15 Kelebihan dan Kekurangan Oppo A96: Harga Sedikit Kemahalan

kelebihan dan kekurangan oppo a96
kelebihan dan kekurangan oppo a96

Tahun ini, Oppo merilis sejumlah ponsel untuk mengisi series A. Dan yang terbaru adalah Oppo A96. Akankah HP Oppo terbaru ini sukses mencuri perhatian pengguna? Simak penjelasan lengkap mengenai spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Oppo A96 di bawah ini, ya.

Oppo A96 dirilis secara global oleh perusahaan pada bulan Maret 2022 lalu. Namun, HP kelas menengah anyar ini baru diboyong ke Indonesia pada bulan April. Selang satu bulan kemudian.

Ponsel anyar ini hadir dengan spesifikasi yang lebih lega. Baik dari sektor spesifikasi, performa, hingga desain. Dan kita pun bisa melihat upaya perusahaan dalam meningkatkan kualitas perangkat. Salah satunya adalah tambahan fitur NFC yang mulai penting bagi pengguna HP di Indonesia.

Tak hanya itu, beberapa peningkatan yang sudah ditambahkan perusahaan juga bisa kita rasakan secara langsung. Tapi, penulis menemukan masih ada beberapa aspek yang bisa ditingkatkan.

Lantas, bagaimana performa HP Oppo terbaru ini di segmen kelas menengah? Untuk mengetahuinya, simak ulasan terlengkap Oppo A96 di bawah ini, ya. Tim Droila sudah mengumpulkan uraian seputar spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Oppo A96 untukmu.

oppo a96 harga dan spesifikasi
oppo a96 harga dan spesifikasi

Spesifikasi Oppo A96

Salah satu keunggulan Oppo A96 adalah desain glowing yang sudah ditambahkan perusahaan. Bikin ponsel makin mudah mencuri perhatian dan nggak terlihat murah.

Di samping itu, perusahaan juga sudah menambahkan sejumlah peningkatan dari ponsel penerus Oppo A95 ini. Lebih lengkap, simak uraian spek Oppo A96 berikut ini.

Desain dan Layar

Begitu memandang perangkat, kamu bakal langsung menemukan kemiripan antara Oppo A96 dengan Oppo A76. Bahkan termasuk di bagian dimensi perangkat!

Memang hal ini bukanlah perkara besar. Pun, banyak produsen ponsel lain juga melakukan hal serupa.  Terlebih, desain dari kedua perangkat pun juga terbilang stylish dan nggak membosankan.

Perusahaan juga menambahkan lapisan bintik-bintik silver yang samar di atas warna matte. Sehingga, membuat genggaman lebih mantab dan nggak licin.

Smentara itu, layar Oppo A96 mengandalkan panel IPS LCD. Sebagai catatan, bagian ini bisa disebut sebagai penurunan. Pasalnya, Oppo mengandalkan layar AMOLED pada seri pendahulunya.

Tapi tenang. Kualitas grafis dan resolusi sudah ditingkatkan oleh perusahaan. Hasilnya, HP Oppo A96 mampu menghasilkan grafis beresolusi full HD+ dengan refresh rate 90Hz atau 60Hz.

Cukup menguntungkan, bukan?

oppo a96 harga
oppo a96 harga

Performa dan Chipset

Sayang, Oppo luput meningkatkan bagian performa. Hasilnya, Oppo A96 masih mengandalkan chipset yang sama dengan Oppo A76 -yakni seri Qualcomm Snapdragon 680.

System on Chipset ini dibangun dengan CPU berisi delapan inti pemrosesan. Menggunakan fabrikasi 6nm, performa perangkat pun jadi lebih efisienn dan nggak boros daya baterai. Apalagi, masih ada dukungan GPU Adreno 610 yang membuat kemampuan gaming bisa diandalkan.

Berbekal spesifikasi chipset tersebut, Oppo A96 masih bisa diandalkan untuk memainkan game berat. Tapi, wajib dicatat, pengaturan grafisnya nggak boleh terlalu tinggi. Soalnya bisa bikin HP lemot dan mudah panas!

Di bagian penyimpanan, HP kelas menengah terbaru ini dibekali RAM 8GB dengan penyimpanan internal 256GB. Kalo kamu merasa kapasitas RAM masih kurang, kamu bisa mengaktifkan fitur virtual RAM yang akan menambahkan kapasitas untuk pemrosesan.

Terdapat beberapa pengaturan virtual RAM yang sudah disediakan perusahaan. Bahkan, menurut catatan perusahaan, kamu bisa menambahkan virtual RAM 5GB. Sehingga membuat kapasitas RAM menjadi 13GB. Cukup lapang, bukan?

Kamera Oppo A96
Kamera Oppo A96

Kamera

Sejak pertama kali diluncurkan, Oppo seri A selalu dibekali fitur fotografi mumpuni. Dan visi yang sama masih ditanamkan perusahaan pada HP dengan harga 4 juta ini.

Total, terdapat 3 buah kamera yang ditanamkan perusahaan pada Oppo A96. Tiga buah terletak di bagian belakang dan satu buah kamera selfie.

Kamera belakang oppo A96 dibungkus modul berbentuk persegi panjang. Desain modul dirancang kekinian -dengan lensa berukuran besar. Kemampuan kamera belakang terdiri atas 50MP lensa utama wide dengan fitur PDAF. Serta 2MP sensor kedalaman.

Sementara itu, kamera selfie dibungkus punch-hole yang terletak di pojok layar. Kamera depan Oppo A96 ini memiliki kemampuan 16MP dan menggunakan lensa wide. Melalui bagian ini, kamu bisa menghasilkan rekaman video berkualitas [email protected]

Harga Oppo A96

Unboxing oppo a96
Unboxing oppo a96

HP Oppo terbaru ini resmi dijual di Indonesia pada bulan April lalu. Sehingga, jika kamu ingin membelinya hari ini, harganya pun tidak terlalu jauh berbeda sejak pertama kali diluncurkan.

Mengutip situs resmi Oppo Indonesia, harga Oppo A96 dibanderol Rp 4,299 juta. Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan garansi resmi selama 1 tahun, adaptor, kabel USB mikro, buku panduan, serta soft case dan kaca pelindung.

Tertarik beli? Beruntungnya, penulis menemukan harga Oppo A96 yang lebih variatif di toko online. Dan kalo kamu pengin memiliki HP kelas menengah terbaru ini, bisa langsung cek harganya lewat salah satu tombol di bawah.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A96

SpesifikasiOppo A96
DesainFrame dan body belakang terbuat dari material plastic
Berat191 gram
Dimensi164.4 x 75.7 x 8.4 mm
Layar6.59 inci
IPS LCD
Rasio body ke layar 84.0%
IP5X anti debu
IPX4 anti air
Resolusi1080 x 2412 piksel
Full HD+
Refresh rate 90Hz
ChipsetQualcomm Snapdragon 680
GPUAdreno 610
RAM8GB
ROM256GB
OSAndroid 11
ColorOS 11.1
Kamera Belakang50 MP, f/1.8, 27mm (wide), PDAF
2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash HDR
Panorama
Kamera Depan16 MP, f/2.0, 26mm (wide)
FiturVideo [email protected]
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable
Fast charging 33W, 50% in 26 min (advertised)
Reverse charging
USB Power Delivery
WarnaStarry Black
Sunset Blue
HargaRp 4.299.000
Tabel spesifikasi lengkap Oppo A96 (Dok.Istimewa/Droila)

Dibanderol dengan harga 4 jutaan, Oppo A96 hadir sebagai produk yang cukup menggoda. Apalagi, HP Android terbaru ini juga dibekali desain kekinian dan mudah mencuri perhatian.

Meskipun begitu, bukan berarti Oppo A96 hadir tanpa kelemahan. Dan berdasarkan uji coba tim Droila, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan Oppo A96 yang wajib kamu ketahui.

Kekurangan

  1. Downgrade panel layar, menggunakan IPS LCD
  2. Pilihan Snapdragon 600 series bikin HP ini terasa kemahalan
  3. Belum dilengkapi kamera ultrawide
  4. UI Custom diisi bloatware terlalu banyak
  5. Masih menjalankan Android 11
  6. Perlindungan kaca menggunakan Panda Glass
  7. Belum bisa menghasilkan rekaman video berkualitas 4K
  8. Belum mendukung koneksi 5G
  9. Harga kemahalan

Kelebihan

  1. Refresh rate 90Hz
  2. Desain trendi dan kekinian
  3. Dukungan dual-speaker
  4. Dukungan Virtual RAM yang bikin penyimpanan lebih lapang
  5. Slot kartu SD
  6. Sudah didukung fitur NFC

Review Oppo A96: Haruskah Kamu Beli?

spek Oppo A96 dan harga
spek Oppo A96 dan harga

Kini, sudah ada lebih banyak pilihan HP harga 4 jutaan. Dan menurut penulis, kehadiran Oppo A96 kurang menggoda di segmen HP kelas menengah ini.

Untuk harga di bawah Rp 5 juta, Xiaomi, Vivo, dan Realme memiliki produk yang lebih menggoda. Didukung chipset kelas menengah gaming. Bahkan ada beberapa seri yang sudah mendukung koneksi G -contohnya Vivo T1 Pro 5G.

Akan tetapi, untuk pengguna setia, Oppo A96 bisa jadi jawaban atas penantianmu yang panjang. Dijual dengan harga yang cukup terjangkau, Oppo A96 juga menjanjikan fleksibilitas serta ketangguhan.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo A96. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like