Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno7: Kamera Depan Flagship Tapi Masih 4G

kelebihan dan kekurangan oppo reno7
kelebihan dan kekurangan oppo reno7

Oppo Reno7 merupakan salah produk terbaru dari Oppo yang baru saja rilis pada 2 April 2022. Memang aneh, setelah merilis HP 5G, kini Oppo balik ke belakang dengan mengusung HP 4G mid-range. Mungkinkah HP ini memiliki sesuatu yang spesial? Oleh karena itu, kali ini, kami akan mengulas kelebihan dan kekurangan Oppo Reno7.

Spesifikasi Oppo Reno7

Sebelum menyimpulkan kelebihan dan kekurangan Oppo Reno7, kamu harus tau dulu apa saja spesifikasi Oppo Reno7. Inilah spesifikasi yang harus kamu ketahui.

Desain dan Layar

spesifikasi dan harga oppo reno7
spesifikasi dan harga oppo reno7

Mengusung desain Retro, tampilan Oppo Reno7 kali ini tampak klasik dan premium. Fiberglass-leather desain ini tampil dalam dua pilihan warna: Oranye Senja dan Hitam Kosmik.

Lapisan kulit ini telah melewati pengujian gesekan penghapus, denim, dan ketahanan alkohol sehingga sudah terjamin daya tahan dan keandalannya.

Ultra-slim retro design ini juga membuat Oppo Reno7 sangat ringan dan tipis. Orange senja memiliki ketebalan 7,54mm, sedangkan Hitam Kosmik tebalnya 7,49mm.

Meskipun ketebalannya berbeda, berat kedua ponsel ini sama, 175g. Sementara itu panjang dan lebarnya juga sama, 159,9mm dan 73,2mm.

Di bagian kamera belakang Oppo Reno7 terdapat lampu RGB, yaitu Orbit Light. Lampu ini akan menyala saat kamu menerima notifikasi dan proses pengisian daya.

Soal ketahanan terhadap air, HP kelas menengah ini sudah mendapat sertifikat IPX4 water resistant sehingga tahan terhadap percikan air. Kamu pun nggak perlu khawatir ponsel rusak kalo aktif di lapangan

Di bagian depan, terdapat layar AMOLED 6,43 inci yang sudah dilindungi Gorilla Glass 5. Resolusi yang ditampilkan mencapai 2400×1080.

Pergerakan cukup mulus dengan refresh rate 90Hz dan Touch Sampling Rate maksimal 180Hz (dua jari). Tampilan layar ini sangat memanjakan mata berkat gamut warna 97% NTSC dan kedalaman warna 16,7 juta warna (8-bit).

Kecerahan yang ditampilkan mencapai 600 nits sehingga layar tetap terlihat dengan jelas meskipun di bawah sinar matahari.

Performa dan Chipset

oppo reno7 4g
oppo reno7 4g

Performa Oppo Reno7 begitu lancar dengan adanya chipset Snapdragon 680 4G. Kecepatan inti CPU ini mencapai 2,4 GHz. GPU Andreno 610 turut mendukung performa ponsel ini. Sistem operasional yang digunakan adalah Android terbaru, Android 12 dan ColorOS 12.1.

Di bagian penyimpanan, Oppo Reno7 dibekali RAM 8GB dan memori internal 256GB. Jika memori internal ini masih kurang, kamu bisa menambahkan kartu microSD.

Agar performa lebih lancar, ponsel ini juga mendukung ekspansi RAM hingga 5GB. Kamu juga bisa menggunakan USB OTG untuk memindahkan data maupun reverse charging.

Kapasitas baterainya cukup besar, yaitu 4500mAh. Baterai ini mendukung pengisian daya cepat dengan teknologi SUPERVOOC 33W. Kecepatan pengisian dayanya menakjubkan, hanya butuh waktu 32% dalam waktu 15 menit.

Suka main gim? HP kelas menengah ini memiliki fitur AI Frame Rate Stabilizer. Fitur ini dapat menjaga kestabilan saat bermain gim agar lebih lancar. Selain itu, ada juga Game Focus Mode yang dapat membatasi panggilan dan notifikasi sehingga kamu lebih fokus saat bermain gim.

Fitur-fitur yang diberikan ColorOS 12 ini sangat menarik. Adanya Air Gestures sangat membantu saat tangan sedang sibuk sehingga kamu bisa menjawab panggilan dan menggulir layar dengan gerakan tangan tanpa menyentuh layar.

Ada juga Adaptive Sleep yang membuat layar tidak akan mati selama kamu menatap layar. Screen Translate sangat bermanfaat karena dapat menerjemahkan teks dan gambar dalam 105 bahasa.

Yang suka belanja, ponsel ini juga mendukung NFC. Selain fitur-fitur tersebut, masih banyak fitur menarik lainnya.

Kamera

kamera oppo reno7
kamera oppo reno7

HP Oppo terbaru ini dibekali tiga kamera yang mampu menghasilkan gambar mirip kamera DSLR. Kamera utama 64MP yang dilengkapi autofokus. Kamera mikrolens 2MP dapat memperbesar objek hingga 30x.

Selain itu, ada pula kamera kedalaman (dept) 2MP juga dilengkapi dengan berbagai macam fitur. Beberapa fitur menarik dari kamera belakang ini, seperti mode malam, gerakan lambat, pemindai teks, expert, potret, selang waktu, dan ekstra-HD.

Kamera depan 32MP dilengkapi dengan fitur potret, malam, selang waktu, dan masih banyak lagi. Kelebihan Reno7 adalah kamera depannya.

Dengan menggunakan perangkat keras Sony, sensor IMX709 menawarkan kemampuan menangkap cahaya lebih tinggi. Dengan demikian, gambar yang dihasilkan lebih cerah dan jernih.

Selfie jadi lebih pede karena kamera secara otomatis menyesuaikan cahaya latar sehingga dapat menghasilkan gambar HDR. Gambar potret pun jadi lebih jelas dan detail.

Untuk menghasilkan foto selfie yang lebih berkualitas, kamu juga bisa menggunakan fitur Bokeh Flare Potrait. Hasil foto pun jadi lebih memesona.

Harga Oppo Reno7 Terbaru

spek oppo reno7
spek oppo reno7

Kamu bisa mendapatkan ponsel ini secara online maupun offline. Berdasarkan website resminya, harga Oppo Reno7 terbaru adalah Rp5.199.000,00.

Harga ini adalah harga nasional, seluruh Indonesia. Di dalam kotak pembelian nanti, kamu akan mendapatkan HP Reno7, pengisi daya, kabel data USB, SIM ejektor, case pelindung, dan buku panduan.

Jika kamu tertarik beli, bisa langsung klik tombol di bawah ini. Kamu bisa cek harga Oppo Reno7 terbaru setiap bulannya.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno7

SpesifikasiOppo Reno7 4G
DesainFrame plastic Body belakang terbuat dari material Fiberglass-leather
Berat175 gram
Dimensi159.9 x 73.2 x 7.5 mm
Layar6.43 inci AMOLED Rasio Body ke layar 85.3% Corning Gorilla Glass 5 IPX4 RGB ring light sebaga lapisan lubang kamera
Resolusi1080 x 2400 piksel
ChipsetQualcomm Snapdragon 680 4G
GPUAdreno 610
RAM8GB
ROM256GB
OSAndroid 12 ColorOS 12.1
Kamera Belakang64 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.7µm, PDAF MP, f/3.3, (microscope)2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash HDR Panorama Gyro-EIS
Kamera Depan32 MP, f/2.4, 24mm (wide), 1/2.74″, 0.8µm
FiturPanorama HDR
BateraiLi-Po 4500 mAh, non-removable Fast charging 33W Reverse charging
WarnaCosmic Black Sunset Orange
HargaRp 5.199.000
Tabel spesifikasi Oppo Reno7 (Dok.Istimewa/Droila)

Setelah mengetahui spesifikasi dan harganya terkini, mari kita simpulkan kelebihan dan kekurangan Oppo Reno7.

Kekurangan

  1. Chipset masih kalah saing dengan harga sekelasnya
  2. Masih 4G
  3. Refresh rate masih 90Hz
  4. Harga kemahalan di segmen kelas menengah

Kelebihan

  1. Desain premium dan klasik
  2. Kapasitas internal besar
  3. Adanya fitur ekspansi RAM
  4. Fitur kamera selfie HDR

Review Oppo Reno7

oppo reno7 harga 2022
oppo reno7 harga 2022

Dilihat dari desainnya, HP Reno7 memang berhasil menampilkan tema retro. Lapisan kulit yang telah diuji coba ketahanannya membuatnya tampak premium. Apalagi desainnya yang tipis sehingga menambah keeksklusifannya.

Performa HP Oppo terbaru ini memang sudah kencang untuk penggunaan sehari-hari. Untuk main gim pun tidak mudah mengalami frame drop berkat fitur gamingnya.

Namun, chipset yang masih di bawah generasi 7 ini, tentu tidak dapat memainkan gim berat dengan maksimal. Kecuali jika kamu betah di settingan medium atau low.

Soal kamera, Oppo selalu memberikan inovasi terbaik. Hasilnya pun tidak akan mengecewakan. Kamera depan bisa menghasilkan foto HDR tentu sangat cocok bagi kamu yang suka selfie atau bikin konten video.

Secara garis besar, ponsel ini mampu memberikan berbagai macam fitur yang lengkap dan menarik. Harga 5 juta untuk HP 4G tentu terasa mahal. Kecuali jika kamu ingin lebih mengeksplore kamera dan suka dengan desain Oppo Reno7.

Nah, itulah ulasan kelebihan dan kekurangan Oppo Reno7. Semoga uraian spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like