Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 20 Pro: Pilihan Terbaik Kalo Cari Smartphone Gaming 3 Jutaan

Tampilan belakang Narzo 20 Pro (Smartprix)
Tampilan belakang Narzo 20 Pro (Smartprix)

Jika kita melihat desainnya, Realme Narzo 20 Pro tak jauh berbeda dengan produk lain. Chipset MediaTek Helio G95 terbilang lebih dari cukup untuk menjalankan aplikasi dan game berat dengan refresh rate 90Hz. Tapi, itu baru sebagian kecil informasi dari HP kelas menengah ini. Lebih lengkap, simak uraian kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 20 Pro berikut ini.

Realme Global resmi merilis seri Narzo 20 Pro pada bulan September 2020 lalu. Kemudian, Realme Indonesia memperkenalkannya ke tanah air pada bulan Desember.

Ponsel kelas menengah ini hadir sebagai penerus Narzo 10. Selain itu, juga menjadi ponsel pertama dari seri Narzo yang diberi tambahan ‘Pro’ pada namanya.

Oleh perusahaan, ponsel ini diklaim sebagai pilihan terbaik untuk pengguna yang memiliki hobi gaming. Dukungan chipset gaming serta grafis dengan refresh rate tinggi menjadi salah satu faktor di balik klaim tersebut.

Tapi, apakah dua komponen itu sudah lebih dari cukup untuk memanjakan pengguna? Lebih lengkap, yuk simak dulu bagaimana kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 20 pro berikut ini.

Poster Realme Narzo 20 Pro (Realme Indonesia)
Poster Realme Narzo 20 Pro (Realme Indonesia)

Realme Narzo 20 Pro Spesifikasi

Kini, persaingan segmen HP kelas menengah makin ramai. Bahkan, setiap bulan, selalu ada produk terbaru yang diluncurkan OEM untuk mengisi segmen ini. Dan di tengah keramaian itulah Realme Narzo 20 Pro hadir.

Harus diakui, dalam hal performa, Narzo 20 Pro memang gahar dan tangguh. Sudah dibuktikan oleh banyak pengulas smartphone dari berbagai negara. Tapi, melihat harganya, tentu ada beberapa bagian yang ‘’dikorbankan’.

Lantas, apa saja yang dikorbankan dan ditingkatkan oleh Realme pada seri ini? Lebih lengkap, yuk simak uraian di bawah.

Pilihan warna Realme Narzo 20 Pro (Realme Indonesia)
Pilihan warna Realme Narzo 20 Pro (Realme Indonesia)

Desain

Baik Narzo 20 dan 20 Pro memiliki pola di bagian body belakang berbentuk ‘V’. Tapi, itu cuma satu kesamaan dari dua perangkat yang diluncurkan bebarengan ini. Untuk perbedaan Narzo 20 dan 20 Pro, penulis pernah mengulas di artikel sebelumnya.

Sayangnya, body belakang Realme Narzo 20 Pro mudah kotor oleh sidik jari. Satu kelemahan yang umum kita temui pada perangkat dengan body yang terbuat dari material plastik. Tapi tenang, berkat desain yang terbilang kekinian, ponsel ini nggak terlihat murahan sama sekali, kok.

Layar

Membalik perangkat, kita akan menemukan layar berukuran 6,5 inci. Perusahaan memilih panel IPS LCD. Seperti umumnya HP harga 3 jutaan, bukan?

Tapi, yang mengejutkan, panel tersebut mampu menghasilkan grafis dengan refresh rate tinggi. Yakni 90Hz! Satu kelebihan Narzo 20 Pro yang tentu membuatnya makin diminati.

Tak hanya itu, layar depan juga dilindungi Corning Gorilla Glass. Sayang, perusahaan kurang menginformasikan detail seri dari kaca pelindung yang digunakan pada perangkat ini.

Spesifikasi Realme Narzo 20 Pro (Realme Indonesia)
Spesifikasi Realme Narzo 20 Pro (Realme Indonesia)

Kamera

Inilah bagian yang kerap jadi perhatian penuh banyak calon pembeli HP di Indonesia. Hanya saja, untuk bagian kamera, kamu harus siap-siap kecewa. Tak ada yang istimewa. Bahkan kemampuannya cenderung lebih rendah ketimbang seri HP 3 jutaan keluaran Redmi atau Vivo.

Kamera belakang Realme Narzo 20 Pro disusun secara vertikal. Terdiri atas empat kamera, masing-masing berkemampuan 48MP senso resolusi tinggi, 8MP lensa ultra lebar, 2MP lensa makro, serta 2MP sensor kedalaman.

