BerandaGadgetsHandphoneKelebihan dan Kekurangan Realme 9 Pro: Menarik, Tapi Belum Terbaik

Kelebihan dan Kekurangan Realme 9 Pro: Menarik, Tapi Belum Terbaik

Setiap tahun, Realme menghadirkan ponsel kelas menengah jagoannya. Dan untuk tahun ini perusahaan sudah meluncurkan dengan nama Realme 9 series. Nah, untuk pembaca yang sedang mempertimbangkan HP baru sebagai pengganti, simak dulu gimana spesifikasi, harga, review serta kelebihan dan kekurangan Realme 9 Pro di bawah, ya.

Tahun ini, Realme meluncurkan Realme 9 series yang berisikan dua varian. Yakni Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro Plus. Sekilas, tak ada perbedaan yang terlalu kentara di antara kedua perangkat. Tapi, dalam hal performa, cukup jauh perbandingannya!

Nah, dalam tulisan ini, tim Droila akan mengulas lebih dalam tentang Realme 9 Pro. Menurut perusahan, seri ini merupakan penerus langsung Realme 5G. Sehingga, membuat Realme Pro Plus sebagai penerus Realme 8 Pro yang diluncurkan tahun lalu.

Dari beberapa sisi, 9 Pro tampak sebagai versi downgrade dari 8 Pro. Namun, jika dibandingkan dengan Realme 8 5G, ada banyak peningkatan yang bisa kamu dapatkan dari seri HP Realme terbaru ini.

Lantas, apa saja peningkatan tersebut? Lebih lengkap, simak uraian yang sudah dikumpulkan tim Droila mengenai spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Realme 9 Pro di bawah ini, ya.

Spesifikasi dan harga Realme 9 Pro
Spesifikasi dan harga Realme 9 Pro

Spesifikasi Realme 9 Pro

Tak hanya murah, Realme 9 Pro juga hadir sebagai ponsel yang bertenaga. Tampilan stylish dengan hasil grafis yang jernih juga bisa menjadi alasan lain supaya kamu nggak melewatkan HP kelas menengah terbaru ini. Lebih lengkap, berikut ini penjelasan mengenai spesifikasi Realme 9 Pro.

Desain dan Layar

Kilau cahaya yang terpantul dari body dan layar menjadi satu hal yang paling mencuri perhatian dari perangkat ini. Terdapat dua pilihan warna yang bisa kamu bawa pulang. Yakni Aurora Green, dan Sunrise Blue.

Tapi, jangan berharap lebih. Kilau cahaya tidak dihasilkan dari material kaca atau aluminium. Baik kerangka maupun body dilapisi material plastik. Kelemahannya, bikin body mudah kotor oleh sidik jari dan gampang licin saat digenggam

Realme 9 Pro dilapisi layar IPS LCD dengan lebar 6.6 inci. Layar ini mampu menghasilkan grafis dengan resolusi FHD+. Yang mengagumkan, kamu bakal mendapatkan layar dengan refresh rate 120Hz! Cerah dan tajam!

Desain Realme 9 Pro
Desain Realme 9 Pro

Performa dan Dapur Pacu

Menyasar kelas menengah, HP Realme terbaru ini didukung chipset baru Snapdragon 695. Berisi CPU Octa-core dengan GPU Adreno 619, HP Realme 9 Pro menjanjikan pengalaman yang lebih gahar. Bisa kamu pakai untuk membuka game atau aplikasi berat!

Di samping itu, perusahaan juga membekali perangkat dengan penyimpanan yang cukup lapang. Terdapat dua pilihan penyimpanan yang bisa kamu bawa pulang. Yakni RAM 6GB/128GB serta 8GB/128GB.

Meskipun mengandalkan chipset baru, dalam performa nggak perlu kamu ragukan. Snapdragon 695 merupakan salah satu chipset kelas menengah baru yang memiliki performa tinggi. Hasil penghitungan menggunakan Geekbench 5, Realme 9 Pro mampu mencetak skor yang cukup tinggi.

