Kelebihan dan Kekurangan Oppo A9 2020: HP RAM Besar Tapi Harga Murah Nih

Display A9 2020 (Tech Radar)
Display A9 2020 (Tech Radar)

Layar berukuran besar, baterai awet dan spesifikasi solid menjadi fitur-fitur unggulan yang ditawarkan perusahaan untuk produk terbarunya, yakni Oppo A9 2020. Dan kalo kamu sedang mempertimbangkan beli HP terbaru ini, berikut adalah uraian kelebihan dan kekurangan Oppo A9 2020 yang wajib diketahui.

Menjelang akhir tahun lalu, manufaktur Oppo kembali bikin kejutan untuk para pengemar. Usai sukses merilis HP kelas atas seri Reno, tak butuh waktu lama bagi perusahaan untuk kembali meluncurkan seri kelas menengahnya.

Peluncuran produk Oppo A9 2020 pada bulan September lalu menjadi penanda dari momen naik tingkatnya seri A. Ya, dari yang sebelumnya diperuntukkan bagi produk kelas bawah, perusahaan memutuskan untuk menaikkan kelasnya jadi lebih tinggi.

HP Oppo A9 2020 9 (Tech Radar)
HP Oppo A9 2020 9 (Tech Radar)

Peningkatan kelas tentu saja dibarengi dengan peningkatan kualitas. Beruntungnya, spesifikasi mumpuni dari HP kelas menengah Oppo ini dijual di pasaran dengan harga terjangkau! Bisa jadi pilihan tepat bagi kamu yang menyiapkan budget terbatas.

Lalu, apa saja yang menjadi kelebihan dari HP kelas menengah Oppo ini? Nah, agar kamu mendapat gambaran yang lebih tepat, tim Droila bakal menguraikan Oppo A9 harga dan spesifikasi lengkap dengan review kelebihan dan kekurangannya. Langsung scrolling lagi aja, ya.

Oppo A9 2020 Harga dan Spesifikasi Lengkap

Melalui produk terbarunya ini, terlihat keinginan perusahaan untuk mendefinisikan ulang seri A. Sebelumnya, seri ini dijadikan perusahaan untuk produk-produk low-end. Dan hampir satu dekade perusahaan asal China tersebut menerapkan strategi ini.

Kini, setelah hampir sepuluh tahun sejak Oppo meluncurkan seri perdanaanya Oppo A100, seri A mulai naik tingkat. Lalu, seperti apa peningkatan yang diberikan perusahaan? Berikut ini uraian harga spesifikasi Oppo A9 2020.

Desain dan display

HP A9 2020 (Tech Radar)
HP A9 2020 (Tech Radar)

Dalam hal desain, perusahaan sukses menyajikan produk dengan tampilan yang lebih mewah. Bagian belakang dirancang bentuknya seperti kaca lengkung. Di samping itu, pilihan material pun bisa bikin cahaya berkilau dari bagian ini.

Ukurannya pun terbilang besar. Bahkan, paling besar dibandingkan produk kelas A lainnya. Hasilnya, layar pun juga ikut diperbesar. Layar tipe IPS LCD berukuran 6,5 inci mampu menampilkan gambar beresolusi HD. Masih ada perlindungan Corning Gorilla Glass 3 juga, lho.

Dan berkat sistem operasi Android terbaru, panel layar pun bisa terlihat lebih canggih karena mampu memperlihatkan semua struktur piksel lebih jelas. Coba deh kamu pakai untuk memperbesar huruf pada web browser, sampai ukuran yang paling kecil pun bisa terlihat terang!

Dapur Pacu

Desain Oppo 2020 (Tech Radar)
Desain Oppo 2020 (Tech Radar)

Di bagian dapur pacu, Oppo A9 2020 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 665. Ini adalah jenis chipset octa-core dengan CPU berbasis inti Kryo 260. FYI, ini adalah jenis chipset yang juga dipakai Moto G8 Plus, lho. Selain itu, dari segi performa, chipset ini juga sekelas dengan HiKirin 710 yang menjadi sumber tenaga dari HP Honor 20 Lite.

Dukungan GPU Adreno 610 dipastikan bikin sisi pengolahan grafis lebih maksimal. Apalagi, masih ada dukungan RAM 8GB dengan ROM 128GB, kamu pun bisa lebih bebas menggunakan HP Oppo A9 2020 untuk beragam jenis kegiatan, bukan?

Dari segi perangkat lunak, HP Oppo terbaru ini menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie. Sampai saat ini memang belum ada pembaruan perangkat jadi Android 11. Tapi, tunggu aja ya. Nggak lama lagi, kok. Selain itu, di bagian tampilan antarmuka, ada balutan ColorOS 6.1 dari Oppo.

