Kelebihan dan Kekurangan Realme 7: HP Murah yang Masih Bagus untuk Saat Ini

Kelebihan dan kekurangan Realme 7 (ExpertsReview)
Kelebihan dan kekurangan Realme 7 (ExpertsReview)

Realme 7 adalah HP kelas menengah yang diluncurkan tahun 2020. Akankah masih relevan dan kompetitif dengan produk terkini? Sebelum beli, simak dulu uraian seputar review, spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Realme 7 di bawah ini.

Dalam hal produktivitas, Realme menjadi salah satu yang terdepan. Dalam waktu lima tahun sejak pertama kali diluncurkan, perusahaan sudah memiliki sejumlah ponsel unggulan. Bahkan, Realme series pun sudah mencapai model 8!

Tak hanya itu, perusahaan yang bermarkas di Shenzhen ini sekarang juga memiliki sejumlah seri HP untuk berbagai segmen. Mulai dari entry-level, hingga flagship. Dan semuanya menawarkan nilai yang serupa: murah tapi nggak murahan!

Nah, kali ini, tim Droila sudah menyiapkan ulasan terlengkap mengenai salah satu HP kelas menengah unggulan Realme. Yakni seri Realme 7. Mau tahu bagaimana performa perangkat ini? Lalu, apakah masih relevan jika dibeli saat ini?

Simak informasi terlengkap mengenai spesifikasi, harga, review, kelebihan dan kekurangan Realme 7. Langsung cek aja, ya.

Desain Realme 7 (Smartprix)
Desain Realme 7 (Smartprix)

Spesifikasi Realme 7

Untuk ukuran HP keluaran 2020, Realme 7 sudah dibekali berbagai pembaruan dan teknologi canggih. Mulai dari chipset gaming bertenaga tinggi, efisiensi daya yang bikin baterai lebih hemat, hingga konfigurasi kamera yang memanjakan pengguna.

Lebih lengkap, yuk kenali terlebih dulu gimana komponen dan spesifikasi Realme 7.

Desain

Kecanggihan yang terbalut dengan nuansa sederhana. Itulah kesan yang penulis sdapat begitu memegang perangkat ini. Lapisan warna gradasi dari terang ke gelap membuat tampilan perangkat pun lebih mencuri perhatian.

Memang, bobot perangkat terbilang berat. Tapi, bukan tanpa sebab. Penggunaan baterai berkapasitas 5.000 mAh tentu memakan ruang dalam jumlah besar. Sehingga, baiknya sih jangan gunakan perangkat ini untuk jangka waktu yang panjang. Bisa bikin kamu mudah pegal!

Seperti umumnya HP kelas menengah, bagian punggung dilapisi material plastic. Terdapat modul berbentuk persegi panjang yang diisi kamera disusun vertikal.

Kamera Realme 7 (ExpertsReview)
Kamera Realme 7 (ExpertsReview)

Layar

Di kelasnya, Realme 7 menawarkan teknologi terdepan. Bahkan, HP Realme murah ini menjadi ponsel mid-end pertama yang mampu menghasilkan grafis dengan refresh rate 90Hz.

Padahal, komponen yang ditanamkan pun tak jauh berbeda dengan ponsel kompetitor. Seperti IPS LCD dengan lebar 6,5 inci, lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3, serta rasio body ke layar 83,4%. Tak jauh berbeda, bukan?

Keunggulan tersebut tentu saja bisa dicapai berkat penerapan chipset berperforma tinggi. Didukung dengan teknologi khas Realme, pengalaman pengguna pun bisa lebih optimal meski HP cuma dibanderol Rp 3 jutaan.

Review Realme 7 (ExpertReview)
Review Realme 7 (ExpertReview)

Dapur Pacu

Inilah komponen penting yang membuat Realme 7 lebih bertenaga. Bahkan, jika kita membandingkan Realme 7 dengan sejumlah HP harga 3 jutaan terbaru, performanya masih berani diadu!

Perusahaan memilih chipset MediaTek Helio G95 sebagai dapur pacu perangkat ini. Tersusun atas CPU yang memiliki delapan inti pemrosesan serta GPU Mali-G75 MC4. Membuat performa serta grafis yang dihasilkan lebih mengagumkan.

Menurut hasil uji coba penulis, Realme 7 masih mampu menghasilkan grafis berkualitas tinggi saat dipakai untuk memainkan game berat. Bahkan, ketika memakainya untuk main game PUBG Mobile, kamu bisa mengaktifkan grafis Balance dengan frame rate Ultra!

Keunggulan Realme 7 (Smartprix)
Keunggulan Realme 7 (Smartprix)

Kamera

Harus diakui, kamera menjadi salah satu komponen penting bagi para calon pembeli HP Android saat ini. Dan mengikuti tren tersebut, perusahaan juga menanamkan konfigurasi dengan spesifikasi terdepan.

Kamera belakang terdiri atas empat lensa yang dibungkus modul berbentuk persegi panjang. Kamera utama menggunakan sensor kepunyaan Samsung, yakni ISOCELL Bright GW1 berkemampuan 64MP lensa jenis wide.

Sedangkan ketiga lensa lainnya memiliki kemampuan 8MP lensa ultrawide, 2MP lensa makro, dan 2MP sensor kedalaman. Fitur fotografi yang bisa kamu gunakan antara lain Starry Mode, Mode 64MP, serta dukungan video stabilization UIS dan UIS Max.

Untuk kamera depan dibungkus punch-hole yang terletak di pojok kanan atas dari layar. Kamera ini memiliki kemampuan 16MP serta mampu mengaktifkan Mode Panorama.

Harga Realme 7

Spesifikasi dan harga Realme 7 (ExpertsReview)
Spesifikasi dan harga Realme 7 (ExpertsReview)

Saat pertama kali diluncurkan, harga Realme 7 tergolong tinggi. Mengutip Kontan, harga HP kelas menengah ini dibanderol hingga Rp 3,999 juta. Tapi, itu adalah harga satu tahun yang lalu. Kini, distributor resmi Realme Indonesia sudah menurunkan harga Realme 7.

Mengutip situs resmi Realme Indonesia harga Realme 7 terbaru dibanderol Rp 3,399 juta. Dan beruntungnya, harga yang jauh lebih miring penulis temukan di sejumlah toko online.

Tertarik membeli? Cek dulu harga terupdate Realme 7 di pasaran lewat salah satu tombol di bawah ini, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 7

Spek lengkap Realme 7 (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Realme 7 (Dok.Istimewa Droila)

Jika kita membandingkan Realme 7 dengan HP keluaran terkini, tentu akan ada banyak kekurangan yang ditemukan. Oleh karena itu, agar seimbang, penulis pun menggunakan tolak ukur teknologi tahun lalu.

Lebih lengkap, begini kelebihan dan kekurangan Realme 7.

Kekurangan

  • Tanpa perlindungan anti percikan air -padahal Realme 6 sudah dibekali sertifikat ini
  • Hasil rekaman layar menggunakan kamera ultrawide kualitasnya biasa saja
  • Hasil kamera selfie tidak terlalu mengagumkan

Kelebihan

  • Refresh rate 90Hz
  • Performa perangkat bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan
  • Daya tahan baterai panjang
  • Konfigurasi kamera utama mampu menghasilkan jepretan yang memuaskan

Review Realme 7: Cukup Bertenaga, Tapi Silap Dalam Persaingan

Harga Realme 7 (ExpertsReview)
Harga Realme 7 (ExpertsReview)

Kini, sudah ada lebih banyak pilihan HP dengan performa tinggi yang harganya jauh lebih murah. Contohnya seperti Redmi 10, Redmi Note 10, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, Realme juga memiliki produk lain yang malah berkompetisi langsung dengan seri ini. Seperti Realme 8 5G, Realme Narzo 20 Pro, serta Realme 8.

Maka, wajar kiranya jika Realme 7 seperti lenyap dari peredaran. Jarang dibicarakan dan dilirik oleh pasar yang lebih luas.

Memang, jika membicarakan performa dan spesifikasi, Realme 7 terbilang kompetitif. Desain perangkat pun tetap terlihat trendi -sesuai tren terkini.

Tapi, sekali lagi, ada lebih banyak HP Android dengan spesifikasi sejenis dan harga yang lebih miring. Maka, untuk keputusan akhir, tentu saja penulis kembalikan kepada pembaca. Yeay or Nay?

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 7. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda dalam mengambil keputusan sebelum beli perangkat ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like