Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9: Entry-Level Murah yang Nggak Murahan!

Kelebihan dan kekurangan Redmi 9 (Blogspot)
Kelebihan dan kekurangan Redmi 9 (Blogspot)

Sejak awal diluncurkan, Xiaomi konsisten mengisi HP entry-level dengan banyak pilihan. Untuk seri Redmi 9, yang diluncurkan tahun kemarin, perusahaan bahkan sudah menyediakan empat pilihan. Yakni Redmi 9A, Redmi 9C, Redmi 9T, dan Xiaomi Redmi 9. Nah, kali ini, penulis akan membahas lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan Redmi 9. Wajib tahu sebelum beli, nih.

Kondisi pandemi tak menghalangi langkah Xiaomi dalam berinovasi. Tahun 2020 saja, lebih dari sepuluh perangkat yang diperkenalkan perusahaan. Salah satunya adalah flagship entry-level Xiaomi Redmi 9.

Memang, di kelas HP 1 jutaan, kini Xiaomi memiliki primadona baru. Tak lain adalah Poco M3 –yang didukung dengan desain unik serta spesifikasi canggih. Tapi bagaimanapun, Redmi dan Poco adalah dua sub-brand yang berbeda. Masing-masing memiliki keunggulan di bandingkan lainnya.

Nah, untuk memudahkan calon pembeli, tim Droila sudah rangkumkan uraian lengkap mengenai perangkat ini. Mulai dari  spesifikasi lengkap, harga, hingga kelebihan dan kekuranga.

Tanpa panjang lebar, langsung aja simak uraian di bawah, ya.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9

Saat peluncuran, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse menyatakan bahwa Redmi 9 merupakan wujud komitmen perusahaan dalam inovasi. Maka dari itu, lanjut Alvin, penggemar bisa mendapatkan beragam pembaruan pada ponsel tersebut.

“Seperti seri pendahulunya, kami percaya Redmi 9 akan menjadi tolak ukur baru sebagai smartphone yang memiliki nilai produk tinggi di kelasnya,” ungkap Alvin.

Berdasarkan uji coba penulis, pernyataan tersebut bukanlah klaim kosong belaka. Baik dari segi desain hingga komponen hardware yang dipakai menjanjikan performa yang lebih kencang. Sehingga, kenyamanan pengguna pun dijamin lebih terjaga.

Desain Redmi 9 (Mi Indonesia)
Desain Redmi 9 (Mi Indonesia)

Dari sisi desain, Redmi 9 menawarkan warna mate yang melapisi body dari material plastik. Terdapat dua pilihan warna yang bisa kamu bawa pulang. Antara lain Gold, Purple, Green, dan Grey.

Pada punggung perangkat, kamu akan menemukan modul berisi kamera yang disusun vertikal, LED Flash, serta panel sensor sidik jari berbentuk lingkaran.

Mengikuti tren yang tengah berlangsung, ponsel ini didukung setup empat kamera. Masing-masing memiliki kemampuan 13MP lensa wide PDAF, 8 MP lensa ultra lebar dengan bukaan F1/4.0, 5MP lensa makro, serta 2MP sensor kedalaman.

Untuk bagian depan, Xiaomi Redmi 9 dilapisi layar IPS LCD dengan lebar 6,53 inci. Ukuran yang dirasa cukup serta memberi tambahan kenyamanan bagi pengguna yang doyan streaming, gaming, browsing, hingga sekadar scrolling feed media sosial.

Kamera Xiaomi Redmi 9 (Mi Indonesia)
Kamera Xiaomi Redmi 9 (Mi Indonesia)

Layar ini mampu menghasilkan grafis dengan resolusi 1080 x 2340 piksel. Tak hanya itu, masih ada perlindungan Corning Gorilla Glass 3. Setidaknya, bisa menjamin keamanan perangkat dari goresan atau benturan, bukan?

Di bagian depan ini terdapat poni berbentuk waterdrop. Desain yang umum diterapkan pada HP Xiaomi murah yang dirilis tahun 2020. Di dalam poni tersebut, perusahaan sudah menanamkan klensa wide dengan lebar 8MP.

Kamera depan bisa mengaktifkan mode HDR. Sehingga pengguna bisa mendapat hasil foto selfie atau klik rekaman video dengan grafis yang lebih jelas dan detail.

Sepanjang uji coba penulis, menggenggam Redmi 9 terasa menyenangkan. Bukan ukuran yang terlalu besar buat masyarakat Indonesia. Hanya saja, akibat menggunakan plastik untuk body belakang, genggaman seringkali terasa lici. Oleh karena itu, kamu perlu menambahkan perlindungan hard atau soft case.