Kamera Realme 9 Pro
Kamera Realme 9 Pro

Kamera

Sisi kamera menjadi salah satu kelemahan Realme 9 Pro. Tak seperti pendahulunya yang dibekali empat kamera belakang, 9 Pro Cuma didukung tiga kamera utama aja!

Kamera belakang Realme 9 Pro dibungkus modul berbentuk persegi panjang. Masing-masing memiliki kemampuan 64MP lensa wide dengan dukungan fitur PDAF, 8MP lensa ultrawide, serta 2MP lensa makro.

Meskipun jumlahnya lebih sedikit, perusahaan menawarkan fitur anyar pada perangkat anyarnya ini. Yakni kamera 64MP dengan fitur Nightscape. Artinya, kamu bisa lebih leluasa mendapatkan foto berkualitas di lingkungan bercahaya redup atau pada saat malam hari!

Sementara itu, kamera depan dibungkus punch-hole yang terletak di bagian pojok. Kamera selfie Realme 9 Pro memiliki kemampuan 16 MP. Kamera ini mampu menghasilkan video berkualitas 1080p. Jadi, kalo kamu punya hobi bikin konten TikTok, wajib deh pakai HP Realme terbaru ini!

Harga Realme 9 Pro

Harga Realme 9 Pro
Harga Realme 9 Pro

Realme meluncurkan seri terbarunya ini secara global pada 16 Februari lalu. Selang beberapa hasi dari Hari Valentine. Dan Realme Indonesia baru memboyongnya beberapa hari kemudian, di bulan yang sama.

Mengutip situs resmi Realme Indonesia, harga Realme 9 Pro saat ini dibanderol Rp 3,799 juta untuk varian RAM 6GB/128GB. Sedangkan varian RAM 8GB/128GB dijual dengan harga Rp 3,999 juta. Ya, cuma selisih Rp 200 ribu!

Sayang, saat penulis menelusuri toko online, harga Realme 9 Pro belum terlalu variatif. Sebagian besar toko menjual di kisaran angka yang sama. Dan kalo kamu tertarik beli Realme 9 Pro, langsung aja deh klik tombol yang sudah disiapkan di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Realme 9 Pro

Spek lengkap Realme 9 Pro (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Realme 9 Pro (Dok.Istimewa Droila)

Jika membaca keterangan di atas, HP kelas menengah terbaru ini seakan-akan hadir tanpa cela. Baik dari segi desain, tampilan, hingga performa, kita bakal kesulitan menemukan kelemahannya!

Meskipun begitu, bukan berarti Realme 9 Pro hadir tanpa kekurangan. Dan agar kamu lebih mengenalinya, simak dulu gimana kelebihan dan kekurangan Realme 9 Pro di bawah ini.

Kekurangan

  • Sistem kamera yang biasa saja
  • Belum dilapisi sertifikat anti percikan air atau debu
  • Layar bakal redup di bawah terik sinar matahari
  • Belum dibekali sistem kontrol refresh rate
  • Belum dilindungi Corning Gorilla Glass

Kelebihan

  • Refresh rate 120Hz
  • Desain kece dan elegan
  • Baterai 5.000 dengan daya tahan panjang
  • Hasil kamera siang hari cukup memuaskan
  • Dukungan Android 12 dengan UI custom bikinan Realme
  • Kebanyakan bloatware
  • Sudah didukung 5G

Review Realme 9 Pro: Menari, Tapi Belum yang Terbaik

Review Realme 9 Pro
Review Realme 9 Pro

Realme 9 Pro adalah produk dengan kemajuan kecil yang diberikan perusahaan. Meskipun kini desain juga menjadi salah satu bahan pertimbangan banyak calon pembeli, bukan berarti membuat perusahaan lupa untuk meningkatkan performa, bukan?

Tak hanya itu, harga hampir 4 juta untuk HP kelas menengah mungkin terasa terlalu tinggi. Terutama untuk sebagian besar masyarakat Indonesia dengan penghasilan pas-pasan. Maka, di titik ini, kita tampaknya patut mempertanyakan visi Realme yang ingin menghadirkan HP murah terbaik, buka?

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 9 Pro. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

3/5 - (1 vote)
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik