BerandaGadgets7 Kelebihan dan Kekurangan Poco F4: Fitur Flagship Harga Midrange

7 Kelebihan dan Kekurangan Poco F4: Fitur Flagship Harga Midrange

Poco F4 rilis secara global pada 27 Juni 2022. Di Indonesia, ponsel ini dibanderol dengan harga 5 jutaan. Ponsel ini dianggap ponsel gaming terbaik 2022. Tak heran jika banyak yang mencari kelebihan dan kekurangan Poco F4.

Seri Poco memang terkenal memiliki spek yang mumpuni untuk memainkan game. Seri sebelumnya, Poco F3 telah meraik kesuksesan karena mampu memainkan gim berat, seperti Genshin Impact dengan lancar. Lalu bagaimana dengan Poco F4? Mari kita ulas lebih saksama Bersama Droila.

Spesifikasi Poco F4

HP gaming pasti memiliki spesifikasi yang tinggi. Tak heran jika mampu memenuhi kebutuhan gawai konsumen, baik digunakan untuk bekerja maupun main gim. Berikut ulasan spesifikasi lengkapnya.

Desain dan Layar

HP Poco F4 5G
HP Poco F4 5G

Seperti kebanyakan ponsel masa kini, Poco F4 menggunakan desain flat. Namun keempat sikunya masih dibuat melengkung agar tetap nyaman saat digenggam. Dari depan, besel tampak titis. Kamera depan menggunakan desain punch hole.

Ada tiga varian warna: Moonlight Silver, Nebula Green, dan Night Black. Ponsel ini memiliki ketebalan yang paling tipis dibanding semua ponsel Xiaomi. Ukuran dimensinya 163,2 x 75,95 x 7,7 mm. Beratnya pun hanya 195 gram.

Di bagian belakang ponsel ini akan tampak modul kamera yang berbeda dengan seri sebelumnya. Penutup belakangnya pun menggunakan material kaca. Namun, bingkainya masih menggunakan polikarbonat. Finishingnya dibuat gradasi sehingga tampak berkilau dari sudut pandang tertentu.

Ponsel ini sudah mendukung jaringan 5G. Slot SIM-nya mendukung dual nano SIM. Namun, tidak ada slot untuk micro-SD. Sensor fingerprint diletakkan di bagian sisi kanan menyatu dengan tombol daya. Di sisi atas dan bawah akan ada dual speaker yang mendukung Dolby Atmos.

Poco F4 menggunakan layar AMOLED dengan lebar 6,67 inci. Layar ini mampu menampilkan grafik Full HD+ beresolusi 2400 x 1080 piksel. Grafik yang ditampilkan cukup tajam. Ia mampu menampilkan warna yang akurat. Kecerahan yang ditampilkan maksimal 1300 nits.

Pergerakan layar ponsel ini sangat mulus berkat refresh rate 120Hz. Sementara untuk touch sampling rate mencapai 350Hz. Tentu saja kamu bisa memilihnya sesuai keinginanmu.

Keamanan ponsel ini juga diperhatikan. Layarnya dilapisi Gorilla Glass 5 sehingga tahan goresan. Sementara bodinya sudah mendapat sertifikat IP53. Namun, ia hanya tahan terhadap percikan air dan debu.

Performa dan Chipset

Spesifikasi dan harga Poco F4 5G
Spesifikasi dan harga Poco F4 5G

Poco F4 sudah menggunakan sistem operasional Android 12. Tampilannya makin modern dengan MIUI 13 for POCO. Fitur NFC dan infrared juga mendukung sehingga dapat mempermudah aktivitas sehari-hari.

Performanya cukup bisa diandalkan berkat chipset Snapdragon 870 5G (7nm). CPU Octa-core yang digunakan memiliki kecepatan hingga 3,2GHz. GPU Andreno 650 turut mendukung performa ponsel ini sehingga tampilannya tetap memukau.

Ponsel ini tidak cepat panas berkat teknologi Liquid Cooling 2.0. Dengan struktur peredam panas grafit tujuh lapis, chip akan tetap dingin dan stabil. Saat digunakan untuk main gim selama beberapa menit, akan terasa hangat.

HP gaming murah ini memiliki dua seri berdasarkan kapasitasnya. Ada yang RAM 6GB dengan kapasitas internal 128GB. Adapula RAM 8GB dengan kapasitas internal 256GB. Karena tidak mendukung penambahan memori eksternal, kamu harus memilih kapasitas memori sesuai kebutuhanmu.

Ponsel ini dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh. Fitur fast charging 67W menjadi salah satu kelebihanny. Untuk mengisi daya 100 persen, kamu hanya butuh waktu 38 menit. Daya tahan baterainya cukup bisa diandalkan untuk beraktivitas seharian dengan penggunaan normal.

Jika dilihat dari berbagai aspek, performa Poco F4 memang mumpuni untuk beraktivitas. Memainkan gim berat saja lancar, apalagi jika digunakan untuk memainkan gim ringan. Kecepatan prosesornya juga mumpuni untuk multitasking sehingga untuk bekerja pun masih rekomended.

Kamera

Spesifikasi Poco F4 5G
Spesifikasi Poco F4 5G

HP Xiaomi terbaru ini menggunakan tiga macam kamera belakang. Kamera utamanya 64MP dan sudah dilengkapi OIS. Tak lupa fitur autofokus juga disematkan. Kamera keduanya adalah kamera ultrawide 8MP. Kamera makro menjadi kamera pelengkap yang memiliki resolusi 2MP.

Kamera belakang ini mampu merekam video dengan resolusi hingga 4K di 60 fps. Tentu saja ini hal yang menarik mengingat tidak banyak ponsel yang bisa merekam kualitas ini di 60 fps, kecuali HP flagship yang harganya di atas 10 juta.

Kamera depanny pun bisa diandalkan. Ia memiliki resolusi 20MP. Swafoto pun terlihat jelas dan berkualitas. Untuk perekaman video, kamera ini bisa merekam dengan kualitas hingga 1080p di 30 fps.

Harga Poco F4

Harga Poco F4 5G
Harga Poco F4 5G

Berdasarkan website resminya, harga Poco F4 6GB+128GB adalah Rp5.199.000,00. Sementara yang kapasitas 8GB+256GB harganya Rp5.699.000,00. Beda yang tak terlalu jauh ini tentu akan membuat orang lebih memilih variasi 8GB+256GB.

Dalam boks pembeliannya nanti, kamu akan mendapatkan satu unit Poco F4. Selain itu, ada juga adaptor 67W, kabel USB tipe C, case pelindung, kartu garansi, SIM ejektor, dan buku panduan. Satu lagi, ada adaptor headphone yang berfungsi menghubungkan HP dengan headphone berkabel.

Tertarik beli? Nggak perlu pindah ke lain tempat. Tim Droila sudah siapkan tombol yang akan mengarahkanmu ke sejumlah toko online. Sehingga kamu bisa cek harga Poco F4 terbaru setiap saat.



Kelebihan dan Kekurangan Poco F4

SpesifikasiPoco F4
DesainFrame plastik
Body plastik
Berat195 gram
Dimensi163.2 x 76 x 7.7 mm
Layar6.67 inci
AMOLED
Rasio body ke layar 86.6%
Corning Gorilla Glass 5
IP53 anti debu dan percikan air
Resolusi1080 x 2400 piksel
HDR10+
Refresh rate 120Hz
Dolby Vision
ChipsetQualcomm Snapdragon 870 5G
GPUAdreno 650
RAM6GB
8GB
ROM128GB
256GB
OSAndroid 12
MIUI 13 for POCO
Kamera Belakang64 MP, f/1.8, (wide) 1/2.0″, 0.7µm, PDAF, OIS
8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm
2 MP, f/2.4, (macro)
FiturLED flash
HDR
Panorama
Video [email protected]/60fps
Kamera Depan20 MP, f/2.5, (wide), 1/3.06″, 1.0µm
FiturVideo [email protected]
BateraiLi-Po 4500 mAh, non-removable
Fast charging 67W, 100% in 38 min (advertised)
Power Delivery 3.0
Quick Charge 3+
WarnaMoonlight Silver
Night Black
Nebula Green
HargaRp 5.199.000 (6GB/128GB)
Rp 5.699.000 (8GB/256GB)
Tabel spesifikasi lengkap Poco F4 5G (Dok.Istimewa/Droila)

Ponsel ini memang memiliki spesifikasi yang tinggi. Namun, kami merangkum kelebihan dan kekurangan Poco F4 agar kamu memiliki gambaran lebih jelas.

Kekurangan

  1. Tidak memiliki slot micro-SD.
  2. Kapasitas baterai masih di bawah 5.000 mAh.
  3. Sensor sidik jari belum in display.

Kelebihan

  1. Desain kekinian
  2. Kualitas layar superior
  3. Performa stabil dan kencang
  4. Kamera berkualitas

Review Poco F4

Review poco f4 5g
Review poco f4 5g

Banyak fitur-fitur HP flagship yang disematkan pada ponsel ini. Dengan harga 5 jutaan, memasarkan ponsel ini tentu tak akan sulit. Fitur-fiturnya memang mendukung untuk main gim apa pun. Apalagi jika kamu bukan gamers, menjalankan berbagai macam aplikasi tentu bukan hambatan.

Dibandingkan pesaingnya, Realme GT Neo 3T, ponsel ini memiliki kemampuan kamera yang lebih andal. Namun, Realme GT Neo 3T memiliki fingerprint yang diletakkan di dalam layar. Selain itu, pengisian dayanya juga lebih besar.

Apa pun alasannya, ponsel ini memang layak dibeli. Baik untuk sekolah, kerja, fotografi, dan main gim.

Sekian ulasan spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Poco F4. Semoga penjelasan kelebihan dan kekurangan HP Android terbaru di atas bisa membantumu, ya.

Rate this post
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik