Kelebihan dan Kekurangan Realme 8: Kelas Menengah yang Punya Desain Mevvah!

review Realme 8 (Instagram @realmeindonesia)
review Realme 8 (Instagram @realmeindonesia)

Awal bulan ini, Realme Indonesia kembali meramaikan pasar HP kelas menengah di tanah air. Tak tanggung-tanggung, perusahaan bakal langsung memperkenalkan dua produk sekaligus. Yakni Realme 8 Pro dan Realme 8. Nah, kali ini, tim Droila sudah menyiapkan review kelebihan dan kekurangan Realme 8. Wajib dibaca kalo kamu tertarik beli perangkat ini!

Bulan April menjadi bulan yang penuh kesibukan bagi penggemar maupun vendor HP. Dua produsen HP murah dari China, Realme dan Xiaomi, meluncurkan produk jagoannya untuk kelas menengah.

Realme, underdog yang baru berusia beberapa tahun tapi sukses meraup jutaan pengguna setia, memperkenalkan Realme 8 series. Menjadi penerus Realme 7 series, model anyar ini baru diisi dua varian saja. Yakni Realme 8 dan Realme 8 Pro.

Sebelumnya, tim Droila sudah menguraikan panjang lebar tentang performa Realme 8 Pro –varian dengan spesifikasi paling gahar di antara keluarga anyar Realme ini. Nah, kali ini, penulis sudah merangkumkan berbagai informasi mengenai Realme 8.

Mulai dari spesifikasi, harga, review, hingga kelebihan dan kekurangan. Oleh karena itu, jika kamu tertarik membeli HP Realme terbaru ini, baca dulu uraian di bawah. Pahami, kenali, lalu ambil keputusan akhir.

Poster Realme 8 (Realme Indonesia)
Poster Realme 8 (Realme Indonesia)

Spesifikasi Realme 8

Dibandingkan saudaranya, Realme 8 hadir dengan spesifikasi yang lebih rendah. Tapi, bukan berarti tidak bisa kamu andalkan. Soalnya, perusahaan pun sudah memberikan berbagai pembaruan. Baik dari sisi tampilan, fitur-fitur canggih, hingga komponen spesifikasi.

Seperti biasa, penjelasan kita buka dengan mengulik bagian luar. Di bagian punggung, Reame 8 hadir dengan desain yang cukup menawan. Terdapat garis vertikal di bagian pinggir berisi tulisan ‘Dare to Leap’ –tagline baru perusahaan yang disematkan pada seluruh HP keluaran 2021.

Agar tagline tersebut lebih menonjol dan mencuri perhatian, perusahaan melapisinya dengan warna yang berbeda. Tak ketinggalan, ada hiasan warna pelangi di bagian pinggir yang akan muncul jika tertimpa cahaya. Menjadikan Realme 8 makin terlihat memesona dan nggak seperti HP kelas menengah lainnya.

Masih di bagian belakang, terdapat modul berbentuk persegi panjang. Modul tersebut membungkus empat kamera yang ukurannya cukup besar. Tak ketinggalan, terdapat LED flash untuk memudahkanmu mengambil foto saat malam hari.

Spesifikasi Realme 8 (Realme Indonesia)
Spesifikasi Realme 8 (Realme Indonesia)

Sayangnya, tak ada pembaruan di bagian kamera. Masih mengulang formula lama yang biasa diterapkan produsen lain pada HP harga Rp4 jutaan. Keempat kamera tersebut memiliki kemampuan 64MP lensa PDAF, 8MP lensa ultra lebar, 2MP sensor makro, serta 2M sensor kedalaman.

Membalik perangkat, kita akan menemukan layar berukuran 6,4 inci. Kali ini, Realme mengandalkan panel Super AMOLED untuk bagian layar. Sehingga, grafis yang dihasilkan pun bisa lebih memanjakan dan bisa memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Tak ketinggalan, layar ini juga dibekali fitur Always-on display. Sama seperti saudaranya yang memilik spesifikasi lebih gahar. Pula, layar tersebut mampu menghasilkan grafis berkemampuan 1080 x 2400 piksel. Cukup menjanjikan buat kamu yang hobi gaming dan vlogging!

Kelebihan dan kekurangan Realme 8 (Realme)
Kelebihan dan kekurangan Realme 8 (Realme)

Masuk ke bagian dalam, Realme 8 mengandalkan dukungan performa dari MediaTek Helio G95. Sekali lagi, kita patut kecewa untuk bagian ini. Soalnya, perusahaan masih mengundulkan chipset yang juga sudah dipakainya pada seri Realme 7.

Fitur pendukung lain yang wajib kamu ketahui yakni baterai berkapasitas 5000 mAh. Baterai tersebut dibekali teknologi pengisian daya cepat 30W. Menurut iklan sih katanya bisa mengisi daya perangkat dari 0 persen hingga 50 persen cuma dalam waktu 26 menit saja!

Harga Realme 8 di Indonesia

Harga Realme 8 (Instagram @realmeindonesia)
Harga Realme 8 (Instagram @realmeindonesia)

Kini, kamu yang berharap untuk upgrade perangkat bisa langsung membeli HP kelas menengah terbaru ini. Keran penjualan sudah dibuka oleh perusahaan. Dan kamu bisa membelinya lewat berbagai tempat. Mulai dari website resmi Indonesia, hingga toko online.

Mengutip keterangan pada situs resmi, Realme 8 dibanderol dengan harga Rp3,599 juta.Cuma ada satu pilihan penyimpanan yang ditawarkan. Yakni RAM 8GB dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 128GB.

Nah, jika kamu tertarik beli, penulis sudah siapkan tautan yang akan mengarahkanmu ke halaman toko online. Di dalamnya, kamu bisa membandingkan secara langsung agar mendapatkan harga yang paling menguntungkan. Tanpa panjang lebar, langsung cek harga di bawah, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 8

Spek detail Realme 8 (Dok.Istimewa Droila)
Spek detail Realme 8 (Dok.Istimewa Droila)

Di atas, kita sudah mendapatkan gambaran beberapa kekurangan Realme 8. Seperti konfigurasi kamera yang sama seperti seri pendahulu, dengan dapur pacu yang sama pula. Peningkatan yang paling kentara hanyalah desain serta tampilan perangkat saja.

Lebih lengkap, berikut ini beberapa kekurangan dan kelebihan Realme 8 yang perlu kamu ketahui. Jangan sampai menyesal setelah HP dibeli, ya!

Kekurangan

  • Kurang didukung refresh rate tinggi
  • Chipset MediaTek Helio G95 sudah pernah dipakai pada Realme 7
  • Banyak iklan yang akan kita temui pada UI Customization
Desain Realme 8 (Instagram @realmeindonesia)
Desain Realme 8 (Instagram @realmeindonesia)

Kelebihan

  • Layar Super AMOLED
  • Pengisian daya cepat 30W
  • Prosesor gaming yang memanjakanmu ketika bermain game

Review: Pas Untuk Upgrade Perangkat?

Kelebihan Realme 8 (Tech Daily)
Kelebihan Realme 8 (Tech Daily)

Setelah membaca uraian di atas, pertanyaan akhir adalah apakah perangkat ini pas dijadikan pilihan oleh kamu yang pengin upgrade perangkat? Jawabannya adalah ya dan tidak.

Ya, jika perangkat sebelumnya sudah benar-benar tua. Minimal usia pemakaiannya sudah mencapai tiga atau empat tahun.

Tidak, jika kamu baru saja ganti HP seri terbaru tahun lalu. Soalnya, tidak ada peningkatan yang cukup signifikan dari ponsel anyar ini. Sehingga, kamu berpotensi kecewa dan menyesal ketika akhirnya membeli HP Realme 8.

Nah, usai sudah uraian kelebihan dan kekurangan Realme 8 kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk lebih memahami perangkat dan mengambil keputusan, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like