Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X3 Pro: Saingan Berat Galaxy S21 Ultra 5G, Nih!

harga-oppo-find-x3-pro
Harga Oppo Find X3 Pro (Tom’s Guide)

Kelebihan dan kekurangan Oppo Find X3 Pro bakal penulis ulas lebih dalam. Sehingga, untuk pembaca yang tertarik memiliki, bisa benar-benar yakin dengan performa dan layanan HP flagship terbaru ini.

Sejak Oppo Global pertama kali memperkenalkan seri Find X, model ini terbilang cepat mendapat perhatian pengguna smartphone. Terutama untuk kamu yang doyan fotografi smartphone.

Bagaimana tidak, pada setiap seri Oppo Find X, perusahaan selalu menambahkan pembaruan. Dan lagi, bukan jenis pembaruan yang cuma sedikit peningkatan dari teknologi sebelumnya aja. Melainkan, pembaruan yang benar-benar menawarkan pengalaman baru pada penggemar.

Hal itulah yang akan kamu dapatkan dari Oppo Find X3 Pro. Memang, Oppo baru meluncurkan ponsel ini untuk versi global saja. Sedangkan versi Indonesia baru saja loloas uji TKDN. Dan masih butuh beberapa hari sebelum Oppo Indonesia benar-benar memperkenalkan produk ini.

Poster HP Oppo Find X3 Pro (Oppo Indonesia)
Poster HP Oppo Find X3 Pro (Oppo Indonesia)

Namun, bukan berarti kita tidak bisa mengintip HP Oppo terbaru ini, ya. Pasalnya, kita bisa mudah mendapatkan berbagai informasi terkait Oppo Find X3 Pro lewat mesin pencari. Dan di luar Indonesia, Oppo Find X3 Pro sukses bikin gempar penggemar.

Bagaimana tidak, perusahaan asal Tiongkok ini sudah menanamkan berbagai teknologi anyar yang mampu membuat Find X3 Pro bersanding dengan Galaxy S21 Ultra 5G.

Tertarik memiliki perangkat ini? Eits, sebelum memutuskan untuk beli, simak dulu uraian mengenai Oppo Find X3 Pro di bawah ini. Tim Droila sudah merangkumkan dari berbagai sumber terkait informasi yang wajib kamu ketahui. Mulai dari spesifikasi, perkiraan harga, serta kelebihan dan kekurangan Oppo Find X3 Pro.

Penasaran? Langsung cek aja, ya.

Spesifikasi Oppo Find X3 Pro

spesifikasi-dan-harga-find-x3-pro
Spesifikasi dan harga Find X3 Pro (Tom’s Guide)

Body menutup seluruh permukaan. Kamu tak akan menemukan sisi-sisi yang menandakan casing bisa dilepas. Menurut keterangan resmi, Oppo menyebutnya sebagai desain unibody. Terdapat dua pilihan warna yang bisa kamu bawa pulang. Yakni Gloss Black dan Gloss Blue.

Dari namanya, sudah mengisyaratkan kalo perangkat mudah berkilau. Dan benar saja. Kilau tersebut merupakan hasil lapisan kaca yang membungkus seluruh body belakang. Tak ayal, meningkatkan citra estetik dan elegan dari perangkat kelas ultra premium ini, bukan?

Di bagian belakang, modul dan body menyatu.Kamu tak akan menemukan modul yang ditempelkan –seperti desain ponsel terkini lainnya. Namun, bukan berarti ponsel ini hadir tanpa dukungan kamera belakang.

Seperti sudah dijelaskan, modul tetap ada, hanya saja terbungkus oleh material body. Sehingga membuat kamera Oppo Find X3 Pro begitu mencolok. Berbeda. Di samping itu, perusahaan juga sudah menambahkan sertifikat keamanan anti air dan debu IP68.

kamera-find-x3-pro
Kamera Find X3 Pro (Tom’s Guide)

Di dalam modul tersebut, terdapat setup empat kamera. Yang mengagumkan tentu saja ketika kita mengetahui kualitas dan kemampuan masing-masing kamera. Benar-benar komplit dan dijamin memanjakan kamu yang hobi fotografi!

Keempat kamera Find X3 Pro terdiri dari  50MP lensa wide yang didukung fitur PDAF omnidirectional dan OIS, 13MP lensa telephoto dengan 2x optical zoom dan PDAF, 50MP lensa ultra lebar dengan PDAF omnidirectional, serta 3MP sensor makro.

Sementara itu, kamera depan menggunakan lensa wide 32MP yang mendukung mode panorama. Ya, mirip mode yang jadi keunggulan Galaxy S21 Ultra 5G!

Membalik perangkat, Find X3 Pro dilapisi layar dari panel LTPO Amoled. Layar dengan lebar 6,7 inci mampu menghasilkan grafis berkualitas 1440 x 3216 piksel dengan refresh rate 120Hz dan HDR10+. Alhasil, aktivitas gaming, streaming, maupun vlogging dijamin lebih lancar dengan gambar berkualitas gahar!

spesifikasi-oppo-find-x3-pro
Spesifikasi Oppo Find X3 Pro (Tom’s Guide)

Bagian jeroan juga didukung chipset terkini dan canggih. Tak lain adalah chipset Qualcomm Snapdragon 888. Chipset ini didukung CPU dengan delapan inti serta GPU Adreno 660. Sementara itu, untuk versi global, perusahaan meluncurkan 2 varian RAM –yakni 8GB dan 12GB dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 256GB.

