Kelebihan dan Kekurangan Oppo A54: Harga Rp2 Jutaan Cuma Dapet Helio P35?

kelebihan dan kekurangan Oppo A54 (Droidlime)
kelebihan dan kekurangan Oppo A54 (Droidlime)

Di tengah persaingan kelas menengah yang makin ketat, Oppo meluncurkan produk terbarunya. Diberi nama Oppo A54, model ini hadir dengan berbagai pembaruan dan keunggulan. Lantas, akankan HP entry-level Oppo ini sukses di tengah persaingan? Simak uraian kelebihan dan kekurangan OppO A54 di bawah jika kamu pengin tahu jawabannya.

Seperti berkejaran dengan waktu, dua bulan terakhir Oppo Indonesia memperkenalkan beberapa produk terbarunya. Setelah memperkenalkan seri Reno5 F (review) pada pertengahan Maret lalu, perusahaan langsung merilis seri Oppo A54 pada akhir bulan.

Memang, dari segi penamaan, Oppo A54 seakan-akan menjadi penerus dari seri sebelumnya, yakni Oppo A54. Dan seperti kita tahu, Oppo A53 (review) merupakan salah satu produk Oppo terlaris tahun 2020. Tentu, beban berat dan tanggung jawab besar dipanggul oleh A54.

Tapi ternyata, Oppo A54 bukanlah penerus langsung A53. Hal tersebut disampaikan langsung oleh PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto kala peluncuran produk yang digelar secara online, akhir Maret lalu.

“Oppo A54 secara positioning lebih menggantikan Oppo A31. Spesifikasinya hampir sama, namun memiliki sejumlah peningkatan yang signifikan dari pendahulunya,” terang Aryo seperti dilansir dari Kompas Tekno, Minggu (11/4/2021).

Lantas, apa sajakah peningkatan tersebut? Selain itu, bagaimana perbandingan spesifikasi Oppo A54 vs A53? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, tim Droila sudah menyiapkan informasi terlengkap mengenai perangkat ini.

Mulai dari harga, spesifikasi komponen, review, serta kelebihan dan kekurangan Oppo A54. Langsung cek aja, ya.

HP Oppo A54 (Oppo Indonesia)
HP Oppo A54 (Oppo Indonesia)

Spesifikasi Oppo A54

Saat event peluncuran Oppo A54 yang diselenggarakan secara online, Aryo menjelaskan bahwa jagoan anyarnya untuk kelas entry-level ini sudah dibekali beberapa pembaruan. Bahkan, Aryo tak segan untuk menyebutkan bahwa pembaruannya cukup signifikan.

Tapi, benarkah demikian?

Melihat desain perangkat, penulis tidak menemukan kebaruan dari perangkat ini. Masih sama seperti umumnya desain yang sedang nge-tren di kelas tersebut.

Bagian punggung serta frame yang terbuat dari material plastik. Ikon brand Oppo yang tersemat di bagian pinggir. Serta modul berbentuk persegi panjang yang membungkus tiga buah kamera.

Barangkali, perbedaan yang bisa kita temukan adalah gradasi warna putih ke biru tua. Meskipun jarang diperhatikan oleh sebagian besar konsumen, pembaruan desain yang sedikit mencontoh seri Oppo Reno ini bisa dibilang sebagai peningkatan tersendiri. Apalagi, sangat jarang Oppo memberi desain kece dan terkini untuk HP harga murahnya.

Kamera Oppo A54 (VOI)
Kamera Oppo A54 (VOI)

Di dalam modul, kita akan menemukan empat kamera belakang. Tak ada yang istimewa. Pun dengan kemampuan yang sama seperti pendahulunya –Oppo A31. Masing-masing kamera punya kemampuan 13MP lensa wide PDAF, 2MP sensor makro, serta 2MP sensor kedalaman.

Memang, jika dibandingkan dengan seri Oppo A31, kemampuan kamera sudah mendapatkan peningkatan. Uniknya, kemampuan yang sama bisa kamu temukan pada Oppo A53. Jadi, jika kita membicarakan perbedaan antara Oppo A54 dan A53, sebenarnya tak terlalu kentara.

Tapi, kita lupakan sejenak perbedaan tersebut. Kini, saatnya membalik perangkat dan melihat komponen layar. Perusahaan memilih panel IPS LCD berukuran 6,51 inci untuk lapisan depan. Lebih besar 0,01 inci ketimbang Oppo A31 yang punya layar selebar 6,5 inci.

Desain Oppo A54 (Droidlime)
Desain Oppo A54 (Droidlime)

Sama seperti pendahulunya, layar tersebut mampu menghasilkan grafis berkemampuan 720 x 1600 piksel. Sayangnya, kamu tidak akan mendapatkan fitur lain. Tanpa refresh rate besar. Pula pelindung layar Corning Gorilla Glass.

Masuk ke bagian jeroan, ponsel ini didukung chipset entry-level punya MediaTek. Tak lain adalah seri Helio P35. SoC dengan delapan inti ini masih didukung GPU PowerVR dengan RAM 4GB dan penyimpanan 128GB.

Barangkali, sisi penyimpanan lah satu-satunya hal yang membanggakan dari perangkat ini. Pasalnya, kapasitas memori berukuran besar tentu bakal lebih memudahkan pengguna. Selain itu, menjamin perangkat tidak akan lemot gegara kehabisan penyimpanan, bukan?

Harga Oppo A54 di Indonesia

Spesifikasi Oppo A54 (Ayo Semarang)
Spesifikasi Oppo A54 (Ayo Semarang)

Anda wajib membedakan antara seri Oppo A54 Indonesia dengan varian global. Pasalnya, Oppo juga merilis seri Oppo A54 5G untuk versi global. Sayangnya, varian tersebut cuma tersedia di beberapa negara saja.

Sedangkan di Indonesia, varian yang dijual adalah A54 dengan dukungan koneksi  4G. Dan berdasarkan penelusuran penulis pada situs resmi, Oppo A54 dibanderol dengan harga Rp2,699 juta.

Jika kamu tertarik memiliki perangkat ini, penulis sudah menyiapkan tautan yang akan mengarahkanmu ke toko online. Kamu pun bisa membandingkan secara langsung harga Oppo A54 yang tertera pada beberapa toko.

Kelebihan dan Kelemahan Oppo A54

Spek lengkap Oppo A54 (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Oppo A54 (Dok.Istimewa Droila)

Berdasarkan uraian di atas, kamu seharusnya sudah bisa mendapatkan beberapa informasi mengenai kelebihan dan kekurangan perangkat ini. Tapi, agar lebih lengkap, penulis sudah menyiapkan daftar lengkap kelebihan dan kekurangan Oppo A54. Langsung cek aja, ya.

Kekurangan

  • Chipset tidak upgrade dan cukup ketinggalan zaman
  • Resolusi layar biasa saja
  • Performa kamera bukanlah yang terbaik untuk harga Rp2 jutaan
  • Hasil perekaman video masih kurang dibandingkan kompetitor
  • Tanpa perlindungan Corning Gorilla Glass
kelebihan Oppo A54 (Oppo Indonesia)
kelebihan Oppo A54 (Oppo Indonesia)

Kelebihan

  • Desain anyar dan segar
  • Layar berukuran besar
  • Baterai berkapasitas besar
  • Performa UI Customization yang cukup memudahkan pengguna awam

Review Oppo A54: Harga Rp2,6 Juta untuk Helio P35?

Tampaknya, Oppo A54 punya kontrak eksklusif dengan MediaTek. Bagaimana tidak, tersedia banyak pilihan HP Oppo yang ditenagai chipset ini.

Contohnya seperti Oppo A15s (review), Oppo A15 (review), Oppo A12 (review), Oppo A31 (review), hingga yang paling lawas Oppo A5s. Memang, di antara seluruh pilihan tersebut, Oppo A54 juara dalam komponen kamera. Tapi, tetap tidak menutup fakta bahwa Helio P35 sudah dipakai berulangkali oleh perusahaan.

Mengapa ini penting disebutkan. Jika melihat strategi Realme maupun Redmi, kedua vendor tersebut juga punya banyak pilihan HP dari berbagai segmen. Tapi, bedanya, dua vendor tersebut cukup berhasil dalam hal diversifikasi perangkat.

Harga Oppo A54 (Droidlime)
Harga Oppo A54 (Droidlime)

Sehingga, meskipun selisih antara HP lama dan baru cuma beberapa ratus ribu saja, pengguna tetap mendapatkan produk yang benar-benar berbeda. Lalu bagaimana dengan Oppo? Tampaknya hal tersebut masih jadi harapan.

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A54. Semoga penjelasan ulasan HP di atas bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan sebelum membeli perangkat, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like