BerandaGadgets13 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16k: HP Entry Level yang Simpel

13 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16k: HP Entry Level yang Simpel

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16K – Oppo A16k menjadi salah satu HP entry level yang banyak dicari. Ponsel ini dirilis pada 8 November 2021. Ponsel dengan harga Rp2 jutaan ini memang simple dari segi desain dan fiturnya.

Berbekal keunggulannya itu, Oppo A16k masih menjadi salah satu HP yang banyak dicari saat ini. Akan tetapi, di tengah gempuran banyak HP keluaran 2022, apakah ponsel entry-level ini masih bersaing?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tim Droila sudah mengumpulkan berbagai informasi yang kamu butuhkan. Mulai dari spesifikasi, harga terbaru, review, serta kelebihan dan kekurangan Oppo A16k. Tanpa panjang lebar, langsung simak penjelasan di bawah aja, ya.

oppo a16k indonesia
oppo a16k indonesia

Spesifikasi Oppo A16k

Ponsel Android murah ini belum mendukung jaringan 5G. Namun, Oppo A16k memiliki spesifikasi yang komplet untuk ukuran entry-level. Terutama bagi pengguna baru Android. Lebih lengkapnya, yuk simak ulasan spesifikasi Oppo A16k.

Desain dan Layar

HP entry-level ini memiliki desain ramping sehingga nyaman di genggaman. Dimensinya 164 x 75,4 x 7,85 mm dan beratnya hanya 175 gram. Sangat ringan mengingat material belakangnya dari plastik polikarbonat.

Desain yang simple terlihat dari dua pilihan warna yang ditawarkan. Ada warna hitam dan putih. Tidak ada gradasi sehingga tampak sederhana.

Di sisi kanan ada tombol daya dan volume. HP ini mendukung penggunaan Dual SIM. Di sisi bawah terdapat jack audio 3,5mm, mikrofon, dan port micro-USB.

Di bagian depan, terbentang layar IPS LCD 6,52 inci. Penggunaan layar IPS memang lebih awet dibandingkan OLED. Apalagi tampilan resolusi HD (720 x 1600 piksel) membuat konsumsi baterai lebih irit.

Oppo A16k menggunakan refresh rate 60Hz. Termasuk touch sampling rate juga 60Hz. Memang bukan yang tertinggi, tetapi penggunaannya tetap lancar digunakan saat menjelajah ponsel.

Layar tersebut mampu menampilkan kecerahan hingga 480 nits. Bahkan, layar ini telah dilapisi Corning Gorilla Glass 3 sehingga aman dari goresan yang tak disengaja.

oppo a16k 6 64
oppo a16k 6 64

Performa dan Chipset

Sistem operasional yang digunakan Oppo A16k adalah Android 11. Sementara sistem operasional terbaru saat ini adalah Android 12. Selain itu, adanya ColorOS 11.1 turut memberikan tampilan dan fitur yang modern.

Oppo A16k menggunakan chipset MediaTek Helio G35 (12nm). Hal ini tentu saja lebih baik dibanding saudaranya, A16e. Selain lebih cepat, penggunaannya juga lebih hemat daya.

Performanya juga didukung CPU octa-core delapan inti dengan kecepatan hingga 2,3 GHz. Untuk urusan grafik, ponsel ini mengandalkan GPU PowerVR GE8320.

Kapasitas penyimpanan Oppo A16k cukup besar. Ia memiliki memori internal 64 GB. Kamu pun bisa menambahkan kartu micro-SD hingga 1TB. Kapasitas RAM 4 GB juga cukup bisa diandalkan untuk memasang banyak aplikasi.

HP Oppo murah ini memiliki kapasitas baterai 4320 mAh. Daya tahan baterai ponsel ini sangat awet seharian jika kamu tidak menggunakannya secara intens untuk main gim.  Sayangnya pengisian dayanya lambat. Daya yang disalurkan hanya 10W atau 5V 2A.

Menariknya, ponsel ini memiliki fitur Optimizing Night Charging. Pas banget buat yang punya kebiasaan ngecas HP menjelang tidur. Fitur ini akan membiarkan listrik mengalir hingga baterai terisi 80%.

Setelah itu pengisian daya akan berhenti sementara meski charger masih tertancap ke sumber listrik. Pengisian daya akan dilanjutkan lagi sesaat sebelum pengguna tidur. Dengan demikian, overchargered tidak akan terjadi sehingga usia baterai lebih panjang.

Soal kemanan, HP 2 jutaan ini memiliki sensor cahaya dan Kompas yang dapat diandalkan. Ada pula pemindai wajah atau face unlock. Sayangnya, Oppo A16k tidak memiliki fingerprint atau pemindai sidik jari.

oppo a16k indonesia
oppo a16k indonesia

Kamera

Oppo A16k menggunakan kamera belakang tunggal. Resolusinya 13MP (f/2.2) dan sudah didukung autofokus. Kamera belakang ini memiliki mode malam, expert, panorama, dan selang waktu.

Kualitas kamera belakang untuk merekam video tidak begitu special. Ia dapat menghasilkan video 1080p di 30 fps. Fitur video ini mendukung 5x zoom.

Kamera depan Oppo A16k beresolusi 5MP (f/2.4). Mode foto ada panorama dan selang waktu. Kualitas video pun mendukung resolusi 1080p di 30 fps.

Karena hanya single kamera, tentu saja dalam ponsel ini tidak tersedia kamera ultrawide. Wajar sih, sesuai dengan harga ponsel ini.

Harga Oppo A16k Terbaru 2022

oppo a16k hitam
oppo a16k hitam

Saat pertama rilis, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp2.199.000,00. Dan harga tersebut masih dijadikan sebagai harga resmi Oppo 16k yang diberikan Oppo Indonesia.

Akan tetapi, ketika penulis mencoba menelusuri beberapa e-commerce, harga Oppo A16k lebih bervariasi. Bahkan, penulis juga menemukan ada beberapa toko yang menjual Oppo A16k baru dan garansi resmi dengan harga Rp 1,995 juta aja.

Di dalam kotak pembeliannya nanti, kamu akan mendapatkan perangkat Oppo A16k. Selain itu, dilengkapi pula dengan kabel USB, pengisi daya, ejektor SIM, case pelindung, buku panduan, dan kartu garansi.

Tertarik beli? Kamu bisa langsung cek harga Oppo A16k terbaru lewat beberapa tombol di bawah ini. Sehingga, kamu bisa membandingkan dan mendapatkan harga terbaik yang menguntungkan.



Kelebihan dan Kekurangan Oppo A16k

SpesifikasiOppo A16k
DesainFrame dan body belakang terbuat dari material plastic
Berat175 gram
Dimensi164 x 75.4 x 7.9 mm
Layar6.52 inci
IPS LCD
Corning Gorilla Glass 3
Rasio body ke layar 83.0%
Resolusi720 x 1600
HD
ChipsetMediaTek Helio G35
GPUPowerVR GE8320
RAM4GB
ROM64GB
OSAndroid 11
ColorOS 11.1
Kamera Belakang13 MP, f/2.2, 26mm (wide), 1/3.1″, 1.12µm, PDAF
FiturLED flash
HDR
Panorama
Video [email protected]
Kamera Depan5 MP, f/2.4, 27mm (wide)
FiturHDR
Video [email protected]
BateraiLi-Po 4230 mAh, non-removable
WarnaBlack
Blue
White
HargaRp 2.199.000 (Toko Resmi)
Tabel spesifikasi terlengkap Oppo A16k (Dok.Istimewa/Droila)

Setelah mengetahui spesifikasi dan harganya, mari kita simpulkan kelebihan dan kekurangan Oppo A16k.

Kekurangan

  1. Port USB masih micro-USB
  2. Fitur kamera terbatas
  3. Tidak ada fingerprint
  4. Resolusi layar masih 720p
  5. Tanpa perlindungan Corning Gorilla Glass
  6. Tanpa dukungan sensor sidik jari
  7. Kapasitas baterai kecil

Kelebihan

  1. Desain simple
  2. Daya tahan baterai yang awet
  3. Bezel tipis dan layar lebar
  4. Hasil audio memuaskan
  5. Nggak ada masalah dipakai buat aktivitas ringan dan sehari-hari
  6. Dukungan slot kartu SD

Review Oppo A16k: Masih Relevan Saat Ini?

oppo a16k ram 4
oppo a16k ram 4

Oppo A16k memiliki fitur yang lebih baik diabndingkan Oppo A16e. Peningkatan itu patut diapresiasi. Terutama kapasitas RAM 4GB membuat ponsel ini mampu memasang banyak aplikasi. Bisa dibilang standard lah, bisa mencukupi kebutuhan komunikasi.

Perlu diingat, ini bukanlah ponsel gaming. Jadi, jangan harap kamu bisa main gim online dengan lancar dalam waktu lama. Ponsel ini lebih cocok digunakan sebagai HP pendamping. Digunakan khusus untuk berkomunikasi online, termasuk transaksi banking.

Jadi, kalau ditanya masih relevan tidak, jawabannya jelas. Berdasarkan ulasan kelebihan dan kekurangan Oppo A16k, ponsel ini masih relevan digunakan. Sesuai dengan kelasnya sebagai HP entry level.

Rate this post
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik