Kelebihan dan Kekurangan Realme XT: HP Kamera Keren Dibanderol Cuma Rp 3 jutaan

Harga Realme XT (AndroidAuthority)
Harga Realme XT (AndroidAuthority)

Realme memperkenalkan model Realme XT pada tahun 2019. Kini, hampir dua tahun berselang, apakah perangkat ini masih relevan? Jika kamu tertarik membeli ponsel Realme kelas menengah ini, simak dulu uraian kelebihan dan kekurangan Realme XT di bawah, ya.

Saat pertama kali diluncurkan, Realme XT hadir dengan penuh harapan. Baik dari penggemar maupun pengamat teknologi smartphone. Pasalnya, ponsel kelas menengah ini merupakan ponsel pertama dalam sejarah yang dibekali dengan kamera 64MP.

Tak cuma itu, perusahaan juga tak tanggung memberi service pengguna. Terwujud dalam bentuk layar AMOLED dengan desain perangkat yang terbungkus material glossy. Tak ayal, Realme XT langsung mencuri perhatian –hingga sering dibandingkan dengan kompetitornya, Xiaomi.

Kini, HP dengan empat kamera serta lensa 64MP sudah mudah ditemukan. Ada banyak pilihan. Pun dengan harga yang beragam. Lalu, di tengah kompetisi yang kian ketat ini, apakah Realme XT tetap layak dijadikan pilihan?

Untuk mendapatkan jawaban tersebut, simak uraian spesifikasi, harga terupdate, serta kelebihan dan kekurangan Realme XT di bawah, ya. Sehingga, kamu bisa benar-benar paham kekuatan dari HP harga tiga jutaan ini.

HP Realme XT (Smartprix)
HP Realme XT (Smartprix)

Spesifikasi Realme XT Terlengkap

Tak hanya di Indonesia, pasar kelas menengah juga cukup kompetitif di Indonesia. Memang, Xiaomi sempat jadi jawara. Tapi, setelah Realme menghadirkan produk unggulannya, kompetisi pun berlangsung makin ketat.

Di tengah kondisi tersebut Realme XT hadir. Ponsel kelas menengah ini memiliki dimensi 158,7 x 75,2 x 8,6 mm dengan berat 183 gram. Nggak bakal bikin tangan mudah kesemutan kalo dipakai lama-lama, bukan?

Hadir dengan desain premium, kamu mungkin bakal nggak menyangkan kalo ponsel ini cuma dibanderol Rp 3 jutaan aja. Bagian punggung dilapisi material polycarbonate. Tapi, lapisan Corning Gorilla Glass di bagian belakang membuat Realme XT terlihat lebih premium dan elegan.

Kamu akan menemukan modul berisi empat buah kamera utama di bagian belakang. Keempat kamera ini masing-masing berkemampuan 64MP lensa wide PDAF, 8MP lensa ultra lebar, 2MP lensa makro, serta 2MP sensor kedalaman.

Layar Realme XT (AndroidAuthority)
Layar Realme XT (AndroidAuthority)

Fitur fotografi tak luput dari peningkatan. Perusahaan sudah membekali beragam fitur terkini dan canggih demi menghasilkan fotografi yang lebih optimal. Contohnya seperti LED Flash, panorama, serta mode HDR.

Membalik perangkat, kamu akan menemukan layar Super AMOLED dengan lebar 6,4 inci. Layar ini mampu menampilkan resolusi 1080 x 2340 piksel dengan rasio body ke layar sebesar 84.3 persen. Masih ada lapisan keamanan Corning Gorilla Glass 5 yang menjanjikan layar terhindar dari goresan maupun lecet.

Di bagian depan ini, kamu akan menemukan poni berbentuk waterdrop. Poni ini membungkus kamera selfie berkemampua 16MP. Kamera tersebut menggunakan lensa wide dengan bukaan f1/3.06. Perusahaan juga menambahkan fitur fotografi seperti Mode HDR dan Panorama.

Kini, kita masuk ke bagian dalam. HP kamera terbaik ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 712. Perlu diketahui, seri ini merupakan seri paling gahar dari chipset kelas menengah milik perusahaan. Bahkan, performanya cuma satu kelas di bawah seri Snapdragon 800!

Benchmark Realme XT (Android Authority)
Benchmark Realme XT (Android Authority)

Maka dari itu, baik dari segi performa, kecepatan, hingga konsumsi daya, pengguna terkini masih bisa kok mengandalkan Snapdragon 712. Apalagi, juga ada dukungan GPU Adreno 616 yang menjanjikan grafis lebih menawan. Terakhir, juga ada konfigurasi RAM 4GB/6GB/8GB dengan ROM 64GB/128GB.