Kelebihan Redmi 9 (Mi Indonesia)
Kelebihan Redmi 9 (Mi Indonesia)

Masuk ke bagian dalam, HP harga murah ini ditenagai chipset MediaTek Helio G80. FYI, ini merupakan chipset yang juga dipakai pada Realme Narzo 30A, lho. Tak ayal, banyak penggemar kini seringkali membandingkan performa di antara kedua perangkat tersebut.

System on Chipset Helio G80 didukung CPU octa-core serta GPU Mali-G52. Alhasil, performa perangkat diakui lebih kencang –sekalipun dipakai untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus alias multitasking.

Fitur-fitur lain yang wajib kamu ketahui dari perangkat ini adalah RAM 4GB/6GB, penyimpanan internal 64GB/128GB, baterai tanam berkapasitas 5020 mAh dengan teknologi pengisian daya cepat 18W. Sayangnya, kamu nggak bisa menambahkan kartu SD untuk perangkat ini. Jadi, harap manajemen file yang disimpan dengan baik, ya.

Harga Xiaomi Redmi 9 Terbaru

Pilihan warna Redmi 9 (Mi Indonesia)
Pilihan warna Redmi 9 (Mi Indonesia)

Berdasarkan penjelasan Alvin Tse di atas, Redmi 9 merupakan ponsel yang mengisi kompetisi di segmen low to mid-end. Maka, wajar kiranya jika harga HP Redmi 9 terbaru dibanderol mendekati Rp2 juta saat pertama kali diperkenalkan.

Kini, beruntungnya, Xiaomi Indonesia sudah sedikit menurunkan harga Redmi 9. So, sekarang adalah kesempatan yang tepat kalo kamu ingin membeli perangkat ini.

Menukil keterangan pada situs resmi Xiaomi Indonesia, harga Redmi 9 dengan RAM 3GB dan penyimpanan 32GB dibanderol Rp 1,699 juta saja. Sedankan untuk varian RAM 4GB serta penyimpanan 64GB, perusahaan menjualnya dengan harga Rp 1,799 juta.

Tertarik memiliki? Langsung klik tautan yang sudah disiapkan penulis di bawah ini. Kamu akan diantar masuk ke setiap e-commerce serta bisa membandingkan harga Redmi 9 dari berbagai toko online. Sehingga, kamu bisa mendapatkan harga terbaik untuk perangkat idaman ini.

Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi 9

Spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi 9 (Dok.Istimewa Droila)
Spesifikasi lengkap Xiaomi Redmi 9 (Dok.Istimewa Droila)

Bisa dibilang kalo Xiaomi sukses menawarkan perangkat yang memuaskan. Untuk ukuran ponsel dengan harga Rp 1 jutaan, Redmi terbukti tangguh dan bisa dipakai untuk berbagai kegiatan.

Hanya saja, tetap ada beberapa kelemahan yang dimiliki perangkat ini. Maka, untuk mengantisipasi, kenali beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 9 berikut ini.

Kekurangan

  • Tingkat kecerahan layar rendah
  • Isi ulang daya berjalan lambat
  • Sering lag dan mudah panas, terutama saat dipakai untuk memainkan game berat
  • Tidak didukung perlindungan anti-air
Baterai Redmi 9 (Mi Indonesia)
Baterai Redmi 9 (Mi Indonesia)

Kelebihan

  • Desain berbody plastik yang indah dan elegan
  • Layar LCD lebar dengan kontras tinggi
  • Daya tahan baterai panjang
  • Kualitas foto maupun video memuaskan di kelasnya
  • Dukungan OS Android dan MIUI terbaru

Kesimpulan: Redmi 9 vs Narzo 30A vs Poco M3

Review ini dibuat saat Narzo 30A(review) dan Poco M3 (review) sudah dirilis perusahaan. Memiliki banderol harga yang mirip, wajar jika pengguna merasa galau dalam menentukan pilihan.

Hanya saja, ada satu kelebihan milik Redmi 9 yang tidak dimiliki dua kompetitor lain. Tak lain adalah dukungan kamera ultra lebar (ultrawide). Melalui kamera ini, pengguna bisa menghasilkan foto dengan jangkauan yang lebih luas serta gambar yang lebih tajam.

Desain belakang Redmi 9 (Mi Indonesia)
Desain belakang Redmi 9 (Mi Indonesia)

Kamera ultrawide memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar pemandangan. Contohnya seperti gunung, laut, pantai, dan masih banyak lagi.

Maka, jika kamu punya hobi fotografi, Redmi 9 merupakan pilihan paling tepat. Meskipun kemampuan bukaan kecil, jenis lensa kamera yang dipakai lebih banyak!

Nah, itulah kelebihan dan kekurangan Redmi 9 yang wajib diketahui buat calon pembeli. Dengan mengetahu kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 9 di atas, semoga bisa membantumu menentukan pilihan, ya.

Rate this post
0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like