Kelebihan dan Kekurangan Oppo A74 4G: Kelas Menengah 4G di Saat Sudah Ada 5G?

Kelebihan dan kekurangan Oppo A74 (Unbox PH)
Kelebihan dan kekurangan Oppo A74 (Unbox PH)

Semester pertama tahun 2021 merupakan waktu yang produktif bagi Oppo. Sejumlah model HP Android terbaru diluncurkan perusahaan. Salah satunya adalah Oppo A74 4G. Tertarik untuk membeli ponsel ini? Simak terlebih dulu kelebihan dan kekurangan Oppo A74 4G di bawah ini.

Tahun 2021 bisa dinilai sebagai tahun peningkatan untuk ponsel menengah. Tak hanya di bagian chipset saja, sejumlah produsen pun mulai berani meningkatkan kualitas layar.

Kini, kita sudah menemukan beberapa model HP kelas menengah yang dibekali layar AMOLED. Padahal, seperti kita tahu, jenis panel layar ini sebelumnya Cuma tersedia untuk HP flagship saja.

Salah satu model HP kelas menengah yang dibekali layar tersebut adalah Oppo A74 4G. Diluncurkan tak selang lama dengan varian 5G, ponsel ini sudah dibekali dengan berbagai pembaruan teknologi.

Memang, sekilas, antara varian A74 4G dan A74 5G tidak ada perbedaan. Melihat bagian desain, keduanya benar-benar serupa!

Akan tetapi, perbedaan di antara keduanya akan mulai kita temukan ketika membongkar jeroan. Ingin tahu bagaimana perbedaannya?

Kali ini, tim Droila sudah mengumpulkan berbagai informasi yang perlu kamu tahu. Mulai dari spesifikasi, harga, review, kelebihan dan kekurangan Oppo A74 4G berikut ini.

Spesifikasi Oppo A74 (Oppo Indonesia)
Spesifikasi Oppo A74 (Oppo Indonesia)

Kualitas Spesifikasi Oppo A74

Oppo A74 4G merupakan perangkat yang terbilang menguntungkan. Dengan harga RP 3 jutaan, kamu akan mendapatkan ponsel dengan RAM besar, penyimpanan internal lapang, serta desain kekinian.

Lebih lengkap, berikut ini uraian spesifikasi Oppo A74 4G yang wajib kamu tahu.

Desain

Desain yang premium menjadi salah satu keunggulan ponsel Oppo sejak dulu. Dan konsep itu pula yang kembali dihadirkan perusahaan pada Oppo A74 4G.

Lapisan glossy yang membungkus warna Midnight Blue dan Prism Black membuat bagian punggung mampu memantulkan cahaya. Sehingga membuat efek berkilau pada perangkat ini.

Sayang, meskipun dijual dengan harga di atas 3 juta, perusahaan luput menambahkan lapisan perlindungan. Ya, kamu nggak bakal menemukan Corning Gorilla Glass pada layar.

Padahal, kini kita sudah bisa menemukan sejumlah model milik kompetitor yang dibekali teknologi lapisan kaca pelindung ini. Sehingga, menjadi satu kelemahan Oppo A74 4G ketimbang model lainnya.

Spesifikasi dan harga Oppo A74 (PressAble)
Spesifikasi dan harga Oppo A74 (PressAble)

Layar

Di sisi inilah Oppo A74 tampak menawan. Tapi, jika kita membandingkan Oppo A74 dengan model lain di segmen kelas menengah, ternyata tak terlalu menawan juga.

Soalnya, beberapa model juga sudah menggunakan layar dengan panel AMOLED. Seperti Realme 8 series atau Redmi Note 10 series.

Pada Oppo A74, layar AMOLED yang ditanamkan perusahaan memiliki lebar 6,43 inci. Layar ini mampu menghasilkan grafis berkemampuan 1080 x 2400 piksel.

Sementara itu, rasio antara body ke layar sebesar 84,4%. Sehingga, tampilan grafis tampak lebih lapang dan bikin nyaman saat ponsel dipakai buat streaming video atau film.

Desain Oppo A74 4G (Selular)
Desain Oppo A74 4G (Selular)

Dapur Pacu

Di Indonesia, HP harga 3 jutaan sedang mengalami lompatan teknologi. Kompetisi spesifikasi HP masih dipimpin oleh Realme dan Xiaomi -yang lebih berani dengan memilih komponen berspesifikasi tinggi untuk kelas ini.

Sayang, strategi serupa belum bisa diikuti oleh Oppo. Produsen ponsel asal China ini masih mengandalkan teknologi lawas. Dan pada Oppo A74, perusahaan mengandalkan chipset Snapdragon 662 sebagai dapur pacu.

