Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 30A: Performa Paling Gahar di Kelas Rp 1 Jutaan!

Kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 30A(YouTube Realme Indonesia)
Kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 30A(YouTube Realme Indonesia)

Realme Indonesia memamerkan teknologi terbaru pada smartphone pertamanya di tahun 2021 ini. Bahkan, Realme berani mengklaim jika Narzo 30A merupakan ponsel paling gahar tahun ini. Kok bisa? Untuk mengurai jawaban tersebut, tim Droila sudah rangkumkan spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangan Narzo 30A. Simak, cuy.

Tahun lalu Realme memperkenalkan seri Narzo sebagai jawaban dari kebutuhan pengguna akan HP murah tapi mampu dipakai untuk berbagai hal. Baik sekadar alat komunikasi, browsing, chatting, hingga dipakai untuk aktivitas berat seperti gaming.

Tak disangka, produk ini mendapat sambutan meriah dari masyarakat. Bahkan, dalam waktu kurang dari dua tahun, seri Narzo menjadi salah satu varian utama yang senantiasa dikembangkan perusahaan. Dan berbekal sejarah itu pula Realme Indonesia memboyong Narzo 30A ke tanah air.

Event Peluncuran Realme Narzo 30A (YouTube Realme Indonesia)
Event Peluncuran Realme Narzo 30A (YouTube Realme Indonesia)

Meneruskan tradisi dari penerus, Narzo 30A menawarkan performa gahar, daya tahan yang lebih panjang, dengan harga yang cukup terjangkau. Menurut penulis, model ini bakal membuat Realme jadi salah satu pemimpin industri sepanjang tahun 2021 nanti.

Eits, tapi kalo kamu tertarik untuk beli, simak dulu uraian kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 30A di bawah ini. Kenali pula bagaimana spesifikasi komponen serta harga terlengkap dari berbagai platform online. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan barang dengan harga yang sesuai kantong, bukan?

Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian lengkap di bawah, ya.

Spesifikasi Realme Narzo 30A

Spesifikasi Realme Narzo 30A (YouTube Realme Indonesia)
Spesifikasi Realme Narzo 30A (YouTube Realme Indonesia)

Saat sesi peluncuran yang diselenggarakan secara virtual, Narzo Product Manager Realme Indonesia, Febriansyah, menerangkan bahwa ponsel anyar ini sudah dibekali dengan desain terkini. Kamu bisa menemukan pola garis diagonal yang menghiasi ¾ bagian dari punggung perangkat.

Desain itu bukan tanpa makna. Menurut Febriansyah, desain tersebut memiliki visi berupa ajakan kepada generasi muda untuk lebih bebas, kreatif, dan unik dalam berkarya.

“Sebuah desain yang tentunya memberikan pesan yang powerful,” terang Febriansyah.

Selain itu, kamu bisa menemukan modul berbentuk matriks yang terletak di sudut kiri atas. Di dalam modul tersebut, terdapat dua kamera utama. Masing-masing berkemampuan 13MP lensa wide PDAF serta 2MP lensa B/W.

Chipset Realme Narzo 30A (YouTu
Chipset Realme Narzo 30A (YouTu

Dalam hal keamanan, terdapat sensor sidik jari berbentuk lingkaran yang menjanjikan kemudahan pengguna dalam mengamankan perangkat maupun mengakses informasi terbaru yang ada di layar.

Pada bagian layar, Realme melapisi seri Narzo 30A dengan panel IPS LCD. Layar tersebut memiliki lebar 6,5 inci serta mampu menghasilkan grafis beresolusi 720 x 1600 piksel.

Bagian layar juga dihiasi dengan notch berbentuk waterdrop. Seperti umumnya konsep desain tersebut, notch ini menjadi wadah dari kamera selfie. Sedangkan pada Realme Narzo 30A, perusahaan membekalinya dengan kamera depan berkemampuan 8MP lensa wide.

Yang mengagumkan, kamera depan Narzo 30A juga mampu mengaktifkan mode HDR dan panorama. Padahal, penerapan mode tersebut pada kamera selfie umumnya cuma bisa ditemukan lewat ponsel kelas menengah. Sangat jarang ponsel entry-level yang dibekali fitur fotografi ini!

Bagian performa juga mendapat peningkatan dari perusahaan. Tak tanggung-tanggung, Realme membekali HP 1 jutaan ini dengan chipset gaming milik MediaTek –yakni seri MediaTek Helio G85.

