Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno5 F: Cuma 4 Jutaan, Dapat HP dengan RAM 8GB!

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno5 F
Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno5 F

Beberapa hari lalu, Oppo Indonesia memperkenalkan keluarga terbaru dari Reno5 series. Diberi nama Reno5 F, ini merupakan varian dengan spesifikasi paling rendah. Namun tenang aja. Perusahaan menjanjikan performa yang sangat menguntungkan! Tertarik memiliki? Simak uraian spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 F di bawah ini.

Akhir bulan Desember lalu, Oppo meluncurkan tak kurang dari empat produk Reno5 series. Sedangkan Oppo Indonesia sendiri baru seri Reno terbaru ini pada bulan Januari.

Seperti merasa kurang, perusahaan kembali meluncurkan varian anyar dengan nama Oppo Reno5 F. Awalnya, kemunculan produk ini ditemukan pada situs resmi Oppo Kenya. Seperti bola salju, informasi terkait pun menyebar hingga kemudian Oppo Indonesia memperkenalkannya.

Dari namanya, bisa kita simpulkan jika Reno5 F menjadi varian dengan spesifikasi paling rendah. Tapi, beruntungnya, produk ini juga dijual dengan banderol paling murah.

Tertarik untuk mengganti perangkat dengan Reno5 F? Sebelum memutuskan beli, simak dulu uraian seputar spesifikasi, harga terbaru, serta kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 F di bawah ini.

Desain Reno5 F (Oppo Indonesia)
Desain Reno5 F (Oppo Indonesia)

Spesifikasi Oppo Reno5 F

Sebagai ponsel anyar, tentu saja Oppo Reno5 F sudah menjalankan sistem operasi Android 11. Sehingga, kamu pun tak perlu mengkhawatirkan ketinggalan fitur-fitur canggih dari OS Android terbaru ini.

Namun tetap harus disadari bahwa seri ini posisinya di bawah Reno5 dan Reno5 5G (review). Alhasil, dari segi spesifikasi jeroan dan tampilan pun akan banyak berbeda.

HP Oppo terbaru ini memiliki dimensi 160,1mm x 73,2mm x 7,8mm. Bobot perangkat sendiri 172 gram. Terdapat dua varian warna yang ditawarkan perusahaan. Yakni Fantastic Purple dan Fluid Black.

Di bagian punggung, kamu akan menemukan bodi dengan hiasan warna gradasi. Perusahaan menambahkan hiasan ikon Oppo di bagian bawah. Sedangkan bagian atas diisi modul berisi setup empat kamera.

Keempat kamera Oppo Reno5 F masing-masing memiliki kemampuan 48MP lensa wide yang didukung fitur PDAF, 8MP lensa ultra lebar, 2MP lensa makro, serta 2MP sensor kedalaman. Untuk menjamin hasil fotografi lebih optimal, perusahaan menambahkan teknologi AI Color Portrait.

Spesifikasi Oppo Reno5 F (Gizchina)
Spesifikasi Oppo Reno5 F (Gizchina)

Teknologi tersebut mampu menyorot warna alami dari objek. Selain itu, AI Color Portrait juga bisa mengubah latar belakang menjadi hitam dan putih, serta menghasilkan jepretan yang menakjubkan dan bisa digunakan oleh siapa pun tanpa mempedulikan latar belakang.

Seperti umumnya smartphone flagship terkini, kamu tak akan menemukan panel sidik jari yang menghiasi bagian punggung. Oleh perusahaan, panel sensor sudah dipindahkan pada layar dengan teknologi under-display.

Di bagian depan, Oppo Reno5 F dilapisi layar AMOLED dengan lebar 6,43 inci. Memang, ukurannya yang terbilang kecil jika dibandingkan dengan varian lain. Tapi, bukan berarti dalam hal kualitas grafis jauh tertinggal, ya.

Soalnya, Oppo Reno5 F mampu menghasilkan grafis berkualitas 1080×2400 piksel. Hasil yang cukup mumpuni untuk HP harga Rp4 jutaan, bukan?

Performa Oppo Reno5 F (Oppo Indonesia)
Performa Oppo Reno5 F (Oppo Indonesia)

Masuk ke bagian dalam, terdapat chipset kelas menengah bikinan MediaTek. Ya, Oppo Reno5 F mengandalkan performa dari SoC Helio P95. FYI, chipset tersebut juga dipilih perusahaan untuk jadi sumber performa Oppo Reno3 Pro (review).

Kemiripan tak berhenti di situ saja. Reno5 F juga dibekali RAM 8GB dengan memori internal berkasitas 128GB. Maka, menurut penulis, bisa dibilang jika Reno5 F bukanlah produk yang tepat jika kamu sebelumnya sudah menggunakan Reno3 Pro.

Fitur-fitur lain yang perlu kamu ketahui seperti baterai berkapasitas 4310 yang didukung teknologi pengisian daya cepat 30W. Dan untuk mengoptimalkan pengalaman fotografi penggemar, perusahaan juga sudah menambahkan beragam fitur fotografi canggih.

Harga Oppo Reno5 F di Indonesia

HP Oppo Reno5 F (Gizmochina)
HP Oppo Reno5 F (Gizmochina)

Sebagai produk baru, wajar kiranya jika penjual masih membanderol perangkat ini dengan harga seragam. Namun, kalo kamu benar-benar ingin mendapat diskon, bisa lho mengikuti program flash sale yang digelar sejak 27 Maret hingga 1 April mendatang.

Selama program flash sale, kamu berkesempatan untuk memiliki Reno5 F dengan harga cuma Rp 4,299 juta saja. Diperkirakan, usai program berakhir, Oppo Indonesia akan sedikit meningkatkan harga Reno5 F.

Jadi, segera beli jika nggak ingin kehabisan, ya!

Untuk mempersingkat waktu pencarianmu, tim Droila sudah mengumpulkan tautan yang akan membawamu ke berbagai halaman toko online. Tanpa panjang lebar, langsung cek harga Oppo Reno5 F di Indonesia melalui tautan di bawah!

Kekurangan dan Kelemahan Oppo Reno5 F

Spesifikasi lengkap Oppo Reno5 F (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Oppo Reno5 F (Dok.Istimewa Droila)

Salah kiranya jika Anda mengira setiap ponsel hadir dengan kesempurnaan. Memang, setiap ponsel Android terbaru hadir dengan membawa pembaruan. Tapi, tetap ada beberapa aspek yang minus dan patut dijadikan catatan.

Nah, sebelum benar-benar membeli Reno5 F, sebaiknya ketahui dulu bagaimana kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 F, ya. Berikut ini uraiannya:

Kekurangan

  • Tanpa perlindungan anti debu dan air
  • Tidak dibekali fitur pengisian daya nirkabel
  • Tanpa dukungan NFC
Daya tahan baterai Reno5 F (Oppo Indonesia)
Daya tahan baterai Reno5 F (Oppo Indonesia)

Kelebihan

  • Layar AMOLED yang memanjakan penglihatan
  • Dukungan Android 11
  • Memori internal berkapasitas besar dan lapang
  • Kamera depan berkemampuan 32MP
  • Sensor sidik jari on-display
  • Baterai berkapasitas besar

Kesimpulan: Reno5 F di Antara HP Rp4 Jutaan Lainnya

HP Oppo Reno5 F (Gizmochina)
HP Oppo Reno5 F (Gizmochina)

Setiap tahun, kita selalu mendapat pilihan anyar HP 4 jutaan. Dan jika melihat pasar, Reno5 F mengisi segmen yang cukup kompetitif. Sejauh ini, ada dua kandidat utama yang berpotensi mengancam Reno5 F. Yakni Oppo Reno4 (review) dan Redmi K20 Pro (review).

Apalagi, Opo Reno3 Pro pun sudah turun harga. Dan beberapa toko juga menjual HP Black Shark generasi pertama dengan harga tersebut. Tentu menjadikan persaingan makin ketat dan sulit, bukan?

Oleh sebagian besar vendor, segmen harga ini digunakan sebagai segmen antara. Yakni produk yang berpotensi jadi flagship tapi masih mempertimbangkan pengguna yang mencari harga terbaik.

Alhasil, jika melihat spesifikasi, biasanya HP dengan harga Rp4 jutaan memiliki komponen yang tak jauh berbeda dengan HP 3jutaan atau Rp5 jutaan.

Faktor tersebut barangkali bakal jadi tantangan utama Reno5 F. Meskipun sudah menawarkan desain yang lebih elegan, bukan berarti perangkat akan lebih mudah mencuri perhatian.

Usai sudah uraian terlengkap mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno5 F kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu dalam meyakinkan pilihan sebelum beli perangkat ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like