Kelebihan dan Kekurangan Poco F3: Flagship Killer yang Cuma Rp 5 Jutaan!

Review Poco F3 (Android Authority)
Review Poco F3 (Android Authority)

Dilihat dari berbagai sisi, HP Xiaomi Poco F3 merupakan versi peningkatan dari Poco X3  NFC. Termasuk dalam hal harga. Lantas, bagaimana dengan komponen spesifikasinya? Nah, agar kamu lebih mengenali HP Flagship Killer terbaru ini, yuk cermati pula bagaimana kelebihan dan kekurangan Poco F3. Simak uraian berikut, ya.

Xiaomi meluncurkan Poco F3 secara global pada tanggal 22 Maret lalu. Bebarengan dengan saudaranya yang dijual lebih murah, yakni model Poco X3 Pro (review).

Memang, sub-brand Xiaomi ini sudah meluncurkan beberapa produk sejak pertama kali memperkenalkan Pocophone F1 pada tahun 2018. Hanya saja, jika menyebut penerusnya, Poco F3 adalah yang paling dekat dan layak disebut demikian.

Soalnya, perusahaan sudah menanamkan beberapa komponen canggih. Dengan harga yang begitu terjangkau. Ya, dua hal yang gagal dicapai oleh pendahulunya, yakni Poco F2 Pro (review).

Wajar kiranya jika HP Xiaomi terbaru ini melejit dan mencuri perhatian pasar. Kamu salah satunya? Eits, sebelum memutuskan untuk beli, kenali dulu yuk bagaimana spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Poco F3 berikut ini.

Kelebihan dan kekurangan Poco F3 (TechRadar)
Kelebihan dan kekurangan Poco F3 (TechRadar)

Spesifikasi Poco F3

Murah namun nggak murahan. Visi itu terus ditanamkan Xiaomi pada berbagai produk yang dikeluarkannya. Tak terkecuali pada Poco F3. Meskipun harganya setara dengan HP kelas menengah, sensasi dan performa yang ditawarkan setingkat dengan smartphone mewah!

Lebih lengkap, berikut ini uraian spesifikasi Poco F3 yang wajib kamu ketahui jika ingin beli.

Desain

spesifikasi Poco F3 (TechRadar)
spesifikasi Poco F3 (TechRadar)

Saat pertama kali memandang, kamu mungkin nggak akan percaya jika Poco F3 dijual dengan harga di bawah Rp5 juta. Desainnya begitu trendi serta dilapisi material mahal!

Di bagian punggung dan muka, perusahaan melapisinya dengan material kaca. Sesuatu yang cuma bisa kita temukan pada HP flagship.

Sementara itu di bagian pinggir atau kerangka menggunakan bahan plastik berkualitas tinggi. Alhasil, genggaman pun terasa lebih mantab dan sensasinya seperti metal!

Layar

Performa Poco F3 (TechRadar)
Performa Poco F3 (TechRadar)

Tak diragukan lagi, Poco F3 layak mendapat sorot perhatian saat ini. Bagian layar menggunakan panel AMOLED dengan lebar 6,67 inci. Ukuran yang cukup besar dan mencuri perhatian, bukan?

Tak hanya itu, grafis yang ditampilkan pun cukup cerah. Menurut penjelasan perusahaan, kecerahan warna bisa mencapai 1.300 nits.

Pula untuk grafis gaming, HP Poco murah ini menjanjikan hasil yang lebih mumpuni. Soalnya, layar Poco F3 mampu menghasilkan grafis dengan refresh rate 120Hz serta touch sampling rate 360Hz.

Kombinasi dari kedua capaian tersebut menjanjikan gambar yang lebih halus dan detail. Sedangkan tingkat touch sampling rate yang tinggi, bakal memanjakan para gamer. Soalnya membuat respon dari kontrol karakter lebih kencang!

Kamera

Kamera Poco F3 (Mi Indonesia)
Kamera Poco F3 (Mi Indonesia)

Tidak buruk, tapi tidak istimewa juga. Kesan itulah yang didapat penulis ketika mencicipi performa kamera Poco F3. Standar performa kamera dari HP yang dijual di bawah Rp5 juta.

Di bagian belakang, kamu akan menemukan konfigurasi tiga kamera. Dibungkus modul yang bentuknya mirip Mi 11, ketiga kamera Poco F3 memiliki kemampuan 48 lensa wide PDAF, 8MP lensa ultra lebar, serta 5MP lensa telemakro.

Sementara itu, kamera depan dibungkus punch-hole yang terletak di bagian tengah layar. Tenang aja, ukuran punch-hole sudah diperhitungkan sehingga nggak mengganggu tampilan, kok. Nah, kamera selfie Poco F3 memiliki kemampuan 20MP lensa wide.

Fitur-fitur fotografi HP yang canggih juga sudah ditanamkan perusahaan. Antara lain fitur Nigh Mode 2.0, One-click AI Cinema, Mode Selfie Night, dan Bingkai Film. Jadi, jangan kaget jika perangkat ini bisa kamu pakai untuk berbagai kondisi dan kebutuhan, ya.

Dapur Pacu

Layar Poco F3 (Mi Indonesia)
Layar Poco F3 (Mi Indonesia)

Banyak pengamat teknologi yang sepakat bahwa chipset Qualcomm Snapdragon 870 merupakan chipset kedua yang paling bertenaga di pasar saat ini. Performanya di bawah persis dari Snapdragon 888.

Dan chipset itulah yang dipakai Xiaomi upada perangkat ini. Beruntungnya, chipset ini sudah mendukung teknologi 5G. Sehingga memudahkan pengguna jika nanti koneksi internet anyar ini sudah masuk di Indonesia, bukan?

Begitu perangkat diaktifkan, Poco F3 sudah menjalankan sistem operasi Android 11. Masih ada lapisan MIUI 12 for Poco yang dirancang khusus untuk memaksimalkan performa perangkat.

Harga Poco F3 Terbaru

Desain Poco F3 (TechRadar)_
Desain Poco F3 (TechRadar)_

Tanpa gegap gempita maupun perayaaan berlebihan. Begitu saja perangkat ini meluncur ke pasar Indonesia. Dan saat pertama kali dijual pada bulan April lalu, Poco F3 5G langsung jadi incaran banyak pengguna.

Terdapat dua pilihan warna yang bisa kamu bawa pulang. Yakni warna Arctic White dan Deep Ocean Blue. Sementara itu, HP Xiaomi terbaru ini hadir dalam dua pilihan penyimpanan.

Varian pertama memiliki Ram 6GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 128GB. Mengutip situs resmi Xiaomi Indonesia, harganya dibanderol Rp4,999 juta saja. Sedangkan varian kedua memiliki RAM 8GB serta memori 256GB dan dijual Rp5,499 juta.

Tertarik memiliki? Kamu bisa langsung mengklik tautan di atas yang akan mengarahkanmu menuju toko resmi. Atau, jika kamu ingin mencari harga yang lebih murah, bisa kok cek harga Poco F3 lewat salah satu toko online di bawah ini. Cek langsung aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Poco F3 5G

Spesifikasi lengkap Poco F3 (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Poco F3 (Dok.Istimewa Droila)

Hadir dengan performa berkelas dunia, layar yang cerah banget dan mampu menghasilkan grafis tajam, Poco F3 mungkin bakal jadi salah satu HP yang paling diburu tahun ini. Tapi, bukan berarti ponsel anyar ini hadir tanpa kelemahan.

Berdasarkan uji coba penulis, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Poco F3 yang patut kamu ketahui. Sehingga, kamu tidak akan merasa kecewa ketika sudah membelinya nanti. Cekidot, cuy.

Kekurangan

  • Banyak iklan dari MIUI 12
  • Performa kamera biasa saja
  • Tanpa dukungan pengisian daya nirkabel
  • Tanpa dilapisi sertifikat anti debu atau percikan air
Kapasitas baterai Poco F3 (Mi Indonesia)
Kapasitas baterai Poco F3 (Mi Indonesia)

Kelebihan

  • Desain mengagumkan dengan material berkelas
  • Layar AMOLED yang hasilnya menawan, punya refresh rate 120Hz
  • Daya tahan baterai panjang serta didukung teknologi pengisian daya cepat
  • Konektivitas 5G
  • Harga bersaing dan cukup menguntungkan

Review Poco F3: Pilihan Terbaik Kalo Kamu Pengin HP Berkualitas yang Murah

Harga Poco F3 (Mi Indonesia)
Harga Poco F3 (Mi Indonesia)

Performa dan tampilan kini sudah mulai diperhatikan oleh para pengguna HP Android. Bisa dilihat dari upaya perusahaan yang terus berinovasi di bidang tampilan perangkat.

Dan untuk kedua hal itu, Poco F3 menawarkan banyak keunggulan dibanding HP lain di kelasnya.Untuk HP dengan harga 5 jutaan, Xiaomi pun cukup berani menawarkan chipset Snapdragon 870. Satu hal yang perlu diapresiasi.

Ya, sekali lagi, Xiaomi berhasil membuktikan bahwa HP berkualitas dan mewah tidak perlu mahal. Cukup dengan budget Rp5 jutaan aja, kamu sudah bisa mendapatkan semua hal itu!

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Poco F3. Setelah membaca artikel ini, semoga kamu semakin mantab dalam menentukan pilihan, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like