Spesifikasi Narzo 30A (YouTube Realme Indonesia)
Spesifikasi Narzo 30A (YouTube Realme Indonesia)

Menurut penjelasan Febriansyah, performa dari chipset tersebut menjadikan Realme Narzo 30A mampu mencetak skor AnTuTu lebih dari 200 ribu. Sebuah angka yang mengisyaratkan kecepatan tingkat tinggi. Alhasil, pengguna bisa lebih nyaman memanfaatkan perangkat dalam berbagai kondisi.

Performa chipset masih didukung dengan RAM berkapasitas 4GB serta penyimpanan sebesar 64GB. Pengguna bisa lebih leluasa menggunakan perangkat untuk gaming berat.

Berdasarkan uji coba penulis, Narzo 30A bisa dipakai untuk memainkan game PUBG Mobile dengan lancar! Jadi, kalo kamu tengah galau cari HP yang bisa main game PUBG Mobile murah, Narzo 30A wajib dimasukkan dalam pilihan.

Masih di bagian jeroan, Narzo 30A dibekali baterai berkapasitas 6.000 mAh. Dukungan chipset MediaTek Helio G85 menjadikan konsumsi daya lebih efisien. Ditambah dengan dukungan teknologi pengisian daya cepat 18W, menjadikan pengguna lebih nyaman karena nggak perlu bolak-balik cari colokan buat isi ulang daya.

Harga Realme Narzo 30A

Harga Realme Narzo 30A (DigitalOceanSpaces)
Harga Realme Narzo 30A (DigitalOceanSpaces)

Terlihat jelas upaya Realme untuk menyaingin Xiaomi dalam menawarkan perangkat murah namun bertenaga. Dan Narzo 30A jadi salah satu andalan dari perusahaan untuk mendominasi kelas HP dengan harga murah.

Bagaimana tidak, beragam komponen canggih yang sudah disebutkan di atas bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 1,899 juta aja. Itu adalah harga resmi ketika perangkat sudah melewati masa promo.

Keuntungan bisa kamu dapatkan jika beli HP Realme terbaru ini secepat mungkin. Soalnya, perusahaan menawarkan harga perkenalan dengan potongan Rp 1 juta! Artinya, kamu bisa membeli Realme Narzo 30A dengan harga cuma Rp 1,799 juta aja. Tawaran menarik, bukan?

Spesifikasi dan harga Realme Narzo 30A (91mobiles)
Spesifikasi dan harga Realme Narzo 30A (91mobiles)

Jika kamu tertarik membeli, penulis sudah menyiapkan tautan menuju beberapa toko online. Kamu bisa membandingkan harga dari beberapa toko yang tertera. Sehingga kamu bisa mendapatkan harga terbaik sesuai dengan budget yang sudah disiapkan.

Langsung deh cek harga Realme Narzo 30A di e-commerce lewat tautan di bawah, ya.

Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo 30A

Spesifikasi lengkap Realme Narzo 30A (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Realme Narzo 30A (Dok.Istimewa Droila)

Namanya juga jualan, yang disebutkan hanyalah kelebihan saja. Dan hal itu pula yang penulis dapatkan ketika menghadiri peluncuran virtual produk ini. Tapi, begitu penulis bongkar perangkat, terdapat beberapa kelemahan yang wajib diketahui calon pembeli.

Penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan HP Realme murah ini? Berikut uraiannya:

Kekurangan

  • Cuma didukung setup kamera ganda
  • Chipset lawas
  • Mesin mudah panas, terutama jika dipakai untuk gaming cukup lama
  • Body plastik sehingga mudah kotor dan licin
Tampilan UI Realme Narzo 30A (91mobiles)
Tampilan UI Realme Narzo 30A (91mobiles)

Kelebihan

  • Grafis layar memanjakan pandangan
  • Performa mulus dan lancar
  • Kapasitas baterai besar dengan daya tahan cukup panjang
  • Dukungan fitur fotografi yang sebelumnya terdapat pada HP kelas menengah

Kesimpulan: Yang Paling Menarik di Kelas HP Rp 1 Jutaan, Untuk Saat Ini

Realme Narzo 30A untuk gaming (91mobiles)
Realme Narzo 30A untuk gaming (91mobiles)

Bagaimanapun, penulis mengakui jika Realme Narzo 30A layak disebut sebagai yang paling menarik di kelas Rp 1 jutaan. Dalam hal performa, ponsel anyar ini mampu bersaing ketat dengan kompetitor utamanya, yakni Poco M3 (review).

Sedangkan desain, Poco M3 tetap jadi yang paling menawan.

Jadi, untuk keputusan akhir, penulis kembalikan kepada pembaca.

Usai sudah uraian hari ini mengenai kelebihan dan kekurangan Realme Narzo 30A. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan sebelum ganti HP, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like