Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno5 5G: Versi Paling Canggih dengan Koneksi 5G

Review Oppo Reno5 5G (PressAbleCDN)
Review Oppo Reno5 5G (PressAbleCDN)

Oppo meluncuran seri Reno5 secara global pada bulan Desember. Untuk versi internasional, perusahaan menawarkan tiga varian dari seri ini. Yakni Oppo Reno5, Reno 5 5G, dan Reno5 Pro 5G. Nah, untuk kali ini, tim Droila bakal mengulas lebih lengkap kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 5G.

Di antara ketiga varian Reno5, hanya dua seri saja yang diboyong Oppo Indonesia. Tak lain adalah Oppo Reno5 dan Oppo Reno5 5G. Keduanya diluncurkan oleh Oppo Indonesia pada akhir bulan Januari lalu.

Kini, masyarakat sudah bisa membeli perangkat ini. Menurut keterangan pada situs resmi Oppo Indonesia, model Reno5 5G dibanderol harga Rp 6,999 juta dan tersedia pada toko online maupun offline.

Menjadi produk yang baru diluncurkan, tentu banyak promo dan tawaran menarik diberikan perusahaan. Mulai dari cicilan dengan bunga nol persen, cashback hingga Rp 1,3 juta, bahkan paket bundling operator.

Tak cuma itu, perusahaan juga sudah menanamkan beragam pembaruan pada perangkat anyar ini. Mulai dari spesifikasi komponen, fitur pendukung, hingga desain yang terlihat lebih premium.

Tertarik memiliki HP 6 jutaan ini? Lebih baik, kenali dulu lebih dalam mengenai perangkat ini. Di bawah, penulis sudah menyiapkan berbagai hal yang perlu kamu ketahui. Mulai dari spesifikasi, harga terupdate dari berbagai toko online, serta kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 5G. Langsung cek aja, kuy.

HP Reno5 5G (Oppo Indonesia)
HP Reno5 5G (Oppo Indonesia)

Spesifikasi Oppo Reno5 5G

Ringan dan nyaman digenggam. Itulah kesan yang disampaikan sebagian besar reviewer gadget. Bagaimana tidak, ponsel ini memiliki dimensi 159 x 73,4 x 7,9 mm dengan bobot 172 gram. Ukuran yang pas untuk genggaman tangan masyarakat Indonesia, serta ukuran yang membuat pengguna tidak mudah pegal kala menggunakannya berlama-lama.

Bagian body belakang terkesan licin dan mengkilap. Membuat Reno5 5G tampak premium dan berkelas. Kesan ini berhasil diciptakan berkat keputusan perusahaan melapisi punggung perangkat dengan kaca serta frame dari material alumunium.

Sayangnya, sidik jari mudah membekas. Bahkan, mudah mengotori seluruh permukaan punggung ponsel. Terutama jika dipakai terlalu lama serta telapak tangan berkeringat. Oleh karena itu, baiknya sih kamu melapisi bagian belakang dengan case –baik soft maupun hard sesuai selera.

Di bagian belakang, kamu akan menemukan modul yang agak menonjol terletak di sisi kiri atas perangkat. Modul ini berisi empat kamera utama serta satu buah LED Flash.

Spesifikasi Oppo Reno5 5G (Oppo Indonesia)
Spesifikasi Oppo Reno5 5G (Oppo Indonesia)

Keempat kamera utama Oppo Reno5 5G masing-masing berkemampuan 64MP lensa wide PDAF, 8MP lensa ultra lebar, 2MP lensa makro, serta 2MP sensor makro. Punggung perangkat juga dihiasi tulisan “OPPO” yang terletak di sisi kanan bawah perangkat.

Membalik perangkat, kamu akan menemukan layar berukuran 6,4 inci dengan punch-hole pada pojok kiri. Perusahaan menggunakan panel OLED yang mampu menghasilkan grafis resolusi 1080 x 2400 piksel dengan refresh rate 90Hz.

Selain itu, masih ada perlindungan Corning Gorilla Glass 5 yang menjanjikan layar lebih aman dari goresan maupun gangguan eksternal.

Pada punch-hole, Oppo meletakkan kamera depan berkemampuan 32MP lensa wide. Kamera depan ini juga dibekali mode HDR serta mampu menghasilkan rekaman gambar berkualitas 4K pada 30FPS. Artinya, merekam klip untuk TikTok bakal lebih mudah dan menjanjikan kenyamanan!

Kamera Oppo Reno5 5G (Oppo Indonesia)
Kamera Oppo Reno5 5G (Oppo Indonesia)

Kini, saatnya kita membongkar jeroan perangkat. Oppo Reno5 5G didukung System on Chipset (SoC) milik Qualcomm. Yakni chipset Snapdragon 765G.

FYI, ini merupakan chipset kelas menengah yang diperuntukkan untuk performa gaming. Jadi, kamu pun nggak perlu khawatir soal performa gaming dari perangkat ini, ya. Apalagi, masih ada dukungan RAM 8GB dengan penyimpanan internal sebesar 128GB.

