Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 5G: Pilihan Awal Menarik Kalo Kamu Pengin Koneksi 5G Murah

Layar Realme 8 5G (91mobiles)
Layar Realme 8 5G (91mobiles)

Dan persaingan HP 5G pun resmi dimulai. Sejak Telkomsel mengumumkan bahwa produknya sudah mendukung teknologi koneksi internet terbaru ini, berbondong-bondong OEM turut merilis andalannya. Tak terkecuali Realme melalui Realme 8 5G. Lantas, apa yang jadi keunggulan ponsel ini? Lebih lengkap, yuk simak kelebihan dan kekurangan Realme 8 5G di bawah.

Awalnya, Realme hanya meluncurkan dua seri saja untuk mengisi model Realme 8. Yakni Realme 8 dan Realme 8 Pro. Dan seperti kita tahu, kedua perangkat diluncurkan untuk mengisi kompetisi di dua kelas yang berbeda.

Seiring peluncuran dan penjualan pertama produk unggulan Realme ini, muncul rumor lain yang menyebutkan bahwa perusahaan hendak memperkenalkan varian anyar dari model tersebut. Saat itu, banyak pihak menyebutkan bahwa model anyar ini akan dibekali teknologi koneksi internet 5G.

Kini, rumor tersebut tak lagi jadi rumor. Sudah terbukti melalui peluncuran seri Realme 8 5G beberapa hari lalu. Dan seperti biasa, Realme menghadirkan teknologi terkini dengan harga menarik. Cuma 3 jutaan aja, kamu bisa dapat HP dengan koneksi internet 5G!

Tertarik memiliki? Baca dulu berbagai informasi yang perlu kamu ketahui mengenai HP Realme terbaru yang sudah dirangkum tim Droila dari berbagai sumber berikut ini. Mulai dari spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Realme 8 5G. Langsung cekidot aja, ya.

spesifikasi Realme 8 5G (Realme Indonesia)
spesifikasi Realme 8 5G (Realme Indonesia)

Spek Lengkap Realme 8 5G

Pekan lalu, Realme Indonesia mengumumkan rencananya sebagai bentuk tanggapan atas kehadiran teknologi koneksi internet 5G di Indonesia. Dan dalam pengumuman tersebut, Realme Indonesia menyatakan niatannya untuk dalam menghadirkan ponsel 5G murah.

Benar saja. Kini ponsel itu sudah hadir di tengah kita. Diberi nama Realme 8 5G, HP Realme terbaru ini sudah dibekali koneksi internet 5G. Tak hanya itu, perusahaan cuma menjualnya Rp 3 jutaan aja!

Lantas, bagaimana bagian jeroan HP 5G murah ini? Jika tertarik membeli, simak uraian spesifikasi lengkap Realme 8 5G berikut ini, Gan.

Desain

Sekali lagi, Realme meluncurkan HP dengan desain yang sama seperti beberapa seri lain bikinannya. Dan jika diperhatikan dengan seksama, perbedaan desain antara Realme 8, 8 Pro, dan 8 5G tidaklah begitu kentara!

Sama seperti dua saudaranya, Realme 8 5G dirancang berukuran tipis dan nyaman digenggam. Tanpa gradasi yang mengkilap. Pula pilihan warna yang mencolok.

Bagian belakang dilapisi material polycarbonate. Membuatnya begitu licin di genggaman –kendala yang bisa kamu atasi dengan soft maupun hard case. Dan masih di bagian belakang, terdapat modul yang membungkus empat kamera utama. Modul ini berukuran sedikit lebih panjang ketimbang dua varian lainnya.

Spek layar Realme 8 5G (Realme Indonesia)
Spek layar Realme 8 5G (Realme Indonesia)

Layar

Seperti HP kelas menengah lain, Realme masih mengandalkan panel IPS LCD pada perangkatnya ini. Panel untuk layar depan ini memiliki lebar 6,5 inci. Tak begitu lebar, maupun kecil untuk ukuran ponsel terkini.

Beruntungnya, layar Realme 8 5G mampu menghasilkan grafis tingkat tinggi. Mengutip keterangan pada situs resmi Realme Indonesia, layar HP 5G murah ini mampu menghasilkan grafis dengan resolusi 1080 x 2400 piksel.

Tak hanya itu, grafis yang dihasilkan juga memiliki refresh rate 90Hz. Alhasil, gambar game maupun aplikasi bisa dihasilkan lebih detail lewat perangkat ini.

Tentu menjadi kelebihan yang bakal memanjakan kamu yang punya hobi gaming, bukan?

Kamera Realme 8 5G (91mobiles)
Kamera Realme 8 5G (91mobiles)

Kamera

Sayang, Realme cuma membekali ponsel anyarnya ini dengan konfigurasi tiga kamera belakang saja. Satu komponen yang tentu membuat banyak calon pembeli harus memikirkan masak. Apalagi buat kamu yang doyan fotografi!

Di dalam modul berbentuk persegi panjang, kamu akan menemukan konfiurasi tiga kamera. Masing-masing memiliki kemampuan 48MP lensa wide PDAF, 2MP lensa makro, serta 2MP sensor kedalaman.

Fitur-fitur pendukung yang bakal kamu dapatkan seperti LED Flash, MODE HDR< dan Mode Panorama.

Sementara itu, kamera depan dibungkus lubang punch-hole dan terletak di pojok kiri atas pada layar. Kamera depan Realme 8 5G memiliki kemampuan 16MP sensor wide. Beruntungnya, kamera depan ini sudah dibekali Mode HDR. Sehingga, kamu bisa lebih bebas mendapatkan hasil jepretan berkualitas tinggi.

Desain Realme 8 5G (Smartprix)
Desain Realme 8 5G (Smartprix)

Dapur Pacu

Sektor dapur pacu wajib diapresiasi. Pada bagian ini, kita bisa melihat upaya perusahaan dalam menghadirkan ponsel canggih dengan harga yang nggak tinggi.

Untuk menghadirkan teknologi koneksi internet 5G ke lebih banyak pengguna smartphone, Realme mengandalkan chipset anyar MedeiaTek Dimensity 700 5G. System on Chipset ini memiliki delapan inti pemrosesan dengan GPU Mali-G57.

Di bagian penyimpanan, kamu pun bisa lebih leluasa. Soalnya, Realme 8 5G juga didukung RAM 8GB dengan penyimpanan internat 128GB. Sehingga, kamu bisa lebih bebas menginstall banyak aplikasi. Pula, kamu nggak perlu khawatir kehabisan memori internal!

Harga Realme 8 5G di Indonesia

Tampilan belakang Realme 8 5G (Smartprix)
Tampilan belakang Realme 8 5G (Smartprix)

Melihat harga serta keunggulan yang ditawarkan, bisa diperkirakan jika Realme 8 5G bakal menjadi salah satu ponsel yang diburu tahun ini. Apalagi, perusahaan turut menawarkan beragam peningkatan di bagian performa. Tentu sayang jika sampai dilewatkan, bukan?

Lantas, bagaimana harga Realme 8 5G di Indonesia? Di atas,penulis sudah sedikit memberikan bocoran, lho. Ya, mengutip website resmi Realme Indonesia, harga Realme 8 5G kini dibanderol Rp 3,199 juta saja.

Tawaran yang cukup menguntungkan jika kamu pengin ganti HP koneksi 5G tapi budget terbatas. Apalagi, dengan harga tersebut, kamu juga bakal mendapatkan RAM 8GB serta memori internal 128GB. Menjanjikan masa pakai yang lebih panjang, bukan?

Tertarik untuk membeli HP 5G murah ini? Untuk mempermudah, kamu bisa langsung cek out pembelian lewat tautan berikut ini:

Kelebihan dan Kekurangan Realme 8 5G

Spek lengkap Realme 8 5G (Dok.Istimewa/Droila)
Spek lengkap Realme 8 5G (Dok.Istimewa/Droila)

Secara keseluruhan, Realme 8 5G hanya berhasil dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat atas HP 5G murah. Ya, benar-benar murah. Namun, keputusan tersebut membuat perusahaan harus mengorbankan beberapa fitur penting dari HP 3 jutaan.

Contohnya seperti performa gaming. Memang, Mediatek Dimensity 700 terbukti memuaskan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hanya saja, chipset ini masih belum terlalu mumpuni untuk kebutuhan gaming.

Lebih lengkap, berikut ini beberapa poin kelebihan dan kekurangan Realme 8 5G yang harus kamu ketahui.

Kekurangan

  • Teknologi pengisian daya tidaklah sekencang kompetitor
  • Performa kamera biasa saja

Kelebihan

  • Desain kece dan keren
  • Performa bisa diandalkan dengan koneksi 5G
  • Refresh rate 90Hz

Review Realme 8 5G: Semua yang Dibutuhkan Dalam 1 Harga

HP Realme 8 5G (91Mobiles)
HP Realme 8 5G (91Mobiles)

Memang koneksi 5G belum jadi kebutuhan utama banyak orang. Tapi, seiring peningkatan ekosistem perangkat, serta penggabungan teknologi dalam kegiatan manusia sehari-hari, koneksi anyar ini bakal berperan penting. Dan menurut ramalan banyak pihak, hal itu tidak lama lagi.

Maka, jika Anda ingin ganti HP dengan koneksi 5G saat ini, Realme 8 5G merupakan salah satu pilihan yang tepat. Menawarkan teknologi terkini, tanpa melewatkan peningkatan di bagian performa dan desain.

Memang, kini sudah tersedia beberapa pilihan HP dengan koneksi 5G. Contohnya seperti Vivo Y31S (review), Vivo V21 5G (review), Samsung Galaxy A32 5G (review), Oppo A74 5G (review), dan Oppo Reno5 5G (review).

Tapi, kalo mencari yang harganya paling terjangkau, Realme 8 5G melesat di antara banyak pilihan tersebut.  Apalagi, konfigurasi penyimpanan yang cukup lapang juga menjanjikan masa pakai lebih panjang. Ya, banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Menarik, bukan?

Nah, usah sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 8 5G. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk mengambil keputusan sebelum benar-benar membeli HP 5G murah ini, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like