Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6: Ponsel Anyar, Tapi Teknologi Kok Ketinggalan

Oppo Reno6 (Yang Canggih)
Oppo Reno6 (Yang Canggih)

Di antara begitu banyaknya pilihan HP kelas menengah, akankah ponsel anyar Oppo Reno6 mampu bersaing? Bagaimana kualitas spesifikasinya? Lalu, bagaimana perbandingan HP Oppo terbaru ini dengan produk lain? Jika ingin tahu jawabannya, simak review serta kelebihan dan kekurangan Oppo Reno6 berikut ini.

Di saat semakin banyak platform yang fokus pada konten media –seperti TikTok, Instagram, Pinterest, dan lain sebagainya- kebutuhan akan HP dengan kamera mumpuni semakin tinggi.

Tak hanya untuk ponsel dengan spesifikasi tinggi saja, tapi juga banyak dicari pada ponsel di kelas bawahnya.

Beruntungnya, masing-masing segmen kini punya jagoan sendiri buat ponsel dengan kamera terbaik. Dan untuk kelas menengah, Oppo baru aja memperkenalkan jagoan terbarunya, yakni Oppo Reno6.

Seperti biasa, Oppo menawarkan ponsel stylish dengan spesifikasi mumpuni. Tak hanya itu, beragam peningkatan dari sisi fitur fotografi dan kemampuan kamera juga sudah ditambahkan perusahaan.

“Oppo fokus pada teknologi pencitraan. Ada 200 juta pengguna Reno di seluruh dunia yang merekam video berkualitas tinggi di manapun, (dan) jumlah ini bertambah tiap bulannya,” terang PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, kala juma pers peluncuran Oppo Reno6 dan Seri A yang digelar secara virtual, Senin (12/7).

Poster Oppo Reno6 (Oppo Indonesia)
Poster Oppo Reno6 (Oppo Indonesia)

Spesifikasi Oppo Reno6

Hanya saja, di tengah kompetisi yang semakin ketat, akankah Oppo Reno6 menjadi alternatif baru bagi pengguna yang mencari kamera berperforma tinggi? Untuk mengetahui jawaban lengkapnya, tim Droila sudah rangkumkan review, spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan Oppo Reno6.

Cek langsung uraian berikut ini, Gan.

Desain

Sekilas, desain dan tampilan ponsel anyar ini terlihat mirip dengan pendahulunya. Akan tetapi, jika kita perhatikan lebih seksama, ada beberapa detail yang cukup berbeda. Menunjukkan peningkatan yang sudah diberikan perusahaan pada produk ini.

Perbedaannya mulai dari kombinasi warna serta bentuk modul belakang. Selain itu, tak ada lagi perbedaan lainnya.

Ponsel anyar ini memiliki tebal 7,8mm. Bobotnya cuma 2 gram saja –sedikit lebih berat dari pendahulunya yang memiliki bobot 173 gram. Terdapat dua pilihan warna untuk bagian punggung yang dilapisi finishing dope atau matte. Artinya, ponsel bakal tetap bersih meskipun tanpa dilapisi case.

Spesifikasi Oppo Reno6 (Oppo Indonesia)
Spesifikasi Oppo Reno6 (Oppo Indonesia)

Layar

Menerapkan desain dengan bezell tipis pada bagian layar, tampilan grafis pun jadi lebih lebar. Sehingga, membuat perusahaan bisa melapisi Oppo Reno6 dengan layar AMOLED yang lebarnya 6,5 inci. Ukuran yang cukup dipakai untuk nonton film Netflix, gaming, atau menggenggam pakai satu tangan.

Bagi penggemar yang doyan gaming, HP Oppo terbaru ini sudah dibekali peningkatan yang bakal memanjakanmu. Bagaimana tidak, layar Oppo Reno6 mampu menghasilkan grafis denganrefresh rate 90Hz serta touch sampling rate 180Hz.

Artinya, gambar game yang super detail dengan kontrol yang sangat responsif. Maka, kamu pun bakal lebih siap untuk menjadi pemenang dalam setiap  permainan jika menggunakan ponsel ini.

Kamera Reno6 (Gizmochina)
Kamera Reno6 (Gizmochina)

Kamera

Seperti sudah disinggung di atas, bentuk modul yang membungkus kamera belakang Reno6 berbeda dari pendahulunya. Tak hanya itu saja, sensor yang ditanamkan juga berbeda. Jauh lebih bertenaga sehingga mampu menghasilkan gambar yang lebih berkualitas!

Di dalam modul berbentuk persegi panjang, kamu akan menemukan tiga sensor utama yang ukurannya sama besar. Masing-masingmemiliki kemampuan 8MP lensa ultra lebar, 64MP lensa wide yang didukung sensor 6P Lens dan Omnivision, serta 2MP lensa makro.

Selain kamera, masih ada lagi dua lubang yang terdapat pada modul tersebut. Masing-masing membungkus LED Flash serta sensor tambahan berjenis kamera mono 2 MP.

Reno6 untuk gaming (Line)
Reno6 untuk gaming (Line)

Dapur Pacu

Tak hanya hasil grafis saja yang mumpuni. Perusahaan juga mengandalkan dapur pacu yang sudah dipercaya akan kegaharannya. Ya, pada perangkat ini, Oppo mengandalkan chipset Snapdragon 720G.

System on chipset gaming kelas menengah keluaran Qualcomm ini dikenal memiliki teknologi Kecerdasan Buatan yang cukup mumpuni. Tak hanya itu, Reno6 juga didukung teknologi anyar dari perusahaan, yakni RAM Expansion.

Melalui teknologi tersebut, pengguna bisa mendapat tambahan RAM 2GB hingga 5GB yang diubah dari penyimpanan internal. Sehingga, total RAM yang bisa didapatkan pengguna pun sebesar 13GB. Artinya, kamu tak perlu mengkhawatirkan perangkat jadi lemot atau gambar patah-patah saat menjalankan game.

Harga Oppo Reno6

Unboxing Oppo Reno6 (Gizmologi)
Unboxing Oppo Reno6 (Gizmologi)

Diluncurkan pada 12 Juli lalu, kini perusahaan sudah mulai membuka saluran penjualan Oppo Reno6. Kamu bisa membeli HP Oppo terbaru ini lewat toko resmi atau beberapa platform e-commerce.

Mengutip situs resmi Oppo Indonesia, harga Oppo Reno6 dibanderol Rp 5,199 juta saja. Dengan harga tersebut, kamu akan mendapat HP yang didukung RAM 8GB serta penyimpanan internal sebesar 128GB. Cukup lapang dan menjanjikan pemakaian yang lebih panjang.

Nah, untuk pembaca yang ingin memiliki produk ini, tak perlu pindah ke lain tempat. Kamu bisa langsung mengklik salah satu tombol di bawah. Penulis sudah menyiapkan jalan pintas yang akan membawamu untuk mengecek harga Oppo Reno6 dari berbagai toko online.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno6

Spesifikasi lengkap Oppo Reno6 (Dok.Istimewa/Droila)
Spesifikasi lengkap Oppo Reno6 (Dok.Istimewa/Droila)

Berdasarkan pencarian penulis, Reno6 yang masih didukung koneksi internet 4G hanya diluncurkan di Indonesia saja. Sedangkan untuk pasar luar –terutama India dan China- Oppo Global menawarkan tiga varian Reno6 yang sudah dibekali koneksi 5G.

Dari fakta tersebut, wajar jika banyak penggemar mempertanyakan keputusan perusahaan dalam meluncurkan perangkat ini. Namun, supaya lebih lengkap, penulis sudah rangkumkan kelebihan dan kekurangan Oppo Reno6.

Kekurangan

  • Harga terlalu mahal untuk HP dengan Snapdragon 720G
  • Banyak nois untuk kamera mode malam
  • Belum bisa menghasilkan grafis rata kanan buat game berat
  • Kapasitas baterai cuma 4.310 mAh aja
Performa Oppo Reno6 (Gizmologi)
Performa Oppo Reno6 (Gizmologi)

Kelebihan

  • NFC
  • Teknologi pengisian daya cepat 50W
  • RAM Expansion
  • Android 11 dan ColorOS 11.1
  • Refresh rate 90Hz

Review Oppo Reno6: HP Baru, Tapi Chipset Seperti Pendahulunya Tahun Lalu

Kelebihan Oppo Reno6 (Oppo Indonesia)
Kelebihan Oppo Reno6 (Oppo Indonesia)

Harus dicatat, Oppo Reno6 adalah ponsel terbaru yang diluncurkan perusahaan untuk pasar Indonesia. Tapi, ketika melihat spesifikasi, chipset yang dipakai juga sudah ditanamkan pada pendahunya –yakni Oppo Reno4.

Padahal, seperti kita tahu, Oppo Reno4 (review) merupakan ponsel yang sudah diluncurkan awal tahun lalu. Dan tak hanya chipset, kapasitas RAM pun juga sama. Tapi, memang Oppo Reno6 memiliki lebih banyak peningkatan.

Tapi, peningkatan itu akan terlihat jika kita bandingkan dengan pendahulunya saja. Sedangkan kalo kita sandingkan Oppo Reno6 dengan produk lain di kelasnya –maupun yang juga ditenagai Snapdragon 720G – ponsel ini akan terlihat kurang menggoda.

Berbicara masalah harga, kini sudah tersedia beberapa perangkat yang dibekali Snapdragon 720G dan dijual lebih murah. Sedangkan dari sisi harga, ada juga kok HP 5 jutaan yang spesifikasinya lebih mumpuni.

Dan di tengah kondisi yang serba nanggung tersebut, Oppo Reno6 tampaknya bakal kesulitan untuk menarik minat maupun perhatian penggemar. Apalagi, ponsel ini masih menjalankan koneksi 4G!

Nah, usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno6. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk mengambil keputusan sebelum beli HP Oppo terbaru ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like