Kamu bisa lebih leluasa meng-install aplikasi serta menyimpan file dalam jumlah besar!

Fitur-fitur pendukung lain yang sudah ditanamkan seperti baterai dengan kapasitas 4.300 mAh, fitur pengisian daya cepat Super VOOC 2.0 65W, sistem operasi Android 11, UI Customization ColorOS 11.1, serta mampu terhubung ke dalam jaringan 5G.

Berdasarkan penjelasan spesifikasi Oppo Reno5 5G di atas, apakah membuat perangkat ini kompetitif di pasar Indonesia? Kalo kamu pengin tahu jawabannya, scrolling terus, Gan.

Harga Oppo Reno5 5G Terbaru

HP Oppo Reno5 5G (Oppo Indonesia)
HP Oppo Reno5 5G (Oppo Indonesia)

Perlu dicatat, Reno5 5G mulai dijual Oppo Indonesia sejak awal bulan Februari ini. Berdasarkan penelusuran penulis pada beberapa toko online, harga Reno5 5G belum terlalu variatif. Dijual di sekitaran harga dari toko resmi.

Pada situs resmi Oppo Indonesia, harga Oppo Reno5 5G dibanderol Rp 6,999 juta saja. Menurut penulis, harga yang cukup tinggi untuk ponsel yang dibekali spesifikasi kelas menengah.

Tapi, tawaran koneksi 5G jadi keunggulan tersendiri yang membuat ponsel ini layak dipertimbangkan. Apalagi, masih ada konfigurasi RAM dan ROM berkapasitas besar. Membuat perangkat ini bisa digunakan hingga lima tahun mendatang!

Untuk pembaca yang tertarik memiliki, penulis sudah menyiapkan daftar harga Oppo Reno5 5G dari berbagai toko online. Langsung klik tautan di bawah aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno5 5G

Spek lengkap Oppo Reno5 5G (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Oppo Reno5 5G (Dok.Istimewa Droila)

Sejak tahun kemarin, HP harga Rp 6 jutaan mulai mendapat perhatian penggemar. Pasalnya, vendor menawarkan produk dengan spesifikasi yang tak terlalu jauh berbeda dengan versi premium, tapi dengan harga yang lebih terjangkau.

Kondisi itu pula yang akhirnya membuat HP harga 6 jutaan mulai makin banyak pilihannya. Dan di kelas itulah perusahaan meletakkan HP Oppo terbaru ini.

Hanya saja, ketika dibandingkan dengan perangkat lain yang punya harga sama, HP terbaru ini memiliki beberapa kekuranga. Lebih lengkap, berikut ini kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 5G.

Kekurangan

  • ­Harga terlalu mahal untuk HP dengan Snapdragon 765G
  • Konfigurasi kamera belakang masih kalah dengan Mi 10T Pro
  • Tanpa dukungan lensa telephoto
  • Tidak dibekali slot untuk kartu SD
  • Resolusi kamera depan terbilang kecil untuk HP harga Rp 6 jutaan
  • Cuma menggunakan single speaker
Kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 5G (Android Community)
Kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 5G (Android Community)

Kelebihan

  • Layar OLED
  • Refresh rate 90Hz
  • Desain premium
  • Pengisian daya cepat super ngebut
  • Desain ramping dengan bobot yang ringan
  • Chipset cukup bisa diandalkan
  • Fitur Air Control dan Smart Message Privacy
  • Dukungan fitur fotografi mengagumkan
  • NFC

Kesimpulan

Harga Oppo Reno5 5G (Oppo Indonesia)
Harga Oppo Reno5 5G (Oppo Indonesia)

Ada tiga fitur yang pertama kali ditanyakan pengguna Indonesia ketika memilih HP. Yakni RAM, chipset, serta kapasitas baterai. Dan dari ketiganya, Oppo Reno5 5G barangkali cuma memenangkan persaingan di wilayah penyimpanan.

RAM 8GB dengan ROM 128GB tentu menjanjikan lebih banyak kebebasan bagi pengguna, bukan? Sedangkan dalam hal dapur pacu, memang Snapdragon 765G diakui sebagai salah satu SoC tangguh untuk ponsel gaming.

Masalahnya, sudah ada beberapa ponsel lain yang dibekali chipset ini. Contohnya seperti Vivo V20 Pro (review), Vivo X50 Pro, Realme X50 5G (review), OnePlus Nord, LG Velvet, LG Wing, serta ZTE Axon 20 5G. Masing-masing perangkat sudah dijual dengan harga di bawah Rp 6 juta.

Kondisi tersebut tentu jadi tantangan dan pertimbangan tersendiri bagi calon pembeli, bukan?

Nah, usai sudah uraian hari ini mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 5G. Berdasarkan komponen, model anyar ini memang cukup menjanjikan kepuasan dan kenyamanan. Tapi, jika mempertimbangkan faktor harga, sudah ada beberapa pilihan yang kini dijual lebih murah.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like