BerandaGadgets10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C30: Desain Kece, Harga Di Bawah 1,5...

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C30: Desain Kece, Harga Di Bawah 1,5 Juta!

Realme C30 hadir tanpa publikasih yang meriah. Tiba-tiba saja kita bisa menemukan HP 1 jutaan ini di situs resmi Realme Indonesia. Nah, bagi pembaca yang tertarik beli, simak dulu gimana review, spesifikasi, harga, serta  kelebihan dan kekurangan Realme C30 di bawah ini, ya.

Persaingan HP segmen entry-level semakin ketat. Seperti tak mau kalah dengan para kompetitor, Realme memperkenalkan produk terbarunya di Indonesia. Dan Realme C30 hadir pada awal bulan Juli 2022.

Di atas kertas, ponsel Android keluaran 2022 ini terlihat mirip dengan pendahulunya, yakni Realme C20. Tapi, kalo kita perhatikan lebih seksama, maka akan terlihat lebih banyak pembaruan yang sudah diberikan perusahaan.

Seperti biasa, tim Droila sudah menyiapkan berbagai informasi yang kamu butuhkan untuk mengenali HP Realme terbaru ini. Mulai dari penjelasan seputar spesifikasi, harga, review, hingga kelebihan dan kekurangan Realme C30. Tanpa panjang lebar, langsung scrolling aja, ya.

Spesifikasi Realme C30

Desain yang lebih segar. Itulah perbedaan utama yang penulis dapat ketika menggenggam HP Realme terbaru ini. Di samping itu, performa pun lebih mulus. Lebih lengkap, simak aja langsung penjelasan spesifikasi Realme C30 di bawah, ya.

hp realme c30 harga dan spesifikasi
hp realme c30 harga dan spesifikasi

Desain dan Layar

Melihat desain perangkat, penulis langsung paham mengapa perusahaan mengklaim Realme C30 sebagai HP 1 jutaan paling stylish. Body belakang perangkat dilapisi desain mirip koper dengan warna atraktif.

Jadi, meskipun bahan yang digunakan adalah plastik, orang lain yang melihat pun tak akan menyadari. Apalagi, ada tiga pilihan warna yang ditawarkan. Antara lain Lake Blue, Bamboo Green, dan Denim Black.

Di bagian depan, HP Realme C30 dilapisi layar IPS LCD dengan lebar 6,5 inci. Ukuran yang bakal memanjakan para pembeli entry-level. Pasalnya, menjamin kepuasan pengguna saat menggunakan perangkat buat menikmati konten hiburan. Seperti streaming video, nonton film, dan lainnya.

Tak hanya itu, spek Realme C30 bagian layar yang tak kalah mengagumkan adalah rasio body ke layar mencapai 88.7%. Bagi kamu yang doyan gaming, ukuran bezell yang tak terlalu lebar bakal membuat genggaman semakin mantab.

realme c30 indonesia
realme c30 indonesia

Performa dan Chipset

Sayang, kamu tak akan menemukan chipset Mediatek atau Snapdragon pada bagian dapur pacu. Soalnya, Realme C30 ditenagai chipset Unisoc T612. Tapi jangan keburu memandang rendah. Unisoc dikenal sebagai satu di antara 4 besar produsen chipset terbaik di industri ini.

Hasil investigasi Droila, Unisoc T612 merupakan pilihan terbaik untuk HP entry-level. Membuat chipset ini turut dipakai oleh sejumlah brand. Seperti Galaxy Tab A8 WiFi, Samsung Galaxy A03, hingga beberap produk Realme seperti seri Realme C31, C21Y, dan C35.

Performa cukup bertenaga dengan harga yang jauh lebih murah. Keunggulan itulah yang membuat Unisoc mulai diandalkan sejumlah HP entry-level.

Di samping itu, masih ada dukungan RAM 2 GB dengan penyimpanan internal 32GB. Kalo kamu merasa kapasitas penyimpanan internal kurang, bisa lho mengatasinya dengan menambahkan kartu SD.

hp realme c30
hp realme c30

Kamera

Seperti umumnya HP 1 jutaan, sektor kamera pada Realme C30 begitu minim. Perusahaan hanya menanamkan satu kamera depan dan satu kamera belakang. Eits, ada tapinya. Realme juga menambahkan sejumlah fitur fotografi yang menjanjikan jepretan kamera makin ciamik!

Di bagian belakang, perusahaan menanamkan satu buah lensa berukuran cukup lebar. Kamera belakang ini dibungkus modul persegi panjang. Di dalam modul tersebut, kamu akan menemukan lubang berisi LED flash serta tulisan AI Camera.

Ya, kamera belakang berkemampuan 8MP sudah didukung fitur AI. Membuat penggunanya bakal lebih gampang dalam menghasilkan foto bagus. Selain itu, kamera belakang HP Realme terbaru ini juga mampu menghasilkan video berkualitas 1080p (30fps).

Membalik perangkat, kita akan menemukan kamera depan yang dibungkus notch berbentuk waterdrop. Kamera berkemampuan 5MP ini memiliki bukaan f/2.2 serta mendukung rekaman video berkualitas 720p. Artinya, kamu bisa lebih leluasa menghasilkan video berkualitas melalui kamera ini.

Harga Realme C30

review realme c30
review realme c30

Kini kamu sudah mengetahuinya bukan alasan penulis menyebut Realme C30 sudah dibekali banyak pembaruan. Dan penulis pun bisa mengamini klaim perusahaan yang menyebut Realme C30 sebagai HP sejutaan paling stylish!

Ya, berbagai keunggulan dan desain kece pada ponsel anyar ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang murah. Mengutip situs resmi Realme Indonesia, harga Realme C30 dibanderol Rp 1,339 juta. Di Indonesia, Realme C30 hadir dalam 2 pilihan warna; yakni Bamboo Green dan Lake Blue.

Tertarik untuk menggunakan HP Android terbaru 2022 ini? Nggak perlu pindah ke lain tempat. Kamu bisa klik salah satu tombol di bawah. Kamu akan dibawa menuju halaman toko online. Sehingga kamu bisa memilih harga terbaik Realme C30 yang tersedia.



Kelebihan dan Kekurangan Realme C30

SpesifikasiRealme C30
DesainFrame plastik
Body belakang plastik
Berat230 gram
Dimensi164.1 x 75.6 x 8.5 mm
Layar6.5 inci
IPS LCD
Rasio body ke layar 82.2%
Resolusi720 x 1600 piksel
ChipsetUnisoc T612
GPUMali-G57
RAM2GB
ROM32GB
OSAndroid 11
Realme UI Go
Kamera Belakang8 MP, f/2.0, 27mm (wide), 1/4.0″, 1.12µm, AF
FiturLED
Flash
HDR
Panorama
Video [email protected]
Kamera Depan5 MP, f/2.2, 27mm (wide), 1/5.0″, 1.12µm
FiturHDR
Video [email protected]
BateraiLi-Po 5000 mAh, non-removable
WarnaLake Blue
Bamboo Green
HargaRp 1.339.000 (Toko Resmi)
Tabel spesifikasi lengkap Realme C30 (Dok.Istimewa/Droila)

Saat sedang memilih, penting bagi kita untuk juga mengetahui kelemahan dan keunggulan perangkat. Dan untuk Realme C30, penulis sudah siapkan beberapa kelebihan dan kekurangan yang wajib kamu kenali.

Kekurangan

  • Belum didukung fitur fast charging
  • Belum menjalankan Android 12
  • Tanpa dukungan fitur keamanan pemindai sidik jari
  • Layar beresolusi rendah
  • Tidak bisa dipakai untuk memainkan game berat

Kelebihan

  • Baterai berkapasitas besar, 5.000 mAh
  • Dukungan Realme UI Go
  • Slot kartu SD
  • Harga murah
  • Desain stylish

Review Realme C30

realme c30 harga
realme c30 harga

Sekali lagi, keunggulan Realme C30 dibanding HP entry-level lainnya adalah desain yang menarik. Di samping itu, komponen spesifikasi yang dipakai juga cukup memuaskan untuk HP 1 jutaan.

Dukungan baterai berkapasitas besar tentu saja menjanjikan lebih banyak kenyamanan. Terutama untuk pengguna yang memiliki banyak aktivitas di lapangan atau jalan. Dan dengan harga yang sangat terjangkau, Realme C30 bisa jadi pilihan terbaik bagi kamu yang terkendala dana.

Sementara itu, kekurangan perangkat ini umumnya terletak di bagian performa. Dan tentu saja, menurut penulis, itu bukanlah persoalan yang terlalu signifikan. Hanya satu yang wajib kamu jadikan catatan, jangan pakai HP untuk memainkan game berat!

Membandingkan Realme C30 dan HP 1 jutaan lainnya, ponsel ini tampak sangat mencuri perhatian. Bahkan sekelas Vivo Y01, Infinix Smart 6 Plus, hingga Redmi 10A atau Galaxy M10 pun jadi terlihat kurang menggoda. Nah, gimana menurut pendapatmu?

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Realme C30. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam menentukan pilihan, ya.

4/5 - (1 vote)
A.A. Pribadi
A.A. Pribadi
Manunggaling kawula lan tekhnolokhi
ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Artikel Terbaik