Memang, dalam hal performa, chipset ini terbukti lebih mumpuni dan memiliki efisiensi tinggi. Tapi, jika menilik dari segi performa secara keseluruhan, Snapdragon 662 masih kalah jika dibanding chipset gaming yang dipakai Redmi maupun Realme.

Sementara itu, kapasitas RAM dan penyimpanan internal pun tak terlalu jauh berbeda dengan produk kompetitornya. Ponsel ini didukung RAM berkapasitas 6GB dengan penyimpanan internal 128GB.

Kamera Oppo A74 4G (Selular)
Kamera Oppo A74 4G (Selular)

Kamera

Inilah bagian di mana Oppo cenderung lebih unggul ketimbang kompetitor. Apalagi, fitur fotografi pada perangkat sudah diakui performa dan kelebihannya.

Dan berbagai fitur fotografi tersebut bisa kamu manfaatkan pada tiga buah kamera belakang dan satu buah kamera depan.

Kamera belakang Oppo A74 4G dibungkus modul berbentuk persegi panjang. Masing-masing berkemampuan 48MP lensa wide, 2MP lensa makro, dan 2MP sensor kedalaman.

Sementara itu, kamera depan memiliki kemampuan 16MP. Kamera ini dibungkus punch-hole dan diletakkan di pojok kanan atas layar.

Harga Oppo A74 4G

Harga Oppo A74 4G (Selular)
Harga Oppo A74 4G (Selular)

Sudah hampir tiga bulan berlalu sejak Oppo A74 diluncurkan. Dan lewat sejumlah toko online, penulis sudah menemukan harga Oppo A74 4G yang lebih beragam.

Namun, harga HP Oppo terbaru ini di toko resmi masih terbilang tinggi. Mengutip situs resmi Oppo Indonesia, harga Oppo A74 terbaru dibanderol Rp 3,399 juta.

Akan tetapi, ada banyak keuntungan yang bakal kamu dapatkan jika membeli dari toko resmi. Seperti kesempatan untuk tukar tambah, layanan purna jual resmi, serta pengiriman gratis.

Nah, sebagai perbandingan, penulis menyertakan tautan yang akan mengarahkanmu ke beberapa toko online. Jika tertarik memiliki, langsung cek harga Oppo A74 lewat tombol di bawah ini:

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A74

Spek lengkap Oppo A74 4G (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Oppo A74 4G (Dok.Istimewa Droila)

Di bawah ini, penulis sudah merangkumkan beberapa kekurangan dan kelebihan Oppo A74. Tanpa panjang lebar, langsung cek aja daftarnya, ya.

Kekurangan

  • Harga yang terlalu mahal
  • Hanya selisih Rp 500 ribu dengan varian A74 5G
  • Tanpa perlindungan Corning Gorilla Glass
  • Jumlah aplikasi bloatware terlalu banyak dan mengganggu

Kelebihan

  • Daya tahan baterai panjang
  • Desain elegan dan efek warna yang membuatnya lebih menawan
  • Android 11
  • Fitur fotografi yang tak perlu diragukan lagi
  • Layar AMOLED

Review Oppo A74: Rugi Gak Ya Kalo Beli Ponsel Ini?

Keunggulan Oppo A74 (Oppo Indonesia)
Keunggulan Oppo A74 (Oppo Indonesia)

Di tengah perkembangan teknologi, kehadiran Oppo A74 sebenarnya patut dipertanyakan. Apalagi saat perusahaan juga meluncurkan varian yang sudah mendukung teknologi koneksi 5G.

Ya, kini teknologi 5G mulai didistribusikan secara luas. Dan meskipun infrastrukturnya di Indonesia belum memadai, tapi bisa diperkirakan bahwa penerapannya yang lebih luas bakal tak lama lagi.

Kondisi tersebut membuat sejumlah vendor mulai meluncurkan HP 5G murah. Membuat teknologi yang sebelumnya Cuma tersedia di ponsel flagship ini jadi lebih terjangkau dan bisa dimiliki masyarakat luas.

Maka, di tengah kondisi tersebut, wajar bukan jika penulis mempertanyakan kehadiran Oppo A74? Apalagi jika kamu termasuk konsumen yang lebih memilih waktu pemakaian panjang. Tentu ponsel ini tak akan masuk ke dalam kriteria.

Tapi, itu adalah pendapat penulis semata. Untuk pilihan akhir, tentu saja ada di tangan pembaca.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A74 4G. Semoga uraian mengenai HP Oppo terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan sebelum beli ponsel ini.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like