Sedangkan untuk kamera depan disimpan pada punch-hole yang terletak di pojok layar. Kamera selfie Narzo 20 Pro memiliki kemampuan 16MP dan menggunakan lensa wide.

Performa Realme Narzo 20 Pro untuk gaming (Smartprix)
Performa Realme Narzo 20 Pro untuk gaming (Smartprix)

Dapur Pacu

Di bagian dapur pacu, Realme Narzo 20 Pro menunjukkan pesonanya. Ponsel ini ditenagai chipset gaming dari MediaTek, yakni Helio G95. System on Chipset ini memiliki delapan inti pemrosesan dengan GPU Mali-G76.

Agar performa lebih optimal, perusahaan juga sudah menanamkan penyimpanan RAM 8GB dengan memori internal 128GB. Alhasil, kamu bisa lebih leluasa memasang aplikasi serta memainkan game berukuran besar dan berat –seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, hingga Genshin Impact.

Bisa dilihat dari gambar di atas, memainkan game PUBG Mobile menggunakan Realme Narzo 20 Pro pun tak jadi soal. Grafis yang dihasilkan bisa lebih detail dan tajam. Tentu keunggulan Narzo 20 Pro yang menguntungkan buat kamu pecinta game battle-royale tersebut, bukan?

Harga Realme Narzo 20 Pro Terupdate

Kamera Realme Narzo 20 Pro (Realme Indonesia)
Kamera Realme Narzo 20 Pro (Realme Indonesia)

Dibanding saat pertama kali diluncurkan, harga Narzo 20 Pro pada situs resmi Realme Indonesia cenderung lebih mahal. Wajar. Mengingat perusahaan mengadakan banyak promo dan flash sale saat pertama kali meluncurkan HP kelas menengah terbaru ini.

Mengutip keterangan pada situs resmi Realme Indonesia, harga Realme Narzo 20 Pro terbaru kini dibanderol Rp 3,399 juta saja. Terdapat dua pilihan warna yang ditawarkan. Yakni Black Ninja dan White Knight.

Beruntungnya, harga yang lebih variatif penulis temukan kala menjelajahi toko online. Maka, agar kamu mendapatkan harga yang lebih sesuai, tim Droila sudah menyiapkan harga Narzo 20 Pro terupdate di bawah ini. Cek langsung aja, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 20 Pro

Spek lengkap Realme Narzo 20 Pro (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Realme Narzo 20 Pro (Dok.Istimewa Droila)

Sebagai calon pembeli, kamu wajib menyadari bahwa Narzo 20 Pro merupakan ponsel yang fokus pada performa. Maka, wajar jika masih ada kekurangan di beberapa bagian ketika dibandingkan dengan ponsel lain.

Tapi, agar lebih terang, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 20 Pro yang baiknya kamu ketahui. Antara lain:

Kekurangan

  • Tanpa didukung teknologi pengisian daya nirkabel
  • Performa kamera rendah untuk linggkungan yang sedikit cahayannya
  • Saat memainkan game berat, ponsel perlu pemanasan terlebih dulu
Harga Realme Narzo 20 Pro (Smartprix)
Harga Realme Narzo 20 Pro (Smartprix)

Kelebihan

  • Performa bisa diandalkan
  • Teknologi pengisian daya cepat 65W yang terbukti memanjakan pengguna
  • Desain kece dan menawan
  • Layar IPS dengan refresh rate 90Hz
  • Pengalaman gaming memuaskan

Review Realme Narzo 20 Pro: Pilihan Pas Kalo Kamu Cari Performa

Desain Narzo 20 Pro (Smartprix)
Desain Narzo 20 Pro (Smartprix)

Hingga saat ini, Narzo 20 Pro masih menjadi pilihan terbaik untuk segmen HP 2 jutaan. Kombinasi chipset tangguh dengan memori penyimpanan besar terbukti mampu memberikan performa yang lebih gahar.

Pula, saat dibandingkan dengan beberapa model anyar, Narzo 20 Pro masih belum tertinggal, kok. Untuk harga Rp 3 juta, kini kita punya pilihan Realme 8 (review) dan Redmi Note 10S (review). Dua-duanya diluncurkan tahun ini. Dan kedua perangkat juga mengandalkan chipset MediaTek Helio G95.

Namun, di antara kedua perangkat, Narzo 20 Pro merupakan satu-satunya yang mampu menghasilkan grafis dengan refresh rate 90Hz. Sedangkan Redmi Note 10S, keunggulannya yakni panel Super AMOLED.

Maka, untuk keputusan final, tentu saja ada di tangan dan selera Anda. Mau pilih mana di antara ketiga perangkat di atas?

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 20 Pro. Semoga uraian di atas bisa membantumu untuk lebih mengenali ponsel ini dan mengambil keputusan akhir.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like