13 Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10A: Memori Makin Lapang!

Kelebihan dan kekurangan Redmi 10A
Kelebihan dan kekurangan Redmi 10A

Sejak awal tahun, Xiaomi sudah meluncurkan sejumlah produk di berbagai segmen. Dan Redmi 10A hadir sebagai ponsel terbaru untuk segmen entry-level. Lantas, akankah HP Xiaomi terbaru ini mampu merebut perhatian pasar? Simak yuk gimana spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Redmi 10A di bawah ini.

Redmi 10A diluncurkan secara global oleh perusahaan pada bulan Maret tahun 2022 ini. Dan Xiaomi Indonesia baru mulai mendistribusikannya di tanah air sejak 25 Mei lalu.

Dibanderol dengan harga sejutaan, Redmi 10A hadir sebagai salah satu pilihan menarik di segmen entry-level. Sayang, dalam produk terbarunya ini, perusahaan terlihat kurang optimal. Minim pembaruan ketimbang pendahulunya, Redmi 9A!

Nah, untuk pembaca yang tertarik beli, bisa simak uraian di bawah ini. Tim Droila sudah siapkan informasi terlengkap mengenai Redmi 10A. Mulai dari spesifikasi, harga, review, serta kelebihan dan kekurangan Redmi 10A. Langsung cek aja, yu.

harga redmi 10a
harga redmi 10a

Spesifikasi Redmi 10A

Spesifikasi dan desain anyar menjadi dua di antara beberapa keunggulan Redmi 10A. Dan jika kamu penasaran, simak penjelasan mengenai spek Redmi 10A yang sudah dirangkum dari GSMArena berikut ini, ya.

Desain dan Layar

spesifikasi redmi 10a
spesifikasi redmi 10a

Dibandingkan HP Android terbaru 2022 lainnya, Redmi 10A berukuran relative kecil. Dimensi perangkat cuma 164.9 x 77.1 mm. Sedangkan ketebalannya pun terbilang normal, yakni 9mm.

Body belakang dilapisi material plastic. Akan tetapi, perusahaan menghadirkan lebih banyak pilihan warna pada ponsel terbarunya ini. Antara lain sea blue, charcoal black, dan slate gray.

Di bagian depan terdapat layar IPS LCD dengan ukuran diagonal 6,53 inci. Layar ini mampu menghasilkan grafis berkualitas 720 x 1600 piksel. Artinya, kamu bisa mendapatkan grafis yang lebih cerah dan detail ketimbang HP 1 jutaan lainnya.

Tawaran yang cukup menarik, bukan?

Performa

Redmi 10A Spesifikasi
Redmi 10A Spesifikasi

Di bagian dalam, HP Xiaomi terbaru ini ditenagai chipset gaming kelas entry-level dari MediaTek. Yakni seri Mediatek Helio G25. Didukung GPU PowerVR GE8320 , Redmi 10A menjanjikan hasil grafis yang lebih menawan.

Untuk bagian penyimpanan, perusahaan menawarkan dua pilihan kapasitas penyimpanan. Yakni Redmi 10A RAM 3GB/32GB serta 3GB/64GB. Kamu pun bisa lebih leluasa dalam memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan.

Di samping itu, HP 1 jutaan ini sudah menjalankan sistem operasi Android 11. Perusahaan tak lupa menambahkan UI custom bikinannya sendiri, yakni versi terbaru MIUI 12.5.

Ketimbang pendahulunya, Redmi 10A terkesan mendapatkan downgrade. Soalnya, kini HP entry-level lain mulai mengandalkan chipset yang lebih kencang -seperti serti Helio G85 atau G70. Maka, keputusan perusahaan untuk tetap mengandalkan Mediatek Helio G25 terkesan ketinggalan.

Tampaknya, kita perlu mempertanyakan komitmen perusahaan dalam menghadirkan HP murah berkualitas mewah.

Kamera

bocoran redmi 10a
bocoran redmi 10a

Melihat sekilas, ponsel ini seakan-akan menawarkan kamera yang banyak. Keuntungan yang bakal membuat banyak calon pembeli mudah merasa tergoda. Tapi, kalo kita amati lebih teliti, HP Redmi 10A Cuma dibekali satu buah kamera belakang saja!

Ya, di dalam modul berbentuk persegi panjang berukuran luas, HP sejutaan ini cuma dibekali satu buah kamera lensa wide berkemampuan 13MP. Sedangkan tambahan lubang lensa yang terdapat di dalam modul sebenarnya adalah LED flash.

Begitu pula di bagian depan. Kamu Cuma akan menemukan satu buah kamera yang tersimpan di dalam poni berbentuk waterdrop. Kamera selfie Redmi 10A ini memiliki kemampuan 5MP saja.

Harga Redmi 10A

spek redmi 10a
spek redmi 10a

Untuk pertama kalinya penulis menganggap bahwa harga HP Redmi ini terlalu mahal. Memang, dari luar, Redmi 10A menawarkan desain anyar dan kekinian.

Tapi, jika mempertimbangkan bagian jeroan, ponsel anyar ini hampir tak ada bedanya dengan HP Realme seri C yang dikeluarkan tahun lalu. Dan karena alasan itu pula penulis menganggap harga Redmi 10A terlalu mahal.

Mengutip situs resmi Xiaomi Indonesia, harga Redmi 10A dibanderol Rp 1.449.000 untuk varian RAM 3GB/32GB. Sedangkan Redmi 10A RAM 3GB/64GB dijual dengan harga Rp 1,549.000.

Tertarik beli? Kamu nggak perlu pindah ke lain tempat. Penulis sudah menyiapkan tombol yang akan mengarahkanmu ke sejumlah toko online. Sehingga kamu bisa cek harga terbaru Redmi 10A setiap harinya.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 10A

SpesifikasiRedmi 10A
DesainFrame dan body belakang terbuat dari material plastic
Berat194 gram
Dimensi164.9 x 77.1 x 9 mm
Layar6.53 inci
IPS LCD
Rasio body ke layar 81,0%
Resolusi720 x 1600 piksel
ChipsetMediatek Helio G25
GPUPowerVR GE8320
RAM3GB
ROM32GB/64GB
OSAndroid 11
MIUI 12.5
Kamera Belakang13 MP, f/2.2, (wide), 1.0µm, AF
FiturLED flash
Video [email protected]
Kamera Depan5 MP
FiturHDR
Video [email protected]
BateraiLi-Ion 5000 mAh, non-removable
WarnaChrome Silver
Graphite Gray
Sky Blue
HargaRp 1.449.000 (3GB/32GB)
Rp 1.549.000 (3GB/64GB)
Tabel spesifikasi lengkap Redmi 10A (Dok.Istimewa/Droila)

Di atas, kita sudah membahas sekilas beberapa kelemahan dan keunggulan Redmi 10A. Lebih lengkap, scrolling lagi aja, ya. Penulis sudah siapkan sejumlah kelebihan dan kekurangan Redmi 10A yang dirangkum dari berbagai sumber.

Kekurangan

  1. Tanpa dukungan koneksi 5G
  2. Belum dibekali fitur NFC
  3. Tanpa perlindungan Corning Gorilla Glass
  4. Grafis berkualitas rendah, 720p saja
  5. Konfigurasi kamera downgrade jika dibandingkan pendahulunya
  6. Tidak bisa dipakai untuk memainkan game berat
  7. Belum bisa menjalankan Android 12

Kelebihan

  1. Baterai berkapasitas besar, 5.000 mAh
  2. Panel sidik jari di bagian samping
  3. Dukungan UI custom MIUI 12.5
  4. Slot kartu SD
  5. Panel sidik jari di belakang
  6. Kapasitas memori lebih besar

Review Redmi 10A

redmi 10a harga dan spesifikasi
redmi 10a harga dan spesifikasi

Saat ini, calon pembeli mendapatkan banyak keuntungan. Pasalnya, ada lebih banyak HP entry-level yang tersedia di pasar.

Di satu sisi, memberi kebebasan pengguna untuk mendapatkan produk yang sesuai kebutuhan dan dana. Sedangkan di sisi lain, banyaknya pilihan ini juga kerap bikin pengguna kebingungan.

Dan Redmi 10A hadir dengan spesifikasi yang kurang menggoda. Bahkan, bisa dibilang kalo HP Xiaomi terbaru ini memiliki spesifikasi yang ketinggalan dibanding produk kompetitor.

Ya, spesifikasi serupa juga bisa kita temukan pada sejumlah HP Realme, Infinix, bahkan beberapa Redmi 9 series yang dirilis tahun lalu. Contohnya seperti Tecno Pova, Nokia G10, Redmi 9A, Infinix Hot 10 Play, dan masih banyak lagi.

Lantas, akankah Redmi 10A sukses mencuri perhatian masyarakat? Mungkin ada baiknya kalo kita tunggu saja dan biarkan waktu yang menjawab.

Usai sudah uraian kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi 10A. Semoga penjelasan spesifikasi dan harga HP Android terbaru di atas bisa membantumu dalam mengambil keputusan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like