Di bagian daya tahan, Find X3 Pro didukung baterai berkapasitas 4.500 mAh. Memang, jumlah yang cukup kecil dibandingkan produk kompetitor.

Tapi, perusahan sudah menambahkan dukungan teknologi pengisian daya cepat 65W. Menurut klaim perusahaan, teknologi ini bisa mengisi daya baterai dari 0%-40% cuma dalam waktu 10 menit saja! Tak hanya itu, masih ada dukungan fitur pengisian daya kencang nirkabel, yang bisa mengisi baterai hingga 100% dalam waktu 80 menit. Ngebut!

Harga Oppo Find X3 Pro

kelebihan-dan-kekurangan-oppo-find-x3-pro
Kelebihan dan kekurangan Oppo Find X3 Pro (Tom’s Guide)

Sebelumnya, Oppo Indonesia sempat membagikan postingan mengenai Find X3 Pro melalui akun Instagram resmi. Hanya saja, ketika penulis menelusurinya malam ini, postingan tersebut sudah hilang.

Selain itu, Oppo Indonesia juga belum bersedia membagikan informasi terbaru terkait peluncuran ini. Sehingga, untuk harga resmi Oppo Find X3 Pro di Indonesia masih belum bisa penulis dapatkan.

Tapi bukan berarti kita tidak bisa memperkirakan harga Oppo Find X3 Pro. Saat peluncuran, Oppo Global sudah membagikan informasi terkait harga dari produk ini. Menurut rencana, Oppo Find X3 Pro akan mulai dijual di Eropa pada 30 Maret mendatang.

Di Benua Biru, Find X3 Pro dibanderol dengan harga sekira 1.149 Euro atau sekitar Rp 19,6 juta jika dikonversikan ke dalam mata uang Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X3 Pro

spesifikasi-lengkap-oppo-find-x3-pro
Spesifikasi lengkap Oppo Find X3 Pro (Dok.Istimewa/Droila)

Harus diakui jika Oppo sukses menawarkan perangkat yang kompetitif di kelas ultra premium. Baik dari komponen yang digunakan serta fitur pendukung, mampu menawarkan pengalaman yang berbeda dan berkelas.

Tapi, bukan berarti Find X3 Pro hadir tanpa kelemahan. Lebih lengkap, berikut ini daftar kelebihan dan kekurangan Oppo Find X3 Pro yang wajib kamu ketahui.

Kekurangan

  • Daya tahan baterai tak setangguh Galaxy S21 Ultra 5G
  • Kemampuan kamera periskop malah lebih baik Find X2 Pro
  • Body berkilau bikin sidik jari mudah menempel
  • Lensa microscope kok cenderung gimmick saja, ya
  • Belum tersedia di Indonesia
oppo-find-x3-pro-anti-air
Oppo Find X3 Pro sertifikat anti air (Oppo Indonesia)

Kelebihan

  • Layar dengan refresh rate 120Hz yang mengagumkan
  • Desain unibody yang cukup inovatif dan menarik
  • Performa Snapdragon 888 tak perlu diragukan lagi
  • Kemampuan kamera yang cukup powerful dan fleksibel
  • Software UI Cusztomization Oppo sudah mendapat banyak peningkatkan

Kesimpulan: Find X3 Pro vs Galaxy S21 Ultra 5G

review-oppo-find-x3-pro
Review Oppo Find X3 Pro (Tom’S Guide)

Setelah Huawei keluar dari persaingan gegara tak mendapat dukungan Google Mobile Service, praktis makin sedikit pemain di kelas ultra premium. Dan untuk saat ini, baru ada dua produk yang sudah meluncurkan jagoannya. Yakni iPhone 12 Pro Max (review) dan Samsung Ultra 5G.

Jika melihat pasar, penggemar dan pengguna iPhone tampaknya bakal sulit dirayu oleh Find X3 Pro. Namun, di sisi lain, ponsel ini bisa jadi kompetitor kuat buat Galaxy S21 Ultra 5G.

Hingga saat ini, Galaxy S21 Ultra 5G (review) masih dinilai sebagai ponsel gede dengan performa maksimal, baik dari sisi kamera maupun pemrosesan. Dan di lini inilah X3 Pro bakal bersaing ketat untuk memonopoli predikat HP Android terbaik 2021.

kelebihan-oppo-find-x3-pro
Kelebihan Oppo Find X3 Pro (Tom’S Guide)

Namun, jika kamu sudah memiliki Find X2 Pro, boleh kok melewatkan X3 Pro. Memang, model anyar ini sudah didukung banyak pembaruan dibanding pendahulunya, tapi tak cukup sehingga menggerakanmu untuk beli HP baru.

Apalagi, Xiaomi juga tengah bersiap meluncurkan seri Mi 11 di Indonesia. Tentu pasar HP ultra premium bakal lebih ramai lagi.

Usah sudah uraian hari ini mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Find X3 Pro. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk lebih memahami perangkat ini. Dan jika menurutmu Find X3 Pro bukanlah ponsel pilihan, bisa kok menelusuri informasi kelebihan dan kekurangan HP Android lain yang ada di Droila.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like