Kelebihan dan Kekurangan Oppo K3: Review, Spesifikasi dan Harga Terbaru

Unboxing HP Oppo K3 (YouTube)
Unboxing HP Oppo K3 (YouTube)

Sebelum beli HP baru, baiknya ketahui dulu apa saja kelebihan dan kekurangan produk tersebut. Kali ini, tim Droila bakal menguraikan review Oppo K3, HP harga 3 jutaan yang meramaikan kompetisi kelas menengah di Indonesia. Penasaran?

Sejak awal tahun 2019 lalu, kompetisi HP harga 3 jutaan berlangsung ketat. Beberapa manufaktur mengeluarkan produk unggulan agar memenangkan persaingan. Salah satunya adalah Oppo, merk HP populer di Indonesia yang mengeluarkan seri Oppo K3.

Poster Oppo K3 (NewsGadgets)
Poster Oppo K3 (NewsGadgets)

Diluncurkan di pasar internasional pada bulan Mei 2019, Oppo K3 masuk ke Indonesia pada bulan Agustus. Dan begitu diluncurkan, HP ini menjadi produk unggulan perusahaan asal China ini untuk segmen kelas menengah.

Yang pasti, harga 3 jutaan nggak membuat perangkat dibekali komponen murahan. Dan untuk kamu yang ganti HP baru, penulis sudah rangkumkan uraian kelebihan dan kekurangan HP ini lengkap dengan spesifikasinya. Scrolling lagi, ya.

Spesifikasi dan Harga Terbaru Oppo K3

Layar bezelless berukuran 6,5 inci dengan sentuhan kamera selfie pop-up beresolusi 16MP menjadi salah satu nilai plus dari HP ini. Perlu kamu ketahui, jarang lho HP dengan harga 3 jutaan yang dibekali teknologi kamera secanggih ini. Dan kalo masih penasaran, berikut uraian lebih lengkap dari masing-masing sektor.

Display dan Desain

Tampilan samping Oppo K3 (GSMArena)
Tampilan samping Oppo K3 (GSMArena)

Sudah sedikit disinggung di atas, HP Oppo K3 dibekali layar dengan lebar 6,5 inci tipe AMOLED. Layar depan ini dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Menjadikan HP lebih awet dan tahan gores. Tentu saja cocok buat kamu yang kerap beraktivitas di luar, bukan?

Dari segi desain HP, perangkat seberat 191 gram ini memiliki dimensi 161.2 x 76 x 9.4 mm. Dan perusahaan paham benar bagaimana bikin HP yang menarik perhatian. Panel berbentuk kurva dari material plastik dirancang agar pas dan kokoh di genggaman. Selain itu, panel glossy menjadikannya jauh dari kesan murahan.

Dapur Pacu

Kelebihan dan kekurangan Oppo K3 (BINJ)
Kelebihan dan kekurangan Oppo K3 (BINJ)

Dari sektor dapur pacu, spesifikasinya mirip dengan Realme X. Hanya saja, Oppo K3 dibanderol harga lebih murah. HP Oppo terbaru ini ditenagai chipset Snapdragon 710. Jenis chipset kelas menengah yang terbukti mampu bikin perangkat beraksi cepat dengan konsumsi daya yang cukup hemat.

Di sammping itu, masih ada dukungan GPU Adreno 616 dan dukungan RAM 6GB ROM 64GB. Dari segi perangkat lunak, Oppo K3 mampu menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan sistem UI ColorOS 6.0.

Kamera Oppo K3

Poster HP Oppo K3 (Smartprix)
Poster HP Oppo K3 (Smartprix)

Meskipun termasuk HP Oppo murah, kamera masih menjadi perhatian perusahaan. Buktinya, ada dukungan dua kamera belakang yang menjanjikan hasil menawan. Apalagi, kedua sensor lensa tersebut menggunakan sensor Sony IMX519; salah satu sensor yang diakui sebagai terbaik di kelasnya.

Masing-masing kamera belakang Oppo K3 memiliki kemampuan 16MP lensa PDAF dan 2MP sensor kedalaman. Dijamin deh kalo kamu bakal mendapatkan hasil maksimal dari kombinasi kamera belakang ini.

Sedangkan untuk kamera depan, Oppo menggunakan modul pop-up motoris. Tak ayal, pandangan layar bisa terasa lebih lapang berkat kamera selfie yang tersembunyi di dalam. Kamera selfie ini memiliki kemampuan 16MP dan menggunakan sensor Sony IMX471.

Harga Oppo K3 Terbaru

HP Oppo K3 (MobyGeek)
HP Oppo K3 (MobyGeek)

Saat pertama kali diluncurkan, harga Oppo K3 dijual dengan harga Rp3,599 juta. Kini, berdasarkan penelusuran penulis melalui website e-commerce Lazada, HP Oppo K3 terbaru dijual dengan harga Rp2,363 juta saja.

Tenang saja, itu adalah harga dari toko resmi Oppo, kok. Selain itu, kamu juga mendapat keuntunggan berupa kartu perdana Smartfren dengan isi kuota 360 gratis. Kalo tertarik, langsung klik tautan yang sudah disisipkan di atas, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo K3

Tabel Spesifikasi HP Oppo K3 (Dok.Istimewa)
Tabel Spesifikasi HP Oppo K3 (Dok.Istimewa)

Setelah mengetahui bagaimana uraian spesifikasi dan harga dari HP Oppo 3 jutaan ini, baiknya sih kamu juga mengetahui kelebihan dan kekurangan. Sehingga, kamu pun nggak akan kecewa ketika barang sudah dipegang, bukan?

Kelebihan Oppo K3

Tampilan Oppo K3 (GSMArena)
Tampilan Oppo K3 (GSMArena)

Salah satu faktor yang menjadikan persaingan HP 3 jutaan adalah ketersediaan pilihan. Ya, kamu bisa menemukan banyak produk di segmen ini dengan spesifikasi yang nggak jauh berbeda.

Di tengah ketatnya persaingan, kehadiran Oppo K3 adalah angin segar. Perusahaan mampu membawa desain HP high-end dengan banderol harga murah. Di samping itu, segmen spesifikasi dan fitur juga membuatnya layak diperhitungan.

Desain kece adalah poin plus yang layar diperhitungkan. Selain itu, fitur-fitur yang ditanamkan perusahaan untuk mendukung kinerja dua kamera belakang benar-benar menghasilkan foto yang mengagumkan. Ya, fitur-fitur tersebut antara lain Ultra Night Mode 2.0, Dazzle Color Mode, video berkualitas 4K, dan mode Artistic Portrait.

Kekurangan Oppo K3

Kelengkapan box Oppo K3 (Daily Social)
Kelengkapan box Oppo K3 (Daily Social)

Di atas, penulis sempat membandingkan Oppo K3 dengan Realme X. Bukan tanpa sebab, mengingat kedua perangkat ini dibekali spesifikasi yang hampir mirip. Dan satu-satunya keunggulan dari Realme X hanya sektor kamera saja.

Ya, sektor kamera pula yang patut dijadikan perhatian. Lensa 16MP tentu saja dirasa kurang. Apalagi jika kini kita bandingkan dengan HP 3 jutaan lainnya. Rata-rata, HP di harga ini sudah dibekali dengan lensa 64MP.

HP Oppo K3 (Detik)
HP Oppo K3 (Detik)

Jadi, jika kamu merasa kamera nggak terlalu jadi soal, HP Oppo K3 layak dijadikan pilihan. Apalagi untuk pembaca yang mencari produk dengan desain elegan dan kemampuan menawan, HP Oppo terbaru inilah jawabannya.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo K3. Semoga bisa membantumu menentukan pilihan sebelum ganti HP baru, ya. Jangan sampai ketinggalan pemberitahuan referensi handphone terbaik lain dari Droila.

Cukup tekan tombol subscribe, maka kamu akan tahu jika ada artikel baru diluncurkan. Kamu juga bisa membaca beragam informasi teknologi terupdate dan berita pilihan seputar handphone, games, aplikasi, serta startup.  

6 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like