Kelebihan dan Kekurangan Realme X3 Superzoom: HP Kamera Canggih yang Sudah Turun Harga!

Kelebihan Realme X3 Superzoom (Smartprix)
Kelebihan Realme X3 Superzoom (Smartprix)

Teknologi terus berkembang, dan ponsel baru pun terus diluncurkan. Tapi, bukan berarti ponsel lawas sudah tidak layak diminati. Salah satu yang masih kompetitif hingga saat ini adalah Realme X3 Superzoom. Dibekali spesifikasi mumpuni, perusahaan mulai menurunkan harga jual produk ini! Eits, sebelum beli, kenali dulu kelebihan dan kekurangan Realme X3 Superzoom, yuk.

Realme X3 Superzoom adalah ponsel kelas menengah yang diluncurkan bulan Mei 2020 lalu. Memang, usia ponsel ini sudah satu tahun. Tapi, jika melihat bagian spesifikasi, varian Realme X3 dengan kamera canggih ini masih bisa memenuhi beragam kebutuhan terkini.

Apalagi, ponsel ini merupakan wujud upaya perusahaan untuk meraih pengguna yang pengin beli Galaxy S20 Ultra tapi kekurangan dana. Artinya, sejumlah spesifikasi yang terdapat pada ponsel flagship Samsung sudah ditanamkan Realme pada jagoannya tersebut.

Mulai dari bagian dapur pacu, desain, komposisi kamera, dan masih banyak fitur canggih lainnya. Tapi, yang perlu dicatat, tentu ada beberapa fitur Galaxy S20 Ultra (review) yang tidak bisa kamu temukan pada Realme X3 Superzoom.

Beruntungnya, harga jual HP kamera terbaik ini sudah turun, lho! Kesempatan emas bagi kamu yang ingin ganti HP kamera canggih tapi dana terbatas. Tapi, sebelum itu, kenali dulu yuk bagaimana kelebihan dan kekurangan Realme X3 Superzoom yang sudah dirangkum tim Droila berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Realme X3 Superzoom (MobileDrop)
Kelebihan dan Kekurangan Realme X3 Superzoom (MobileDrop)

Spesifikasi Realme X3 Superzoom

Sekali melihat, kamu mungkin tidak akan menyangka jika perangkat ini diluncurkan tahun lalu. Baik dari segi desain maupun performa, masih cukup mumpuni! Lebih lengkap, berikut ini uraian spesifikasi Realme X3 Superzoom yang wajib kamu ketahui.

Desain

Desain HP Realme X3 Superzoom (TrustedReview)
Desain HP Realme X3 Superzoom (TrustedReview)

Saat pertama kali diluncurkan, Realme X3 Superzoom terkesan besar. Memiliki dimensi perangkat sebesar 163.8 x 75.8 x 8.9 dengan bobot mencapai 202 gram. Tapi, sekali lagi, kesan itu begitu kuat jika menggenggamnya tahun lalu.

Pasalnya, kini kita sudah bisa menemukan sejumlah perangkat dengan ukuran layar dan dimensi yang lebih besar. Menjadikan Realme X3 Superzoom tak sebongsor yang dibayangkan.

Sayang, perusahaan lebih memilih material plastik untuk bagian frame.Tapi, berkat lapisan Corning Gorilla Glass di bagian depan dan punggung, material plastik pun tak terlalu terasa.

Layar

Layar Realme X3 Superzoom (TrustedReview)
Layar Realme X3 Superzoom (TrustedReview)

Pada ponsel terkini, dengan harga Rp 3 jutaan saja kita sudah bisa mendapatkan layar AMOLED. Sedangkan pada Realme X3 Superzoom, dibanderol Rp 6 jutaan tapi mengandalkan lapisan IPS LCD tentu jadi satu kelemahan tersendiri.

Layar ini memiliki lebar 6,6 inci serta dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Grafis yang bisa dihasilkan memiliki kemampuan 1080x 2400 piksel. Sementara itu, ponsel ini juga bisa menghasilkan grafis dengan refresh rate 120Hz.

Perlu dicatat, IPS LCD memiliki kelemahan berupa warna yang gelap ketika terpapar sinar matahari secara langsung. Sehingga, agar lebih optimal, sebaiknya kamu mengoperasikan HP Realme canggih ini ketika berada di dalam ruangan saja.

Kamera

Kamera belakang Realme X3 Superzoom (Trusted Review)
Kamera belakang Realme X3 Superzoom (Trusted Review)

Total, perusahaan menanamkan enam buah kamera pada perangkat unggulannya ini. Empat kamera terletak di belakang, sedangkan dua buah lagi di depan.

Untuk kamera belakang, masing-masing memiliki kemampuan 64MP lensa wide dengan fitur PDAF, 8MP lensa telephoto geriscope, 8MP lensa ultra lebar, serta 2MP lensa makro. Tambahan kamera lensa telephoto geriscop, alih-alih sensor kedalaman, tentu membuat performa kamera lebih canggih dan kaya.

Perlu diketahui, perusahaan sudah menambahkan sejumlah teknologi canggih pada lensa telephoto geriscope. Meliputi fitur PDAF, OIS, serta 5x optical zoom. Dengan begitu, hasil jepretan pun lebih tajam serta fitur-fitur pendukungnya lebih komplit.

Di bagian depan, terdapat dua kamera selfie yang terbungkus punch-hole. Masing-masing memilikikemampuan 32MP lensa wide serta 8MP lensa ultra lebar. Kamera ini mampu menjalankan Mode Panorama serta dibekali teknologi gyro-EIS.

Dapur Pacu

HP Realme X3 Superzoom (TrustedReview)
HP Realme X3 Superzoom (TrustedReview)

Sebenarnya, Realme X3 Superzoom layak jika disebut sebagai HP flagship killer. Bagaimana tidak, kamu bisa mendapatkan beragam fitur canggih dari ponsel flagship dengan harga yang sangat terjangkau.

Mulai dari desain, kamera, hingga dapur pacu. Dan untuk yang terakhir, perusahaan mengandalkan chipset Snapdragon 855+ dengan GPU Adreno 640.

Di bagian penyimpanan, pengguna pun bisa merasa lebih tenang. Super lapang! Tak tanggung-tanggung, perusahaan membekali perangkat ini dengan RAM 12GB serta penyimpanan internal sebesar 256GB.

Artinya, kamu tak perlu lagi merasa khawatir jika kehabisan ruang penyimpanan, bukan? Apalagi jika kamu mengikuti sejumlah grup yang aktif mengirimkan file gambar atau video. Tetap tenang!

Harga Realme X3 Superzoom

Review Realme X3 Superzoom (Smartprix)
Review Realme X3 Superzoom (Smartprix)

Realme Indonesia pertama kali memperkenalkan ponsel ini pada bulan Juni tahun lalu. Hadir dalam dua pilihan warna. Yakni Glacier Blue dan Arctic White.

Saat pertama kali dijual, Realme X3 Superzoom dibanderol Rp 8 juta. Memang, jika melihat spesifikasi yang ditawarkan, harga tersebut cukup menguntungkan.

Kini, keuntungan yang lebih banyak ditawarkan perusahaan pada calon pembeli Realme X3 Superzoom. Mengutip situs resmi Realme Indonesia, harga Realme X3 Superzoom terbaru cuma Rp 5,999 juta saja!

Ya, selisih hampir dua juta!

Tertarik membeli? Kamu bisa lho langsung klik tautan di bawah ini. Penulis sudah menyiapkan tombol yang akan mengarahkanmu ke sejumlah toko online. Jadi, kamu bisa mencari harga RealmeX3 Superzoom termurah dari beberapa toko online.

Kelebihan dan Kekurangan Realme X3 Superzoom

Spek lengkap Realme X3 Superzoom (Dok.Istimewa Droila)
Spek lengkap Realme X3 Superzoom (Dok.Istimewa Droila)

Canggih dan elegan. Kesan itu begitu kuat saat penulis menggenggam perangkat ini. Tapi, perlu diingat, bukan berarti Realme X3 Superzoom hadir tanpa kelemahan.

Maka, sebagai pembeli yang baik, baiknya kamu juga mengenali bagaimana kelebihan dan kekurangan Realme X3 Superzoom. Apalagi jika kamu pengin membeli perangkat ini!

Kekurangan

  • Kamera makro tidak terlalu berfungsi
  • Tanpa dukungan slot kartu SD
  • Grafis agak redup jika dipakai di bawah sinar matahari
  • Tanpa didukung colokan kabel headphone
  • Masih terasa material plastiknya
Harga Realme X3 Superzoom (TrustedReview)
Harga Realme X3 Superzoom (TrustedReview)

Kelebihan

  • Lapisan matte membuat desain memiliki sentuhan yang lebih menarik
  • RAM dan penyimpanan internal berkapasitas besar
  • Performa lensa zoom bisa diandalkan
  • Harga murah dengan spesifikasi mewah
  • Refresh rate 120H
  • Performa bisa diandalkan

Ulasan Realme X3 Superzoom: Performa Maksimal, Harga Menguntungkan

Ulasan Realme X3 Superzoom (Smartprix)
Ulasan Realme X3 Superzoom (Smartprix)

Penulis mengakui jika kemampuan zoom perangkat ini benar-benar bisa diandalkan. Tapi, untuk harga awal sebesar Rp 8 juta, tentu tidak boleh sekadar ‘yang penting bisa dipakai’, bukan?

Membicarakan fitur zoom, kini kita memiliki sejumlah perangkat dengan fitur canggih ini. Seperti Huawei P30 Pro (review)yang bisa jadi alternatif potensial buat Realme X3 Superzoom.

Memang, perangkat Huawei tidak lagi bisa menjalankan Google Mobile Service. Membuat sebagian pengguna yang terbiasa dengan Android merasa kesulitan untuk mengoperasikan perangkat.

Tapi, jika berbicara soal fitur, teknologi Huawei tak perlu diragukan lagi. Dengan harga yang tak terpaut jauh, perangkat ini menawarkan fitur dan performa yang lebih mumpuni ketimbang Realme X3 Superzoom.

Dan jika membicarakan harga, Poco F2 Pro (review) bisa jadi kandidat sempurna. Baik dari segi performa perangkat, kamera, hingga daya tahan, HP flagship Xiaomi ini menawarkan layanan yang cukup komplit.

Maka, keputusan Realme Indonesia untuk menurunkan harga Realme X3 Superzoom bisa dimaknai sebagai solusi yang tepat. Soalnya bisa membuat perangkat ini tetap relevan dan kompetitif di tengah industri yang makin ketat.

Usai sudah uraian kelebihan dan kekurangan Realme X3 Superzoom  kali ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan sebelum beli perangkat ini, ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like