Kelebihan dan Kekurangan Realme C21: Harga Rp 1 Jutaan, Tapi Baterai 5000 mAh, Punya Tiga Kamera!

spesifikasi dan harga Realme C21 (OverClockIngid)
spesifikasi dan harga Realme C21 (OverClockIngid)

Tiga kamera dengan baterai berkapasitas raksasa. Realme cukup berani dalam membuat produk untuk segmen entry-level. Jika kamu tertarik memiliki, berikut ini uraian kelebihan dan kekurangan Realme C21. Simak, cuy.

Realme Indonesia seperti tancap gas di tahun 2021. Meskipun tahun ini baru berjalan tiga bulan, perusahaan sudah meluncurkan tiga produk. Dan yang baru-baru ini diluncurkan adalah seri Realme C21.

Melanjutkan tradisi sebelumya, Realme C21 menyasar segmen pasar entry-level. Namun, seperti biasa,  perangkat ini dibekali baterai berkapasitas jumbo. Yakni 5.000 mAH!

Jumlah yang tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang menyiapkan budget terbatas. Tapi, bagaimana dengan performa mesin secara keseluruhan?

Untuk mendapatkan jawaban tersebut, tim Droila sudah merangkumkan informasi terkait spesifikasi, harga, serta kelebihan dan kekurangan Realme C21.

HP Realme C21 (Realme Indonesia)
HP Realme C21 (Realme Indonesia)

Spesifikasi Realme C21

Tampaknya, Realme ingin memperkenalkan desain belakang bergaris pada tahun ini. Setelah sebelumnya melapisi Narzo 30A (review)dengan garis horizontal, seri Realme C21 juga mendapatkan treament serupa.

Ya, kamu bakal menemukan body belakang dengan garis diagonal yang menyilang. Bagian punggung juga dihiasi logo Realme yang terletak di bawah, panel sidik jari berbentuk lingkaran di bagian tengah, serta modul berbentuk persegi –konsep desain yang tengah jadi tren terkini.

Di dalam modul tersebut, perusahaan sudah menanamkan tiga kamera utama. Masing-masing memiliki kemampua 13MP lensa wide yang didukung fitur PDAF, 2MP sensor kedalaman, serta 2MP sensor makro.

Spesifikasi Realme C21 (Realme Indonesia)
Spesifikasi Realme C21 (Realme Indonesia)

Fitur tambahan lain untuk mendukung fotografi terdiri dari LED flash, mode HDR, dan panorama. Tak hanya itu, kamera belakang juga bisa menghasilkan rekaman video berkualitas 1080 piksel pada 30 FPS.

Sedangkan kamera depan disimpan pada notch berbentuk waterdrop. Kamera selfie ini memiliki kemampuan 5MP lensa wide serta mampu menjalankan mode HDR dan panorama. Alhasil, kamu bisa mendapatkan hasil kamera selfie yang lebih cantik dan menawan.

Memang, bagian punggung perangkat terbuat dari bahan plastik. Menjadikannya terkesan murah, licin, dan mudah meninggalkan noda sidik jari. Tapi tak perlu tegang. Kamu bisa kok menutupinya dengan case.

Super Power Saving Mode (Realme Indonesia)
Super Power Saving Mode (Realme Indonesia)

Pada bagian depan, perusahaan memilih panel IPS LCD sebagai layar perangkat. Memiliki lebar 6,5 inci, layar Realme C21 mampu menghasilkan grafis berkualitas 720 x 1600 piksel. Dengan rasio bodi ke layar mencapai 80,8 persen, kamu bisa lebih nyaman jika menggunakannya untuk streaming atau gaming.

Kini, waktunya kita membokar jeroan. Untuk performa, Realme C21 mengandalkan chipset MediaTek Helio G35. Chipset ini memiliki delapan inti berkecepatan 2,3Ghz.

Sayangnya, untuk pengolah grafis, Realme malah lebih memilih Power VR GE8320 –jenis GPU yang kemampuannya belum setangguh Adreno atau Mali.

Baterai Realme C21 (Realme Indonesia)
Baterai Realme C21 (Realme Indonesia)

Harus disadari, ini adalah perangkat yang menyasar segmen entry-level. Maka, wajar kiranya jika spesifikasi Realme C21 tak segahar model lain. Pun dalam hal penyimpanan. Soalnya, Realme C21 cuma dibekali RAM 3GB dengan penyimpanan internal sebesar 32GB saja.

Beruntungnya, perusahaan sudah menyediakan slot untuk kartu SD. Sehingga, kamu, sebagai pengguna, bisa menambahkan kartu SD. Menjadi keunggulan tersendiri yang membuat Realme C21 makin menarik.

Tak hanya itu, perusahaan juga menjanjikan perangkat dengan daya tahan yang lebih panjang. Bagaimana tidak, terdapat baterai berkapasitas 5.000 mAh yang bisa menemanimu beraktivitas seharian. Baterai ini juga mendukung fitur pengisian daya cepat 10W serta dibekali teknologi reverse charging.

Harga Realme C21 di Indonesia

kelebihan dan kekurangan Realme C21 (Instagram @realmeindonesia)
kelebihan dan kekurangan Realme C21 (Instagram @realmeindonesia)

Realme Global sebenarnya sudah meluncurkan seri C21 pada awal bulan Maret kemarin. Namun, Realme Indonesia baru memboyongnya beberapa hari lalu. Dan jika melihat harganya, tak jauh berbeda antara versi global dengan versi Indonesia.

Mengutip keterangan pada website resmi Realme Indonesia, harga Realme C21 dibanderol sebesar Rp 1,699 juta. Terdapat dua pilihan warna yang bisa kamu bawa pulang. Yakni warna Cross Blue dan Cross Black.

Nah, jika kamu tertarik memiliki, tim Droila sudah menyiapkan tautan menuju lima e-commerce di Indonesia. Sehingga, kamu bisa membandingkan secara langsung Realme C21 pada berbagai toko online.

Tanpa panjang lebar, langsung cek harga Realme C21 melalui tautan di bawah aja, ya.

Kekurangan dan Kelebihan Realme C21

spesifikasi lengkap Realme C21 (Dok.Istimewa Droila)
spesifikasi lengkap Realme C21 (Dok.Istimewa Droila)

Memang, Realme C21 sukses menawarkan HP entry-level yang menggoda. Gabungan antara kualitas mumpuni, daya tahan panjang, serta harga yang terjangkau sudah terbukti sebagai formula terbaik agar HP laris di pasar Indonesia.

Namun, bukan berarti perangkat ini hadir tanpa kelemahan. Dan berdasarkan penelusuran penulis, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan Realme C21 yang wajib kamu ketahui.

Kekurangan

  • Belum didukung fitur pengisian daya cepat tinggi
  • Chipset yang digunakan sama seperti Realme C11
kelebihan Realme C21 (Instagram @realmeindonesia)
kelebihan Realme C21 (Instagram @realmeindonesia)

Kelebihan

  • Mode HyperEngine cukup memuaskan dalam meningkatkan pengalaman gaming
  • Baterai berkapasitas besar
  • Desain kece dan elegan
  • Dukungan tiga kamera untuk HP entry-level harga Rp 1 jutaan

Kesimpulan: Apakah Benar-Benar Menggoda?

Secara keseluruhan, peusahaan menyebut Realme C21 sebagai upgrade dari varian sebelumnya, Tapi, di atas kertas, peningkatan paling kentara hanyalah jumlah kamera.

Hasil perbandingan HP Realme terbaru ini dengan Realme C11, perbedaan antara keduanya hanyalah dukungan kamera belakang saja. Di mana Realme C21 didukung tiga kamera, sedangkan Realme C11 cuma dua kamera saja.

harga Realme C21 (Instagram @kepointekno)
harga Realme C21 (Instagram @kepointekno)

Apalagi, selisih harga antara kedua perangkat juga tidak terlalu jauh. Berdasarkan keterangan pada website Realme Indonesia, Realme C11 dibanderol Rp1,499 juta. Sementara itu, HP Realme anyar ini dilepas dengan harga Rp1,699 juta.

Lantas, apakah Realme C21 layak dijadikan idaman. Terutama kamu yang ingin ganti perangkat? Jawabannya, tergantung durasi peningkatan. Jika perangkat sebelumnya yang kamu beli adalah Realme C11, tentu sayang rasanya jika ganti perangkat ini.

Tapi, lain soal jika perangkat sebelumnya milikmu adalah Realme C2, C3, atau C17. Pasalnya, perbedaan di antara keduanya bakal memberimu keuntungan yang berlipat ganda.

Itulah uraian kelebihan dan kekurangan Realme C21. Semoga ulasan di atas bisa membantumu dalam menentukan pilihan sebelum beli perangkat ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like