Karena diluncurkan tahun 2019, Realme XT masih menjalankan Android 9.0 Pie ketika kamu aktifkan. Tapi tenang, HP Realme kelas menengah ini bisa ditingkatkan hingga Android 10, kok. Jadi, kamu pun nggak terlalu ketinggalan meskipun beli HP ini sekarang, bukan?

Harga Realme XT Terbaru 2021

Review Realme XT (Smartprix)
Review Realme XT (Smartprix)

Realme Indonesia pertama kali memperkenalkan model ini pada bulan Oktober 2019. Saat itu, ponsel anyar ini diperkenalkan dengan harga Rp 3 jutaan aja. Kini, dua tahun kemudian, apakah harganya masih sama?

Sayang, tim Droila gagal mendapatkan keterangan harga Realme XT pada situs resmi Realme Indonesia. Tampaknya produk ini sudah tidak didistribusikan lagi secara resmi oleh perusahaan.

Maka dari itu, penulis pun menelusuri beberapa platform toko online. Dan kalo kamu penasaran berapa harga Realme XT terbaru 2021, langsung deh cek tautan yang sudah penulis siapkan di bawah.

Kelebihan dan Kekurangan Realme XT

Spesifikasi detail Realme XT (Dok. Istimewa/Droila)
Spesifikasi detail Realme XT (Dok. Istimewa/Droila)

Seperti biasa, agar lebih memahami perangkat, kenali pula bagaimana kelebihan dan kekurangan Realme XT. Tanpa perlu pindah ke lain tempat, berikut ini daftar kelebihan dan kekurangan HP kamera terbaik harga 3 jutaan ini. Cekidot langsung, kuy.

Kekurangan

  • Software UI Customization masih perlu ditingkatkan
  • Tanpa pengaturan warna layar
  • Resolusi gambar pada layar penuh penuh noisy dan kualitas detail rendah
  • Performa benchmark tidak sebagus kompetitor

Kelebihan

  • Komposisi komponen dan harga yang pas
  • Performa kamera memuaskan
  • Kualitas audio menawan dengan dukungan colokan headphone
  • Desain elegan
  • Sensor sidik jari in-display berkecepatan tinggi
  • Dukungan streaming HD
Realme XT vs Redmi Note 8 Pro (Dok.Istimewa/Droila)
Realme XT vs Redmi Note 8 Pro (Dok.Istimewa/Droila)

Realme XT vs Redmi Note 8 Pro

Saat pertama kali diluncurkan, Realme XT bersaing ketat dengan produk milik Xiaomi, yakni Redmi Note 8 Pro. Keduanya memiliki lensa 64MP, harga Rp 3 jutaan, dan masih banyak persamaan lain.

Agar kamu bisa melihat perbedaan di antara kedua perangkat secara langsung, simak spesifikasi detail di atas, ya. Kamu bisa menyimpulkan sendiri bagaimana perbedaan antara Realme XT vs Redmi Note 8 Pro, bukan?

Kesimpulan: Apakah Masih Relevan Dibeli Tahun 2021?

Tahun 2020 menjadi tahun penuh spekulasi edan yang dilakukan perusahaan. Bagaimana tidak, perusahaan langsung meluncurkan dua seri perangkat unggulannya. Yakni Realme 6 series dan Realme 7 series.

Masing-masing seri Realme tersebut memiliki tiga perangkat. Masing-masing, juga memiliki produk untuk kelas menengah. Di mana Realme 6 series mengandalkan 6 Pro (review), dan Realme 7  series mengandalkan Realme 7 Pro.

Kelebihan dan kekurangan Realme XT (Smarprix)
Kelebihan dan kekurangan Realme XT (Smarprix)

Wajar jika pengguna pun kebingungan untuk menentukan. Pula, kita bisa memahami mengapa perusahaan memutuskan untuk tidak meneruskan produksi perangkat ini. Pasalnya, Realme 7 Pro yang dibanderol mendekati angka Rp 3 juta aja sudah memiliki spesifikasi di atasnya!

Tapi, jika mempertimbangkan harga, Realme XT tetap layak dijadikan pilihan. Apalagi, kini sudah banyak toko online yang menjual produk ini dengan harga Rp 2 jutaan. Tawaran yang sangat menggoda, bukan?

Usai sudah uraian mengenai kelebihan dan kekurangan Realme XT hari ini. Semoga penjelasan di atas bisa membantumu untuk menentukan pilihan sebelum benar-benar membeli perangkat, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like