Kamera Oppo A9 2020

Kamera Oppo A9 2020 (Tech Radar)
Kamera Oppo A9 2020 (Tech Radar)

Konfigurasi empat kamera di bagian belakang. Performa mengagumkan untuk harganya yang terjangkau. Bahkan, banyak reviewer yang mengakui jika performa kamera di kondisi cahaya redup pun masih menawan, kok.

Itulah beberapa poin penting yang wajib dicatat dari HP Oppo terbaru ini. Keempat kamera belakang Oppo A9 terdiri dari 48MP lensa utama, 8MP lensa ultra-wide, 2MP sensor kedalaman, dan 2MP untuk fotografi hitam putih.

Meskipun sensor kedalamannya terbilang rendah, untuk foto bokeh hasilnya tetap mengagumkan, kok. Bahkan, ketepatan potongannya pun di atas rata-rata. Hanya saja, ada kelemahan dari sensor 2MP ini.

Kamu hanya bisa menggunakannya jika sensor lain dimatikan. Sedangkan berdasar uji coba tim Tech Radar, tak ada perbedaan yang kentara antara gambar dengan sensor yang ditutp dengan yang tidak.

Harga Oppo A9 2020

Kelebihan dan kekurangan A9 2020 (Tech Radar)
Kelebihan dan kekurangan A9 2020 (Tech Radar)

Saat pertama kali diluncurkan, HP Oppo A9 2020 dijual dengan banderol harga Rp3,999 juta. Dengan harga itu, kamu bakal mendapatkan HP dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Pilihan yang cukup menarik, bukan?

Kini, hampir delapan bulan kemudian, tentu saja perusahaan sudah menurunkan harganya. Dilansir dari Kumparan, perusahaan memutuskan menurunkan harga Oppo A9 2020 di tengah pandemi virus COVID-19.

Menurut sumber yang sama, kamu bisa membeli produk ini dengan harga Rp3,8 juta saja. Sedangkan berdasarkan harga yang tertera di toko resmi Oppo di Blibli, harganya sedikit berbeda. Tercatat, harga HP Oppo A9 2020 terbaru bulan April ini menjadi Rp3,799 juta.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A9 2020

Tabel spesifikasi Oppo A9 2020 (Dok.Istimewa)
Tabel spesifikasi Oppo A9 2020 (Dok.Istimewa)

Setelah mengetahui bagaimana Oppo A9 2020 spesifikasi dan harga terbaru, kini baiknya informasi yang kalian cari dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan produk ini. Dengan begitu, bisa meminimalisir rasa kecewa jika nanti sudah beli, bukan?

Kelebihan Oppo A9 2020

Tampilan samping (Tech Radar)
Tampilan samping (Tech Radar)

Ada banyak hal yang bisa kita uraikan jika membicarakan kelebihan produk ini. Seperti sudah disinggung di atas, kamu bisa mendapatkan produk yang sudah mengalami peningkatan dari berbagai sisi. Mulai dari spesifikasi mesin, sampai teknologi yang serba canggih.

Ya, untuk banderol harga Rp3,799 juta, terbilang cukup menguntungkan dan menggiurkan. Apalagi, tawaran layar yang lebih lebar dengan dukungan baterai berkapasitas 5.000 mAh, tentu bisa bikin berbagai aktivitas bisa berjalan lancar tanpa gangguan, bukan?

Kekurangan Oppo A9 2020

Tampilan belakang Oppo A9 2020 (Tech Radar)
Tampilan belakang Oppo A9 2020 (Tech Radar)

Sebagai produk yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan generasi milenial, bisa dibilang jika Oppo A9 2020 adalah pilihan paling tepat. Hanya saja, ada beberapa kelemahan yang tentunya wajib kamu ketahui.

Pertama yakni dari segmen layar. Tawaran layar yang belum Full HD dengan panel IPS LCD tentu saja bisa jadi poin minus tersendiri. Apalagi kalo kamu pakai HP ini untuk aktivitas multimedia, bisa sangat mengganggu!

Unboxing Oppo A9 2020 (Daily Social)
Unboxing Oppo A9 2020 (Daily Social)

Selain itu, untuk HP 3 jutaan tanpa dukungan fitur fast charging tentu bisa jadi kendala tersendiri. Bisa menghambat produksi atau kegiatan sehari-hari. Apalagi, kini sudah tersedia beberapa pilihan HP di rentang harga ini yang menawarkan fitur-fitur tersebut. Redmi Note 8 Pro, contohnya.

Usai membaca uraian kelebihan dan kekurangan Oppo A9 2020 di atas, bagaimana pendapatmu mengenai produk ini. Jika kamu sudah pernah atau sedang menggunakannya, coba deh bagikan pengalaman kalian di kolom komentar media sosial Droila.

Jangan lewatkan beragam referensi handphone terbaik setiap harinya dari website Droila. Kamu juga bisa membaca beragam informasi teknologi, aplikasi, games, dan tutorial yang bisa jadi solusi dari setiap kendala yang dihadapi.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like