdapat notch berbentuk tetesan air yang menyimpan kamera selfie. Sedangkan kamera belakang terdapat modul berbentuk persegi panjang. Tempat bersemayam satu buah kamera utama. Ya, cuma satu!

Dari segi tampilan, kamu nggak akan menemukan sesuatu yang baru. Desain perangkat mirip seperti desain HP Realme seri C. Menurut penulis, inilah salah satu kekurangan Oppo A16e yang membuatnya kurang menggoda.

Desain Oppo A16e
Desain Oppo A16e

Performa dan Chipset

Jangan terkejut. Alih-alih mengandalkan chipset terbaru dan berkecepatan pemrosesan tinggi, perusahaan malah memilih salah satu seri lawas. Yakni chipset MediaTek Helio P22. Ya, satu pilihan yang menurut penulis cukup mengecewakan.

Memang, sebagai kompensasi, perusahaan menawarkan kapasitas RAM dan penyimpanan yang lebih besar. Yakni RAM 3GB dan 4GB dengan penyimpanan internal 32GB dan 64GB. Sehingga kamu bisa lebih leluasa memilih varian yang sesuai kebutuhan.

Meskipun begitu, chipset lawas memiliki batasannya sendiri. Perangkat akan mudah panas. Terutama jika kamu pakai untuk membuka aplikasi berat dalam jangka waktu yang lama. Seperti aplikasi edit video, atau game berukuran besar.

Jadi, harap sabar.

Kamera Oppo A16e
Kamera Oppo A16e

Kamera

Bisa dibilang, versi iterasi dari Oppo A16 ini malah mengalami downgrade. Artinya, spesifikasi sejumlah komponen pada Oppo A16e lebih rendah ketimbang Oppo A16.

Termasuk di bagian kamera. Alih-alih meneruskan konfigurasi tiga kamera utama, Oppo Cuma menanamkan satu kamera saja di bagian belakang. Kamera utama ini memiliki kemampuan 13MP. Ya, tanpa tambah sensor kedalaman atau kamera ultrawide.

Pula di bagian kamera depan. Resolusinya jauh lebih kecil ketimbang pendahulunya. Mengutip keterangan GSMArena, kamera selfie Oppo A16e Cuma memiliki kemampuan 5MP saja. Namun, beruntungnya, kamu bisa menghasilkan video berkualitas 1080p @30FPS. Sehingga, bikin konten untuk TikTok atau Instagram Reels pun nggak jadi soal.

Oppo A16e Harga

Harga Oppo A16e
Harga Oppo A16e

Sebagai perangkat iterasi dengan spesifikasi komponen yang lebih rendah, harga Oppo A16e pun tentunya lebih murah. Menilik situs resmi Oppo Indonesia, harga Oppo A16e dibanderol Rp 1,7 juta saja.

Nah, untuk kamu yang tertarik beli, tak perlu pindah ke lain tempat. Droila sudah siapkan tombol yang akan mengarahkanmu ke sejumlah toko online. Sehingga, kamu bisa mendapatkan harga Oppo A16e termurah.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16e

SpesifikasiOppo A16e
DesainFrame dan body belakang terbuat dari material plastic
Berat175 gram
Dimensi164 x 75.4 x 7.9 mm
Layar6.52 inci; IPS LCD; Corning Gorilla Glass 3; rasio body ke layar 83.0%
Resolusi720 x 1600 piksel
ChipsetMediaTek Helio P22
GPUPowerVR GE8320
RAM3GB/64GB
ROM32GB/64GB
OSAndroid 11; ColorOS 11.1
Kamera Belakang13 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.1″, 1.12µm, PDAF
FiturLED Flash HDR Panorama
Kamera Depan5 MP, f/2.4, 27mm (wide)
FiturHDR
BateraiLi-Po 4230 mAh, non-removable
WarnaBlack, Blue, White
HargaRp 1.699.000 (3GB/32GB)
Spek lengkap Oppo A16e (Dok.Istimewa/Droila

Sebagai HP entry-level, tentu Oppo A16e memiliki banyak keterbatasan. Apalagi jika kamu bandingkan dengan HP kelas menengah, ponsel ini terlihat ketinggalan teknologi!

Oleh karena itu, dalam mengenali kelebihan dan kekurangan Oppo A16e, penulis membandingkannya dengan teknologi yang terdapat pada ponsel di satu segmen. Ingin tahu lebih lengkap? Simak penjelasan di bawah.

Kekurangan

  • Harga terlalu mahal untuk HP entry-level
  • Mengandalkan chipset seri lawas
  • HP mudah panas
  • Cuma dibekali satu kamera belakang
  • Kapasitas baterai lebih kecil

Kelebihan

  • Sertifikat IPX4 anti percikan air dan debu
  • Dukungan Android 11
  • Layar lebar
  • Ringan
  • RAM besar
  • Penyimpanan internal berkapasitas lapang

Review Oppo A16e: HP Baru, Teknologi Lawas

Review Oppo A16e
Review Oppo A16e

Wajib kamu catat, segmen entry-level merupakan salah satu yang memiliki persaingan ketat. Tak hanya didominasi oleh brand mapan dan besar saja, kita juga bisa menemukan pilihan menarik dari brand baru.

Contohnya seperti Tecno dan Infinix. Dua produsen HP Android murah asal China ini memiliki sejumlah ponsel berspesifikasi tinggi dengan harga di bawah 2 juta. Artinya, kamu memiliki lebih banyak pilihan HP entry-level di pasaran!

Maka, menilik peta kompetisi tersebut, Oppo A16e hadir sebagai produk yang kurang mengggoda. Ponsel ini cuma mengatasi dahaga pengguna setia yang ingin ganti HP Oppo terbaru tapi terbatas dana. Namun, gagal untuk menjangkau pasar lebih luas.

Lalu, bagaimana pendapatmu mengenai perangkat ini? Yeay or Nay?

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A16e. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik