Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 Pro: Sambut Calon Jawara Kelas Menengah?

Kelebihan dan kekurangan Poco X3 Pro (Smartprix)
Kelebihan dan kekurangan Poco X3 Pro (Smartprix)

Setelah sebelumnya diluncurkan di India pada bulan Maret, Xiaomi Indonesia akhirnya memperkenalkan seri Poco X3 Pro untuk penggemar tanah air. Lalu, akankah HP flagship killer ini mengulang kesuksesan pendahulunya? Yuk simak uraian kelebihan dan kekurangan Poco X3 Pro di bawah ini.

Secara posisi, Poco X3 Pro merupakan penerus Poco F1. Tapi, secara spesifikasi, HP terbaru keluaran Xiaomi ini menjadi pengganti Poco X3 di pasaran.

Maka, seperti pendahulunya, Poco X3 Pro hadir sebagai perangkat yang berorientasi pada performa. Artinya, pengguna yang doyan gaming pun dijamin lebih puas selama memanfaatkan Poco X3 Pro.

Tapi, di tengah pilihan HP Xiaomi yang makin beragam, bagaimana performa Poco X3 Pro secara keseluruhan? Akankah perangkat ini sukses meneruskan seri Poco F1 sebagai HP flagship killer?

Menurut rencana, Xiaomi bakal meluncurkan produk ini pada 22 April. Namun, beruntungnya, kini kita sudah bisa membaca ulasan terkait Poco X3 Pro dari situs asal India.

Nah, agar kamu lebih mengenali perangkat ini, tim Droila sudah siapkan uraian seputara X3 Pro. Mulai dari spesifikasi, harga di Indonesia, review, hingga kelebihan dan kekurangan. Penasaran?

HP Poco X3 NFC (Smartprix)
HP Poco X3 NFC (Smartprix)

Spesifikasi Poco X3 Pro

Dari segi tampilan, Poco X3 Pro mirip dengan varian Poco X3 NFC (review). Begitu pula dalam hal dimensi perangkat dan desain. Artinya, Poco X3 Pro bakal memiliki bobot yang lebih ringan ketimbang varian Poco X3.

Sayang, untuk ukuran smartphone flagship killer, Poco X3 Pro dilapisi material polycarbonate. Di bagian punggung maupun frame. Akan tetapi, polesan finishing metalik menjadikannya begitu mengkilap. Sehingga kesan yang terpancar jadi lebih premium dan elegan.

Di bagian punggung, kamu akan menemukan ikon POCO yang dicetak berukuran besar. Tak hanya itu, terdapat modul berbentuk lingkaran yang menjadi wadah dari empat kamera.

Kamera belakang Poco X3 Pro (Smartprix)
Kamera belakang Poco X3 Pro (Smartprix)

Keempat kamera Poco X3 Pro masing-masing memiliki kemampuan 48MP lensa wide PDAF, 8MP lensa ultra lebar, 2MP sensor makro, serta 2MP sensor kedalaman. Ya, tampaknya Poco benar-benar memfokuskan produk terbarunya ini untuk kebutuhan gaming saja. Sehingga komponen kamera pun tak mendapat perhatian maupun peningkatan.

Membalik perangkat, HP flagship killer Xiaomi ini dilapisi panel IPS LCD. Perlu dicatat, bukan Super AMOLED –seperti yang dipakai perusahaan untuk layar Redmi Note 10 series (review). Tapi, soal performa, layar berukuran 6,67 inci milik Poco X3 Pro mampu menghasilkan grafis berkemampuan 1080 x 2400 piksel serta refresh rate 120Hz.

Performa gaming Poco X3 Pro (Smartprix)
Performa gaming Poco X3 Pro (Smartprix)

Tak hanya itu, layar bisa lebih aman berkat perlindungan Corning Gorilla Glass 6. Sedangkan untuk kamera depan, disimpan pada lubang punch-hole yang terletak di tengah. Sama seperti kamera belakang, tak ada yang istimewa dari kamera depan. Hanya menggunakan lensa 20MP saja.

Fitur penting lain yang juga kerap jadi perhatian adalah daya tahan. Pada perangkat ini, perusahaan sudah menanamkan baterai berkapasitas 5160 mAh. Baterai tersebut juga didukung fitur pengisian daya cepat 33W. Menurut iklan, kamu bisa mengisi 0-59 persen dalam waktu 30 menit saja!

Harga Poco X3 Pro

spesifikasi Poco X3 Pro (Smartprix)
spesifikasi Poco X3 Pro (Smartprix)

Harus dicatat, ponsel ini belum dijual resmi oleh Xiaomi Indonesia. Baru diperkenalkan saja. Sedangkan pengumumannya sendiri rencananya bakal diselenggarakan pada malam nanti, 22 April.

Beruntungnya, perusahaan sudah membagikan harga Poco X3 Pro lewat beberapa media. Mengutip keterangan pada Detik, HP Poco X3 Pro bakal dijual dalam dua pilihan harga.

Yakni  Rp3,599 juta untuk RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Selain itu juga masih ada varian RAM 8GB dengan memori 256GB yang dijual Rp4,099 juta.

Tertarik untuk beli? Tenang, kamu bisa langsung cek harga Poco X3 Pro pada beberapa situs online. Untuk mempersingkat pencarian, berikut ini pilihan harga Poco X3 Pro dari beberapa toko online di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Poco X3 Pro

Spek detail Poco X3 Pro (Dok.Istimewa Droila)
Spek detail Poco X3 Pro (Dok.Istimewa Droila)

Penulis mengakui bahwa Poco cukup berani dalam menawarkan produk terbarunya. Bagaimana tidak, untuk ukuran HP yang didukung performa Snapdragon 860, harganya cuma dibanderol Rp 3 jutaan aja! Maka dari itu, penulis memperkirakan kalo Poco X3 Pro bakal menjadi salah satu HP yang paling banyak dicari.

Hanya saja, pemahamanmu bakal terasa kurang jika hanya mengenali kelebihan. Oleh karena itu, penting kiranya untuk juga memahami bagaimana kekurangan ponsel ini. Untuk itu, simak uraian kelebihan dan kekurangan Poco X3 Pro di bawah ini.

Kekurangan

  • Bagian kustom ROM masih harus ditingkatkan
  • Tebal dan cukup berat
  • Grafis yang dihasilkan nggak terlalu menawan –efek IPS LCD
Desain layar Poxo X3 Pro (Smartprix)
Desain layar Poxo X3 Pro (Smartprix)

Kelebihan

  • Performa gaming memuaskan
  • Refresh rate 120Hz
  • Daya tahan baterai cukup panjang
  • Slot kartu SD
  • Hasil pemotretan ketika siang haris cukup memuaskan

Review Poco X3 Pro: Beli Nggak, Nih?

Desain punggung Poco X3 Pro (Smartprix)
Desain punggung Poco X3 Pro (Smartprix)

Hingga saat ini, pasar HP harga Rp 3 jutaan merupakan salah satu lini yang paling cepat berkebang. Kini kita sudah bisa menemukan beragam pilihan dari produk yang mengisi segmen tersebut.

Nah, di tengah pilihan yang begitu banyak, apakah X3 Pro bakal sukses mencari perhatian? Menurut pendapat penulis, potensi tersebut cukup besar.

Bagaimapun, ini adalah perangkat yang diluncurkan untuk menyasar kelas menengah yang doyan gaming. Menggunakan Poco X3 Pro, kamu bisa lebih leluasa ketika memainkan game berat seperti PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang Bang, hingga Genshin Impact.

Dan saat membandingkan Poco X3 Pro dengan HP tiga jutaan lain, produk ini kemungkinan bakal jadi yang paling menonjol. Ingat, Poco X3 Pro cuma dijual Rp3 jutaan aja,  lho! Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk membelinya, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like